Cara Menggemukan Badan Secara Alami Dan Cepat

Cara menggemukkan Badan – Selain banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan, ternyata di dunia ini banyak juga orang yang berupaya bagaimana cara menggemukkan badan. Mempunyai berat badan di bawah ideal ternyata dapat menjadi penyebab munculnya berbagai masalah, baik itu pada kesehatan tubuh maupun pada segi kepercayaan diri dengan penampilan.

Tidak jauh berbeda dengan orang yang mempunyai berat badan berlebih, orang-orang yang mempunyai berat badan di bawah ideal juga berisiko terkena penyakit, faktor gen adalah salah satu penyebab dalam masalah pencernaan dan metabolisme tubuh. (Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan)

Namun, di luar faktor biologi yang disebutkan di atas, semua orang bisa mempunyai berat badan ideal dengan melakukan cara menggemukkan badan di bawah ini.

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Lewat Pola Makan

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami
©sehat-natural.com

Makan tidak banyak namun dilakukan lebih sering

Mempunyai berat badan tidak memenuhi standar berarti kamu mempunyai keperluan energi yang lebih kecil serta perut yang lebih kecil menyebabkan kamu lebih mudah merasa kenyang. Dengan porsi yang lebih sedikit namun nutrisi lengkap, kamu makan dengan sebanyak 5 atau 6 kali dalam seharian dapat membantu kamu memperoleh nutrisi yang tubuhmu butuhkan.

Hal itu kamu lakukan secara rutin selama beberapa waktu. Tentu saja ini bukanlah hal yang sulit, bukan? Kamu akan mudah menghabiskan makanan jika dalam porsi yang sedikit. Sering makan juga tidak akan mengganggu rutinitasmu, kamu hanya perlu meluangkan waktu barang beberapa menit untuk menyantap makanan dengan porsi yang sedikit.

Dalam hal makan ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat dalam cara menggemukkan badan ini. Di antaranya:

  • “Makanlah sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang”, ini adalah sabda Nabi Muhammad SAW, yang menjadi tips sehat dalam mengatur pola makan paling ampuh. Biasanya orang yang makan ketika benar-benar lapar atau berhenti makan saat benar-benar kenyang maka akan mudah terkena penyakit, terutama bagian pencernaan.
  • Untuk menjaga metabolisme tubuh, kalangan medis dan ahli nutrisi menyarankan untuk makan lebih sering. Hal ini adalah cara menambah berat badan paling aman dan ampuh. Coba saja!
Baca juga:  Trypophobia Penyakit atau Bukan? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebanyak 250 hingga 300 setiap hari

Ini adalah cara menggemukkan badan yang baik untuk diikuti jika saat ini tubuh kamu masih di bawah ideal. Untuk mengetahui seberapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuhmu caranya sangat mudah secara normal, saat ini telah tersedia kalkulator online yang bisa kamu gunakan sebagai cara menggemukkan badan, setelah mengetahuinya, jumlah tersebut kamu tambahkan 250-250 kalori.

Konsumsi makanan yang kaya protein dan berkalori tinggi

Keju, karbohidrat whole grain dan daging adalah makanan pilihan terbaik untuk tips cara menggemukkan badan ini. Makan makanan apa saja dalam jumlah yang banyak merupakan cara menggemukkan badan. Tapi, kamu pun harus memperhatikan bahwa makan secara berlebihan akan mengganggu sistem pencernaanmu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan lagi dalam hal mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan kalori:

  • Di antara makanan yang dapat dikonsumsi ketika sarapan: keju dengan telur orak arik, granola dan buah dengan yoghurt.
  • Contoh menu yang dapat kamu santap ketika makan siang: salad tuna, avokad dengan roti lapis dada ayam dan krim keju dengan whole weat.
  • Menu yang dapat kamu santap ketika malam: Sayuran matang dengan stik, mentega dan sayur asam dengan kentang panggang, juga nasi dengan salmon panggang.

Perbanyak minum susu full cream

Jangan pilih minuman yang bebas lemak, tapi pilihlah minuman yang kaya akan lemak. Minuman atau makanan yang rendah atau bebas lemak malah hanya akan membuat kamu akan merasa cepat kenyang namun kandungan nutrisinya hanya sedikit.

Namun anjuran di atas tidak berlaku kalau seandainya kamu tidak memakan daging. Daging berlemak sebetulnya merupakan pilihan makanan yang cukup baik, selain harganya yang lebih bersahabat daripada jenis daging yang bebas lemak. Namun daging yang memiliki kandungan lemak rendah mempunyai protein yang lebih banyak dan tentunya baik dikonsumsi sebagai cara menggemukkan badan.

Perbanyak mengonsumsi karbohidrat

Makanan yang kaya akan karbohidrat yang jika dikonsumsi secara rutin sangat dianjurkan sebagai cara menambah berat badan, dan juga mempertahankan berat badan. Kandungan karbohidrat akan dipecah di dalam tubuh kemudian diubah menjadi energi.

Jika asupan karbohidrat kurang maka tubuh akan menggunakan cadangan energi yang ada pada tubuh yang berupa lemak dan protein, dan ini bisa saja menyebabkan penurunan berat badan.

Makan serat dalam jumlah banyak

Serat sangat diperlukan dalam pencernaan dan ini sangat penting untuk membantu kamu menggemukkan badan, apalagi jika kamu mengonsumsinya lebih banyak dari biasanya.

Kandungan serta dapat ditemui pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kulit padi, dan hevermut.

Sering-sering ngemil

Ketika malam menjelang tidur, sembari membaca buku atau nonton, makanlah beberapa bungkus kacang. Jangan khawatir jika ingin mengonsumsi snack yang banyak mengandung gula. Ini adalah cara menggemukkan badan yang asyik, bukan?

Baca juga:  10+ Kiat Minum Air Putih Lebih Banyak Setiap Hari

Jangan minum minuman yang mengandung kafein

Cara menambah berat badan yang paling disarankan seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah dengan sering-sering makan namun dalam porsi yang lebih sedikit. Namun jika kamu mengonsumsi  minuman yang mengandung kafein, malah ini kontradiksi sebab kafein akan mengurangi selera makan.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein memang tidak menurunkan berat badan secara langsung, tetapi akan berpengaruh pada pola makanmu nantinya. Beberapa contoh minuman yang mengandung kafein yakni:

  • Soda
  • Kopi
  • Teh
  • Minuman berenergi, misalnya Kratingdaeng dan Red Bull.

Jangan minum terlalu banyak

Ini juga perlu kamu lakukan, jika biasanya kamu banyak minum air mineral dalam sehari, sebagai cara menggemukkan badan adalah menguranginya sekarang juga. Mengapa? Karena kalau kamu minum terlalu banyak maka kamu akan kenyang bahkan sebelum makan.

Cara menggemukkan badan dengan anjuran jangan minum terlalu banyak bukan berarti kamu tidak minum yang cukup ya, namun jangan sampai air minum yang malah memenuhi ruang perutmu sehingga tempat untuk makanan sangat kurang.

Kalau kamu merasa kekenyangan saat minum setelah makan, maka cobalah untuk minum sampai satu jam setelah makan. Kebutuhan akan air pada tubuh semua orang itu tidak sama, jadi jangan biarkan tubuhmu dehidrasi juga, cukupkan asupan air minum hanya beberapa gelas gelas dalam seharian.

Olahraga Untuk Menambah Berat Badan

Olahraga Untuk Menambah Berat Badan
©hiithighintensityintervaltraining.ga

Angkat beban

Olahraga angkat beban merupakan cara menggemukkan badan dengan metode menaikkan berat badan dengan membentuk otot-otot pada pusat kebugaran, tentunya cara ini harus diikuti dengan asupan nutrisi yang cukup. Jika cara ini dilakukan rutin, sangat efektif dalam menggemukkan badan.

Jikalau Anda berharap menaikkan berat badan, di kala mengangkat bobot, lakukan dengan jumlah repetisi yang lebih sedikit dengan berat bobot yang lebih besar. Masing-masing latihan itu berbeda, tapi jumlah yang biasa merupakan 10-12 repetisi. Untuk Anda, cobalah untuk menjalankannya sebanyak 6-8 kali dalam satu set.
Angkat beban merupakan latihan untuk membangun otot dan tidak hanya ditujukan terhadap binaragawan. Dengan mengangkat muatan, belum tentu tubuh Anda menjadi ‘kekar’, jikalau Anda takut tubuh menjadi terlalu besar sesudah berat badan bertambah.

Batasi latihan kardio

Kardio itu penting untuk kesehatan secara umum dan menguatkan sistem sirkulasi darah, namun latihan aerobik dapat membakar berat badan. Jangan terlalu banyak berlari di atas treadmill, atau Anda dapat menambah asupan kalori untuk mengakomodasi kalori yang terbakar.

3500 kalori sama dengan sekitar separo kilogram lemak.8 Ingatlah hal ini saat memikirkan berapa banyak asupan kalori yang Anda perlukan setelah Anda berolahraga. Banyak mesin di pusat kebugaran menampilkan perkiraan jumlah kalori yang dibakar.

Isi ulang tubuh Anda dengan rajin.

Berolahraga membakar energi namun juga menunjang selera makan. 9 Ini akan menolong Anda mempunyai dan menjaga kultur makan yang lebih rutin di kala Anda merespon kebutuhan energi tubuh Anda.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Hanya Dalam 3 Hari

Anda sepatutnya memutuskan tubuh menerima asupan protein yang cukup untuk membangun ulang otot Anda sesudah berlatih di pusat kebugaran. Anda dapat mengonsumsi daging, telur, dan keju, atau suplemen gizi dan minuman khusus yang diciptakan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Memiliki Berat Badan Ideal Dengan Gaya Hidup Sehat

Berat Badan Ideal
©taranatureepa.co.id

Awasi kesibukan lahiriah yang panjang

Aktivitas itu penting untuk gaya hidup sehat dan untuk menambah berat badan, tapi jangan melaksanakannya secara berlebihan. Terlebih jikalau Anda memiliki pekerjaan atau hobi yang mewajibkan Anda untuk berdiri sepanjang hari, apabila Anda terus bergerak, kalori ekstra yang masuk ke tubuh Anda sebelumnya dapat terbakar dan sebagai hasilnya berat badan bahkan tak naik.

Pahami obat-obatan yang Anda konsumsi

Obat-obatan yang diresepkan dapat memberikan efek samping yang menasihati terhadap turunnya berat badan. Permasalahan yang biasa dihadapi juga merupakan rasa mual dan ini bisa mengganggu jikalau kita berupaya meningkatkan selera makan supaya dapat makan sebanyak lima atau enam kali sehari.

Jaga kesehatan

Penyakit dapat mengacaukan rencana menaikkan berat badan jadi sebaiknya Anda memastikan pola makan Anda sehat (walaupun Anda makan lebih banyak dari umumnya) dan pastikan juga Anda banyak beristirahat dan berolahraga.

Mempunyai berat badan di bawah tepat dapat melemahkan sistem imunitas tubuh sehingga Anda sepatutnya rajin mengawasinya. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, folat atau vitamin B12 bisa dialami orang-orang yang kekurangan berat badan. Konsumsi suplemen zat dan vitamin ini apabila Anda merasa pusing, pening atau lelah.

Turunnya berat badan secara mendadak atau bertahap dapat menjadi indikasi penyakit. Penyakit ini bisa berupa persoalan pencernaan, tiroid, diabetes, atau pun kanker. Cuma spesialis medis profesional yang dapat mengenal hal pastinya, jadi sebaiknya Anda menjadwalkan komitmen temu apabila mengalami turunnya berat badan secara tidak biasa.

Cobalah untuk menjadi sehat secara keseluruhan

Stres, kecemasan dan depresi mempunyai efek yang tidak baik terhadap selera makan, membuat Anda sulit untuk mencapai tujuan Anda, dan bisa mengganggu usaha lain untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Bila Anda merasa ini masalah Anda, temui dokter untuk mengenal metode terbaik menangani kesehatan mental Anda.

Dismorfia tubuh dan gangguan makan yakni problem serius yang berhubungan dengan persepsi seseorang akan berat badannya. Kedua masalah ini hanya bisa didiagnosa dan ditangani oleh ahli kesehatan profesional. Di Amerika Serikat, sampai dengan 30 juta orang dari bermacam umur menderita problem gangguan makan dan situasi sulit ini mempunyai tingkat kematian tertinggi jika dibandingkan dilema kesehatan mental lainnya.

Demikianlah beberapa tips cara menggemukkan badan secara alami. Semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com

Tinggalkan komentar