Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Cara Menurunkan Berat Badan – Kamu sedang galau karena berat badan yang tidak wajar dan masih bingung bagaimana cara menurunkan berat badan? Tenang, kamu tidak sendiri, ribuan orang yang mengalami masalah yang mirip dengan kamu.

Pada artikel ini kita akan membahas cara menurunkan berat badan yang mudah dilakukan dan pastinya mudah diikuti semua kalangan. Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu berapa sih berat badan itu.

Kategori Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Orang yang sehat adalah orang yang tidak memiliki berat badan berlebihan. Artinya, orang tersebut mempunyai berat badan yang sesuai dengan tinggi badannya. Untuk dapat mengetahui tubuh kita termasuk ideal atau tidak, maka ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk menghitungnya.

Salah satu cara menghitung berat badan yang ideal adalah dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index). Caranya yaitu dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI).

Untuk kebanyakan orang, BMI adalah sebuah indikator yang bisa diandalkan dalam menghitung kegemukan badan. Hal tersebut berdasarkan tinggi dan berat badan. Ilmu ini perlu kamu pahami dulu sebelum mencari tahu cara menurunkan berat badan.

Cara menghitung BMI:

BMI = Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)

Contoh:

  • Berat badan = 65 Kg
  • Tinggi badan = 170 cm (tinggi dikonversi ke ukuran meter (m)

BMI = 65 : (1,7 x 1,7)
=65:2,89
=22,49

Kategori berat badan berdasarkan BMI WHO (world Health Organization) yaitu:

Kategori berat badan berdasarkan BMI WHO
Kategori berat badan berdasarkan BMI WHO

Nah, itulah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus BMI. Termasuk kategori apa berat badan yang kamu miliki? Jika masih di kategori setelah normal, maka kamu perlu membaca pembahasan mengenai cara menurunkan berat badan di bawah ini.

Simak beberapa cara berikut ini:

Langkah pertama Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan
©dinus.ac.id

Cara menurunkan berat badan yang pertama adalah tentukanlah targetmu, berapa berat badan yang mau kamu capai. Dan dengan sistem apa kamu berkeinginan menempuhnya. Tentukanlah cara diet yang sehat dengan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Tujuanmu mesti dibarengi dengan niat yang bulat dan cara yang ideal. Sehingga kamu akan hingga di tujuan yang telah kau buat. Dan kau pun akan tersenyum ketika hingga di tujuanmu itu.

Membakar Kalori dengan Treadmill dan Lari

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Treadmill dan Lari
©eindhovensport.nl

Mulailah untuk latihan membakar kalori secara rutin. Kamu bisa mulai dengan latihan treadmill untuk di dalam ruangan atau lari di luar rumah sekitar komplek. Kamu malah patut menyadari dan menghitung kegiatanmu dapat membakar berapa kalori.

Baca juga:  Trypophobia Penyakit atau Bukan? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jika kau mau membakar 400 kalori per hari (aerobik low impact membakar 365 kalori untuk seseorang dengan berat 73 kg), ini bermakna 2.800 kalori seminggu. 0.45 kg adalah 3.500 kalori. Ini adalah cara menurunkan berat badan yang efektif, terutama orang yang suka berada di luar ruangan.

Berikan Reward Terhadap Diri Kamu Jikalau Telah Berhasil Menjalankan Sebagian Langkah Diet

Berhasil Menjalankan Sebagian Langkah Diet
©bonus.ly

Berikan reward atau imbalan kepada dirimu  menurut interval rutin. Kau dapat menentukan hal ini berdasarkan skala yang kau pilih. Semisal bila kau sudah membakar 10.000 kalori, saatnya merayakan! Atau kamu telah berlatih 10 hari berturut-ikut? Berikanlah imbalan seperti Jalan-jalan di malam hari, Sebuah tamasya mini atau Tidur siang yang nyenyak.

Pilihlah Naik Tangga Dibanding Naik Lift

Pilihlah Naik Tangga Dibanding Naik Lift
©hellosehat.com

Mulai menerapkan tangga kapan malahan kau dapat. Cari kans untuk membakar ekstra kalori. Saat kau berada di sekolah, atau di kantor. Jangan takut untuk naik ke lantai 5 atau 7 dengan mengaplikasikan tangga. Tentunya hal ini bisa membuat tubuhmu berkeringat dan membakar kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh jika kamu melakukannya secara rutin.

Variasikan Interval Latihan

Variasi Latihan Aerobik
©youtube.com

Latihan interval intensitas tinggi akan membakar malah lebih banyak dan dalam jumlah waktu yang lebih singkat. Latihan ini dilakukan dengan mengalihkan latihan yang amat intens ke latihan yang tidak terlalu intens. Lakukan sprint penuh selama 30 detik, kemudian berjalan selama 60 detik.

Hal ini dapat dikerjakan baik secara anaerobik (di gym dengan mengangkat beban) atau aerobik dengan latihan kardio. Selain itu, ada “efek afterburn” yang menaikkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori.

Lakukan Latihan Circuit

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Latihan Circuit
©jiwahidupsehat.blogspot.co.id

Latihan sirkuit merupakan latihan terbaik untuk pembakaran lemak – latihan ini membentuk otot dan pantas untuk kebugaran aerobik. Sirkuit  juga berguna untuk pikiranmu. Dalam sebuah penelitian yang dijalankan oleh National Institute of Health, peserta yang menjalankan latihan sirkuit mengalami tingkat depresi, rasa marah, kecemasan yang secara signifikan lebih rendah.

Pilih Makan Makanan Sehat

Makanan Sehat
©list.co.id

Kurangilah makanan olahan dan makanan yang dibekukan dalam kemasan. Perbanyaklah konsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran untuk kesehatan. Jad semakin kamu acap kali mengkonsumsinya tubuh kamu akan sehat tanpa takut patut gemuk. Sebab makanan hal yang demikian mengandung rendah kalori dan tinggi akan kandungan nutrisi dan gizi.

Baca juga:  Penanganan Luka Bakar Yang Tepat Berdasarkan Tingkat Keparahan

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menghindari Stress

Menghindari Stress
©hellosehat.com

Stres semestinya sebisa mungkin di hindari. Tak? Pada saat stres kebanyakan yang terjadi adalah dengan makan apa saja yang di inginkan. Di lakukan sebagai gelanggang pelarian dari problem yang ada. Dengan makan apa saja ini akan mengakibatkan berat badan menjadi naik karena tidak terkontrol.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyak Konsumsi Air Putih
©yesmuslim.blogspot.com

Kiat diet sehat yang paling lazim dan ampuh untuk semua orang yakni mengkonsumsi lebih banyak air putih. Pasalnya, air putih bisa membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh dan juga bisa menyelesaikan perasaan lapar. Kadang, saat tubuh merasakan lapar, hal tersebut bukan berarti kau memerlukan asupan makanan, sesekali, dengan minum air putih pun kamu sudah dapat merasa kembali baik-baik saja.

Lebih-lebih lagi setelah menyantap beragam hidangan bersantan di Hari Raya, pastikan kau mengkonsumsi banyak air putih untuk menghancurkan lemak tersebut yang tentunya dapat menjadi cara menurunkan berat badan setelah Lebaran yang ampuh dan menjadi kiat diet alami yang dapat diandalkan.

Tinggalkan Kue dan Cemilan

Tinggalkan Kue dan Cemilan untuk Menurunkan Berat Badan
©hawaku.com

Agar tidak menyesal di masa depan, coba perhatikan kesehatan dirimu dengan menahan diri dari godaan menyantap kue yang masih tersisa di meja makan. Umumnya, cemilan yang trsdedia di meja baru akan habis sekitar satu hingga dua bulan setelah acara selesai. Namun, demi mencontoh sistem menurunkan berat badan sesudah Lebaran ini kamu harus kuat-kuat menahan diri dari godaan menyemil tersebut.

Sah-sah saja kau mengkonsumsi kudapan manis Lebaran hal yang demikian sepuasnya tepat di Hari Raya. Tapi, setelah Hari Raya usai, pastikan kau meninggalkan kue Lebaran tersebut supaya dapat sukses mencontoh sistem menurunkan berat badan setelah Lebaran ini.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Perbanyak Konsumsi Sayuran
©sociolla.com

Saat berpuasa, lazimnya konsumsi sayuran cenderung berkurang. Untuk mengembalikan tubuhmu seperti semula, kiat diet sehat yang pasti bisa kamu lakukan dengan gampang merupakan memperbanyak konsumsi sayuran.

Jika umumnya kamu mengkonsumsi camilan snack ringan yang dibeli di supermarket, mulai sekarang, demi sukses mencontoh cara menurunkan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran seperti salad sayur untuk menjadi camilan. Jangan pernah lupa juga untuk memperbanyak konsumsi sayuran pada dikala makan besar.

Sarapan dengan Oatmeal

Sarapan dengan Oatmeal
©thevillageofbedfordwalk.com

Sarapan merupakan salah satu kiat diet sehat yang tak boleh kamu lewatkan sebagai cara menurunkan berat badan yang pesat dan efektif. Melainkan, daripada kamu mengonsumsi roti dengan selai cokelat yang penuh lemak, lebih baik ganti menu sarapanmu dengan Oatmeal. Menu Oatmeal ini bisa kau kreasikan pantas selera, umpamanya dengan tambahan potongan buah favorit dan juga kacang-kacangan.

Baca juga:  Cegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah dengan Sederet Manfaat Collagen Cream

Selain bisa menjadi sistem diet ampuh, menu sarapan ini pun juga bisa menjadi menu sarapan sehari-harimu yang sehat. Percaya deh, Oatmeal yakni salah satu makanan untuk diet yang paling unggulan dan manjur!

Ganti Minuman Soda dengan Jus

Ganti Minuman Soda dengan Jus
©erabaru.com

Kalau kau lagi merasa haus dan berharap mengkonsumsi minum yang segar, usahakan untuk menahan diri memesan soda atau sirup. Mengonsumsi jus buah segar tentunya akan lebih berguna sebagai kiat diet sehat yang bisa kau lakukan. Selain sistem diet natural yang satu ini rupanya ampuh, mengkonsumsi jus buah segar tiap harinya juga akan membikin tubuhmu lebih sehat dan bugar.

Baca juga: Manfaat Susu kedelai Untuk Kesehatan, Diet dan Ibu Hamil

Hindari Kopi Bergula

Hindari Kopi Bergula
©b4n9z03l.blogspot.co.id

Untuk kamu yang terbiasa mengkonsumsi kopi di pagi hari rasanya akan benar-benar susah untuk menghilangkan kultur tersebut. Namun, sebagai pilihannya, kamu bisa memilah-milih konsumsi kopi tiap harimu hal yang demikian. Supaya berhasil meniru metode menurunkan berat badan yang ampuh, pastikan kamu nggak mengkonsumsi kopi yang mengandung gula yang tinggi.

Upayakan pula untuk tidak mengonsumsi kopi dengan krim atau bahkan saus yang memberikan rasa manis di minuman tersebut. Memang enak untuk disantap, tapi hal hal yang demikian akan merusak tips diet sehatmu.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga
©saliha.id

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi bahwa di bulan Ramadhan, berolahraga yakni kesibukan yang dapat dibilang jarang sekali dilaksanakan. Makanya, demi mendapatkan tubuh yang kembali seperti semula, usahakan untuk kembali berolahraga. Cara menurunkan berat badan ini tidak perlu dengan latihan yang berat, cukup yang ringan-ringan saja tetapi rutin dan teratur kamu lakukan.

Kiat diet sehat yang satu ini amat gampang dilakukan dan juga bisa membantumu menerima bentuh tubuh yang diharapkan. Jikalau kamu rutin berolahraga, pasti cara menurunkan berat badan yang efektif satu ini dapat memberikan hasil yang optimal di tubuhmu.

Nah, itulah cara menurunkan berat badan yang dapat kamu coba dan praktekkan sendiri. Yuk, jangan biarkan makan kalap seharian membuat tubuhmu melar!

Content Protection by DMCA.com