Manfaat Susu kedelai Untuk Kesehatan, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai – Susu kedelai acap kali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya rasanya yang enak, manfaat susu kedelai begitu banyak terkandung di dalamnya. Di antara manfaat susu kedelai akan kami bahas pada artikel ini, namun sebelum itu kita perlu mengetahui apasih sebenarnya kandungan susu kedelai.

Simak pembahasan mengenai susu kedelai di bawah ini mulai dari kandungan susu kedelai, manfaat susu kedelai, pentingnya untuk ibu hamil dan juga beberapa efek samping dari rutin mengonsumsi susu kedelai ini.

Manfaat Sari Kedelai

Manfaat Sari Kedelai
©rumahmesin.com

Berikut ini merupakan manfaat sari (susu) kedelai yang bisa kau temukan sekiranya rutin mengonsumsinya.

Menyelesaikan Intolerensi Laktosa

Air Susu Ibu (ASI) ialah minuman sekalian makanan terbaik dan natural untuk  bayi. Yang paling bersih, bergizi, dan murah. Tapi, karena bermacam kendala atau alasan, tidak sedikit kaum ibu yang coba menggantikan ASI dengan susu sapi. Walaupun, pada kenyataannya banyak buah hati, terutamanya balita yang alergi terhadap susu sapi.

Akhirnya bisa berupa muntah, diare, mual, atau gejala sakit perut yang lain. Ini pertanda metode pencernaan tak sanggup mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik. Kondisi seperti tersebut dikenal juga dengan istilah Intoleransi Laktosa, yang diakibatkan oleh enzyme laktase  pada tubuh terbatas. Enzim laktase ini berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan monosakarida (galaktosa) supaya lebih mudah dicerna di dalam usus.

Sebagai pilihan, manfaat susu kedelai bisa dibuat pengganti susu sapi dan minuman pendamping ASI bagi balita. Salah satu kelebihan susu kedelai dibandingi dengan susu sapi merupakan, tidak adanya laktosa susu . Oleh sebab itu, anak yang mengidap alergi terhadap susu sapi amat dianjurkan untuk minum susu kedelai, demikian juga untuk orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi.

Sebab untuk balita, untuk mendapatkan manfaat susu kedelai sebaiknya dikasih setelah buah hati berumur diatas satu tahun. Porsinya cukup 250 500 ml. atau 1 – 2 gelas perhari. Dua gelas susu kedelai sanggup mensuplai 30 % keperluan protein perhari bagi balita. Manfaat susu kedelai dapat diperoleh seandainya diberi setelah atau sebelum makan, tergantung kultur dan selera si kecil.

Minuman untuk Penderita Autisme

Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada masa buah hati-si kecil, sehingga membikin seseorang tak kapabel mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Autisme pada anak-anak lazimnya disebut Autisme Infatil. Penderita Autisme sebaiknya tidak mengkosumsi makanan yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung).

Karena kecuali susah dicerna, makanan yang mengandung kedua tipe protein tersebut bisa menyebabkan gangguan fungsi otak. Tetapi dikonsumsi perilaku penderita autisme akan menjadi lebih hiperaktif. Susu sapi maupun beberapa jenis produknya lainnya, seperti keju dan krim merupakan sumber kasein.

Bagi penderita Autisme, Susu Sapi bisa diganti dengan Susu Kedelai. Dengan demikian, para penderita autisme konsisten mendapat usul protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Kecuali terutama dari segala itu, selain manfaat susu kedelai yang ini. juga tidak mengandung Kasein dan Glutein.

Minuman untuk Vegetarian

Vegetarian adalah orang yang menganut pola makan berpantang daging, termasuk produk pangan lainnya yang berasal dari binatang seperti telor, susu serta hasil olahannya. Tetapi pada kenyataannya para vegetarian bahkan betul-betul membutuhkan sumber gizi hewani-yang adalah sumber nutrisi tinggi bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Bagi vegetarian, susu kedelai bisa diberi tahu sebagai minuman utama.

Selain enak dan menyegarkan, poin gizinya tidak keok dengan susu sapi. Susu kedelai merupakan minuman sumber provitamin A, vitamin B1, B2, B6, sumber Karbohidrat, sumber Protein, sumber mineral (Selenium, Kalsium, Fosfor, Magnesium) dan sumber Lemak.

Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Di dalam tubuh kolesterol akan bergabung dengan protein, membentuk senyawa yang disebut Lipoprotein; yang terdiri dari dua variasi adalah LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL dikenal sebagai Kolesterol Jahat, sebab sering kali memicu penumpukan plak kolesterol di dinding arteri. Sementara HDL dikenal sebagai Kolesterol Nutrisi, karena berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati tempat kolesterol dipecah dan dikeluakan.

Manfaat susu Kedelai mampu menghalau kolesterol jahat (LDL), sebab susu kedelai mengandung Lesitin yang bersifat mengemulsi (melarutkan) kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan.

Kecuali Lesitin; Zat Tak lain yang bisa menggempur kolesterol yaitu Isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan cakap meningkatkan HDL. Penelitian olah America Heart Association memperlihatkan konsumsi Susu Kedelai selama tiga bulan mampu meningkatkan HDL rata-rata 4,7 %.

Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke

Kecuali Lesitin dan Isoflavon, susu kedelai juga mengandung Vitamin E (Tokoferol) yang juga dapat menolong mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Vitamin E ini juga cakap mencegah Teroksidasinya kolesterol LDL; sehingga tak menimbulkan Plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri, dan meremajakan kembali arteri yang telah tua, sehingga lebih elastis dan menghindari terjadinya Arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

Penelitian pada Harvard University; menampilkan mereka yang mendapat Vitamin E 200 I.U/ hari; risiko memperoleh gangguan kardiovaskular berat menurun sebesar 34 %. Kandungan asam Folat dan Vitamin B6 dalam susu kedelai juga bisa mencegah penyakit jantung.

Untungnya lagi manfaat susu kedelai mengandung mineral Magnesium yang kapabel mengendalikan tekanan darah seseorang. Sebab cuma itu, hasil penilitian Jery L. Nadler dari City of Hope Medical Center – California; menyebutkan Magnesium cakap menghambat pelepasan Tromboksan – yakni suatu zat yang membuat Trombosit (kepingan darah) menjadi lebih lengket dan mudah menyusun gumpalan, sehingga sanggup mencegah naiknya tekanan darah sekalian mencegah stroke dan gangguan jantung.

Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin.

Selain itu, protein dalam manfaat susu kedelai lebih gampang diterima organ ginjal dibandingi dengan protein hewani. Sebab itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus.

Hambat Menopause dan Cegah Osteoporosis

Kendati adalah sebuah cara kerja alami, tak sedikit kaum wanita merasa takut dan khawatir menghadapi masa menopause. Kecuali ini wajar karena pelaksanaan yang ditandai dengan stopnya siklus menstruasi itu acap kali menimbulkan gangguan psikis dan lahiriah yang sangat mengganggu; bagus sebelum ataupun sesudah memasukinya.

Kecuali siklus haid pada wanita menopause betul-betul diberi pengaruh oleh Hormon Estrogen yang diproduksi oleh Kelenjar Ovarium. Karena itu terapi medis yang awam diberi ialah Hormone Replacement Therapy (HRT).
Kecuali cukup ampuh menuntaskan beberapa sindroma menopause; tapi dalam bentang panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan; antara lain Kanker Payudara (33%), Stroke (49.1 %), Thromboemboli (125.3 %), dan Penyakit Jantug (34.4%)- (Woman Health Initiaive USA).

Solusi yang dapat dilaksanakan yaitu terus mencari dan meneliti Fito-Estrogen atau Estrogen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan .Salah satunya yang terbukti efektif memecahkan sindroma menopause yaitu Isoflavon yang terkandung dalam manfaat susu kedelai. Selain harganya murah, produknya juga telah dikenal masyarakat.
Selain Isoflavon, zat nutrisi susu kedelai yang dapat menghambat menopause yakni Vitamin E; yang berguna menjaga keseimbangan hormone yang memperlambat terjadinya menopause.

Vitamin E alami lebih gampang diresapi tubuh dibandingkan Vitamin E sintetik. Selain sanggup menghalangi Menopause, Isoflavon ternyata bisa mencegah Osteoporosis; dengan menstimulir pelaksanaan Osteoblastik melalui aktifitas reseptor estrogen; dan meningkatkan produksi Hormon Pertumbuhan – (Insuline Like Growth Factor 1 (IGF-1). Selain itu, susu kedelai juga secara teratur mampu mempertahankan tulang belakang dan tulang tengkorak. (Susan M.Potter, University of Illionis, Amerika Serikat)

Mencegah Migraine

Sakit kepala sebelah atau dikenal juga dengan istilah migrain, sifatnya berulang dan idiopatik (sering terjadi dengan sendirinya tanpa diketahui apa penyebabnya), juga bersifat kambuhan. Migraine paling banyak diderita oleh kalangan wanita dengan perbandingan 3 : 1 dengan pria. Mengonsumsi utamanya yaitu adanya siklus hormonal pada wanita. Sifat migraine yang idiopatik erat kaitannya dengan perubahan biokimiawi di dalam tubuh.

Manfaat susu kedelai apabila dikonsumsi secara teratur bisa mencegah dan meredakan migraine; secara khusus yang disebabkan oleh defisiensi zat nutrisi. Selain ini karena Susu Kedelai sebagai sumber mineral, vitamin B komplek (selain B12), dan Asam Amino (terpenting Lisin) dalam presentase yang cukup tinggi.

Minuman Anti Kanker

Apakah Anda pernah mendengar atau memperhatikan iklan susu yang mampu mencegah kanker? Susu hal yang demikian merupakan Soymilk alias Susu Kedelai. Sebab Susu Kedelai merupakan salah satu asupan kesehatan yang menjadi sumber vitamin E, mineral, selenium, Asam Amino Triptopan dan Isoflavon.

Untuk menangkal serangan radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya kanker, dibutuhkan senyawa atau zat yang bertugas sebagai anti-oksidan, di sinilah peranan manfaat susu kedelai. Selain Selenium, antioksidan pada Susu Kedelai yaitu Vitamin E dan Genistein, yang secara sinergis sanggup menghalau kanker.

Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

Bagi tiap-tiap orang, menjadi tua yaitu sebuah kepastian yang sesungguhnya tak perlu ditakutkan. Di antara cara yang dipercaya paling mujarab menangkal terjadinya penuaan dini adalah dengan mengandalkan Anti Oksidan yang bersumber dari minuman atau makanan. Selain minuman dan makanan sumber anti-oksidan yakni alternatif bijaksana, sekalian pilihan ideal untuk mengatasi penuaan dini.

Anti oksidan secara umum berasal dari klasifikasi mineral dan vitamin, diantaranya Beta-Karoten, Chromium, Selenium, vitamin B, E, C, Kalsium, Tembaga, Isoflavon dan Magnesium. Susu Kedelai sepertinya mulai sekarang perlu dimasukkan ke dalam daftar menu diet Anda, agar Anda senantiasa awet muda. Susu Kedelai mengandung berbagai zat senyawa Anti Aging (menghambat penuaan dini).

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
©satujam.com

Manfaat susu kedelai sangat banyak, dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia dan keadaan, termasuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tak hamil. Sebab, seluruh gizi yang ibu konsumsi juga akan diserap atau diberi terhadap janin yang dikandungnya. Oleh karenanya, ibu hamil harus mendapat asupan gizi yang baik dan cukup agar kesehatannya senantiasa terjaga serta pertumbuhan dan perkembangan bayinya malahan dapat berjalan dengan baik.

Berkat  kandungan nutrisinya yang kaya, susu (sari) kacang kedelai juga bermanfaat seandainya dikonsumsi oleh ibu hamil. Adapun manfaat tersebut secara khusus akan digambarkan sebagai berikut:

Membantu meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan

Susu dari kacang kedelai rupanya juga memiliki kandungan asam folat, yang sudah terbukti sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan otak cabang bayi sehingga membantu meningkatkan kecerdasannya. Tidak hanya untuk kecerdasan, kandungan asam folat juga sangat penting secara khusus ketika trimester permulaan kehamilan (hingga usia kandungan 12 minggu atau 3 bulan) untuk pertumbuhan dan perkembangan sel saraf bayi dalam kandungan.

Memenuhi asupan asam folat, berarti ibu telah menolong mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak dan saraf janin; termasuk mencegah terjadinya gangguan pada selubung penutup saraf otak atau NTD (Neural Tube Defects).

Sebagai sumber energi

Beraktivitas selama masa kehamilan tentu rasanya akan jauh berbeda dibandingi masa sebelum hamil. Akibat muatan tubuh yang bertambah serta adanya pergolakan hormon yang terjadi menyebabkan ibu hamil lebih kencang lelah. Untuk itu, perlu asupan yang dapat menggantikan dan cakap membantu mempertahankan serta menambah kekuatan agar ibu konsisten semangat beraktivitas sehari-hari.

Mengkonsumsi karbohidrat di dalam susu (sari) kedelai dinilai cakap memberikan asupan gizi bagi ibu hamil dan menolong menambah kekuatan.  Tidak susu (sari) kedelai lebih-lebih saat usia kehamilan kian besar (trimester kedua dan ketiga) dapat menolong membuat tubuh ibu menjadi lebih segar dan fit sehingga tidak mudah lelah ketika berkegiatan. Membantu hanya itu, kandungan karbohidrat ini juga memberikan manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Menolong perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan

Susu (sari) kedelai mengandung banyak vitamin dan mineral serta zat gizi lainnya yang membantu dalam pelaksanaan perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kecuali kacang kedelai bermanfaat untuk menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang janin, serta mencegah keguguran.

Kecuali itu, kandungan protein dan bahan penyusunnya (seperti arginin, lisin, lesitin, glisin, leusin, niasin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, dan treonin) yang terkandung di dalam susu (sari) kedelai juga membantu mengembangkan pertumbuhan organ pada bayi dalam kandungan.

Membantu menjaga keadaan kesehatan ibu hamil

Memang telah sangat jelas, bila mau hidup sehat maka kita sepatutnya memakan makanan yang sehat pula serta mengandung kadar gizi yang berimbang. Susu (sari kedelai), mempunyai banyak kandungan zat nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mineral dan vitaminl yang terkandung pada susu kedelai dapat membantu menjaga kondisi kesehatan ibu hamil. Mineral dan vitamin tersebut juga bermanfaat dalam menjaga ibu hamil supaya senantiasa dalam keadaan sehat beserta janinnya.

Membantu memperkuat cara kekebalan tubuh

Kita mengetahui vitamin C sebagai zat yang dapat menolong meningkatkan tenaga tahan tubuh sehingga ibu hamil tak mudah jatuh sakit. Tak ini juga berpengaruh positif bagi kehidupan janin.

Membantu merawat organ-organ penting

Tidak hanya berkhasiat pada pertumbuhan dan perkembangan janin, kandungan nutrisi yang ada di dalam susu (sari) kedelai pun ikut membantu menjaga fungsi organ-organ penting di dalam tubuh ibu hamil selama masa kehamilan.

Menolong memerangi kolesterol jahat

Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh penumpukan atau peningkatan kolesterol jahat yang bisa saja menyerang selama periode kehamilan, sementara itu kita ketahui ibu hamil memiliki kolesterol dengan kadar yang tinggi sebab akan sangat beresiko mengganggu kesehatan dirinya dan juga bayi yang dikandungnya.

Berbeda dengan mengkonsumsi susu sapi, dengan mengkonsumsi susu (sari) kedelai, dapat menolong melawan kolesterol jahat itu dengan kandungan lemak nabati yang ada pada susu kedelai yang ibu konsumsi. Kecuali memerangi kolesterol, lemak nabati juga ikut serta membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah, membantu menjaga keseimbangan berat badan ibu hamil serta sebagai cadangan lemak baik bagi ibu hamil maupun janin.

Membantu proses pemulihan setelah persalinan

Mengonsumsi tinggi protein di dalam susu (sari) kedelai membantu membetulkan sel-sel yang rusak ketika cara kerja persalinan; baik persalinan normal (pervaginam) ataupun persalinan dengan operasi (operasi caesar).

Membantu memulihkan dan menjaga kebugaran tubuh

kandungan nutrisi di dalam susu (sari) kacang kedelai tak cuma menolong menjaga kesehatan ibu selama cara kerja kehamilan, tapi juga seandainya rutin dikonsumsi akan membantu menjaga kesehatan pasca melahirkan; terlebih sekali membantu memulihkan kebugaran tubuh sesudah progres melahirkan yang terbilang cukup melelahan (baik persalinan secara normal, operasi, ataupun dengan intervensi tertentu).

Mengonsumsi seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang terdapat di dalam susu (sari) kedelai amat baik untuk kesehatan ibu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga untuk tetap mengkonsumsi susu (sari) kedelai sesudah cara kerja persalinan. Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil memang cukup besar dang jangan pernah anda sia siakan untuk asupan harian anda.

Kandungan Susu Kedelai

Kandungan Susu Kedelai
©infosehatwanita.com

Susu kedelai mulai populer di kalangan banyak masyarakat sebagai opsi baru selain susu sapi. Susu kedelai gampang diperoleh dan murah harganya. Manfaat susu kedelai mempunyai skor lebih bagus dari susu sapi dan susu formula. Berikut paparan manfaat kandungan dari susu kedelai.

Protein

Protein yang terkandung dalam susu kedelai tertata dari asam amino berupa lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, trionin, triptofan, fenillalanin. Berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengkoreksi jaringan rusak, menjaga pertumbuhan tubuh.

Karbohidrat, Lemak Nabati

Sebagai sumber daya dalam tubuh, sebagai lemak baik dalam tubuh.

Serat/Fiber

Amat bagus untuk memperlancar pencernaan makanan dan pembuangan.

Vitamin A

Vitamin yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, menolong pelaksanaan reproduksi, melancarkan metode kerja syaraf tubuh.

Vitamin B1 dan B2

Berfungsi untuk memancing respon-reaksi cara kerja dalm tubuh dan vit B2 sebagai pigmen pada susu sapi dan susu kedelai.

Vitamin E

Mencegah kanker kulit, mencegah keriput kulit, menolong progres menstruasi, mencegah impotensi, mengobati kadiovaskular (penyakit jantung), dan antioksidan.

Mineral

Sebagai penambah daya pada kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit, menguatkan struktur tulang gigi, serta bagian kuku.

Polisakarida

Berfungsi sebagai pengendali kadar gula yang berlebih dalam darah.

Isoflavon

Sebagai zat ajaib susu kedelai, guna menyehatkan tubuh lebih bugar pantang terkena bermacam-macam penyakit.

Kolesterol Baik (HDL)

Dalam tubuh terdapat kolesterol jahat yang menuai pengapuran pembuluh darah. Maka HDL atau kolesterol bagus dalam susu kedelai cakap mencegah pengapuran hal yang demikian dengan melawan kolesterol jahat.

Kalsium

Berfungsi sebagai pembentuk kandungan tulang baru, memperkuat tulang, memegang fungsi otot, meredarkan darah dengan normal, membatasi asam lemak di usus.

Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai
©medium.com

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kedelai yaitu:

  • Kacang kedelai sebanyak 250 gram yang telah dicuci bersih
  • Air 1500 ml.

Cara membuat:

  1. Kedelai direndam dengan air hangat selama kurang lebih 24 jam, setelah mekar kulitnya dibuang dan dicuci bersih.
  2. Diblender dengan air bersih hingga betul-betul halus
  3. Saring
  4. Direbus di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih, perhatikan terus agar tidak meluap
  5. Saring dengan kain katun yang bersih setelah dingin
  6. Susu kedelai siap dihidangkan

Efek Samping Susu Kedelai

Efek Samping Susu Kedelai
©cintaihidup.com

Setelah mengetahui manfaat susu kedelai yang begitu banyak, ternyata ada pemberitaan yang mengatakan bahwa mengonsumsi susu kedelai mempunyai efek samping yang merugikan untuk kesehatan tubuh manusia, memang aneh dan hal tersebut masih menjadi pertanyaan. Kenapa tak direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai?

Nah untuk memberikan wawasan pemahaman kepada masyarakat yang belum tahu akan problem ini karenanya pada bagian ini akan dibahas dampak negatif atau efek samping susu kedelai bagi tubuh manusia.

Dapat menyebabkan kekenyangan

Karna kandungan protein yang tinggi karenanya susu kedelai bisa menyebabkan peningkatan produksi gas, meskipun jumlah gas yang dibuat itu tergantung dari seberapa banyak konsumsi susu kedelai dan seberapa kuat tingkat toleransi tubuh Anda.

Lalu apakah susu kedelai aman untuk ibu hamil? Untuk wanita yang sedang hamil sebaiknya Anda hindari konsumsi susu ini dalam jumlah yang banyak karena bisa membuat begah.

Bisa menyebabkan alergi kedelai

Batuk, diare, gatal, sakit perut, muntah, rasa gatal, wajah membengkak, bahkan pingsan adalah hal yang bisa terjadi jika alergi. Apabila ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki susu kedelai (soybean milk) amat tinggi sementara performa lambung kita tidak bisa maksimal dalam mengolahnya.

Susu formula kedelai

Susu yang terbuat dari bahan kedelai seperti formula yang dikhususkan untuk bayi sebetulnya tidak direkomendasikan untuk bayi yang belum genap usia 2 tahun. Jika ini karena kandungan lemak dalam susu kedelai tersebut lebih sedikit seandainya dibandingkan dengan susu sapi.

Bayi di umur 1 tahun masih harus memenuhi banyak asupan lemak untuk perkembangan otak dan perkembangan bayi. Bisa masih saja si bayi diberi asupan susu kedelai meski belum menginjak usia 2 tahun maka dikhawatirkan memunculkan imbas negatif susu kedelai seperti resiko terhadap alergi.

Dapat menyebabkan gangguan tiroid

Selain manfaat susu kedelai yang banyak, susu kedelai memiliki kandungan goitrogens yang dapat menyebabkan absorpsi yodium dan mengakibatkan terjadinya pembesaran kelenjar tiroid pada tubuh, hal itu jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Bisa menyebabkan kekurangan gizi

Tidak melewati proses pengerjaan fermentasi karenanya susu kedelai banyak mengandung asam fitat yang bisa mencegah perembesan vitamin esensial dan mineral dalam saluran pencernaan. Dan ini yang menjadi penyebab utama seseorang yang mengkonsumsi susu kedelai kekurangan gizi.

Demikianlah pembahasan mengenai kandungan, manfaat susu kedelai, serta efek sampingnya. Semoga bermanfaat.

Akmal, S. Si.

Menyelesaikan studi sarjana sains di Universitas Hasanuddin, menyukai dunia blogging dan fotografi. Sering menulis artikel di berbagai media nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button