Kuliah atau Kerja? Jangan Galau, Baca Ini Untuk Jadi Bahan Pertimbanganmu!

Kuliah atau Kerja – Kamu anak sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat yang sudah mau lulus? Atau sudah lulus sekolah dan sekarang sedang galau-galaunya mengambil keputusan untuk langkah selanjutnya? Tenang, kamu tidak sendiri, semua anak sekolahan yang punya pikiran normal juga mengalami hal yang sama.

“Lanjut kuliah atau kerja?”

Kuliah atau Kerja

500px.com

Yap, pertanyaan itu adalah pertanyaan yang paling sering muncul, menimbulkan dilema bahkan sampai dilema tingkat dewa, ‘Lanjut kuliah atau kerja?’ padahal pertanyaannya sangat sederhana dan tinggal pilih salah satunya. Tapi sungguh tidak segampang itu menjawabnya, jawabanmu lanjut pendidikan atau langsung kerja akan menentukan bagaimana jalan hidupmu di masa depan, bahkan hingga tua dan mati.

Benar-benar sebuah dilema!

Banyak orang berpendapat bahwa jika kuliah, nantinya akan memudahkan kita untuk meniti karier dan mendapat pekerjaan yang layak. Tapi tidak sedikit orang juga mengatakan bahwa tanpa kuliah pun kita akan tetap mendapat pekerjaan. Yang ada, mereka yang kuliah malah hanya membuang-buang waktu dan biaya tidak sedikit yang belum tentu mendapatkan pekerjaan.

Sebenarnya, pilihan hidup tersebut mengarah kembali pada diri kita, bagaimana cara pandang kita tentang lanjut kuliah terlebih dahulu baru kerja, ataupun kerja saja tanpa kuliah terlebih dahulu.

“Apakah dengan kuliah dapat memudahkan kita mendapatkan pekerjaan kelak?”

Kuliah atau Kerja

500px.com

Bisa dijawab dengan iya dan bisa juga tidak. Mengapa?

Kuliah adalah sebuah kegiatan dimana kamu menuntut ilmu yang tingkatannya lebih tinggi daripada SMA atau sederajat. Secara otomatis, kamu dapat menambah pengetahuan tentang hal-hal yang belum kamu dapatkan sebelumnya di pendidikan SMA sederajat.

Baca juga:  Cegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah dengan Sederet Manfaat Collagen Cream

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari pegawai-pegawainya dari lulusan universitas-universitas atau institusi lainnya. Jadi peluang untuk bekerja memang lebih besar. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan atau institusi pemerintah yang lebih memilih merekrut Fresh Graduate atau lulusan-lulusan muda, jadi kesempatan untuk bekerja lebih banyak.

“Kalau kuliah dulu, kan pasti langsung dapat kerja?”

Kuliah atau kerja

123rf.com

Jangan salah sangka dulu, semua itu belum dapat dikatakan pasti, karena itulah bisa juga dikatakan tidak, lulusan universitas atau institusi pendidikan setelah SMA belum tentu bisa langsung dapat bekerja setelah lulus kuliah. Yang ada malah banyak menganggur, atau bekerja bukan pada tempat seharusnya, mereka kadang bekerja dimana ijazah sarjana tidak terpakai, bahkan ada sarjana-sarjana yang tidak mendapat pekerjaan.

Hal itu terjadi karena memang saat ini banyak perusahaan yang selain mencari lulusan perguruan tinggi juga mempertimbangkan pengalaman bekerja. Pengalaman bekerja itulah yang biasanya belum didapatkan oleh lulusan perguruan tinggi, terutama yang selama kuliahnya hanya fokus pada belajar tanpa ikut organisasi dan kegiatan-kegiatan sosial.

Kalau kamu kuliah, pun belum tentu juga kamu dapat menyelesaikannya dengan baik, terkadang mahasiswa banyak yang IP-nya rendah, hal itu pun akan mempengaruhi kesempatan dari bekerja. Apalagi kalau kamu memang tidak cocok atau biasa disebut salah masuk jurusan dari awal, bisa-bisa kamu yang ada malah tidak lulus dari perguruan tinggi.

“Bagaimana jika langsung bekerja?”

Kuliah atau kerja

123rf.com

Tidak ada salahnya jika lulus dari pendidikan SMA atau sederajatnya kamu langsung bekerja. Banyak yang beranggapan kuliah itu tidaklah penting, yang penting bagaimana cara agar kita mendapatkan pekerjaan.

Banyak orang sukses di luar sana yang hanya lulusan SMA atau sederajat, karena dari bekerja itulah pengalaman kita menjadi banyak untuk dapat kita pelajari.

Tapi biasanya, jika kita bekerja dengan mengandalkan ijazah SMA kita tidak akan mendapatkan posisi yang tinggi dalam sebuah perusahaan karena memang untuk posisi atas biasanya pihak perusahaan mencari pegawai-pegawai yang tingkat pendidikannya lebih tinggi.

Yang buruk adalah jika kamu hanya menjadi buruh  yang bayarannya benar-benar minim.

“Kalau kerja sambil kuliah, bisa nggak?”

Kuliah atau kerja?

willova.com

Jelas untuk pertanyaan ini kita akan menjawab “bisa”. Banyak institusi-institusi yang menyediakan kuliah untuk pegawai-pegawai. Atau pekerjaan-pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa yang ingin bekerja.

Baca juga:  Contoh Surat Resign (Pengunduran Diri) yang Baik dan Benar

Jadi kamu sambil bekerja untuk mendapat pengalaman dan penghasilan, juga mendapat ilmu lebih dari kuliah. Memang sulit untuk dilakukan, tapi dengan niat yang besar, kamu dapat menyelesaikan kuliah tanpa mengganggu pekerjaan. Manajemen waktu sangat penting di sini. Dengan begitu, secara otomatis kamu akan mendapatkan setidaknya pendidikan dan ijazah yang lebih tinggi dari sekedar pendidikan dan ijazah SMA.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa masing-masing keuntungan jika kamu memilih melanjutkan pendidikan dengan kuliah atau langsung kerja.

Keuntungan jika kamu lanjut kuliah

Kuliah atau kerja

ummi-online.com

Ini yang paling lazim dilakukan banyak orang, setelah lulus SMA langsung melanjutkan kuliah, asalkan tak terbentur biaya biasanya mereka langsung mendaftar di PTN atau PTS favoritnya. Berikut adalah keuntungannya;

  • Lingkungan belajar yang kondusif

Kampus adalah tempat yang cocok untuk belajar segala hal dari teori hingga praktek dan kamu tak perlu takut untuk bereksperimen dengan apa pun. Berbeda dengan lingkungan kerja atau kantor, dimana kamu dituntun untuk tidak melakukan kesalahan, kecuali itu usaha yang kamu dirikan sendiri.

  • Kamu akan memiliki modal ijazah

Setelah kurang lebih 4 tahun kuliah maka kita akan mendapatkan teori perkuliahan dan yang terpenting adalah ijazah. Dengan ijazah maka kemampuan kita diakui oleh negara, selain itu ijazah masih menjadi patokan rata-rata perusahaan dalam merekrut karyawan baru dibandingkan pengalaman kerja.

  • Memiliki jaringan yang luas

Dengan lingkungan kampus yang di dalamnya terdapat banyak orang dari barbagai darah dan waktu kuliah yang lebih sedikit dibandingkan saat bekerja, maka kamu akan lebih mudah membangun jaringan pertemanan dibanding bila sudah bekerja, saat bekerja kamu hanya akan berfokus pada pekerjaan dan hanya bergaul pada orang yang terbatas.

Keuntungan jika kamu langsung bekerja

Kuliah atau kerja

lovelyajmi.com

Berbeda jika kamu memulai dengan bekerja terlebih dulu baru kuliah, biasanya hal ini dilakukan secara simultan, bekerja untuk membiayai kuliah sehingga saat lulus, selain ijazah kamu pun sudah mendapat pengalaman kerja.

Baca juga:  Kamu Penikmat Kopi? Ini Bahaya yang Mengintai Kesehatanmu

Beberapa keuntungan bila langsung bekerja adalah:

  • Belajar dari pengalaman

Bekerja bisa dibilang membuktikan teori yang pernah kamu pelajari di bangku pendidikan formal, tanpa mempelajari teori mungkin kamu akan lebih sulit dalam bekerja, namun itu bukanlah sebuah kekurangan karena pengalaman adalah guru terbaik.

  • Pengalaman kerja

Sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan teman-temanmu yang masih berkutatat dengan kuliah.

  • Jenjang karir

Setiap orang memulai jenjang karirnya dari bawah lalu perlahan naik. Bila kamu mulai meniti karir dari awal maka harusnya kamu dapat mencapai jenjang atas lebih dulu dibandingkan orang lain. Berbeda dengan lulusan kuliah tanpa pengalaman kerja, biasanya mereka mesti meniti dari bawah.

***

Pilih kuliah atau kerja, dan apapun yang menjadi pilihan hidupmu, akan membuat suatu jalan ke depan. Jadi, pilihlah dengan sebaik-baiknya jika memang tidak ingin rugi dan menyesal di kemudian hari. Jika ingin kuliah, carilah program studi/jurusan yang memang memiliki kesempatan kerja tinggi dan cocok dengan diri kamu, kamu minati.

Bill Gates memang putus kuliah, Bob Sadino juga tidak selesaikan sekolahnya tapi mereka gigih berjuang untuk menutupi kekurangan mereka di bangku pendidikan formal/kuliah dan akhirnya pun mereka sama bahkan lebih sukses dari orang yang pernah dan lulus kuliah

Intinya adalah kuliah untuk menunjang pekerjaan yang lebih baik, sedangkan bekerja untuk membiayai kuliah untuk tingkat lanjut. Namu jika pintar membagi waktu lebih baik lagi kuliah sambil kerja.

So, kamu masih bingung pilih kuliah atau kerja?

Apa komentar kamu?