Unmei No Akai Ito, Legenda Benang Merah dan Takdir Cinta Sejati

Unmei No Akai Ito – Hampir setiap bangsa di dunia ini memiliki legenda dan kepercayaan tersendiri seputar jodoh dan takdir, tak terkecuali bangsa Jepang. Cerita ini bisa saja benar dan kamu bisa percaya atau tidak.

Pengertian legenda menurut Pudentia, sebuah (sebuah buku rujukan) dikutip dari Wikipedia legenda merupakan cerita yang dipercaya oleh beberapa warga setempat benar-benar terjadi, namun tidak dianggap sakral atau suci. Sedangkan legenda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Salah satu legenda yang paling populer adalah ‘akai ito’ atau ‘Unmei No akai ito’, yang artinya ‘Legenda Benang Merah Takdir’.

via Dark & Gothic Lolita

Seperti apa kepercayaan sebagian masyarakat Jepang mengenai legenda “Benang Merah Takdir” ini terhadap masalah cinta dan jodoh? Yuuk kita simak bareng.

Unmei No Akai Ito, selanjutnya disebut sebagai ‘Benang Merah Takdir’, merupakan kepercayaan jepang yang sebetulnya berasal dari daratan China, seperti yang kamu ketahui, negara jepang ini pernah menjajah China pada tahun 1930-an. Oke, kita abaikan dulu tentang sejarah Negara Jepang.

Konon, di jari kelingking setiap orang ada benang merah yang tak kasat mata, yang hanya terhubung dengan jodohnya. Hanya dengan jodoh atau cinta sejatinya sejatinya saja. Benang tersebut bisa saja sangat panjang dan dua orang yang benang merahnya saling terhubung, bisa saja di tempat yang sangat berjauhan, bisa antar daerah, antar propinsi, negara, benua bahkan bisa saja terpisah ruang dan waktu. Wow!

Unmei No Akai Ito, legenda benang merah

via tumblr

Benang tersebut pun bisa saja kusut, namun takkan ada yang bisa memutuskan benang itu. Singkatnya, kamu dan jodoh sejatimu terhubung dengan benang merah tak terlihat di jari kelingking kalian. Kamu dan jodohmu! Wah..wah ????

Baca juga:  Spesifikasi yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Ponsel Baru

Menurut legenda, dewa yang mengaitkan benang merah di setiap jari kelingking para kekasih sejati agar mereka suatu saat nanti dapat bertemu dan saling jatuh (wah, makin yakin ini).

Unmei No Akai Ito, legenda benang merah

via tumblr

Itulah mengapa terkadang ada saja orang yang pada pandangan pertama, dan tanpa tahu apa yang membuatnya merasa jatuh cinta. Tahu-tahunta merasa tertarik, menjalin komunikasi, dan langsung nikah! Atau, ada saja pasangan kekasih yang sekalipun sering bertengkar namun tetap saja bersama, maupun ada juga orang yang bertemu di tempat dan situasi yang tak terduga namun bisa menjadi kekasih sampai akhir hayat. Bisa jadi itu karena mereka saling terhubung oleh Benang Merah takdir.

Atau, bisa saja ada dua orang yang sudah menjalin hubungan lamaa banget, sampai bertahun-tahun, sudah mengucap janji setia, komitmen dan seterusnya, tapi ujung-ujungnya mereka tidak dipersatukan. Sedih, kan kalau begini. Itu karena ‘Benang Merah’ mereka tidak berhubungan. Satunya terikat dengan orang lain, satunya lagi juga begitu. Hemm, kamu pasti sudah banyak membaca dan mendengar kisah ‘tragis’ seperti ini.

Kepercayaan sebagian orang Jepang sih begitu, menurut legenda mereka.

Unmei No Akai Ito, legenda benang merah

via tumblr

Terus, asal muasal kisah Unmei No Akai Ito ‘Benang Merah Takdir’ yang dipercaya gimana?

Unmei No Akai Ito, legenda benang merah

via tumblr

Kisah ini diambil dari cerita rakyat tradisional Cina (Tiongkok) yang merupakan asal kisah dan kepercayaan legenda ‘Benang Merah Takdir’.

Alkisah, seorang anak lelaki berjalan pada suatu malam. Tidak lama kemudia, ia melihat ada lelaki tua yang bersandar pada sebuah pagar. Malam itu terang oleh cahaya rembulan, sehingga anak lelaki itu bisa dengan jelas melihat lelaki tua tersebut yang sedang membuka-buka sebuah buku, di sampingnya ada sebuah tas berukuran besar.

Baca juga:  10+ Cara Membuat Slime Sendiri dengan Mudah dan Aman

Anak kecil itu mengampiri lalu bertanya, “Apa yang sedang kau baca Kek?

Lelaki tua itu pun menjawab, “Ini adalah buku pernikahan. Aku hanya perlu menggunakan benang merah dalam tas ini untuk mengikat dua orang dan mereka akan berjodoh lalu menikah.”

Anak lelaki itu tak percaya, lalu lelaki tua itu lalu membawanya ke sebuah desa kemudian menunjuk seorang gadis muda dan berkata bahwa gadis itu ditakdirkan untuk menjadi istrinya. Karena dia masih kecil dan belum terpikir untuk menikah, anak lelaki itu pun jengkel dan mengambil batu, lalu melemparnya pada gadis yang ditunjuk kakek itu kemudia berlari secepat mungkin meninggalkan tempat itu tanpa mempedulikan akibat perbuatannya.

Bertahun-tahun kemudian, anak lelaki itu tumbuh menjadi seorang pria dewasa. Orang tuanya menjodohkannya dengan seorang gadis yang baru ditemuinya. Ketika dia membuka penutup kepala sang pengantin wanita, dia sangat bahagia karena istrinya ternyata wanita tercantik di desa tersebut. Tapi, dia memperhatikan ada hiasan aneh di dekat alis matanya, pria itu lalu bertanya pada istrinya tentang hiasan tersebut. Sang istri lalu menyingkirkan hiasan tersebut dan terlihat sebuah luka di alisnya dan menjelaskan bahwa saat dia masih kecil seseorang pernah melemparnya dengan batu dan tepat mengenai wajahnya dan meninggalkan luka yang tidak hilang bekasnya.

Unmei No Akai Ito, legenda benang merah

via tumblr

Akhirnya pria tersebut teringat apa yang pernah dia lakukan bertahun-tahun silam dan mempercayai perkataan sang lelaki tua yang dulu dia temui.

***

Yah, begitu asal mulanya legenda Unmei No Akai Ito ini. Kamu bisa percaya atau tidak dengan kisah legenda dan kepercayaannya. Yang kamu harus yakini adalah bahwa harta, kematian dan jodoh sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Apa komentar kamu?