Contoh Surat Resign (Pengunduran Diri) yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign / Pengunduran Diri Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas secara lengkap mengenai surat pernyataan yang baik dan benar, dan pada kesempatan ini, kita akan membahas jenis surat lainnya yang tak kalah diperlukan, yakni surat resign atau pengunduran diri dari pekerjaan.

Contoh surat pengunduran diri adalah jenis surat yang banyak diperlukan saat ini, baik di kantor ia bekerja maupun di sekolah-sekolah juga organisasi tempat dia berkecimpung selama ini, biasanya surat ini dibuat ketika akan mengembangkan kemampuan dan ilmunya di tempat lain atau juga bisa jadi karena sudah tidak cocok dengan tempatnya yang sekarang dan ingin mencari suasana baru.

Nah, jika ingin resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan dengan cara terhormat dan sopan, maka Anda perlu membuat surat pengunduran diri kerja. ini penting, bukan hanya sekadar formalitas tetapi juga sebuah adab yang baik yang perlu dilakukan oleh seorang pegawai, pejabat, guru dan sebagainya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar [update]

Di bawah ini kami memberikan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar untuk berbagai tempat dan posisi. Namun sebelum itu, tak lupa kami menyertakan uraian apa tujuan dan manfaatnya surat tersebut dibuat. Apa pentingnya?

Manfaat/ Tujuan Surat Resign

Contoh surat resign
©duniaq.com

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign adalah sebuah jenis surat resmi yang isinya menyampaikan permohonan kepada atasan untuk berhenti dari pekerjaan. Ketika mengajukan resign, kita harus memberikan alasan yang masuk akal dan logis

Dan yang paling utama adalah tidak menyinggung perusahaan atas keputusan Anda tersebut, walaupun mungkin sebenarnya keputusan Anda untuk resign adalah karena perusahaan Anda tersebut tidak cukup memberikan harapan-harapan pegawai.

Baca juga:  Kerajaan Islam di Indonesia Beserta Raja dan Peninggalannya

Dengan membuat surat resign, And akan mendapatkan manfaat sebagai berikut;

1. Anda akan terlihat lebih terhormat dan profesional

Setiap keputusan yang Anda ambil harus dibarengi dengan adab dan nilai-nilai kesopanan, jangan pergi menghilang begitu saja. Apalagi dalam hal dunia kerja, ada berbagai peraturan dan etika perusahaan yang harus Anda taati.

Ketika Anda mengundurkan diri dengan cara yang baik, secara resmi, maka perusahaan akan menilai Anda sebagai pribadi yang bertanggung jawab, terhormat serta mempunyai tata krama. Beda halnya jika Anda minggat dari perusahaan tempat Anda bekerja tanpa surat pengunduran diri aliah langsung kabur.

2. Perusahaan Akan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti untuk mengisi posisi yang Anda tinggalkan

Surat resign atau surat pengunduran diri kerja diajukan biasanya sebelum waktu Anda mengundurkan diri. Contohnya saja, Anda ingin resign pada tanggal 20 Agustus 2017, maka sebelum tanggal tersebut, Anda telah mengajukan surat pengunduran diri.

Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghargai tempat Anda bekerja, tugas-tugas Anda selama ini tidak akan terbengkalai dan meninggalkan kesan buruk kepada diri Anda.

Jika Anda berniat mengundurkan diri dari pekerjaan (resign), berikut ini kami berikan contoh surat resign dengan berbagai jenis posisi; ada contoh surat resign kerja, resign hotel, pengunduran diri organisasi, resign bank, perusahaan, alfamart, dengan berbagai alasan yang baik dan sopan serta resmi.

Contoh Surat Resign Kerja 

Contoh Surat Resign Kerja
©hroad.wordpress.com

Magetan, 03 Agustus 2017

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Nusa Bangsa Jaya
Magetan

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dian Sastro Wijaya Kusuma
Alamat: Jln. Persatuan raya Magetan Sejuk Alami no. 13 Magetan
Jabatan: Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 05 Agustus 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga:  Proses Pembentukan Urine Secara Singkat

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support

 

Hormat saya,

Dian Sastro Wijaya Kusuma

Contoh Surat Resign Hotel

Contoh Surat Resign Hotel
©ahmadarib.com

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dewi Putri Jelita

Contoh Surat Resign Resmi

Contoh Surat Resign Resmi 
©lahiya.com
Makassar, 18 Agustus 2017

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama: Dimas Andrean Putra
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907
Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.Hormat saya,

 

Dimas Andrean Putra

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi 

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi 
©rocketmanajemen.com
SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRISebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Bangsa Cedas
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Agus Putra Perkasa
Jabatan di BEM: Departeman Kesekretaritan dan Informasi
Fakultas: Sastra – Sasrta Inggris
NIM: 12345678
Alamat: Jln. Belok Kiri Depan, Rt. 01/03 No. 22, 98765. Kediri
Telp: 0888 1234 5678
Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangsa Cerdas dengan alasan kesehatan yang terganggu sehingga harus melakukan perawatan di luar kota. Olehnya itu untuk menjaga roda organisasi, untuk pengganti posisi yang saya tinggalkan, saya menyerahkan ke Ketua BEM.
Saya memohon maaf jika selama berproses di organisasi ini saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan.
Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Saya berharap Ketua BEM dan seluruh jajarannya memahami dan mengerti keadaan saya.Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.Yang menyatakan*materai 6000(Agus Putra Perkasa)

*segera dibuat juga:

Contoh surat resign bank 

Contoh surat resign bank 
Contoh surat resign bank ©scribdassets.com

Contoh surat resign perusahaan 

Contoh surat resign perusahaan 
Contoh surat resign perusahaan ©contohpedia.com

Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan

Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan
Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan ©rocketmanajemen.com

Surat pengunduran diri karyawan kontrak

Contoh surat pengunduran diri karyawan
Contoh surat pengunduran diri karyawan ©contohpedia.com

Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan

Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan
Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan ©penabiru.com

Contoh surat resign guru

Contoh surat resign guru
Contoh surat resign guru ©rocketmanajemen.com

Contoh surat resign simple

Contoh surat resign simple
Contoh surat resign simple ©sportschuheherren2.blogspot.com
Content Protection by DMCA.com