Tanaman Obat Keluarga Lengkap dengan Khasiat dan Cara Memanfaatkannya

Tanaman Obat Keluarga – Pada artikel ini, kami menyajikan tanaman obat beserta penyakit yang dapat disembuhkan, bagian tanaman yang dapat digunakan, dan cara pemakaian dalam serta  pemakaian luarnya. Setiap tanaman juga dilengkapi dengan gambar tanaman untuk mempermudah Anda dalam mengenali tanaman obat keluarga tersebut sehingga bisa digunakan.

Semua tanaman obat keluarga berikut ini mudah ditemukan dan dibudidayakan serta tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan nama daerah tersendiri. Jika ada yang lebih sehat, mudah dan alami, mengapa tidak kita manfaatkan.

Tanaman Obat Keluarga – Bayam Duri (Amarantus spinosus)

khasiat tanaman bayam duri
Bayam duri – wikipedia.org

Akar tanaman obat keluarga ini rasanya manis, pahit, dan sejuk, masuk meridiam jantung dna ginjal. Mmeiliki khasiat dalam meredakan demam, peluruh haid, peluruh kencing, peluruh dahak, menghilangkan bengkak (detumescent), penawar racun (antitoksik) serta pembersih darah.

Herba bayam duri berkjasiat sebagai pembersih darah, pelancar ASI (laktagoga), dan diuretik

Manfaat Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Bunga matahari mengobati Tekanan darah tinggi
Bunga matahari – loghouseplants.com

Bunga matahari mengandung zat Quercimeritrin, Sianidinmonogiukosida, Heanthoside A-B-C, Oleanoloc acid serta Sapogenin. Dimana jka diolah zat-zat tersebut berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit semisal sakit gigi dan kepala, Bahkan zat analgetik yang dihasilkan bisa mengurangi rasa nyeri lambung (Gatric Pain).

Antipiretik dan hipotensif berfungsi menurunkan tekanan darah. Bunganya biasanya diproses di pabrik farmasi untuk dijadikan obat kesehatan berupa pil maupun kapsul.

Bunga Kembang Sepatu Sungsang (Hibiscus schizopetalus)

obat alami batuk berdahak
Kembang sepatu sungsang – wikipedia.org

Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman obat keluarga ini masih belum banyak diketahui. Efek farmakologis yang dimiliki ole bunga kembang sepatu sungsang di antaranya antiradang (antiinflamasi), menghilangkan pembengkakan, mengeluarkan nanah, dan menumbuhkan sel baru.

Daun yang digunakan dalam keadaan segar mempunyai khasiat secara farmakologis untuk mengobati bisul (furunculus), abses, radang ginjal (nephritis), bengkak, radang kulit bernanah (pioderma), rematik arthritis, dan radang sendi.

Tanaman Obat Tapak Dara (Catharantus roseus)

Khasiat tapak dara
Tapak dara – wikipedia.org

Tapak darah sedikit pahit rasanya, sejuk, agak beracun (toksik). Herba berkhasiat mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (dibetes miletus), kencing sedikit (oliguria), hepatitis, perdarahan akibat turunnya jumlah trombosit (primary thrombocytopenic purpura), malaria, sukar buang air besar (sembelit) dan kanker. Akar berkhasiat mengatasi haid tidak teratur.

Cara pemakaiannya adalah dengan  merebus herba 6 -15 gram dalam 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas dengan api kecil. Setelah dingin, saring dan minim beberapa kali hingga habis dalam sehari. Untuk penyakit kanker, gunakan obat suntiknya. Untuk pemakaian luar, sediakan daun segara dan beras secukupnya lalu tumbuk halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan di luka yang tersiram air panas.

Khasiat Tembelekan (Lantana camara)

khasiat tembelekan
Tembelekan – wikipedia.org

Akar tembelekan rasanya tawar dan sejuk. Tembelekan berkhasiat sebagai pereda demam (antipiretik), penawar racun (antioksin), penghilan nyeri (analgesik) dan penghenti pendarahan (hemostatis).

Daunnya tanaman tembelekan rasanya pahit, berbau, sejuk dan juga sedikit beracun (toksik), mempunyai khasiat dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit, menghilangkan bengkak, antitoksik, dan perangsang terjadinya muntah. Sementara itu bunganya memiliki rasa yang manis serta memiliki khasiat dalam menghentikan terjadinya pendarahan.

Beluntas (Pluchea indica L. Lees)

khasiat beluntas
Beluntas – tanaman-herbal.blogspot.my

Beluntas adalah salah satu tanaman obat yang memiliki rasa getir dan bau khas. Beberapa bahan kimia yang terkadang dalam beluntas di antaranya adalah alkaloid dan minyak atsiri. Efek farmakologis yang dikandung daun beluntas berkhasiat meningkatkan nafsu makan serta membantu kelancaran pencernaan

Sirih (Piper bettle)

khasiat daun sirih
Sirih – wikipedia.org

Air rebusan tanaman obat ini (daun sirih) dipercaya dapat menghilangkan bau mulut jika dikumur-kumur. Khasiat daun sirih lainnya adalah dapat mengurangi jerawat apabila diabasuk ke muka. Sementara jika daun sirih dikonsumsi bersama pinang dan juga kapur juga dipercaya dapat menguatkan gigi sehingga tidak mudah tanggal.

Tanaman Obat Brotowali (Tinospora crispa)

khasiat brotowali
Brotowali – drfarrahcencercenter.com

Brotowali banyak digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan. Cara menyiapkannya adalah 3 helai daun brotowali, batang 30 gram, dan air 2.000 cc. Mula-mula daun dan batang dibersihkan. Setelah itu, batang dan daun direbus dengan air. Minumlah air rebusannya 1 gelas perhari.

Penyakit lain yang bisa diobati dari batang tanaman brotowali adalah reumatik, memar, demam kuning, dan kencing manis.

Daun Dewa (Gynura procumbens)

khasiat daun dewa
Daun dewa – herbsfromdistantlands.blogspot.com

Penggunaan daun dewa sebagai salah satu tanaman obat keluarga di antaranya adalah untuk mengatasi kutil. Cara pemakaiannya yaitu lima lembar daun dewa dipetik, lalu ditumbuk sampai halus. Daun yang telah dihaluskan lalu dilekatkan/ditaburkan pada area kulit yang berkutil, setelah itu dibalut sampai melekat erat. Diamkan ramuan selama seharian penuh lalu pada keesokan harinya.

Sebatang tanaman daun dewa yang direbus dan diminum airnya dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit sekaligus, misalnya perdarahan pada wanita, payudara bengkak, batuk, dan muntah darah.

Gandarusa (Justicia gendarussa)

khasiat tanaman gandarusa
Gandarusa – flickr.com

Penyakit yang bisa diobati oleh tanaman gandarusa adalah sakit kepala, rematik, dan terkilir.

Cara menggunakannya yaitu pertama-tama daun yang segar dibuat layu lalu ditambah minyak kelapa di atas api kecil, setelah hangat ditempelkan pada kulit yang memar atau terkilir. Sementara untuk sakit kepala, beberapa daun segar dihaluskan lalu ditambah beberapa butir lada dan air secukupnya hingga terbentuk pasta. Borehkan pada pelipis dan dahi.

Jambu biji (Psidium guajava)

tanaman obat keluarga Jambu biji
Jambu biji – tipsdisiase.com

Tanaman obat keluarga yang ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Tumbuhan jambu biji daunnya mempunyai rasa manis, bersifat netral serta mempunyai khasiat pengelat (astrigen), antidiare, anti radang, menghentikan pendarahan (hemostatis) dan sebagai peluruh haid. Daun jambu biji mengandung tanin, eugenol (minyak atsiri), minyak lemak, damar, zat semak, triterpenoid, dan asam afel.

Buahnya berkhasiat antioksidan dengan kandungan betakaroten di samping asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang tinggi. Efek farmakologis jambu biji antara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca juga:  Cegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah dengan Sederet Manfaat Collagen Cream

Tanaman Herbal Jarak (Ricinus communis)

khasiat tanaman jarak
Jarak – bananaridge.com

Minyak jarak berasal dari biji jarak yang memiliki kandungan trigliserida (asam lemak) dan asam risinoleat. Asam risinoleat inilah yang memiliki sifat menyembuhkan. Akan tetapi gangguan dalam dosis tinggi bisa memicu reaksi negatif dari tubuh.

Minyak biji jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit dapat mengobati sakit gigi karena mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri E coli, Streptococcus, dan Staphilococcus. Zat anti mikroba dalam getah jarak dapat mengeringkan luka dengan cepat.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

khasiat jeruk nipis
Jeruk nipis – tazekaaromatherapy.com

Buah tanaman herbal ini memiliki rasa pahit, asam, dan bersifat sedikit dingin. Beberapa zat yang dikandung jeruk nipis di antaranya mineral, vitamin B1, asam sitrat 7 – 7,6%, damar lemak, follendren, lemon kanfer, minyak atsiri, sitrat limonen,  geranil asetat, cadinen dan linalin asetat.

Jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C sekitar 27 mg dalam 100 gram jeruk, Ca sekitar 40 mg dalam 100 g jeruk, serta P sebanyak 22 mg. Jeruk nipis mempunyai efek farmakologis di antaranya yakni sebagai antiinflamasi, antibakteri, antidemam, dan mengurangi batuk.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

khasiat tanaman obat keluarga temu lawak
Temu lawak – tokopedia.com

Bagian tanaman obat keluarga ini yang bisa dimanfaatkan adalah rimpang. Rimpangnya mengandung zat tepung, kurkumin, dan minyak atsiri. Keluhan yang dapat diatasi di antaranya yakni anemia, jerawat, sebagai antimikroba, antiinflamasi, meningkatkan nafsu makan antikolesterol, antioksidan, dan untuk mencegah munculnya kanker.

Cara menggunakannya adalah rimpang digunakan sebagai obat lulur maupun dijadikan minuman sehat.

Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata)

khasiat cocor bebek
Cocor bebek – flickr.com

Kandungan kimia cocor bebek antara lain zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, quercetin-3-diarabinoside, kaemferol-3-glikoside, dan tanin. Anggota famili Crassulaceae itu bersifat agak asam, bau lemah, dan dingin. Khasiatnya sebagai antiradang, menghentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.

Seluruh bagian tanaman herbal yang segar ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat keluarga untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti nyeri lambung dan diare, muntah darah, rematik, disentri, diare dan demam, serta masih banyak lagi penyakit lainnya yang bisa diatasi.

Tanaman Herbal Pule (Alstonia scholaris)

khasiat daun pule pandak
Pule pandak – flickr.com

Manfaat pule pandak di antaranya sebagai penenang, menurunkan tekanan darah (hipotensif), melancarkan sirkulasi, menghilangkan sakit, menurunkan panas dalam dan panas lever, antiradang, simpatolitik, serta berefek langsung pada hipotalamus dan saraf simpatis periver.

Batang dan daun pule pundak memiliki efek farmakologis menolak angin, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan darah beku. Akar, batang dan daun pule pundak dapat digunakan sebagai bahan herbal.

Pegagan (Centella asiatica)

khasiat pegagan sebagai tanaman obat
Pegagan – vineveracosmetics.com

Tanaman obat keluarga ini (pegagan) berkhasiat untuk mengobati penyakit wasir. Caranya yakni, lima tumbuhan pegagan diambil beserta akarnya. Setelah dibersihkan,potong-potonglah tanaman ini. Masukkan potongan tanaman ke dalam wadah berisi secangkir air panas, lalu didihkan selama 5 menit.

Dinginkan airnya, lalu minum sedikit demi sedikit. Satu cangkir ramuan tersebut dihabiskan untuk sehari.

Pepaya (Catica papaya)

khasiat pepaya
Pepaya – grandmaglasses.wordpress.com

Bagian tanaman yang digunakan adalah buah dan daun. Kandungan kimia pada daun dan buah pepaya di antaranya adalah pectin, papain, d-galaktosa, l-arabinosa,  alkoloid karpina, enzim papain, psudo karpaina, papayotimin papain, karposid, saponin, beta karotene,  glucoside cacirin, vitokinose, glikosid, karpain, lisosim, lipase, kemokapain, glutamin, dan siklotransferase.

Penyakit yang bisa diobati adalah gangguan pencernaan, flu, stroke, pertajam penglihatan, dan kesehatan kulit. Cara penggunaannya yaitu buah yang sudah masak langsung dimakan. Sedangkan daunnya yang masih muda diolah menjadi sayuran.

Pisang (Musa paradisiaca)

khasiat pisang sebagai tanaman obat keluarga
Pisang – studyblue.com

Untuk minum, gunakan tepung pisang sebanyak 1 – 2 sendok makan sebelum makan dan pada saat mau makan.

Untuk pemakaian luar, gunakan hari batang pisang untuk obat luka baru, daun pisang muda untuk menyejukkan penderita demam, mata terasa panas, dan luka bakar, serta cairan bonggol untuk penyubur rambut. Daunnya digiling hingga halus, bonggol atau akar pisang yang masih segar kemudian diturapkan ke penyakit, seperti radang kulit bernanah (piodermi), luka bakar, bisul, radang telinga, dan bengkak.

Pule Pandak (Rauplfia serpentine)

khasiat daun pule pandak
Pule pandak – flickr.com

Akar tanaman obat keluarga ini bersifat pahit, dingin, dan sedikit beracun. Memiliki khasiat dalam menenangkhan diri (sedatif), merangsang terjadinya kantuk (hipnotik), melancarkan aliran darah, menurunkan darah tinggi (hipotensif), penghilang nyeri (analgesik), dapat digunakan untuk meredakan demam (antipiretik), menurunkan panas dalam dan panas liver, antiradang.

Batang dan daun bersifat pahit, manis dan sejuk yang berkhasiat untuk menolak angin, hipotensif, dan menghilangkan darah beku.

Putri Malu (Mimosa pudica)

khasiat tanaman putri malu
Putri malu – wikipedia.org

Tanaman herbal putri malu mengandung tanin, saponin, pipekolinat, dan mimosin.sifat tanaman dingin, manis dan segar. Selain itu berkhasiat sebagai obat untuk meluruhkan kencing, meredakan panas, melonggarkan pernapasan, dan menenangkan karena memiliki sifat dingin dan penyegar maka cocok untuk mengobati peradangan, demam dan infeksi.

Dari pengalaman, bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah semua bagian tanaman dalam bentuk segar maupun kering.

Tanaman Herbal Sambiloto (Androgramaphis paniculata)

khasiat tanaman sambiloto
Sambiloto – wikipedia.org

Herba ini rasanya pahit, dingin, masuk meridiam paru, lambung usus besar dan kecil. Antibakteri, antiradang, mengontrol reaksi imunitas (imunomodilator), penghilang nyeri (analgesik), pereda demam (antipiretik), menghilangkan panas dalam, menghilangkan lembab, penawar racun (detoksifikasi), dan detumescent.

Dipanen sewaktu tumbuhan ini mulai berbunga. Setelah dicuci, dipotong-potong seperlunya lalu dikeringkan.

Seledri (Apium gramaveolens)

khasiat selendri
Selendri – keyserver.lucidcentral,org

Tanaman herbal daun selendri ini mempunya manfaat dalam mengatasi sakit mata karena kering.

Bahan: 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, 1 tangkai daun kemangi.

Baca juga:  Hindari Kanker, Begini Cara Minimalisir Radiasi Ponsel

Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring.

Cara menggunakan: di minum biasa.

  • Reumatik

Bahan: 1 tangkai daun seledri

Cara menggunakan: dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Tanaman Obat Keluarga Kumis kucing (Orthosiphon stamineus)

khasiat tanaman kumis kucing
Kumis kucing – nungkinuaridewi96.wordpress.com

Kumis kucing memiliki rasa sedikit rasa pahit, agak asin, sepat, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing, di antaranya zat samak, minyak atsiri, orthosiphonglikosida, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium (0,6 – 3,5%), dan myoinositol.

Sementara itu, kumis kucing juga mempunyai beberapa efek farmakologis, di antaranya menghancurkan batu di saluran kencing, diuretik (peluruh air seni) dan  antiradang. Seluruh bagian kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti batu kandung empedu, bengkak kandung kemih encok, infeksi kandung kemih (batu dalam kandung kemih).

Kunyit (Curcuma domestica)

khasiat kunyit
Kunyit – flickr.com

Cincau kunyit asam berpotensi menambah klorofil, vitamin, dan mineral terutama dari umbi kunyit. Kunyit mengandung minyak atsiri dan kurkuminoid. Mintyak atsiri terdiri atas senyawa seskuiter penalkohol, turmeron, dan zingiberen. Kurkuminoid terdiri atas kurkumin, demotoksikurkumin, dan bisdimetoksikurkumin.

Selain itu juga mengandung lemak,protein, pati, vitamin C, serta garam-garam mineral. Kunyit bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit, benkak, rematik, sakit maag, sakit kuning, sakit limpa dan sebagainya.

Tanaman Herbal Lengkuas (Alpinia galanga)

khasiat lengkuas
Lengkuas – ebay.com

Rhizomnya bersifat antibakteri, antikulat, antiprotozoa, dan mengeluarkan dahak. Minyaknya bersifat racun lalat. 1-asetoksicavikol dan 1-asetoksieugenol bersifat antitumor kepada mencit dan antiulser kepada tikus.

Borneol dapat menyebabkan bengkak dan sakit hidung, kerongkongan, kulit, mata dan paru-paru. Ia juga dapat meyebabkan sakit kepala, ruam, muntah, dan pitam. Terpinen-4-ol bersifat antibakteria terhadap berbagai jenis penyakit dan antikulat.

Lidah buaya (Aloe vera)

khasiat tanaman lidah buaya
Lidah buaya – womenshealthmag.com

Berdasarkan hasil penelitian, daun lidah buaya dapat berfungsi sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri dan regenerasi sel. Di samping itu, lidah buaya bermanfaat  untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV.

Penggunaannya dapat berupa gel dalm bentuk segar atau dalam bentuk bahan jadi (kapsul, jus, pasta atau makanan dan minuman segar kesehatan). Bunga dan akar lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai obat cacing dan susah buang air besar (sembelit).

Bunga Melati (Jasminum sambac)

khasiat bunga melati
Melati – latin-wife.com

Melati mengandung senyawa-senyawa unsur kimia yang besar manfaat untuk pengobatan. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzil, livalylacetaat.

Khasiat dan manfaat pengobatan di antaranya adalah menghentikan ASI yang keluar berlebihan, mengatasi sakit mata (mata merah atau belek), bengkak akibat serangan lebah, demam dan sakit kepala, serta sesak napas.

Baca juga: Bunga Mawar si Bunga Cinta, Beda Warna Beda Makna

Mengkudu (Morinda citrifolia)

khasiat mengkudu
Mengkudu – palmbeachmedicinalherbs.com

Buah mengkudu mengandung beberapa senyawa yang terbukti mampu mengobati berbagai penyakit. Di antaranya soranyidiol, asam kapril, morinda diol, morindon, damnacanthal, dan metil asetil.

Uji praklinis Direktorat Tekhnologi Farmasi dan Medika BPPT menunjukkan bahwa tikus (percobaan) yang diberi dua sendok sari buah tanaman obat keluarga ini perhari akan mengalami penurunan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Meniran (Philanthus urinaria)

khasiat meniaran
Meniran – agusandisulhan.blogspot.co.id

Khasiat meniran yang paling populer di masyarakat adalah keampuhan dalam mengatasi asam urat, Jika diperhatikan, hampir semua produk-prosuk herbal anti asam urat mengguakan meniran sebagai salah satu bahan dasarnya.

Berbagai sumber kesehatan menyatakan bahwa meniran bagian pada meniran bermanfaat untuk pengobatan penyakit, seperti penurun panas, pereda batuk, dan pelindung organ hati.

Tanaman Obat Keluarga ‘Nona Makan Sirih’ (Clerodendrum thomsonae)

khasiat tanaman Nona makan siri
Nona Makan Sirih – flickr.com

Tanaman nona makan sirih merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh memanjat atau merambat dengan tinggi 2 – 5 meter. Tanaman ini mempunyai ranting muda yang bentuknya persegi empat. Daun tunggal, bertangkai, berbentuk bulat telur memanjang, ujung runcing dan tepi merata.

Bunga muncul dari ujung ranting dan ketiak daun, dalam rangkaian yang bersifat rasemosa, dan berwarna merah berseludung putih kekuningan.

Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius)

khasiat pandan wangi
Pandan wangi – wikipedia.org

Terapi dengan pandan wangi: Iris-iris 2 – 5 lembar daun pandan, lalu rebus atau seduh dengan air panas, kemudian diminum. Atau tumbuk daun pandan, lalu peras dan minum. Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun pandan dan giling sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit atau kulit kepala yang berketombe

Mengatasi rasa gelisah dengan daun pandan wangi: Cuci dua lembar daun pandan segar, lalu iris tipis-tipis. Seduh dengan segelas air panas. Dinginkan, kemudian saring airnya. Minum 2 – 3 kali sehari sampai merasa tenang.

Petikan Kebo (Euphorbia hirta)

khasiat petikan kebo
Petikan kebo – wikipedia.org

Petikan kebo memiliki khasiat sebagai antiradang, peluruh kencing, dan menghilangkan gatal. Untuk mengatasi disentri, diare, gangguan pencernaan, radang usus, typus abdonmalis, brongkhitis, abses paru, radang ginjal, abses payudara, eksim, dan tinie pedis (kutu air).

Seluruh bagian tanaman Petikan keno bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal berbagai jenis penyakit di atas.

Bawang Putih

khasiat bawang putih
Bawang putih – pixabay.com

Pemanfaatan:

  • Hipertensi: Bawang putih dibakar sampai matang, makan. Dua hari pertama makan 6 siung selanjutnya selama seminggu makan 2 siung.
  • Sakit kepala: Umbi bawang putih dilumatkan, lalu borehkan pada dahi.
  • Flu: Bawang putih, bawang merah, jahe dengan takaran yang sama dikupas, cuci, seduh. Diamkan selama 15 menit sambil ditutup, jahenya disisihkan, minum airnya, makan bawang putih, bawang merah.

Catatan: Sebaiknya bawang putih tidak dimakan mentah, karena mengganggu lambung, lebih baik direbus, digoreng, atau dipanggang lebih dulu.

Tanaman Obat Keluarga – Daun Kelor

Tanaman Obat Keluarga Daun Kelor
Daun kelor – wartarembang.com

Daun kelor adalah bagian yang mengandung banyak manfaat. Secara umum dapat dikonsumsi karena mengandung gizi dan protein tinggi. Remasan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai penutup luka. Daun kelor bisa dihaluskan dengan cara digiling yang kemudian dapat dijadikan bedak untuk menghilangkan flek dan noda pada wajah.

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Daun kelor juga berkhasiat mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1, B2, dan gangguan pertumbuhan pada anak.

Buah Pare (Momordica Charantia L.)

manfaat buah pare
Pare – balconygardenweb.com

Banyak hasil riset yang mengungkapkan bahwa paling tidak ada 3 komponen senyawa pada semua bagian tanaman pare yang secara klinis berkhasiat menekan kadar gula dalam darah (hipoglisemik). Hasil riset ini bisa menjadi dasar pemanfaatan pare sebagai obat penyakit diabetes melitus yang diolah pada berbagai bentuk.

Ketiga komponen tersebut adalah karantin, insulin, dan alkaloid. Efek hipoglisemik dari tanaman pare ini paling banyak ditemukan pada bagian buah pare dibanidingkan dengan bagian tanaman yang lainnya.

Tanaman Obat – Ekor Kucing (Acalypha hispida Burm. F)

khasiat tanaman obat keluarga
Tanaman ekor kucing – worldtropicalflowers.com

Khasiat dan manfaat tanaman ekor kucing di antaranya adalah menghentikan perdarahan (hemostatis) dan peluruh kencing (diuretik). Akar dan daun berkhasiat hemostatis. Bunga digunakan untuk pengobatan disentri, radang usus, perdarahan seperti berak nanah, muntah darah, dan mimisan, cacingan, luka bakar, serta tukak (ulkus) di kaki.

Daun digunakan untuk pengobatan bercak putih di kulit (vitiligo), disentri, batuk darah (hemoptisis), luka berdarah, dan sariawan.

Tanaman Obat Keluarga – ‘Pacar Cina’ (Aglaia odorata)

tanaman obat keluarga dari tanaman pacar cina
Tanaman Pacar cina – wikipedia.org

Pacar cina rasanya pedas, manis, besifat netral, masuk meridian paru, lambung dan hati. Bunga berkhasiat untuk perut kambung, sukar menelan, batuk, pusing, dan mempercepat persalinan. Daun berkhasiat untuk memar, bisul, darah haid banyak, bau badan, dan diare.

Cara pemakaiannya adalah untuk obat yang diminum, rebus daun, bunga, atau ranting (5 – 15 gram). Untuk pemakaian luar, giling halus batang, ranting atau daun, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit.

Tanaman Herbal – Anting-anting

khasiat tanaman anting-anting
Tanaman anting-anting – bukalapak.com

Herba anting-anting bersifat sejuk dan rasanya pahit. Khasiatnya sebagai antiradang, antibiotik, peluruh air seni, dan astrigen (menghentikan perdarahan).

Untuk mengobati diare, disentri basiler, muntah darah, mimisan, berak darah (melena), dan batuk. Cara menggunakannya adalah rebus herba anting-anting kering sebanyak 30 – 60 gram dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 3 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

Pacar Air (Impatiens balsamina)

khasiat tanaman cacar air
Cacar air – wikipedia.org

Efek farmakologis pacar air di antaranya peredaran darah dan melunakkan masa/benjolan yang keras. Efek farmakologis akar pacar air di antaranya peluruh haid (emenagog), anti-inflamasi (antiflogistik = antiradang), rematik, kaku leher, kaku pinggang (lumago) dan lainnya

Tanaman pacar air bisa digunakan untuk mengobati nyeri haid (dismenorrhoea), caranya cuci bersih 10 gram daun pacar air, 15 gram umbi rumput teki (Cyperus rotundus) dan 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb), Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya dua kali sehari masing-masing ½ gelas.

Tanaman Obat Kemuning (Murraya paniculata)

khasiat tanaman kemuning
Kemuning – thetutuguru.com.au

Kemuning bersifat pedas, pahit, hangat, masuk meridiam jantung, hari dan paru. Berkhasiat sebagai pamati rasa (anastesi), penenang (sedatif), antiradang, antirematik, anti tiroid, penghilang bengkak, pelanvcar peredaran darah, dan penghalus kulit.

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, ranting dan akar. Kulit batang juga berkhasiat sebagai obat.

Ubi kayu (Manihot esculenta)

khasiat ubi kayu sebagai obat
Ubi kayu – calphotos.berkeley.edu

Ubi kayu (Manihot esculenta) termasuk tanaman obat keluarga, berbatang pohon lunak atau getas (mudah patah). Ubi kayu memiliki batang yang berbentuk bulat dengan tekstur bergerigi, terbentuk dari bekas pangkal tangkai daun yang telah gugur, pada bagian tengah batangnya bergabus. Ubi kayu termasuk tanaman yang tinggi, yakni dapat mencapai ketinggian 1-4 meter.

Pemeliharaannya mudah dan produktif. Ubi kayu dapat tumbuh subur di daerah yang berketinggian 1200 meter di atas permukaan air laut. Daun ubi kayu mempunyai tangkai dengan panjang dan helai daun yang mirip telapak tangan, dan pada setiap tangkai memiliki daun antara 3 hingga 8 lembar. Tangkai daun tersebut berwarna hijau. merah atau kuning.

Kamboja (Plumeria acuminata)

khasiat tanaman kamboja
Kamboja – tanamankesehatanherbal.blogspot.com

Kamboja (Pleumeria acuminata) adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Bergetah putih, mengandung senyawa jenis karet, triterpenoid aamyrin, lupeol, kautscuk, dan damar. Kandungan minyak menguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farmesol, dan fenetilalkohol.

Khasiat dan manfaat untuk pengobatan tanaman obat keluarga ini adalah mengatasi kencing nanah, Patek, puru (frambusia), pemulihan bengkak, bisul.

Tanaman Obat Keluarga Jayanti (Sesbania sesban)

khasiat tanaman jayanti
Jayanti – lamcanh.com

Daunnya berkhasiat mengobati TBC (tuberculosis) paru, kencing nanah infeksi ginjal, dan demam. Kulit berkhasiat mengobati kencing nanah, kencing kurang lancar, dan sulit berkeringat. Bijinya berkhasiat mengobati kepala pusing, batuk, keguguran, dan haid tidak teratur.

Akarnya berkhasiat mengobati kencing nanah dan sifilis. Minyaknya berkhasiat mengobati borok, koreng, kusta, dan trachoma.

Tanaman Herbal Ciplukan (Physalis peruviana)

Tanaman obat keluarga
Ciplukan – naturkostbar.com

Ciplukan bersifat pahit dan sejuk. Khasiatnya ciplukan adalah sebagai analgetik, diuretik, penetral racun (detoxifies), pereda batuk, dan mengaktifkan kelenjar tubuh.

Penggunaan tanaman obat keluarga ini bisa juga untuk mengatasi diabetes miletus alias kencing manis. Caranya yaitu cabut herba ciplukan yang sudah berbuah beserta kar-akarnya, lalu bersihkan, layukan, dan rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. saring dan minum 1 kali sehari.

Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.)

Taaman obat keluarga
Rosella – taiguotong.cn

Tanaman Rosella dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar, menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sebanyak 3 kelopak bunga rosela diseduh dengan menggunakan air yang mendidih  200 ml. Tunggu saja 5 s/d 10 menit hingga airnya berubah jadi berwarna merah, diminum 2 kali dalam dalam sehari sebelum makan. pada orang yang sakit maag diminum satu jam setelah makan.

***

Itulah berbagai jenis tanaman obat keluarga (TOGA) yang bisa Anda manfaatkan, semoga berguna.

Content Protection by DMCA.com