Desain Kamar Pengantin yang Romantis, Simpel dan Elegan Bagi yang Akan Menikah

Desain kamar pengantin sangat penting diperhatikan saat sebuah serepsi pernikahan. Meski tak sepenting menentukan pasangan hidup yang akan dijalani hingga menua, mendesain kamar pengantin perlu juga dipikirkan karena akan menjadi tempat menghabiskan malam pertama yang ‘sakral’.

Menikah merupakan momen yang akan dikenang sepanjang hidup sehingga semua aspek harus disiapkan dan diperhatikan sebaik mungkin. Setiap orang yang menikah tentu mengharapkan semua hal menjadi indah-indah, bukan? Mulai dari rangkaian acaranya, tempat resepsi, tamu yang hadir banyak yang akan memberikan restu, ucapan selamat dan doa,  serta tak lupa desain kamar pengantin yang tidak seperti biasanya.

Desain kamar pengantin harus dibuat sedemikian rupa, dibuat spesial yang tak terlupakan karena kamar pengantin menjadi tempat pertama sebuah pasangan baru menghabiskan malam pertama mereka sebagai suami istri. Dalam mendesainnya harus difokuskan pada tampilan-tampilan yang romantis sehingga membuat suasana menjadi lebih nyaman dan hidup, seperti suasanya; pengantin baru.

Biasanya kamar pengantin didesain lebih sederhana dan privat sehingga lebih pasangan lebih intim di malam pertamanya nanti. Selain itu, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain kamar pengantin agar suasana yang romantis dan nyaman diinginkan pengantin tercapai.

Tips Memilih Dekorasi Kamar Pengantin

Menentukan tema untuk memudahkan pemilihan desain dan hiasan

anotheraccidentalbride.com

Sebelum memulai mendesain kamar pengantin, ada baiknya didiskusikan terlebih dahulu mengenai tema apa yang kita sarankan dan yang diinginkan oleh kedua pasangan, terutama dari pihak wanita. Pilihan Tema ada beberapa macam, yaitu romantis, elegan dan juga romantis, juga bisa memadukan ketiganya.

Jika tema sudah ditentukan, dalam pemilihan desain kamar dan hiasan yang digunakan akan lebih mudah.

Dengan adanya tema pula, setelah itu akan lebih leluasa dalam pemilihan faktor-faktor pendukung lainnya dalam mendesain, seperti pemilihan warna, pemilihan jenis rangkaian rumah, hingga model bedcover.

Pemilihan Warna yang Tepat Berpengaruh Besar Menentukan Nuansa yang Diinginkan

Desain kamar pengantin yang romatis

thesunanhotelsolo.com

Setiap warna memiliki arti tersendiri. Makanya dalam mendesain kamar pengantin, pemilihan warna dominan sangat mendukung suasana romantis dan nyaman yang akan tercipta. Pilihan warna yang direkomendasikan adalah warna-warna lembut dan hangat untuk mencermingkan suasana cinta kasih dan romantisme pasangan pengantin baru di malam pertama mereka.

Pink dan merah sering menjadi pilihan utama dalam mendesain rumah pengantin. Warna pink yang selalu diidentikkan sebagai warna cinta, sangat cocok untuk menggambarkan suasana cinta yang menggelora pada pengantin baru, sedangkan merah marun akan memunculkan suasana yang bergairah. Selain itu, penggunaan warna-warna netral juga bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana lebih dan bersemangat.

Desain Kamar Pengantin, Ranjang Adalah Hal Utama yang Perlu Piperhatikan

Desain kamar pengantin dengan hiasan bunga

pinterest.com/alfarizky

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat mendesain kamar pengantin adalah tempat tidur, ranjang. Menggunakan tempat tidur berkanopi dan bertirai juga direkomendasikan untuk memberi kesan suasan klasik dan romatis.  Anda dapat menggunakan kelambu yang sesuai dengan warna badcover atau sprei yang digunakan dalam mendesain kamar pengantin.

Yang perlu diperhatikan juga agar menggunakan bahan dan material dengan tekstur halus, sutera menjadi rekomendasi. Bantal dan badcover yang lembut juga dapat meningkatkan kenikmati saat menghabiskan malam pertama berdua bagi pengantin.

Sebagai Simbol Keindahan, Bunga Adalah Elemen yang Tidak Boleh Dilupakan

Hiasan kamar pengantin

unsplash.com

Dalam membuat desain kamar pengantin, bungan adalah elemen penting yang tidak boleh ketinggalan. Dengan bentuk, warna dan wanginya yang khas dan indah akan menambah kesan romantis untuk pengantin baru. Disarankan memilih model dan warna bunga yang sesuai dengan nuansa kamar pengantin yang yang didesain, hindari hiasan dari bunga yang berwarna kontras dengan tema karena akan merusak keserasian dalam hal tampilan desain kamar pengantin.

Bunga hidup juga bisa menjadi pilihan untuk hiasan kamar pengantin, bunga mawar adalah pilihan utama pada setiap momen pernikahan namun juga bisa dipadukan dengan bunga lain yang memiliki warna berbeda seperti bunga mawar kuning atau bunga lili yang memiliki warna putih.

Musik yang Lembut Juga Mendukung Suasana Romantisme

pixabay.com

Tidak ada salahnya suara musik di-adakan untuk melengkapi kamar tidur pengantin untuk menciptakan suasana yang lebih romatis dan memicu gairah saat menjalani malam pertama. Musik klasik, jazz atau country dapat dijadikan pilihan.

Namun bukan berarti bahwa pilihan jenis musiknya hanya ada tiga macam tadi, semuanya tergantung selera pada masing-masing pasangan untuk memilih musik dan aransemen yang disukai dengan suasan cinta yang hendak dibangun.

Gunakan Beberapa Macam Dekorasi Kecil

Dekorasi kamar pengantin dengan hiasan lilin

renovasi-rumah.net

Agar lebih menambah kesan romantis dalam mendesain kamar pengantin, bisa juga menambahkan bunga-bunga yang mengambang dalam galas atau hiasan lilin yang menjadi sumber penerang utama kamar untuk menciptakan suasan redup. Ini tentu tidak akan gagal memberikan kesan romantis bagi pengantin baru menghabiskan malam pertama mereka.

Lilin besar juga bisa digunakan jika menginginkan kesan yang lebih daramatis dalam desain kamar pengantin.

Siapkan Makanan Kecil di Dalam Kamar Pengantin

Hiasan pada kamar pengantin

pixabay.com

Setelah selesai mendekorasi kamar dengan berbagai macam hiasannya, siapkan bebrapa makanan kecil seperti cokelat, kue tertentu atau buah. Minuman juga tentunya.

Jangan lupa makanannya disimpan di dekat lilin. Tentunya ini akan memberi kesan tersendiri menjalani malam pertama bagi pasangan baru yang tidak akan terlupakan.

Beberapa Jenis Desain Kamar Pengantin yang Bisa Ditiru

Dekorasi Kamar Pengantin Sempit

Desain kamar pengantin

desainrumahnya.com

Dekorasi kamar pengantin yang sempit tidak perlu banyak hiasan-hiasan bunga, cukup pemilihan tema dan warna serta penempatan tempat tidur yang perlu dipikirkan. Pemilihan warna yang tepat akan memunculkan kesan romantis dan penuh cinta untuk pasangan pengantin baru.

Dekorasi Kamar Pengantin Simple

Dekorasi kamar pengantin simple

whenwedding.com

Cukup dengan menggunakan apa yang ada, tidak perlu ribet-ribet mengadakan ornamen-ornamen dan hiasan lainnya. Cara penataan tempat tidur sebaik mungkin kemudian ditambahkan hiasan seadanya, maka jadilah kamar pengantin yang elegan dan nyaman tentunya.

Dekorasi Kamar Pengantin Modern

Desain kamar pengantin modern

bedroomfreshdecor.com

Model kamar pengantin yang modern tidak terlalu banyak menggunakan hiasan dan ornamen, tetapi lebih memprioritaskan kesan elegan dan simpel namun tetap romantis. Hanya menempatkan beberapa hiasan bunga atau lampu pada sudut ruangan tertentu. Model seperti ini adalah yang sedang trend.

Kamar Pengantin Mewah

Kamar pengantin mewah

pinterest.com

Desain kamar pengantin mewah ini bagi kalangan yang memiliki modal lebih. Mulai dari tempat tidur, badcover, hiasan dan ornamen-ornamennya semua terkesan mewah. Seperti pada gambar di atas, dengan sentuhan perpaduan warna putih dan warna keemasan membuatnya lebih mewah layaknya tempat tidur seorang raja dan permaisurinya.

Contoh Kamar Pengantin Terbaru

Berikut beberapa contoh desain kamar terbaru yang elegan, romantis dan mewah;

Dekorasi kamar pengantin modern

Desainrumahnya.com

Contoh desain kamar pengantin terbaru

blovedsa.co.za

Desain kamar pengantin modern (2)

kahwin-khronicles blogspot.com

Desain kamar pengantin terbaru

kahwin-khronicles blogspot.com

Desain kamar pengantin terbaru lebih menonjolkan pada pemilihan dan perpaduan warna tertentu. Hiasan bunga dan ornamen tidak begitu banyak sehingga terlihat elegan dan romantis.

Lihat juga video kumpulan desain kamar pengantin berikut.

***

Itulah beberapa tips dan desain kamar pengantin yang rangkum dari berbagai sumber update, semoga bisa menjadi bahan ide dan inspirasi saat akan melangsungkan pernikahan.

Tujuan mendesain kamar pengantin tidak lain untuk membuat pasangan lebih menikmati malam pertama mereka dengan suasan romantis dan penuh cinta. Makanya diperlukan dekorasi ruang pengantin yang indah dengan berbagai macam dekorasi yang disukai kedua pasangan tentunya.

One Response

  1. aw

Apa komentar Anda?