Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita: Penyebab, Obat & Tips Mengatasi

Sakit Perut Sebelah Kiri – Sakit di komponen tubuh mana pun membuat kita menderita dan tidak nyaman. Ini menjadi keprihatinan tambahan bila sakit perut di sebelah kiri pada wanita karena bisa melibatkan metode reproduksi. Bila kita bicara mengenai rasa sakit di komponen perut pada wanita,  ada sejumlah kemungkinan yang jadi penyebabnya.

Berikut ini daftar penyebab sakit perut sebelah kiri pada umumnya dan nyeri perut sebelah bawah pada wanita.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita
©livescience.com

Aneurisma Aorta Perut

Apa hubungan sakit perut sebelah kiri dengan bagian Aneurisma Aorta perut? Aorta perut yakni pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke perut. Pembuluh darah ini mungkin pecah dan bocor yang disebabkan beberapa komplikasi medis. Keadaan ini disebut aneurisma aorta perut. Ini umumnya menyebabkan sakit parah di bagian tengah perut. Rasa sakit bisa menyebar ke perut bagian kiri dan belakang.

Dengan demikian, bocornya aorta mungkin menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri dan nyeri punggung pada wanita. Lazimnya untuk menyelesaikan masalah ini dijalankan operasi aneurisma aorta.

Endomeriosis

Salah satu penyebab utama sakit perut di bagian kiri bawah pada wanita di umur reproduksi adalah endomeriosis. Ini ialah penyakit dimana sel-sel endometrium ( selaput bagian dalam rahim ) berkembang di kuar rongga rahim. Rasa sakit akibat endometriosis dapat menjadi lebuh buruk ketika menstruasi.

Kanker

Kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab keluhan sakit perut di sebelah kiri pada wanita adalah kanker. Ketika sebelah kiri perut termakan oleh pertumbuhan jaringan kanker, bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri yang amat tajam pada wanita. Gejala lain yang mungkin terkait dengan kanker perut merupakan perubahan dalam kebiasaan membuang air besar, konstipasi, kehilangan nafsu makan dan berat badan. Jika mengalami gejala seperti itu, sebaiknya lantas mencari bantuan medis.

Batu Ginjal

Adanya tolong ginjal bisa mengakibatkan sakit perut ringan hingga berat pada perut sebelah kiri. Kadang kala, perjalanan batu ginjal menurun ke ureter yang menyebabkan nyeri perut bagian kiri bawah. Bahkan laki-laki juga bisa terkena sakit perut hal yang demikian. Gejala lain pada sakit perut bagian kiri bawah yang disebabkan bantu ginjal ialah perasaan ingin muntah dan susah buang air kecil.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dengan Cepat

Sembelit

Sembelit
©sing-sehat.blogspot.com

Wasir akut dan kronis bisa memunculkan nyeri perut bagian kanan bawah dan komponen kiri. Rasa sakit umumnya datang sesudah membuang air besar. Minum banyak air dan jalan-jalan dapat membantu menstimulus tinja lebih gampang keluar. Jika Anda tak bisa buang air besar, Anda wajib segera berkonsultasi dengan dokter.

Pelvic Inflammatory Disease

Infeksi bakteri rahim, ovarium dan tuba fallpoi secara kolektif disebut penyakit radang panggul (PID). Ini menyebabkan meningkatnya keputihan dan rasa sakit ringan sampai berat pada perut komponen bawah. Penyebab PID adalah penyebaran penayakit seksual menular dari Miss V dan leher rahim sampai ke perut. PID ialah penyebab yang biasa di balik sakit perut di sebelah kiri bawah pada wanita.

Fibroid

Munculnya otot-otot pada rahim secara tidak normal dinamakan juga dengan fibroid atau biasa juga disebut batu rahim. Fibroid tumbuh mirip bola keras pada area dinding rahim. Mereka membelah dan tumbuh secara perlahan. Ini mungkin menjadi penyebab sakit perut komponen kiri bawah pada wanita yang menderita pendarahan menstruasi yang tak teratur atau berlebihan. Seringkali operasi dijalankan untuk menyelesaikan fibroid.

Divertikulitis

Pada wanita yang berusia tua, salah satu penyebab lazim untuk sakit perut di sebelah kiri bawah adalah diverticulitis. Keadaan ini umumnya terjadi setelah umur 60 tahun. Pada ilmu kedokteran, divertikulitis diartikan sebagai suatu gangguan sistem pencernaan tepatnya di bagian usus besar yang melibatkan peradangan kantong (divertikula) yang terdapat pada sisi luar usus besar.

Kehamilan etopik

Kondisi dimana ovum dibuahi akan tertanam dimana saja di luar rahim. Dalam sebagian besar kasus, zigot akan tertanam di salah satu saluran tuba. Tubuh ibu hamil secara spontan mengusir janin keluar selama tahap permulaan kehamilan. Keadaan ini ditandai dengan pendarahan pada Miss V. Kehamilan etopik bisa saja menjadi faktot penyebab terjadinya sakit perut sebelah kiri terutama pada awal-awal masakehamilan.

Ada sebagian penyebab lain untuk masalah sakit perut di sebelah kiri pada wanita. Penyebab yang dibeberkan di atas cuma sebagian saja sebab tubuh manusia ibarat mesin yang rumit dan ketidaknyamanan kecil dapat menjadi indikasi dari gangguan yang lebih serius. Untuk memastikan penyebab sakit perut di sebelah kiri, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter supaya dapat kencang ditangani.

Baca juga:  10+ Kiat Minum Air Putih Lebih Banyak Setiap Hari

Tips Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Tips Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri
©gastro.com.br

Pada lazimnya cara pengobatan sebuah penyakit lazimnya disesuaikan dengan penyebab dari penyakit tersebut. Begitupun juga dengan penyakit sakit perut sebelah kiri. Jika untuk skala ringan, anda bisa memakai obat herbal dan obat yang dipasarkan di apotik terdekat dari rumah anda. Akan melainkan, bila sakit perut sebelah kiri yang anda alami disebabkan oleh penyakit serius, karenanya hendaknya anda menjumpai dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih dalam sebelum penyakit bertambah parah.

Nah supaya pemahaman anda semakin utuh, ini kami berikan tips pengobatan sebagai pertolongan pertama di kala Anda sedang mengalami sakit perut sebelah kiri, adalah:

  1. terbaring
  2. kompres perut dengan air hangat
  3. tingkatkan konsumsi air putih secara perlahan perlahan
  4. hindari minuman mengandung kafein
  5. jangan konsumsi obat obatan non-steroid
  6. jangan makan kuliner pedas dan sarat lemak

Pengobatan sakit perut kiri bagian bawah atau bagian atas memang mesti dikenal dahulu apa yang yang menjadi penyebab utamanya. Sehingga pengobatan nya malahan disesuaikan dengan penyebab utamanya supaya pengobatan tersebut benar-benar efektif dan maksimal, maka dari itu sungguh-sungguh penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat.

Ada sebagian tips penanganan untuk menyelesaikan nyeri perut sebelah kiri baik bagian bawah maupun komponen atas yang perlu dikerjakan, seperti:

  • Hindari memijat/mengurut zona perut yang sakit.
  • Mengatur pola makan yang sehat dan teratur
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak, mengandung gas / soda maupun minuman beralkohol
  • Minum cukup air putih paling sedikit 2-3 liter sehari
  • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi agar tenaga bendung tubuh terjaga
  • Stop merokok kalau perokok
  • Hilangkan kebiasaan buruk menahan diri untuk buang air/kencing.
  • Hindari stress
  • Berolahraga rutin.

Selain itu metode mengobati sakit perut kiri bagian atas atau bawah dengan obat tradisional malahan bisa diterapkan, sistem tradisional di sini maksudnya menggunakan berbagai bahan alami. Berikut ini sebagian bahan-bahan herbal natural yang di percaya bisa mengobati keluhan hal yang demikian, antara lain:

Baca juga:  Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mengatasi Sakit Perut Kiri Bagian Atas atau Bawah dengan Obat Tradisional

Mengatasi Sakit Perut Kiri Bagian Atas atau Bawah dengan Obat Tradisional
©newstipsindonesia.com

Biji adas

Bahan herbal natural pertama yang bisa digunakan menjadi obat sakit perut sebelah kiri merupakan biji adas. Adas ialah rempah terbaik untuk mengobati sakit perut, perut kenyang dan gangguan pencernaan. Mengunyah beberapa biji adas mempermudah cara kerja pencernaan dan menenangkan ketidaknyamanan di perut.

Daun Sembung

Daun sembung mempunyai banyak khasiat kecuali berkhasiat menolong mengobati sakit perut, juga berkhasiat sebagai obat pengencer darah, obat batuk, pereda nyeri haid, dan juga luka luar seperti gatal-gatal dan abses. Untuk penyakit paru-paru seperti bronkhitis malahan, daun sembung benar-benar bermanfaat sebagai obat.

Lidah buaya

Lidah buaya juga memiliki khasiat untuk mengobati keluhan sakit perut sebelah kiri. Bahan alami ini dapat meringankan sakit perut dan mengatasi wasir. Sebab itu, minum jus lidah buaya secara teratur membantu mengobati sakit perut sebelah kiri bagus bagian bawah maupun komponen atas.

Kunyit

Kunyit juga memiliki bermacam-macam khasiat kecuali berkhasiat mengobati sakit perut juga berguna mengobati tekanan darah tinggi, demam, malaria, nyeri sendi, terlambat datang bulan dan bermacam khasiat lainnya. Bila di rumah ada banyak kunyit dapat Anda coba ramu untuk diciptakan obat sakit perut sebelah kiri.

Jahe

Bahan herbal alami terakhir yang dapat diterapkan menjadi obat sakit perut sebelah kiri yakni jahe. Jahe mengandung gingerol, suatu antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas di dalam tubuh. Tidak hanya itu, gingerol pun berkhasiat mengurangi rasa tak nyaman dan sensasi mual pada perut. Jahe juga diketahui memiliki efek anti radang juga dapat menetralkan pH pada lambung.

Dan masih banyak lagi bahan-bahan herbal alami lainnya yang bermanfaat mengobati beraneka keluhan sakit perut. Obat yang berbahan alami dapat menjadi opsi pengobatan yang tentunya kecuali berkhasiat dan tepat sasaran dan juga lebih alami. (Baca juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil)

Itulah sekilas mengenai cara mengobati sakit perut sebelah kiri bagian atas/bawah dengan obat tradisional dari bahan-bahan herbal natural. Semoga informasi hal yang demikian dapat berguna dan berguna.

Content Protection by DMCA.com