Perlengkapan Pernikahan yang Mesti Dipersiapkan Menuju Akad & Resepsi yang Istimewa

Perlengkapan Pernikahan – Hati sudah mantap, calon sudah ada, siap lahir batin? Tunggu apa lagi, tinggal mengikat janji suci yang diridhoi oleh agama, diakui negara dan di lindungi hukum, pernikahan.

Setiap orang setuju bahwa pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan hanya dilaksanakan sekali seumur hidup mereka, maka pernikahan perlu dibuat seistimewa mungkin.

Namun sebelum melaksanakan upacara pernikahan, Anda harus mempersiapkan beberapa daftar perlengkapan pernikahan dan merencanakannya secara matang. Berikut perlengkapan pernikahan yang perlu Anda persiapkan itu:

Tempat

Pernikahan merupakan momen penting bagi setiap orang sehingga perlu disakralkan, dikenang dan upacara pernikahan perlu ada tempat khusus dan istimewa dengan berbagai macam adat. Biasanya adat masyarakat setempat mempengaruhi dekorasi tempat pernikahan dilangsungkan Ini perlu dipikirkan dan dipersiapkan jauh hari sebelum acara.

Sebelum menentukan tempat dilangsungkannya pernikahan, sebaiknya banyak-banyak mencari informasi, baik melalui majalah, internet maupun bertanya pada teman dan kerabat.

Tempat upacara pernikahan
perlengkapan pernikahan
Tempat melangsungkan pernikahan – pixabay.com

Dalam beberapa adat, tidak jarang upacara pernikahan diadakan di kediaman mempelai wanita, namun seiring perkembangan zaman juga pertimbangan efektifitas dan efesiensi bisa saja dilakukan di tempat mempelai pria. entah karena suasana lingkungan, luas area dan lain-lain.

Tempat ibadah bisa menjadi alternatif untuk melangsungkan akad nikah, dengan pertimbangan lebih sakral dan netral. Menikah di masjid misalnya, merupakan hal yang paling sering dilangsungkan akad nikah.

Tempat resepsi

Perlengkapan pernikahan
Tempat resepsi – pixabay.com

Saat memilih tempat resepsi yang paling utama Anda pikirkan adalah kenyamanan tamu Anda nantinya, seperti tempat parkir yang luas dan aman.

Jika ingin menyewa tempat resepsi, sebaiknya membicarakan dulu sejelas mungkin dengan vendor mengenai semua kebijakannya. Sesuaikan dengan budget yang Anda, biasanya penyedia mengenakan biaya-biaya tambahan.

Dekorasi Pernikahan

dekorasi tempat nikah
Dekorasi tempat pernikahan – pixabay.com

Sebelum Anda mendekor tempat pernikahan, pastikan sudah menentukan tema, tentunya disesuaikan juga dengan budget yang Anda sanggupi. Untuk menetapkan pilihan dekorasi wedding, Anda bisa berdiskusi dengan keluarga, seperti dekorasi tempat upacara pernikahan dan resepsi, pelaminan, standing flower, tempat perjamuan dan sebagainya.

Makanan Acara Pernikahan

jamuan pernikahan
Jamuan pernikahan – pixabay.com

Untuk urusan makanan, jika ingin catering lebih baik lebih ‘lebih’ daripada kurang. Saat memesan catering sesuaikan dengan jumlah undangan, makanya itu saat mengundang, jangan lewat media sosial atau pesan singkat karena bisa saja yang datang lebih banyak dari yang diperkirakan.

Baca juga:  Menilik Promo Harbolnas 2017 di Bukalapak Khusus Pecinta Dunia Belanja

Bagi Anda yang sudah menentukan catering tertentu atau berencana booking hotel, tiga tempat dan acara ini perlu ada hitung-hitung dan atur pengeluarannya:

  • Catering upacara pernikahan
  • Catering resepsi
  • Catering di rumah

Make Up Pengantin

Biar tampil bak raja dan ratu dalam sehari lebih maksimal, acara pernikahan perlu namanya make up untuk kedua mempelai. Make up pengantin ada banyak pilihan mode, sesuai dengan selera dan budaya Anda tentunya juga mempertimbangkan budget yang dimiliki.

Test make up

Tes make up sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari dan sebaiknya pada saat dilakukan juga diadakahn foto studio untukn mendapatkan hasil yang lebih prima.

Mempelai wanita

Selain catering, dan tempat resepsi make up khususnya mempelai wanita penting dipikirikan agar mempelai terlihat anggun dan cantik di hari spesialnya.

Di Indonesia, ada banyak pilihan mode make up dengan busana tradisional masih banyak disukai, namun semakin hari tren busana pengantin hijab dan lebih Islami juga makin tinggi. Khusus muslimah, ini adalah salah satu pilihan yang tepat yang akan membuat Anda bak putri yang anggun dalam balutan hijab dalam sehari.

  • Mempelai pria
  • Keluarga mempelai wanita
  • Keluarga mempelai pria
  • Penerima tamu
  • Pagar ayu
  • Lain-lain

Gaun pengantin

Gaun pengantin
Gaun mempelai wanita – pixabay.com

Menjadi ratu sehari berarti mempersiapkan diri benar-benar menjadi perempuan paling menarik di pesta pada hari itu. Apabila Anda memutuskan untuk menikah menggunakan adat tertentu (ada Sunda, Jawa, Padang, Bugis dan lain-lain) biasanya akan lebih sulit berkreasi karena acara adat sudah terdapat pakem-pakem yang harus diikuti.

Namun seiring berjalannya waktu, model riasan atau baju pengantin kini berangsur-angsur tak perlu terlalu mengikuti pakem yang ada, Anda dapat mencoba model kebaya modern yang banyak ditawarkan di majalah-majalah perkawinan atau Anda bisa berkreasi sendiri.

Aksesoris Pengantin Wanita

Aksesoris pengantin wanita
Aksesoris pengantin wanita – pixabay.com

Memilih riasan dan busana pengantin bukanlah hal yang mudah. Apalagi perias pengantin maupun make up artis semakin mudah ditemui di kota hingga pelosok. kesemuanya tergantung selera dan anggaran masing-masing.

  • Jas pengantin pria
  • Aksesoris pengantin pria
  • Gaun Ibu (untuk keluarga pria dan wanita)
  • Jas Ayah (untuk keluarga pria dan wanita)
  • Gaun pagar ayu
  • Penerima tamu
  • Lain-lain.

Perlengkapan Pernikahan Tidak Lengkap Tanpa Bunga Pengantin

bunga pengantin
Bunga pengantin – pixabay.com

Bunga menjadi salah satu unsur yang dominan di dalam pesta perkawinan.Karenanya, taburan bunga di antara maraknya para tamu tak lagi dapat dipisahkan. Namun ‘kewajiban’ untuk menampilkan kecantikan bunga menguras mengocek yang dalam tidak perlu Anda lakukan.

Pasalnya di negara tropis seperti ini, Anda mempunyai kesempatan untuk memilih berbagai jenis bunga. Dan bunga-bunga cantik berhargalah yang mesti Anda sunting. Banyak penyedia kok.

  • Hand bouquet tangan untuk dipegang
  • Bunga pagar ayu
  • Corsage pengantin (untuk di kenakan di jas)
  • Corsage untuk keluarga pihak pria
  • Corsage untuk keluarga pihak wanita
Baca juga:  Masyarakat Madani | Pengertian, Karakteristik, Ciri-ciri, dan Konsep

Kue Pernikahan

kue pernikahan
Kue pernikahan – pixabay.com

Kue pernikahan untuk beberapa kalangan amat penting karena berbagai hal. Selain sebagai simbol dimana pasangan yang baru saja menikah akan memotong kue bersama-sama dan saling menyuapi, kue pernikahan juga menjadi penghias pesta. Jadi harus direncanakan juga bentuknya seperti apa dan pemesanannya sebagai perlengkapan pernikahan beberapa hari sebelumnya.

Untuk lebih maksimal dan lengkap, beberapa pembagian jenis kue juga perlu diadakan;

  • Kue untuk dibagi-bagi setelah upacara pernikahan
  • Kue di pelaminan
  • Kue untuk dibagi-bagi di resepsi (mingle time)

Mobil Pengantin

mobil pengantin
Mobil pengantin – pixabay.com

Dalam rangkaian acara pernikahan, mobil pengantin juga tidak luput dari perhatian. Mobil cukup diberi hiasan yang unik yang senantiasa dikenang dalam hidup. Jika tidak ingin repot, Anda bisa meyewa mobil pengantin, banyak kok yang menyediakan jasa sewa mobil pengantin.

Mobil yang perlu disiapkan dalam acara pernikahan yaitu;

  • Mobil mempelai
  • Transportasi keluarga wanita
  • Transportasi keluarga pria
  • Perizinan, keamanan dan parkir tamu

Dokumentasi Pernikahan

dokumentasi pernikahan
Dokumentasi pernikahan – pixabay.com

Abadikan semua momen istimewa Anda bersama pasangan, juga keluarga dan orang-orang terdekat. Dokumentasi acara pernikahan penting karena ini hanya sekali seumur hidup (kecuali dalam beberap alasan). Anda bisa melihat-lihat kembali momen tersebut hingga tua nanti.

Foto dan Video Prewedding

Menikah pasti menjadi momen yang akan Anda kenang seumur hidup, makanya Anda perlu mengabadikan semua momen dalam foto, termasuk foto prawedding. Untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik dan berkualitas, ada baiknya Anda menyewa fotografer handal.

Dengan bantuan fotografer, Anda tak perlu khwatir momen-momen indah Anda terlewat.

Foto dan Video Liputan

Seperti hanya souvenir, video dokumentasi dalam suatu pesta pernikahan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Berbagai momen yang mengisyaratkan kebahagiaan Anda dan pasangan, keluarga serta sahabat dapat diabadikan, ditangkap dan dilukiskan dalam media foto dan video. Sungguh sutu kenangan yang tak akan terlupakan

Kartu Undangan Pernikahan

kartu undangan pernikahan
Kartu undangan pernikahan – pixabay.com

Kartu undangan pernikahan adalah hal yang penting dalam suatu pesta pernikahan. Meskipun terdengar dan terlihat sederhana, kartu undangan merupakan suatu media untuk menyebarkan kabar baik dan merupakan salah satu bentuk penghargaan dari calon pengantin dan keluarga kepada relasinya sebagai tamu.

Saat mendesain kartu undangan, sebaiknya buat sesimpel mungkin dan fungsional, Selain itu, buatlah kartu undanagn sesuai dengan kepribadianmu dan pasangan. Ingat untuk membuatnya dengan desain yang tetap sesuai dengan tema yang telah Anda tentukan

  • Kartu ucapan terima kasih
  • Amplop plastik
  • Label stiker nama
  • List tamu undangan dan print

Souvenir Pernikahan dan Packaging

Souvenir pernikahan
Souvenir pernikahan – pixabay.com

Souvenir pernikahan memang tidak wajib ada pada setiap resepsi pernikahan, namun sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada tamu yang sudah datang memberi restu dan doa, tidak ada salahnya jika disediakan souvenir pernikahan untuk mereka.

Baca juga:  Kebugaran Jasmani | Pengertian, Fungsi, Bentuk, Faktor & Manfaat

Dengan souvenir pernikahan, para tamu akan mengenang pernikahan kita.

Hiburan Juga Perlu loh Sebagai Perlengkapan Pernikahan!

hiburan pesta pernikahan
Dekorasi pernikahan – pixabay.com

Salah satu elemen wajib yang selalu ada di acara pesta pernikahan adalah hiburan. Hiburan yang kebanyakan menjadi pilihan adalah musik, walaupun tidak menutup kemungkinan menampilkan jenis hiburan lain, seperti pertunjukan seni daerah dan sebagainya.

Di Indonesia, kebanyakan masyarakat menampilkan hiburan musik lewat pengeras suara, namun tidak sedikit pula yang menyewa penyanyi untuk mengisi acara sebagai penghibur undangan.

Berikut adalah beberapa  hal pendukung yang perlu ada juga sebagai pelengkap hiburan pada acara pernikahan;

  • MC upacara pernikahan
  • MC resepsi
  • Music/Wedding Singer upacara pernikahan
  • Music/Wedding Singer resepsi
  • Sound system upacara pernikahan
  • Sound system resepsi

Pendunkung Acara

perlengkapan pernikahan
Pendukung acara pernikahan – pixabay.coom

Pendukung acara ini perlu untuk menambah kemariahan acara pernikahan sehingga pengadaannya juga perlu. Tanpa pendukung acara memang pernikahan tetap bisa berlangsung, tapi akan terasa tidak lengkap. Perlengkapamn pernikahan untuk kategori ini termasuk di antaranya:

  • Gelas susun
  • Galeri foto (prewedding)
  • Stand foto + Foto
  • Meja display
  • Album foto / Bingkai foto

Catatan Sipil

buku nikah
Catatan pernikahan – pixabay.com

Pernikahan yang telah dilaksanakan menurut hukum masing-masing agama, – rukun nikah dan syarat-styarat sahnya- dan kepercayaan harus dicatatakan. Bagi mereka yang beragama di luar Islam dicatatkan pada kantor catatan sipil, sedangkan yang beragama Islam dicatatkan di kantor urusan agama (KUA).

 Cincin Pernikahan

Salah satu perlengkapan pernikahan berupa cincin pernikahan
Cincin pernikahan – pixabay.com

Cincin merupakan perlengkapan pernikahan yang sangat penting, jadi jangan sampai lupa. Desain cincin pernikahan pun harus diperhatikan, salah satu rekomendasi adalah desain yang timeless. Cincin jenis ini terlihat sangat indah di jari manis, tidak memperlihatkan kesan ketinggala zaman.

Meski nggak begitu mahal, pilihlah cincin yang yang benar-benar pas dan nyaman dipakai, benda ini sangat sakral maknanya dalam sebuah pernikahan.

Selain cincin pernikahan, benda-benda yang juga perlu ada dan Anda siapkan yaitu;

  • Buku tamu
  • Alat tulis
  • Kotak angpau
  • Tempat souvenir

Tim Pendukung

pendukung acara pernikahan
Pendukung acara pernikahan – pixabay.com

Tim pendukung ini sangat penting adalah dalam sebuah acara pesta pernikahan, perlu ornag-orang yang mengorganisir agar setiap sesi dalam acara pesta pernikahan berlangsung sebagaimana mestinya, biasanya dan sebaiknya tim pendukung ini berasal dari kalangan keluarga atau orang-orang terdekat seperti sahabat.

Tim pendukung yang perlu ada yaitu;

  • Koordinator lapangan
  • Checker jumlah piring catering
  • Pagar ayu / bagus
  • Penerima tamu
  • Penerima angpau
  • Pembawa cincin

Itulah daftar perlengkapan pernikahan yang perlu Anda persiapkan sebelum melangsungkan resepsi dan pesta pernikahan. Banyak juga yaa.. Namun itu semua akan terbalas dengan momen istimewa yang hanya akan Anda rasakan sekali seumur hidup bersama orang yang Anda cintai.

Content Protection by DMCA.com
  • contact anaria

    sunggu menginspirasi, beberapa tips sangat bermanfaat bagi calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahannya.
    desain undangan sangatlah penting, menampilkan kesan pertama konsep pernikahan.
    kini para calon pengantin tidak perlu repot dan tidak perlu bingung untuk mencari undangan dengan desain custom, sesuai permintaan.

    Anaria Wedding merupakan vendor undangan dengan desain custom dan juga souvenir yang harus sangat di perhitungkan.
    Anaria Wedding akan membantu persiapan pra nikah anda sebagai calon pengantin tak perlu bingung.
    Anaria Wedding membantu menjawab semua keperluan anda mulai dari Undangan, Souvenir, Mahar, dan Hantaran/Seserahan
    kami melayani konsultasi gratis
    segera hubungi team kami

    Sonya