Benjolan di Belakang Telinga Kiri; Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Benjolan di Belakang Telinga Kiri – Di belakang alat pendengaran umumnya timbul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin dapat tipe-macam dari kasus yang ringan sampai yang memerlukan bantuan medis.

Penyebab Munculnya Benjolan di Belakang Telinga Kiri

Penyebab Munculnya Benjolan di Belakang Telinga Kiri
©alodokter.com

Berikut ini sebagian penyebab munculnya benjolan di belakang telinga kiri:

Pembengkakan kelenjar nodes

Munculnya benjolan di belakang telinga kiri umumnya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah jernih. Kelenjar getah bening berada di beberapa bagian tubuh, di antaranya pangkal paha, leher, ketiak, perut, dan panggul. Kelenjar ini memiliki sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi serta buang sampah sel dari tubuh.

Pembesaran getah jernih di belakang leher biasanya disebabkan infeksi luka dan bernanah gigi. Lazimnya keadaan seperti ini bukanlah merupakan sesuatu yang serius, tetapi pada beberapa kasus pembengkakan pada kelenjar getah bening memerlukan perawatan medis seandainya tidak mereda dalam beberapa hari.

Kista sebasea

Benjolan di belakang telinga kiri juga bisa disebabkan oleh kista sebasea. Kista ini mengandung protein keratin yang berbau busuk. Penyebabnya, pembengkakan folikel rambut atau syok kulit. Kista macam ini umumnya dapat menghilang sendiri dan tidak membutuhkan pengobatan. Namun, kalau kista terinfeksi maka bisa menyebabkan bernanah yang mengakibatkan inflamasi dan penderita mesti lantas diobati.

Mastoiditis

Bagian belakang alat pendengaran terdapat tulang mastoid. Infeksi pada tulang mastoid pengaruh mostoiditis menyebabkan daerah di belakang alat pendengar membengkak dan terlihat dari kulit. Umumnya benjolan disertai nyeri kuping, demam, berkuarangnya pendengaran, dan kemerahan pada telinga.

Penyebab serius benjolan di belakang telinga kiri

Sebagian benjolan di telinga menonjolkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling seram yakni kanker. Umpamanya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, susah menelan, dan suara serak. Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang kuping. Keadaan ini disebut dengan kanker lehar metastatik skuamosa.

Bahaya Benjolan di Belakang Telinga Kiri

Bahaya Benjolan di Belakang Telinga Kiri
©infopku.com

Untuk memastikan normal atau tidaknya penurunan berat badan yang natural diperlukan data mengenai riwayat penurunan berat badan yang terjadi diperbandingkan dengan pola makan dan kegiatan yang dijalankan sehari-hari. Apabila dengan pola makan yang baik dan kesibukan yang ringan/sedang konsisten terjadi penurunan berat badan yang drastis, keadaan ini membutuhkan penelusuran lebih lanjut mengenai kemungkinan adanya penyebab lain yang mendasari.

Baca juga:  10+ Kiat Minum Air Putih Lebih Banyak Setiap Hari

Sebagian situasi medis yang bisa menyebabkan penurunan berat badan di bawah normal contohnya hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif), penyakit coeliac (tubuh tidak bisa meresap gizi dari makanan), atau pun penyakit kronis/menahun. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya. Sebagai pemeriksaan permulaan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lazim, melainkan apabila membutuhkan konsultasi spesialis bisa menghubungi dokter spesialis bedah atau pun dokter pakar nutrisi klinis.

Dokter akan melaksanakan pemeriksaan yang diperlukan, termasuk percobaan pendorong jikalau diperlukan seperti biopsi dan sebagainya, sehingga penyebabnya bisa diselidiki dan diberi penanganan yang ideal. (Baca juga: Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan)

Pengobatan Benjolan di Alat Pendengar

Pengobatan Benjolan di Alat Pendengar
©dakwatuna.com

Ketika muncul benjolan di belakang telinga kiri, sebaiknya segeralah untuk menemui pihak medis untuk mendapatkan diagnosa yang jelas, sehingga dapat dijalankan perbuatan untuk menangani benjolan hal yang demikian. Jangan menunggu sampai benjolan yang timbul semakin membesar sebab mungkin saja benjolan yang timbul di belakang kuping ialah tanda dari penyakit yang lebih serius, padahal tak seluruh benjolan di belakang telinga berbahaya.

Tanda-tanda dari situasi yang membahayakan merupakan seandainya sbb:

  • Benjolan yang timbul membuat rasa tidak nyaman dan terasa sakit.
  • Benjolan yang muncul tak juga menghilang atau mereda setelah beberapa waktu.
  • Gejala yang menyertai munculnya benjolan ini semakin memburuk.
  • Kesusahan menggerakkan leher atau kepala dan terasa nyeri.
  • Mengalami kesulitan di kala menelan.
  • Benjolan yang muncul mulai menyebar.
  • Pada kista mengalami keadaan peradangan, bernanah merembes keluar atau abses pecah sendiri.

Sesudah menerima hasil diagnosa dari dokter yang memberikan pernyataan bahwa kondisi benjolan di belakang telinga kiri ini tak berbahaya, karenanya lazimnya hanya dibutuhkan perawatan yang ringan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dengan Cepat

Namun apabila ternyata benjolan hal yang demikian berbahaya atau bersifat kanker, karenanya dokter akan melakukan sebagian langkah pengobatan tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya.  Langkah pengobatan yang lazimnya dilaksanakan oleh dokter antara lain:

  1. Memberikan obat-obatan antibiotik, anti inflamasi, anti jamur, dan juga obat penghilang rasa nyeri untuk menuntaskan infeksi.
  2. Memberikan obat salep yang mengandung antibiotik untuk mengatasi infeksi atau pun salep yang mengandung kortikosteroid untuk membantu mengurangi rasa gatal.
  3. Bila benjolan ini berisi nanah, maka dokter biasanya akan mengerjakan insisi atau operasi kecil dengan menyayat komponen kulit untuk menolong mengeluarkan abses.
  4. Benjolan yang sudah parah akan dijalankan tindakan operasi untuk mengangkat benjolan tersebut, yang dikombinasikan dengan menjalankan tindakan radioterapi dan kemoterapi.

Makanan Tepat Bagi Penderita Benjolan di Belakang Telinga Kiri

Makanan Tepat Bagi Penderita Benjolan di Belakang Telinga Kiri
©liputan6.com

Nah, berikut ini beberapa di antara makanan tepat untuk Anda penderita benjolan di belakang telinga kiri yang benar-benar di anjurkan untuk dikonsumsi, di antaranya meliputi:

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B dan antioksidan tinggi.
  • Makanan yang mengandung omega-3, asam lemak essensial juga memiliki peran penting untuk memutuskan fungsi tiroid Anda. Senyawa ini bisa membantu meningkatkan kepekaan sel-sel untuk hormon tiroid Anda. Anda dapat menerima asam lemak Omega-3 dengan mengkonsumsi minyak ikan, sarden, salmon, biji rami, daging sapi yang makan rumput, halibut, kedelai dan udang.
  • Minyak kelapa, memasak menggunakan minyak kelapa akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan.
  • Tambahkan bawang putih pada tiap-tiap masakan Anda, karena bawang putih mengandung senyawa belerang yang bisa merangsang pertahanan natural cara kekebalan tubuh terhadap kanker.
  • Campurkan blueberry pada minuman pagi Anda, blueberry memiliki peringkat nomor satu dalam hal energi antioksidan.
Baca juga:  10 Kebiasaan Buruk yang Mengecilkan Otak Anda, Berhentilah Segera!

Itulah beberapa menu makanan ideal bagi penderita benjolan di leher yang dapat Anda usul ke dalam daftar makanan sehat Anda. Dengan mencontoh pola makan sehat dan menghindari pantangan-pantangan makanan yang telah disarankan dokter plus pengobatan yang pas, Insya Allah dengan izin sang pencipta, Anda bisa terhindar dari berkembangnya benjolan di belakang telinga kiri hal yang demikian menjadi kanker ganas.

Demikianlah pembahasan mengenai benjolan di belakang telinga kiri, semoga memberikan manfaat.

Content Protection by DMCA.com