Gambaran Neraka Jahanam dan Penghuninya Yang Mengerikan

Gambaran Neraka – Sebagaimana telah dimaklumi bahwa perasaan takut terhadap azab neraka tidak mungkin akan berada di hati seseorang hamba kecuali apabila ia membayangkan azab neraka tersebut.

Tidak akan mudah bagi kita melakukan semua itu, kecuali dengan mengetahui informasi-informasi yang sahih tentang azab neraka tersebut. Oleh karena itu, kita akan mencoba menuliskan gambaran neraka kepada pembaca  beberapa cuplikan tentang ciri-ciri neraka yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW.

Pintu-pintu Neraka

Allah SWT Berfirman,

“Neraka Jahanam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari mereka” (Qs. Al-Hijr: 44)

Diriwayatkan dari ‘Utbah bi Abdus Sulami ra, ia berkata, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda;

“Surga itu mempunyai delapan pintu sedangkan neraka mempunyai tujuh pintu.”

Gambaran Neraka yang Sangat Panas

Gambaran Neraka yang Sangat Panas

©efdreams.com

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda;

“Api kalian ini, yang dinyalakan oleh anak Adam, hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api Jahanam”. Para sahabat sontak mengatakan, “Demi Allah, sebenarnya satu bagian saja sudah cukup (panas).” Beliau bersabda, Sesungguhnya api Jahanam itu dilebihkan atasnya enam puluh sembilan bagian, semuanya seperti itu panasnya.”

Warna Neraka Jahnnam

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., bahwansanya ia pernah mengatakan, “Neraka telah dinyalakan selama 1000 tahun, sehingga menjadi merah membara. Kemudian dinyalakan lagi selama 1000 tahun sehingga menjadi putih. Lalu, dinyalakan sekali lagi selama  1000 tahun, sehingga menjadi hitam pekat seperti malam yang gelap gulita.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. pula, ia berkata, “Apakah kalian menyangka neraka itu merah seperti api kalian? Sungguh ia lebih hitam dari minyak ter.”

Kerak Neraka Jahanam

Gambaran neraka juga diriwayatkan oleh Khalid bin Umar, “Utbah bin Ghazwan pernah berkhutbah dengan mengatakan, ‘Suatu ketika disebutkan kepada kami bahwa batu dilemparkan dari pinggir neraka Jahanam. Lalu batu itu jatuh ke dalamnya selama 70 tahun dan belum mencapai dasarnya. Demi Allah, nanti Neraka Jahnnam itu akan penuh. Apakah kalian heran?”

Diriwayatkan dari Hasan Al-Bashri, ia menuturkan, Umar bin Khattab ra. pernah mengatakan, “Perbanyaklah mengingat neraka, karena apinya sangat panas, dasarnya sangat dalam, dan alat pemukulnya terbuat dari besi”

Mata Rantai Neraka Jahanam

Neraka

©crosswalk.com

Allah SWT berfirman;

“Sesungguhnya kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala.” (Al-Insan: 4)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru ra, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Seandainya peluru seperti ini (seraya mengisyaratkan sebesar batok kepala) dikirim dari langit ke bumi (yaitu sejarah perjalanan 500 tahun), niscaya ia akan sampai ke bumi sebelum malam tiba . Seandainya ia dikirim dari pangkal rantai, niscaya ia akan berjalan selama 40 musim malam dan siang sebelum sampai ke dasarnya.”

Baca juga:  Niat Shalat Istikharah, Tata Cara, Doa, dan Fadhilah Mengerjakannya

Minuman Ahli Neraka

Gambaran neraka dan minuman para penghuninya disampaikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an;

“… dan binasalah semua orang yang berlaku sewenang-wenang lagi keras kepala, di hadapannya ada Jahanam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati; dan di hadapannya masih ada azab yang berat.” (Qs. Ibrahim: 15-17)

Makanan Ahli Neraka

Allah SWT berfirman;

“Mereka tidak memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri , yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (Qs. Al-Ghosyiyah: 6-7)

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. Ia sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas.” (Qs. Ad-Dukhan: 43-46)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda;

“Seandainya setetes zaqqum diteteskan di sebuah kampung, niscaya ia akan merusak penghidupan penduduk dunia. Lalu bagaimana dengan orang yang makanannya adalah pohon zaqqum?!”

Kerasnya Tubuh Ahli Neraka dan Buruknya Tampang Mereka

Allah SWT berfirman;

“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan diri sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahanam. Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.” (Qs. Al-Mukminun: 103-104)

Gambaran neraka dan tampang bentuk tubuh para penghuninya juga diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda;

“Gigi gerahan orang kafir seperti gunung Uhud, dan ketebalan kulitnya setebal perjalanan tiga hari.”

Pada riwayat lain oleh Abu Hurairah ra pula, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda;

“Ketebalan kulit orang kafir adalah setebal empat puluh dua hasta, gigi gerahannya seperti gunung Uhud, dan tempat duduknya di Jahanam sepanjang antara Mekkah dan Madinah.”

Juga diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda tentang firman Allah SWT, “… dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.” (Qs. Al-Mu’minun: 104)

“Ia dipanggang dengan api, lalu terkelupas bibir atasnya hingga mencapai tengah kepalanya, dan bibir bawahnya juga terkelupas hingga mencapai pusarnya.”

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia pernah bertanya kepada mujahid, “tahukah kamu bagaimana luasnya Jahanam?” Aku menjawab, “Tidak”. Kontan ia menimpali, “Benar, demi Allah, kamu memang tidak tahu. Sesungguhnya jarak antara daun telinga salah seorang dari ahli neraka dengan pundaknya sejauh perjalanan 70 tahun. Di dalamnya mengalir lembah nanah dan darah.”

Ahli Neraka Yang Paling Ringan Azabnya

Diriwayatkan dari An-Nu’man bin Basyir ra, ia mengatakan, aku pernah mendengar rasulullah SAW bersabda;

“Penghuni neraka yang paling ringan azabnya kelak pada hari kiamat adalah seseorang yang pada bagian tengah telapak kakinya diletakkan sebuah bara api, lalu otaknya mendidih.”

Ragam Tingkatan Azab Neraka

Ragam Tingkatan Azab Neraka

©jackflacco.com

Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub ra, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda;

Baca juga:  Walimatul Ursy, ini Adabnya yang Perlu Diperhatikan Agar Bernilai Ibadah

“Di antara penghuni neraka ada yang dilahap oleh api neraka sampai kedua mata kakinya. Sementara yang lain dilahap oleh api neraka sampai lututnya. Dan ada yang dilahap oleh api neraka sampai pusarnya. Dan ada yang dilahap oleh api neraka sampai lehernya. Juga ada yang dilahap oleh api neraka sampai kerongkongannya.”

Sekali Celupan di Neraka Melupakan Segala Kenikmatan Dunia

Allah SWT berfirman;

“Dan sesungguhnya jika mereka ditimpa sedikit saja dari azab Rabbmu, pastilah mereka berkata, ‘Aduhai, celakalah kami, bahwasanya kami adalah orang yang menganiaya diri sendiri’.” (Al-Anbiya’: 46)

Diriwayatkan dari Anas ra, dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda, “Dihadapkan orang yang paling merasakan kenikmatan di dunia dari ahli neraka, lalu dia dicelupkan  di neraka sekali celupan, kemudian ditanyakan kepadanya, ‘wahai anak adam, apakah engkau pernah melihat sesuatu kebaikan sekali pun? Apakah pernah berlalu di hadapanmu suatu kenikmatan pun?’ Ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah ya Rabb.’ Lalu dihadapkan orang yang paling menderita di dunia dari ahli surga. Setelah itu, dia dicelupkan di surga dengan sekali celupan, dan ditanyakan kepadanya, ‘Apakah kamu pernah melihat suatu penderitaan pun? Apakah pernah lewat di hadapanmu suatu kesusahan pun?’ Ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah ya Rabb, tidak pernah lewat di hadapanku suatu penderitaan pun, dan aku tidak pernah melihat suatu kesusahan pun’.”

Gambaran Neraka yang Penghuninya Menangis dan Menjerit

Gambaran Neraka yang Penghuninya Menangis dan Menjerit

©youtube.com

Allah SWT berfirman;

“Dan orang-orang kafir baginya neraka Jahanam, mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak pula diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah kami membalas setiap orang yang sangat kafir. Dan mereka berteriak di dalam neraka, ‘ Yaa Rabb kami, keluarkanlah kami, niscaya kami akan mengerjakan amal yang sholeh, berlainan dengan yang telah kami kerjakan’. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir. Dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah azab Kami, dan tidak ada orang-orang  yang zalim seorang penolong pun.” (Fahhir: 36-37)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Qois ra bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda;

“Sesungguhnya penghuni neraka benar-benar akan menangis, sehingga seandainya perahu dijalankan pada air mata mereka, niscaya (perahu itu) bisa berjalan. Sesungguhnya mereka akan menangis darah (yakni sebagai ganti air mata).”

Gambaran Delegasi Neraka

Allah SWT berfirman;

“Dan kalau kami menghendaki, niscaya akan Kami berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk (baginya), akan tetapi telah tetaplah perkataan (ketetapan) dari-Ku, ‘Sesungguhnya Aku akan penuhi Neraka Jahanam itu dengan jin dan manusia bersama-sama.” (Qs. As-Sajadah: 13)

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri ra, ia menuturkan; Rasulullah SAW bersabda, “Allah Taala berfirman, ‘Wahai anak Adam!’ ia menjawab, ‘ Aku penuhi panggilan-Mu, dan kebahagiaan serta kebaikan berada di kedua tangan-Mu.’ Allah berfirman, ‘Keluarkanlah delegasi neraka.’ Ia bertanya, ‘Apakah delegasi neraka itu?’ Allah berfirman, ‘Dari tiap-tiap seribunya ada sembilan ratus sembilan puluh sembilan.’ Pada waktu itu anak-anak menjadi beruban, setiap wanita hamil melahirkan anak yang dikandungnya, dan kamu melihat manusia mabuk, tetapi (akibat) azab Allah yang sangat keras. Hal itu membuat mereka bersedih .”

Baca juga:  6 Rukun Nikah yang Wajib Kamu Penuhi Saat Melangsungkan Akad

Mendengar gambaran neraka tersebut, maka para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah kami termasuk satu orang yang dimaksud itu?’ Beliau menjawab, ‘Bergembiralah, karena Yajuj dan Majuj seribu dan dari kalian satu’ Kemudian beliau bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya aku benar-benar berharap kalian menjadi sepertiga ahli surga.”

Perawi mengatakan, “Maka kami kontan memuji Allah dan bertakbir,” Kemudian beliau bersabda lagi, Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya aku benar-benar berharap kalian menjadi separuh ali surga. Sesungguhnya perumpamaan kalian di tengah umat-umat lainnya adalah seperti bulu berwarna putih pada kulit sapi hitam, atau bercak di kaki keledai.”

Ucapan Neraka Pada Hari Kiamat

Allah SWT berfirman;

“Dan ingatlah akan hari yang pada hari itu kami bertanya kepada Jahanam, ‘Apakah kamu sudah penuh?’ Dia menjawab, ‘Masih adakah tambahan?'” (Qs. Qof: 30)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia menuturkan; Rasulullah SAW bersabda,

“Leher neraka akan keluar kelak pada hari kiamat, yang memiliki dua mata yang dapat melihat, dua telinga yang dapat mendengar, dan lisan yang dapat berbicara. Ia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku ditugaskan kepada tiga golongan; kepada setiap orang yang sombong lagi menentang, kepada setiap orang yang menyeru  sesembahan kepada selain Allah, dan kepada semua orang yang menggambar (makhluk yang bernyawa).”

Pakaian Penghuni Neraka

Allah SWT berfirman;

“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Rabb mereka, Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian yang terbuat dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih di atas kepala mereka. Dengan air itu dihancurluluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit mereka. Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya, kepada mereka dikatakan, ‘Rasakanlah azab yang membakar ini!” (Qs. Al-Hajj: 22)

Gambaran neraka dan keadaan para penghuninya juga dijelaskan pada surah lain,

“Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka.” (Qs. Ibrahim: 49-50)

Ukuran Neraka Jahanam

Allah SWT berfirman;

“Sesungguhnya api neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.” (Qs. Al-Murshalat: 32)

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra, ia menuturkan; Rasulullah SAW bersabda;

“Neraka akan didatangkan kelak pada hari kiamat, ia mempunyai 70.000 tali kendali, setiap tali kendali ditarik oleh 70.000 malaikat.”

Nah, itulah gambaran neraka berdasarkan keterangan-keterangan yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari azab neraka dengan karunia, rahmat dan kasih sayang-Nya