5 Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Dll

Teks eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Dalam dunia pendidikan sendiri teks eksposisi umumnya sangat sering dijadikan soal dalam beberapa ujian di sekolah-sekolah dengan kata kunci pengertian dari teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan tentunya contoh dari teks eksposisi itu sendiri.

Dalam penggunaan dan pengaplikasiannya di dalam kehidupan sehari-hari teks eksposisi sering juga digunakan untuk memaparkan atau memberikan penjelasan tentang suatu kejadian secara terperinci dari sudut pandang orang yang sedang menceritakan cerita tersebut.

Jika kita membahas atau membicarakan tentang teks eksposisi tentunya sangat erat kaitannya dengan pelajaran tentang bahasa Indonesia. Teks eksposisi merupakan salah satu jenis dari berbagai jenis-jenis teks dalam bahasa indonesia selain teks lainnya seperti teks narasi, teks deskripsi, teks prosedur dan lain-lainnya.

Sama halnya dalam teks-teks yang lain, teks eksposisi juga memiliki ciri-ciri khusus yaitu berupa, struktur kalimat, contoh dan sebagainya yang dapat membedakan teks ini dengan teks yang lainnya.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi

Teks eksposisi secara terminologi dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan berisi sejumlah informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas. Secara umum teks ini membahas sebuah topik yang menarik untuk dibaca seseorang. Sehingga apabila membaca teks eksposisi tersebut, maka seseorang dapat memperoleh sebuah informasi yang berharga. Misalnya sebagai contoh paragraf eksposisi, yaitu tentang keadaan pendidikan di Indonesia sekarang ini.

Pengertian teks eksposisi sebenarnya adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang di dalamnya terkandung sejumlah wawasan pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya mudah untuk kita pahami. Paragraf atau teks eksposisi memiliki sifat real, nyata dan Ilmiah atau bisa dikatakan sebagai teks non fiksi.

Tujuan Teks Eksposisi

Teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk memaparkan atau menjelaskan sejelas-jelasnya mengenai sejumlah informasi tertentu kepada para pembaca, sehingga dengan kita pembaca membaca teks eksposisi maka pembaca pun akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Ciri ciri teks eksposisi
arti-pengertian.com

Sama hal seperti teks-teks lain pada umumnya, teks eksposisi pun juga memiliki beberapa ciri-ciri umumnya. Ciri-ciri umum tersebut umumnya digunakan untuk membedakan dan menentukan apakah sebuah teks tergolong dalam teks eksposisi atau bukan.

Ciri-ciri teks eksposisi tersebut adalah sebagaimana berikut:

  1. Teks mampu menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal
  2. Gaya informasi dalam teks yang bersifat mengajak
  3. Penyampaian informasi melalui teks pun menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas
  4. Teks eksposisi bersifat netral atau tidak memihak
  5. Dalam teks eksposisi, fakta atau kenyataan dipakai sebagai alat kontkritasi dan alat kontribusi.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi 
sitopioren.blogspot.com

Untuk struktur teks eksposisi pada umumnya terdiri dari 4 bagian utama yakni pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun penjelasannya agar lebih mudah dipahami tentang susunan teks eksposisi adalah sebagai berikut ini:

1. Pembukaan

Struktur pada teks eksposisi yang pertama adalah merupakan pembukaan atau sering disebut dengan orientasi. Pada bagian teks ini kita akan dapat melihat pandangan awal yang ditulis oleh penulis tentang sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

2. Isi (Thesis)

Thesis merupakan isi dari teks eksposisi yang berisi atau terdiri dari berbagai macam maupun kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli terkait permasalahan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi tersebut sangatlah mudah, kita pun dapat mengidentifikasi thesis dengan cara memperhatikan pemilihan diksi atau kata-katanya. Seperti halnya contoh berikut, “berdasarkan penuturan” dan lain-lainnya.

3. Argumentasi

Argumentasi merupakan struktur teks eksposisi yang memuat dan berisi tentang bukti-bukti relevan yang mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi tersebut. Pada umumnya argumentasi akan mengandung fakta-fakta yang relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka-angka yang secara umumnya bersifat konkrit.

4. Penegasan ulang

Penegasan ulang adalah untuk memuat kesimpulan yang meliputi pembukaan, thesis hingga argumentasi yang disampaikan si penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda, tegas dan lebih singkat.

Dalam pembahasannya, pada teks eksposisi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis yang terdapat pada teks eksposisi ini memiliki pengertian dan penggunaan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Jenis jenis teks eksposisi 
slideplayer.info

Secara umum teks eksposisi dapat kita klasifikasikan menjadi ke beberapa jenis, yaitu diantaranya:

1. Teks Eksposisi ilustrasi

Teks yang menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Biasanya untuk mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat Menggunakan frasa penghubung.

2. Teks Eksposisi berita

Secara umum, teks eksposisi akan memberikan informasi dari suatu kejadian. Jenis teks eksposisi ini sering kita dijumpai dalam berita atau surat kabar.

3. Teks Eksposisi perbandingan

Teks yang satu ini biasanya digunakan untuk menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

4. Teks Eksposisi proses

Teks ini biasanya berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

5. Teks Eksposisi definisi

Biasanya berisi tentang pengertian dari suatu obyek.

6. Teks Eksposisi pertentangan

Teks yang berisi pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. Secara umum, biasa menggunakan frasa penghubung seperti, akan tetapi, meskipun begitu, dan sebaliknya.

7. Teks Eksposisi analisis

Merupakan proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian. Kemudian melakukan pengembangan secara berurutan dalam penulisan teks.

Sebagaimana telah dijelaskan secara singkat di atas, teks eksposisi tersebut memuat segala informasi terkait pendidikan itu sendiri yang ditulis dengan ringkas dan jelas. Selain itu, teks juga harus ditulis secara ringkas dan jelas, teks ini juga memiliki jenis, kaidah, dan juga struktur tersendiri dalam penulisnya yang harus kita pahami sebelumnya.

Untuk lebih mudahnya kita memahami teks jenis eksposisi ini, maka dari itu coba perhatikan contoh teks eksposisi singkat berikut. Misalnya saja contoh karangan eksposisi tentang kesehatan lingkungan dan Pendidikan di Indonesia masa sekarang ini.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh teks eksposisi
kafeilmu.com

Berikut di bawah ini contoh teks eksposisi berdasarkan tema pembahasan beserta penjelasannya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pada dasarnya, pendidikan adalah merupakan hak bagi setiap Warga Negara Indonesia. Karena pendidikan memiliki peran yang penting dalam memajukan sebuah peradaban bangsa (tesis). Pada era sekarang ini Indonesia sedang menerapkan sistem pendidikan dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 (K13).

Perkembangan pendidikan yang terjadi di Indonesia juga terbilang cukup pesat. Melalui penerapan dan pengaplikasian kurikulum tersebut, pemerintah berharap akan adanya sebuah transformasi yang lebih dari masyarakat Indonesia sendiri.

Kurikulum baru tersebut menekankan pada aspek afektif, kognitif, dan juga psikomotorik. Meskipun begitu, kurikulum 2013 ini juga belum dapat dengan mudah dipahami secara luas oleh setiap instansi pendidikan yang ada. Sehingga mengakibatkan ada beberapa sekolah yang belum menerapkan K13 ini secara optimal (argumentasi).

Dengan begitu dapat dipahami bahwa saat ini Indonesia masih atau sedang menjalani sistem pendidikan dengan Kurikulum 2013. Sangat perlu adanya sosialisasi lebih baik lagi. Hal tersebut untuk membantu K13 mampu diaplikasikan secara merata (penegasan kembali). Demikianlah contoh teks eksposisi yang bisa para pembaca pelajari.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Siri Merah merupakan salah satu jenis tumbuhan rumahan yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tumbuhan jenis ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat sendiri, guna sebagai persediaan tumbuhan obat-obatan tradisional (tesis).

Beberapa penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa tumbuhan tersebut sering dijadikan obat diabetes, maag, kanker, dan juga obat untuk mengatasi masalah ketombe. Di samping itu ada pula yang memanfaatkan tumbuhan jenis ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan perempuan.

Masyarakat umumnya menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil dan memanfaatkan daunnya, kemudian daun tersebut diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tumbuhan obat tradisional, dikarenakan terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya.

Kandungan tersebut seperti polifenol, minyak atsiri, euganol, dan sebagainya (argumentasi). Dengan demikian, hat tersebut dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional (penegasan kembali).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

  • Pernyataan Pendapat (Isi/Tesis)

Lingkungan yang bersih adalah merupakan salah satu diantara prasyarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat dengan secara rohani ataupun jasmani.

Kebersihan lingkungan harusnya adalah hal yang penting dan serius serta mesti diaplikasikan dengan benar-benar, namun sayangnya banyak yang masih belum juga punya kebiasaan untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kebersihan lingkungan hingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.

  • Argumentasi

Paling tidak terdapat empat type pencemaran lingkungan yang begitu sangat mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran nada.

1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah pada umumnya berlangsung karena banyak yang buang sampah serta limbah asal-asalan.

Namun, terdapat beberapa hal lain yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu penggunaan pupuk kimia dengan terus-terusan yang sangat berisiko pada ketidakstabilan susunan tanah. Akibatnya, tanah tidak cuma juga akan jadi tandus serta gersang, tetapi juga riskan erosi dan longsor.

Selain itu, pada masalah pembuangan sampah yang tidak harusnya juga akan menyebabkan lingkungan jadi kotor serta tidak enak untuk dipandang. Bukan hanya sekedar itu, sampah yang bertumpuk, menggunung atau berantakan dimana-mana akan mengundang beragam type binatang pembawa penyakit seperti contoh tikus, kecoak serta lalat.

Salah satu diantara type sampah yang begitu berisiko untuk tanah yaitu sampah plastik. Hal ini karena plastik begitu susah untuk terurai serta dapat tersimpan sepanjang tahun di tanah masih dengan bentuk utuh, kendati demikian sebenarnya dalam sehari di hampir seluruh penjuru dunia lebih dari 1 ton plastik selesai jadi sampah.

Harusnya sampah plastik tersebut tidaklah dibuang demikian saja, namun perlunya dibuat kembali sampah sebagai produk daur ulang maupun menjadikannya sumber daya alternatif lain. Meskipun sampah plastik ini sudah dibuang ke tempat sampah sebagaimana mestinya, akan tetapi sampah-sampah plastik ini selanjutnya juga akan menumpuk di tempat pembuangan sampah.

Maka dari itu dapat di pastikan tanah yang jadikan tempat pembuangan sampah sesaat atau akhirnya juga akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun waktu yang sangat lama, jumlah sampah plastik tidak akan menyusut akan tetapi malah juga akan menyebabkan makin bertambah hingga diperlukannya lahan pembuangan sampah yang lebih luas sekali lagi.

Hal tersebut pun sudah pasti menjadi hal yang mengerikan karena sampah plastik ini nanti juga akan jadi ancaman untuk kehidupan di masa depan.

2. Pencemaran Air

Seperti hal nya pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan dari kebiasaan buruk manusia pada umumnya yang membuang sampah secara asal-asalan. Sungai adalah salah satu diantara ruang untuk buang sampah.

Sampah-sampah yang dibuang di sungai, sebagian besar nya juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan maupun bendungan, sedangkan beberapa yang lainnya juga akan mengendap di dasar sungai maupun terdampar di pinggir sungai menjadi tumpukan besar.

Jenis sampah yang begitu sangat berisiko untuk sungai adalah sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke area sungai. Diluar itu ada pula yang namanya limbah kimia yang berasal dari pabrik-pabrik berbasis tekstil maupun plastik yang lebih berbahaya di sepanjang aliran sungai.

Jika limbah kimia ini tidak diolah sedemikian netral terlebih dulu sebelum dibuang dan dengan limbah ini langsung dibuang begitu saja di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia yang terkandung dalam limbah itu juga akan mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah itu.

Di kota-kota besar metropolitan yang padat masyarakat seperti Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai adalah ancaman serius yang senantiasa menyebabkan masalah setiap saat terutama ketika musim hujan datang.

Sampah yang menumpuk di sepanjang sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman serta menggenang dalam kurun waktu tertentu. Di lain daerah yang berbeda seperti di Jawa Barat umpamanya, beberapa waktu terakhir ini digemparkan dengan terjadinya banjir bandang di berbagai wilayah nya yang mengakibatkan kerusakan yang cukup serius. Banjir tersebut sudah dipastikan dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

3. Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan polusi yang paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Saat ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Dan sudah dapat dipastikan jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin pun juga akan bertambah di udara.

Pencemaran udara sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karena pemanasan global tidak hanya akan mencairkan semua susunan es di kutub utara ataupun selatan. tetapi juga mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

Perubahan iklim punya pengaruh di beberapa bagian kehidupan masyarakat terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Di samping itu, pencemaran udara telah pasti juga akan mengganggu kesehatan manusia.

Jelas bahayanya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam tubuh manusia. Pada batas tertentu, tumpukan radikal bebas di dalam tubuh juga akan menyebabkan penyakit serius seperti kanker.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran nada meskipun dapat disebut sebagai jenis polusi atau pencemaran ringan namun hal ini juga dapat mengganggu ketenangan. Polusi suara adalah timbulnya beragam suara bising dari beragam sumber seperti nada mesin, klakson, serta sebagainya yang menghasilkan kebisingan dan menyakiti indera pendengaran kita.

  • Pernyataan Ulang Pendapat

Semakin bertambahnya jumlah masyarakat mempunyai konsekuensi meningkatnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak menjadi kesadaran kita bersama. Lingkungan merupakan masa depan dengan yang sama pentingnya dengan kebutuhan pribadi manusia. Lingkungan yang rusak akan mengakibatkan sulitnya manusia untuk bertahan hidup, demikian sebaliknya, dengan lingkungan bersih akan memudahkan kehidupan manusia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum Di Indonesia

  • Tesis

Sudah semestinya hukum di Indonesia seperti yang telah diputuskan pada Undang-undang untuk dengan tegas mengambil keputusan hukuman untuk tiap-tiap aktor tindak kriminal. Kendati demikian, pada prakteknya seringkali seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak pihak. Hukum mungkin bisa saja tegas, akan tetapi beralih sekejab menjadi begitu tumpul ketika diterapkan pada beberapa koruptor, hal tersebut pun berlangsung pada saat ini.

  • Argumentasi

Sudah merupakan rahasia umum ketika beberapa pelaku koruptor di Indonesia malah memperoleh vonis hukuman yang kategorinya termasuk tidak berat, kenyataannya ada juga koruptor malah menerima beragam tunjangan sarana mewah meskipun telah divonis mengakibatkan kerugian pada negara.

Seringkali kita menonton berita mengenai seorang pencopet, maling serta penjambret yang dikeroyok massa hingga wafat. Akan tetapi, belum juga kita sempat merasakan berita beberapa koruptor di Indonesia dihajar masa sampai betul-betul tewas sama halnya mereka maling.

  • Penegasan Ulang

Dapat disimpulkan bahwa jika hukum di Indonesia jadi tajam dan tegas saat ditempatkan pada rakyat kecil. Contohnya yang paling jelas adalah masalah yang dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya sebenarnya sebatas dikarenakan perihal tuduhan mengambil kayu, pada akhirnya Beliau didakwa dengan masa hukuman dalam kurun waktu 5 tahun penjara. Jelas sangat ironis serta tidak bijak sama sekali, ditambah hal ini sama dengan hukuman yang akan diperoleh oleh para koruptor.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Semua orang di Indonesia tidak dapat memenuhi kebutuhan makanya bila tidak ada kesibukan pertanian. Ironisnya, beberapa besar petani dan terutama beberapa buruh tani, sekarang ini mengalami kesusahan untuk memenuhi keperluan ekonominya.

Hal tersebut semestinya tidak terjadi pada buruh, tetapi pada kenyataannya malah beberapa tengkulak serta pedagang lah yang memperoleh banyak keuntungan dari semua jerih payah para buruh tani.

  • Argumentasi

Salah satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi buruh tani yaitu hadirnya beberapa tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga hasil tani. Hal tersebut merupakan fenomena yang sudah berlangsung mulai sejak jaman dulu serta masih tetap berlanjut hingga saat ini bahkan seakan-akan nasib petani berhenti di satu titik saja.

Penyebab kedua dari keterpurukan ekonomi buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah pada kesejahteraan petani. Jika saja pemerintah lebih intens dalam memerhatikan kesejahteraan beberapa petani, mungkin semangat serta skala hidup petani juga akan makin bertambah hingga hal tersebut juga akan menyebabkan perkembangan perkembangan di bagian pertanian dalam soal ekonomi, inovasi, serta yang lainnya.

Tidak hanya sampai itu, mungkin petani adalah alternatif kerja yang mulai dilirik karena jaminan menjadi seorang petani dapat hidup makmur. Namun hal itu belum juga terwujud karena nyatanya hidup petani masih tetap jauh dari makmur, sehingga banyak generasi muda yang tidak menginginkan mempunyai pekerjaan sebagai petani.

Berbeda dengan pertanian di negara-negara maju kebanyakan yang mana petani merupakan hal yang mengagumkan serta tidak sembarang orang dapat mengerjakannya. Meskipun perkembangan masyarakat makin cepat, ruang atau lahan pertanian di indonesia masih tetap begitu luas serta tambah lebih luas bila, dibanding dengan ruang pertanian di negara lainnya.

Produksi pertanian di indonesia bisa malah masih tetap kalah dengan negara-negara dengan lokasi lebih sempit misalnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan juga negara-negara maju di Amerika dan Australia.

Mengapa demikian? Karena sudah pasti satu diantara penyebabnya merupakan keterpurukan hidup para petani hingga inovasi kreatif untuk tingkatkan produksi pertanian pun terhalang. Sehingga petani pun belum juga meningkatkan semua bentuk kesempatan pertanian yang ada karena lebih repot untuk bertahan hidup.

  • Penegasan Ulang

Jika saja Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, seharusnya nasib para petani juga akan menjadi lebih baik. Namun kenyataannya pemerintah lebih memprioritaskan industri serta bidang usaha lainnya yang malah bukan merupakan akar dari kekayaan tanah air Indonesia hingga menyebabkan negara ini senantiasa ada di tempat tidak pasti karena tidak berdasarkan pada basis ekonomi yang harusnya, yaitu bidang pertanian.

Penutup

Demikianlah penjelasan untuk contoh teks eksposisi. Kita juga dapat menemukan contoh singkat lainnya dengan mempelajari secara mandiri melalui internet. Sekian informasi terkait jenis jenis teks eksposisi beserta contoh-contoh paragraf eksposisi singkat yang bisa kita pelajari.

Dan untuk pembaca sekalian yang ingin menambah keilmuan seputar materi, simak dengan seksama ulasannya. Selamat Membaca.