Cara Mudah Menghafal Morse, Yang Mengaku Anak Pramuka Wajib Tau nih!

Cara Mudah Menghafal Morse – Mores sebenarnya adalah nama seorang berkebangsaan Amerika yaitu bernama Samuel Finley Breese Morse yang menemukan cara agar setiap manusia dapat saling berhubungan. Cara tersebut dikemukakan pada tahun 1837. Akan tetapi baru pada tahun 1851 dalam konfesi internasional diterima dan dipergunakan oleh seluruh dunia.

anak pramuka

Anak pramuka – Scout Book: Materi Lengkap Pramuka

Dari morse ini, selain dipakai untuk merahasiakan berita, juga dapat diharapkan untuk melatih para pramuka menjadi cerdas, terampil, tajam indera pendengar maupun penglihatan. Semboyan morse dapat dilakukan dengan berbagai cara;

  • Suara atau bunyi

Contohnya: pluit, rasio, pukulan gendang, terompet dan seterusnya. untuk jenis suara ini, usahakan dapat di dengar dan keadaannya sunyi.

  • Sinar atau nyala

Contohnya: senter, lampu, lilin, api dan sebagainya. usahakan sinarnya dapat dilihat oleh pandangan mata.

  • Gerak

Contohnya: bendera, asap, lambaian tangan, kedipan tangan dan sebagainya.

  • Denyut listrik

Contohnya: kabel telegraph.

  • Tulisan

Yaitu dengan menggunakan titik (.) dan strip (-).

Cara mudah menghafal morse

cara menghafal morse

Morse – okky.kr

Untuk mempermudah menghafal morse, ada berbagai cara dalam menghafalnya, yaitu;

Cara mudah menghafal morse I
cepat mudah menghafal morse

Morse – Scout Book: Materi Lengkap Pramuka

Petunjuk penggunaan:

Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri. cara membacanya dari atas ke bawah. blok putih menunjukkan kode titik (.) dan blok hitam kode strip (-).

Contoh sebelah kiri: jika isyarat menunjukkan satu kali putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E. Contoh lain: putih-putih-putih-putih artinya 4 titik (….) berarti huruf H. Hitam-hitam-putih artinya 2 strip 1 titik (–.) berarti huruf G.

Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok titik (putih) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip (hitam)

Cara mudah menghafal morse II

Cara menghafal sandi morse ini yaitu dengan menggunakan tanda sandi morse yaitu dengan mengubah tanda sandi morse tersebut menjadi kata-kata yang tentunya mudah dihafalkan. Dalam contoh berikutkita akan mengubah tanda strip (-) pada sandi morse dengan lafal huruf vokal O, sedangkan tanda titik (.) pada sandi morse diganti dengan lafal huruf vokal lain (selain O).

Contoh:

Misalnya huruf D pada sandi morse dilambangkan dengan strip-titik-titik (-..), kita pilih suku katanya terdiri dari vokal O (-) bukan O (.) bukan O (.) misalnya kita pilih kata DOMAIN, DO memiliki vokal O jadi mewakili tanda strip (-) pada sandi morse, MI dan NAN memiliki vokal I dan A (bukan O) mewakili tanda (.) dan (.) (titik-titik).

Contoh lain misalnya huruf U pada sandi more dilambangkan “.._” (titik-titik-strip). Kita pilih kata yang terdiri dari dari vokal bukan O – bukan O- vokal O, misalnya kita pilih kata UNESCO. Suku kata U dan NES memiliki vokal U dan E (bukan O) mewakili tanda “.” dam “.”.

Sedangkan suku kata CO memiliki vokal O mewakili tanda “-” (strip). Berikut contoh kata-kata yang melambangkan setiap huruf pada sandi morse, kalian dapat mengganti kata-kata asal tetap mewakili huruf pada sandi morse sesuai aturan di atas.

A: Ano ._

B: Bonaparte -…

C: Coba-coba -.-.

D:Dominan -..

E: Egg .

F: Father Johan ..-.

G: Golongan –.

H: Himalaya ….

I: Islam ..

J: Jago Loro .—

K: Komando -.-

L: Lemonade .- ..

M: Motor —

N: Notes -.

O: Otomo —

P: Pertolongan .–.

Q: Qomokaro –.-

R: Rasohe .-.

S: Sahara …

T: Tong –

U: Unesco ..-

V: Versikaro …-

W:Winoto .–

X: Xoxendero -..-

Y: Yosimoto -.–

Z: Zoroaster –.

Cara mudah menghafal morse III

Untuk mempermudah menhafalkan, pemulis menyusun dlam kelompok-kelomok tertentu.

huruf ynag terdiri dari titik (.) saja, yaitu:

E= . I= .. S= … H= ….

Huruf yang terdiri dari garis (-) saja, yaitu;

T= – M= — O= — KH= —-

Huruf yang berlawanan, terdiri atas;

A= .- berlawanan dengan N= -.

U= ..- berlawanan dengan D= -..

V= …- berlawanan dengan B= -…

W= .– berlawanan dengan G= –.

P= .–. berlawanan dengan X= -..-

R= .-. berlawanan dengan K= -.-

Huruf yang berbalikkan, terdiri dari;

Y= -.– dengan Q= –.-

L= .-.. dengan F= ..-.

Huruf yang tidak ada lawannya, adalah;

J= .— C= -.-.- Z= –..

Pengiriman kode morse dengan bendera

Bendera morse – Scout Book: Materi Lengkap Pramuka

Bendera morse berukuran 90 cm x 60 cm diikatkan pada sebuah tongkat dengan panjang 1,20 meter. Warna bendera disesuaikan dengan latar belakanganya. Warna dasar putih dengan garis tengah hitam/biru untuk latar belakang gelap. Warna dasar hitam dengan garis tengah untuk latar belakang terang.

Cara memegang dan mengibarkan:

tangan kiri pada ujung tongkat di bawah dan tangan kanan memegang tongkat sebelah atas. Tangan kanan di muka bahu kiri dan tongkat miring ke kanan. Bendera digerakkan membentuk angka delapan (8) supaya bendera terus berkibar.

Cara membuat garis dan titik, sama melambaikan bendera dari kiri ke kanan. Untuk titik sama di atas kepala ke kanan. Untuk garis hampir sama menyentuh tanah. Untuk selesai satu kata bendera diayun ke kiri bawah. Tiap selesai melambaikan satu huruf, bendera harus dikembalikan dalam sikap sedia selama satu detik. Dari titik ke garis atau sebaliknya dalam satu huruf tidak ada jarak waktu.

Bagi penerima pos

Kalau kaya yang dibacakan huruf demi huruf, maka pada pembacaan huruf kata terakhir sebutkan “selesai satu kata” (bagi pembaca).

Pengirim kode morse dengan senter/ api/ lentera dapat dilakukan pada malam hari / di tempat gelap. Untuk tanda titik nyalakan sampaia menghitung dua bilangan. Untuk tanda garis nyalakan dengan menghitungnya sampai enam bilangan. Antara titik dan garis dalam satu huruf hitung satu bilangan. Antara huruf satu dengan huruf selanjutnya tiga bilangan. Antara satu kata dengan kata yang lain hitung sampai enam bilangan.

Pengiriman kode morse dengan asap

pesan asap

Kode morse dengan asap – wikiart.org

Orang Indian jaman dahulu biasa menggunakan isyarat dengan asap. Dapat digunakan pada jarak jauh pada siang hari dengan daerah berpukit. Buatlah api unggun dengan menggunakan ranting, daun atau dahan kering. Bila sudah menyela, timbun dengan daun basah/hijau. Tutup dengan selimut atau dengan tikar basah untuk membuat kupulan, buka dan bukalah selimut tersebut. Panjang pendeknya asap tergantung pada jalannya asap.

Pengiriman kode morse dengan cermin

Cermin survival berbentuk persegi empat panjang. terbuat dari lubang dan membuat dua lubang, satu di tengah, satu di tengah dan satu di sudut. Cermin sangat baik untuk menarik perhatian, apabila ditujukan pada pesawat terbang dengan pantulan sinar matahari.

Cara menggunakannya:

Pegang cermin kurang lebih 10-15 di depan wajah objek yang dituju diintip melalui lubang tengah. Sinar yang masuk lubang akan menimpa wajah. Sekarang usahakan agar titik sinar matahari yang ada pada wajah jatuh pada bayangan lubang cermin sambil tetap mengintip objek yang dituju.

Bila tidak memiliki cermin survival, dapar menggunakan kaelng yang dilipat dua hungga kedua sisinya dapat befungsi sebagai cermin

Cara mengirim pesan dengan isyarat bendera semaphore

cara menggunakan semaphore

Posisi tangan saat menggunakan smaphore – Scout Book: Materi Lengkap Pramuka

Tata cara mengirim berita dengan menggunakan bendera semaphore memiliki atauran baku. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pengirim berita mengirim kode huruf U-R berulang-ulang untuk menandai bahwa apesan akan segera dikirim.
  2. Jika penerima pesan telah siap untuk menerima pesan maka mengirim huruf K. Jika penerima belum siap mengirim huruf Q
  3. Jika penerima telah siap, pengirim pesan mengirim mengirimkan huruf-huruf isi pesan satu persatu. Untuk memisahkan setiap kata posisi bendera dipegang bersilang di bawah.
  4. jika terjadi kesalahan dalam mengirim berita, kirim huruf E debanyak 8 kali atau cukup mengirim tanda salah/ ANNULIR (posisi 3-7) lalu ulangi kata-kata yang salah.
  5. Jika setiap perkataan telah diterima dengan baik, penerima pesan mengirim huruf C.
  6. Jika pengirim berita mengirim huruf I-M-I dirangkai, artinya penerima meminta kata terakhir diulang. Ulangi kembali mengirim kata terakhir  debelum diteruskan kata-kata berikutnya.
  7. Untuk menyatakan berita telahselesai dikirim, dinyatakan dengan huruf A-R. Tunggu sampai penerima mengirim huruf R yang berarti berita telah diterima dengan baik.
  8. Untuk mengirim angka, diawali dengan memberi tanda angka (mode numerik) dengan cara bendera disilang membentuk huruf X di atas kepala atau posisi bendera 4-5.
semaphore

Smaphore – astaghinaaa.blogspot.com

Selanjutnya kirim angka dengan ketentuan:

  • huruf A untik 1,
  • huruf B untuk anka 2,
  • huruf C untuk angka 3,
  • huruf D untk angka 4,
  • huruf E untuk angka 5,
  • huruf F untuk angka 6,
  • huruf G untuk angka 7,
  • huruf H untuk angka 8,
  • huruf I untuk angka 9,
  • huruf J untuk angka 0.

Untuk mengakhiri pengiriman angka, kirim huruf V (mode alphabetik).

Penerima mengulang setiap angka yang dikirim sebagai tanda angka yang dikirim telah dimengerti. Nah, untuk menghafal kode isyarat tersebut, tinggal menghafalkan posisi dari tangan seperti gambar di atas.

Nah, begitulah cara mudah menghafal morse serta cara mengirim dan menerimanya. Semoga bermanfaat.

Apa komentar Anda?