Lomba 17 Agustus Paling Lucu, Unik dan Kreatif

Lomba 17 Agustus – Hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus memang merupakan suatu momen yang gembira untuk seluruh lapisan masyarakat. Untuk memeriahkannya, ada banyak lomba yang biasanya diadakan. Tak lain tujuan utamanya adalah menciptakan kegembiraan untuk semua orang, semua lapisan masyarakat. Dari pusat kota hingga ke pelosok desa-desa.

Ketika kamu ditunjuk sebagai panitia lomba saat menyambut 17 agustus, apa kira-kira yang bisa menjadi pilihanmu? Nah, kali ini kami akan memberikan referensi mengenai lomba seru, unik dan heboh.. yang bisa kamu adakan. Lengkap dah pokoknya.

Adapun lomba-lomba di bawah ini yang kami paparkan bisa diadakan di mana saja, baik itu sekolah, di kampung, kantor tempat kamu bekerja, maupun di kampus.

Lomba 17 Agustus Paling Populer: Panjat Pinang

Lomba 17 Agustus yang paling meriah, panjat pinang

©dewatanews.com

Yah, tentu saja ini adalah lomba 17 Agustus-an yang wajib ada. Tidak ‘afdhol’ rasanya merayakan HUT kemerdekaan kita tanpa adanya lomba yang ini. Walaupun lomba panjat pinang sangat-sangat sulit, namun tetap saja banyak yang mengikutinya, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sensasi terpelorot dari atas pohon pinang karena lumuran oli atau minyaknya itu sangat gokil. Memang sih orang mengincar hadiahnya yang biasanya menarik dan digantungkan di bagian puncak pinang, namun hanya sekadar ikut mencoba memanjat saja sudah menciptakan kebahagiaan dan keceriaan tersendiri.

Lomba Balap Karung

Lomba balap karung 17 Agustus

©kabarjambi.net

Selain lomba panjat pinang, lomba yang tak kalah wajib ada pada lomba 17 agustus adalah lomba balap karung. Hampir semua kalangan usia bisa dan menyukai lomba yang seru dan gokil ini.

Lomba yang diadakan dengan menggunakan karung goni pada zaman dulu itu biasanya dilakukan di lapangan yang lumayan luas, bukan karena menyediakan arena pemainnya, namun penontonnya yang kadang membludak karena sangat menghibur.

Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk

©merdeka.com

Lomba 17 Agustus yang wajib juga diadakan adalah lomba makan kerupuk. Lomba yang satu ini paling diminati juga oleh semua kalangan, tidak hanya kalangan anak-anak atau remaja, tetapi  juga sampai orang dewasa akan ikut serta. Memang sangat seru dan membuat penasaran.

Lomba makan kerupuk pada daerah tertentu malah ada yang sekalian makan sama nasi serta lauknya. Agar terkesan lebih modern, di wilayah tertentu Propinsi Jawa Timur malah ada yang menambahkannya dengan sambal tabur di atasnya.

Lomba gigit koin

Lomba gigit koin

©kknkedungbanteng.blogspot.co.id

Lomba 17 Agustusan selanjutnya yang seru dan bisa kamu adakah saat hari kemerdekaan Indonesia adalah lomba gigit koin. Lomba ini sudah ada sejak tahu 2000-an dengan menggunakan uang koin sebagai objek utamanya.

Baca juga:  22 Desain Lampu Kamar Unik yang Kreatif dan Tidak Biasa

Dimana koin dilekatkan pada media tertentu seperti buah jeruk besar, pepayah, buah kelapa muda, buah semangka, dan sebagainya dimana media tersebut sebelum digunakan terlebih dahulu dilumuri dengan minyak oli, coklat, minyak sayur atau kopi bubuk.

Lomba sepeda lambat

Lomba sepeda lambat

©makassartoday.com

Kalau pada balapan motor atau mobil kita biasanya mengenal lomba yang ngebut-ngebutan, di lomba 17 Agustus  malah ada sesuatu yang menarik dan unik yaitu lomba sepeda paling lambat. Seru, kan?

Pada ‘lomba’ sepeda lambat ini, yang akan keluar menjadi pemenangnya adalah yang bisa mengendalikan sepedanya paling lambat dan tidak jatuh hingga garis finis. Ini adalah salah satu lomba yang paling sulit untuk dimenangkan dari sekian lomba 17 Agustusan.

Lomba memasukkan paku atau pensil ke dalam botol

Lomba memasukkan paku atau pensil ke dalam botol

©rasakan.com

Lomba 17 Agustusan ini perlu kesabaran ekstra untuk memenangkannya. Peserta lomba diharuskan memasukkan paku ke dalam sebuah botol, untuk memasukkannya sulit karena botolnya digantungkan pada bagian belakang perut peserta melalui benang.

Hal yang unik juga dari lomba ini adalah media yang digunakan kadang memakai polpen, pensil atau bambu.

Lomba memasukkan bendera ke dalam botol

Lomba memasukkan bendera ke dalam botol

©svpgrade1.wordpress.com

Lomba 17 Agustus yang biasa diadakan lainnya adalah memasukkan bendera sebanyak-banyaknya ke dalam botol. Perlombaan ini cukup simpel sebenarnya, untuk memenangkannya hanya diperlukan kecepatan.

Jadi jika kamu tidak kuat berlari sebaiknya tidak perlu ikut, tapi kalau punya niat lain misalnya mengurangi berat badan tidak ada salahnya kamu ikut memeriahkannya juga.

Lomba memasukkan belut ke dalam botol

Lomba memasukkan belut ke dalam botol

Lomba memasukkan belut ke dalam botol pada perayaan 17 Agustus ©kentangseo.blogspot.co.id

Tau belut kan? Ada yang merasa jijik dengan yang satu ini? Tidak semua orang mempunyai keberanian memegang belut, apalagi permukaan kulitnya yang sangat-sangat licin.

Memasukkan belut ke dalam botol adalah sebuah perlombaan yang sangat menantang bagi sebagian orang, untuk memegang dan memasukkannya ke dalam botol kita butuh keahlian khusus. Sebenarnya ada rahasia ketika memegang belut agar tidak mudah terlepas, yakni memegang bagian kepalanya dengan menekan bagian kepalanya menggunakan kuku ibu jari.

Lomba pecahkan balon air

Lomba pecahkan balon air

©youtube.com

Perlombaan 17 agustus yang tak kalah menarik untuk diadakan juga adalah lomba pecahkan balon air. Pada lomba ini, seringkali seru peserta mengenai peserta lainnya. tetapi hal itu wajar dan dimaklumi karena setiap pemain memecahkan balon yang berisi air dalam keadaan mata tertutup.

Untuk media balonnya juga bisa diganti dengan benda lain yang sejenis seperti plastik yang berisi air atau pun kendi.

Lomba memindahkan kelereng pakai sendok

Lomba memindahkan kelereng pakai sendok

Lomba memindahkan kelereng pakai sendok ©merdeka.com

Ini adalah lomba yang ditujukan untuk anak-anak, walaupun begitu, orang dewasa juga bisa ikut. hehhe.. Untuk memenangkan perlombaan ini, dibutuhkan ketenangan saat berjalan. keadaan terburu-buru untuk mencapai garis finish malah bisa menjatuhkan kelereng dari sendok, kalau sudah begitu tentu saja kamu dianggap kalah.

Nah, ada sebuah tips untuk memenangkan perlombaan ini, yakni menggigit sendok  pada bagian pinggir mulut.

Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang pada 17 Agustus ©riaubook.com

Nah, jika ada yang merasa kuat, di sinilah tempatnya diadu. Lomba 17 Agustus ini biasanya dalam satu tim beranggotakan lima orang atau lebih.

Baca juga:  Interaksi Sosial (Pengertian, Syarat, Klasifikasi, Faktor, Pola, Dst. - Lengkap)

Ada tips nih, bagi kamu yang akan mengikuti lomba tarik tambang ini, adalah sebuah rahasianya agar menang, yakni dengan menempatkan anggota tim yang paling kuat atau gendut di bagian depan. Coba saja! 😀

Lomba memasak

Lomba masak 17 Agustus

©monwise.blogspot.com

Lomba memasak 17 Agustus ini kebanyakan diikuti oleh remaja putri sampai ibu-ibu, tapi tidak menutup kemungkinan juga diikuti oleh pria yang mungkin saja berminat untuk sekadar seru-seruan.

Lomba memasak ini biasanya diadakan di akhir-akhir acara atau setelah semua jenis perlombaan telah selesai sehingga tidak mengherankan  jika pesertanya seringkali membludak, sebagian juga datang hanya untuk sekadar mencicipi hasil masakan.

Lomba sepak bola sarung

Lomba sepak bola sarung

©metrotvnews.com

Di permainan sepak bola 17 Agustus tidaklah sama dengan sepak bola pada umumnya yang populer, di lomba ini semua pemain diwajibkan memakai sarung (pakaian khas tradisional Indonesia) sehingga bisa dipastikan sangat sulit memasukkan gol.

Jangankan memasukkan gol, untuk menendang bola saja para pemain sangat kesulitan, bahkan untuk pemain kelas dunia pun dijamin kesulitan, tapi di situlah keseruan dan keunikan lomba ini

Lomba tangkap bebek

Lomba tangkap bebek

Lomba tangkap bebek ©indonesiakaya.com

kalau lomba sepak bola menggunakan sarung tadi adalah salah satu jenis lomba dengan bentuk tim, maka lomba tangkap bebek adalah lomba yang mengandalkan kehebatan sendiri. Pesertanya para pria dewasa. Sebenarnya anak-anak juga bisa ikut, tapi sudah dipastikan akan sulit bersaing.

Menangkap bebek di air bukanlah hal mudah dilakukan. Belum ada trik khusus untuk menangkap bebek dengan cepat, itulah sebabnya lomba ini sangat lucu dan merih. Jenis lomba 17 Agustus ini sering diadakan di beberapa kota di Jawa Timur dan Bali.

Lomba memindahkan karet pakai sedotan

Lomba memindahkan karet pakai sedotan

Lomba memindahkan karet pakai sedotan pada acara memeriahkan 17 Agustusan ©yangnd78.blogspot.co.id

Lomba memindahkan karet gelang menggunakan sedotan merupakan salah satu lomba 17 Agustus yang disukai, terutama oleh kalangan anak-anak, hal ini karena selain secara teknis terlihat mudah dilakukan, juga sangat menantang dan meriah.

Duel bantal

Lomba duel bantal ini biasanya dilakukan di atas permukaan air dengan sebilah bambu yang membentang ke seberang. Dua orang petarung akan masuk arena bermodalkan bantal untuk saling memukul pada bagian tengah-tengah bambu yang berada di atas air.

Duel bantal pada lomba 17 Agustus ini membutuhkan keseimbangan badan yang lebih. Pemain yang jatuh ke permukaan air dianggap kalah. Woow.. seru banget, kan?

Lomba balapan bakiak

Lomba balapan bakiak

Lomba balapan bakiak ©youtube.com

Lomba 17 Agustusan yang patut diadakan juga adalah lomba balapan bakiak, lomba ini membutuhkan kekompakan anggota tim untuk memenangkan pertandingan. Walaupun kamu memiliki kekuatan dan kecepatan dalam menggerakkan kaki, tetapi jika ritme gerakan kaki setiap anggota tim tidak pas, dijamin kamu akan sulit bersaing.

Lomba ini sangat rekomendasi untuk diadakan karena permainan tim biasanya akan lebih seru dan menantang.

Lomba rias mata tertutup

Lomba rias mata tertutup

Lomba rias mata tertutup ©rimakfernanda.blogspot.co.id

Kamu mau ikutan lomba ini? lomba merias dengan mata dalam keadaan tertutup rapat. Walaupun kamu adalah ahli make up yang sudah berpengalaman, belum tentu bisa memenangkan pertandingan unik yang satu ini.

Baca juga:  Tanaman Obat Keluarga Lengkap dengan Khasiat dan Cara Memanfaatkannya

Nah, ini adalah kesempatan para perempuan-perempuan yang suka bermake up untuk unjuk kehebatan. Apakah masih bisa merias dalam keadaan tertutup atau tidak. Jika lomba 17 Agustus ini diadakan di lingkunganmu pastinya akan sangat lucu dan menghibur!

Lomba joget balon

Lomba joget balon

Lomba joget balon ©youtube.com

Lomba 17 Agustus selanjutnya adalah joget balon. Hemm.. kedengarannya mudah, tapi jangan cepat mengambil kesimpulan sebelum mengikutinya. Berjoget dengan balon pada posisi diapit dengan dua kepala peserta ini tidaklah semudah yang dibayangkan.

Tantangan pada lomba joget balon ini adalah sifat balon yang sangat licin sehingga tidak mudah untuk dijepit pada bagian kening atau kepala peserta, apalagi kalau dijepit menggunakan perut kemudian berjoget 😀

Lomba balap egrang

Lomba balap egrang

Lomba balap egrang ©kabarbanyuwangi.info

Lomba balapan engrang adalah lomba yang memerlukan keseimbangan dan konsentrasi agar tubuh tetap terjaga. Pada berbagai lomba, engrang juga digunakan dalam permainan sepak bola atau lomba makan kerupuk.

Dengan menggunakan engrang sebagai alat untuk berjalan, maka perlombaan akan semakin unik, kreatif dan menarik.

Lomba merangkak sambil ngedot

Lomba merangkak sambil ngedot

Lomba merangkak sambil ngedot ©hipwee.com

Lomba 17 Agustus-an yang paling lucu di antaranya adalah lomba merangkak sambil ngedot. Jika kamu mengira peserta ini adalah bayi yang ngedot atau anak-anak kecil, berarti kamu salah besar. Karena justru peserta utama lomba ini adalah para orang tua, sementara anak-anak hanya sebagai penunggang orang tua mereka. Ngokil dah pokoknya.

Lomba ini menilai siapa yang paling cepat mencapai garis finish tanpa menjatuhkan dotnya dengan keadaan merangkak tentunya.

Lomba voli net tertutup

Lomba voli net tertutup

©selipan.com

Lomba 17 Agustus ini cara bermainnya secara teknis tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya, hanya saja net yang dipakai tidak pakai jaring tetapi memakai net yang tertutup alias lawan di seberang lapangan tidak kelihatan.

lomba ini sangat-sangat menantang, menguji kekuatan insting. Kita bahkan tidak tau seperti apa formasi lawan di lapangan sebelah, kita hanya siap siaga jika bola masuk ke area lapangan kita.

Lomba mirip pahlawan kemerdekaan

Lomba mirip pahlawan kemerdekaan

Lomba kreatif, lomba mirip pahlawan kemerdekaan ©nandafebriani96.wordpress.com

Salah satu lomba 17 Agustus yang kreatif dan perlu diadakan adalah lomba paling mirip pahlawan. Selain sebagai ajang seru-seruan, lomba ini juga lebih memperkenalkan pahlawan kepada generasi muda, agar mereka lebih mencintai pahlawan lagi.

Di antara hal yang menjadi kriteria dalam penilaian adalah kemiripan fisik, kostum, sikap dan cara bicara dengan seorang pahlawan tertentu yang dia tiru. Hal yang lucu dalam lomba ini adalah ketika ada peserta yang mengaku mirip dengan seorang pahlawan padahal sebenarnya tidak samasekali!

Lomba 17 Agustus Unik: Hias meja kantor

Lomba 17 Agustus Unik Hias meja kantor

©shutterstock.com

Lomba yang perlu juga kamu pertimbangkan untuk diadakan pada hari ulang tahun kemerdekaan kita, ini terutama untuk pekerja kantoran, adalah lomba menghias meja kerja. Dengan diadakannya lomba ini, selain dalam rangka memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia, juga akan membuat suasana kantor menjadi lebih hidup karena semua pegawai akan mengeluarkan kreativitasnya untuk mendekor mejanya sendiri.

Nonton juga video lucu mengenai lomba 17 Agustus-an berikut ini 😀

Nah, itulah dia berbagai lomba 17 Agustus yang kreatif lucu dan menarik dalam rangka memperingati hari kemerdekaan negeri tercinta. Merdeka!