Contoh kata pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Skripsi, dan Karya Ilmiah

Contoh Kata Pengantar – Kata Pengantar dibuat untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca tentang penulisan karangan ilmiah. Kata pengantar hendaknya disingkat tapi jelas. Yang dicantumkan adalah:

  1. Puji syukur kepada Tuhan,
  2. Keterangan dalam rangka karya dibuat,
  3. kesulitan, hambatan yang dihadapi selama penyusunan karya,
  4. Harapan penulis,
  5. Tempat, tanggal, tahun, dan nama penyusun karangan ilmiah

Berikut adalah beberapa contoh kata pengantar berdasarkan karya yang dibuat.

Contoh Kata Pengantar Laporan Lengkap

Contoh Kata Pengantar Laporan Lengkap

KATA PENGANTAR

Puji syukur khadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Yang telah melimpahkan berkat dan rahmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan yang selanjutnya dikumpulkan menjadi laporan lengkap.

Laporan ini berisi kumpulan laporan praktikum yang berjudul “Laporan Lengkap Individu” yang diajukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian pasif praktikum Mikrobiologi Analisis Terapan Laboratorium Mikrobiologi Analisis Farmasi tahun ajaran 2015/2016 pada Jurusan Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin.

Saya menyadari dalam pembuatan laporan ini melalui banyak hambatan tapi dengan kemauan, kerja keras dan ketekunan yang kuat, laporan ini dapat terselesaikan dengan baik.

Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan isi dari kumpulan laporan ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan isi kumpulan laporan ini sehingga bermanfaat bagi setiap orang.

Makassar, Desember 2015

Penulis


 

Contoh Kata Pengantar Laporan Akhir KKN

Contoh Kata Pengantar Laporan Akhir KKN

KATA PENGANTAR

Bismillahi Rahmani Rahim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puja dan puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. Sang pemberi nikmat kepada makhluknya karena atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami bisa menyeleseikan Laporan Akhir KKN_____________ ini .

Shalawat dan salam atas baginda Rasulullah Muhammad SAW, sang pejuang revolusioner yang tidak mengenal lelah dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan sampai akhir hayatnya, semoga kasih sayang Allah SWT senantiasa tercurah kepada beliau, keluarga beliau, para sahabat dan orang-orang yang mengaku sebagai pengikut beliau.

Dalam laporan ini berisi semua kegiatan yang penulis lakukan selama masa KKN yaitu kurang lebih dari 2 (dua) bulan. Dalam waktu yang sesingkat itu, penulis berusaha melakukan berbagai bentuk kegiatan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, walaupun mungkin belum maksimal karena adanya beberapa hambatan-hambatan yang penulis hadapi.

Pada kesempatan ini pula penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu baik bantuan materil maupun moril kepada penulis dalam penulisan laporan ini yaitu kepada :

  1. Kedua Orang Tua penulis atas doa dan kepercayaan yang tidak hentinya tercurahkan.
  2. Bapak _____________ dan Sekeluarga, selaku tuan rumah yang telah membantu dan membimbing kami dengan berbagai arahan, serta menjamu kami dengan baik selama di lokasi KKN.
  3. Bapak-bapak Peternak Sapi Perah di Desa _____________, atas bantuan dan kerja samanya dalam setiap pelaksanaan program kerja kami.
  4. Bapak _____________ selaku Kepala Desa _____________ atas bantuan dan pengertiannya selama kami berada di lokasi kegiatan.
  5. Masyarakat Desa  _____________, yang telah mendukung dan mampu bekerja sama selama kami berada di lokasi kegiatan.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu dukungan berupa kritikan dan saran dari segenap pihak sangat diharapkan demi perbaikan di masa mendatang. Kiranya apa yang telah berhasil penulis kerjakan selama berada di lokasi KKN ini mampu memberi kesan dan manfaat yang bermakna untuk penulis sendiri maupun segenap lapisan masyarakat. Amin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

_____________, Juli 2015

Penulis


Contoh Kata Pengantar Singkat Laporan Lengkap Hasil Praktikum

Contoh Kata Pengantar Singkat Laporan Lengkap Hasil Praktikum

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat, taufik dan hidayah-Nya jualah yang selalu dilimpahkan kepada kita semua, sehingga laporan lengkap ini bisa diselesaikan.

Laporan ini disusun untuk memenuhi syarat mengikuti ujian aktif labolatorium _____________, dan juga sebagai bahan referensi bagi pembaca dan juga sebagai bahan referensi tambahan bagi penulis sendiri. Penulis merasa bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga masih terdapat kekurangan-kekurangan yang terdapat di dalamnya, oleh karena itu penulis menerima saran dan kritikan dari pembaca yang sifatnya membangun.

Baca juga:  Tutorial Cara Memakai Dasi Berbagai Pilihan Gaya (Lengkap dengan Gambar & Video)

Melalui laporan ini juga, penyusun tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terutama kepada semua asisten dan teman-teman sehingga laporan ini dapat rangkum tepat pada waktunya.

Makassar, Desember 2012
Penyusun


Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, nikmat,dan hidayah-Nya, sehingga kami kelompok VI dapat menyelesaikan penulisan makalah ini.

Dengan penulisan makalah ini semoga dapat dijadikan sebuah sarana sebagai penunjang pembelajaran.

Kami mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing kami _____________ sebagai dosen mata kuliah Sistem Pencernaan I yang telah memberikan tugas makalah ini sehingga kami dapat mengerti tentrang ulkus peptikum. Teman-teman yang telah bekerja sama dalam pembuatan makalah ini.

Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan di masa yang akan datang.

_____________ , 03 Juni 2012

Penulis


Contoh Kata Pengantar Karya IlmiahContoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat dan karunia-Nya maka penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan judul “ ____________________ ”.

Dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini penulis menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangannya, namun harapan penulis, Pembaca dapat memperoleh manfaat dan memberi masukan untuk penelitian selanjutnya dengan harapan penelitian ini dapat berkembang dengan baik.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini, terutama:

  1. Ibu dr. Hj._____________ M.Sc, M.Kes., selaku Penasehat Yayasan_____________.
  2. Ibu dr. Hj._____________ M.Kes., Selaku Ketua Yayasan_____________.
  3. Bapak Drs. H._____________ M.Si., selaku Rektor Institut_____________ di_____________
  4. Bapak_____________ S.Si., M.Si., Apt., selaku Dekan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Umum Institut_____________ di_____________
  5. Ibu_____________, S.Farm., M.Kes., Apt., selaku Ketua Program Studi_____________ di_____________
  6. Pembimbing I _____________
  7. Pembimbing II _____________
  8. Penguji _____________
  9. Kepada Dosen dan Staf Dosen_____________ di_____________ yang telah membantu saya dalam menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini.
  10. Kepada kedua Orang Tua dan juga abang/ kakak saya ________, serta adik saya _______ yang telah banyak memberikan dukungan baik moral, material dan doa sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini.

Kemudian kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Dalam kesempatan ini penulis mengharapkan kritik atau pun saran yang bermanfaat dan Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan Karunia dan Hidayah Nya kepada kita semua hingga Karya Tulis Ilmiah ini bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih.

_____________, Agustus 2017
Penulis


Contoh Kata Pengantar Laporan Resmi Praktikum

Contoh Kata Pengantar Laporan Resmi Praktikum

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang mana telah memberi rahmad dan hidayah-Nya kepada kita semua yaitu dalam menyelesaikan LAPORAN RESMI PRAKTIKUM _____________ ini dengan lancar tanpa halangan dan rintangan.

Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliah ke dalam alam yang benderang seperti pada saat ini.

Penyusun mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak _____________ selaku dosen mata kuliah praktikum
  2. _____________ selaku asisten dosen praktikum _____________
    Yang telah memberikan baik secara material maupun spiritual sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Resmi ini.

Akhirnya penyusun sampaikan bahwa laporan resmi ini jauh dari sempurna, maka saran dan kritik yang kontributif sangat penyusun harapkan agar terciptanya laporan yang lebih sempurna.

Akhirnya sampai disini, semoga laporan ini dapat bermanfaat. Aamiin.

_____________, 24 Mei 2010

Penyusun


Contoh Kata Pengantar SkripsiContoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Segala Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “_____________” guna memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Sains program studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dengan Cepat

Penulis menyadari kelemahan serta keterbatasan yang ada sehingga dalam menyelesaikan skripsi ini memperoleh bantuan dari berbagai pihak, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada:

  1. Bapak _____________ selaku dekan MIPA UNY yang telah memberikan izin dalam penulisan skripsi ini.
  2. Bapak _____________ selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang telah memberikan kelancaran pelayanan dan urusan Akademik.
  3. Ibu _____________ selaku Ketua Program Studi Matematika FMIPA UNY yang terlah memberikan kelancaran pelayanan dalam urusan Akademik.
  4. Ibu _____________ selaku dosen Pembimbing Akademik yang telah memberikan dorongan dalam penulisan skripsi ini.
  5. Ibu _____________ selaku dosen pembimbing I yang selalu memberikan waktu bimbingan dan arahan selama penyusunan skripsi ini.
  6. Ibu _____________ selaku dosen Pembimbing II yang selalu memberikan waktu bimbingan dan arahan selama penyusunan skrisi ini.
  7. Seluruh Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan baik isi maupun susunannya. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi penulis juga bagi para pembaca.

Yogyakarta, 17 Agustus 2017

Penulis


Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah 2 (Format Panjang)Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah 2 (Format Panjang)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan pemilik semesta alam dan sumber segala pengetahuan atas bimbingan dan penyeraan-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “_______________________________________”.

Penyusunan karya tulis ini dimaksudkan untuk mengembangkan pola pemikiran baru guna meningkatkan sumberdaya manusia dalam hal ini generasi anak-anak Bajo serta menimbulkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar khususunya permasalahan pendidikan. Model rumah singgah merupakan salah satu upaya solutif yang diharapakan dapat mengatasi kecenderungan kurangnya partisispasi pendidikan anak-anak suku Bajo karena sumber daya manusia (SDM) yang baik akan dapat menerapkan dan mengelola sumberdaya perikanan yang ada dengan baik dan terjaga kelestariannya.

Selain itu, dengan melihat potensi sumber daya perairan yang ada memerlukan SDM yang terdidik baik sehingga sumberdaya perairan tetap lestari dan dinikmati oleh generasi mendatang. Suku Bajo merupakan masyarakat yang mendiami pesisir pantai dan memanfaatkan sumberdaya perairan yang ada serta menggantungkan kepada sumberdaya perairan yang ada.

Kami sangat menyadari karya tulis ini masih jauh dari kesempuranaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun kami sangat harapakan untuk kesempurnaan dari kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga karya tulis ini bisa bermanfaat.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu kami dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, terkhusus kepada:

  1. Prof. Dr. Ir._____________, selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  2. Ir._____________, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  3. _____________, selaku Pembantu Dekan III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  4. Ir._____________, selaku Ketua Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  5. _____________, selaku Ketua Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  6. _____________, yang telah membimbing dan mengarahkan penyusun dalam penyusunan karya tulis ini.
  7. Para Staf pengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  8. Kedua Orang Tua yang sangat kami cintai beserta saudara-saudara kami yang tersayang atas dukungan dan bantuan morilnya.
  9. Teman-teman pengurus _____________ dan _____________ Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo.
  10. Rekan-rekan Mahasiswa _____________ Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo dan semua pihak yang membantu penyusun dalam menyelesaikan karya tulis ini.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan balasan yang setimpal atas bantuan dan pengorbanan mereka kepada kami dan melimpah rahmat dan karunia –Nya kepada kita semua. Amin ya Rabbal Al Amin.

Kendari, 27 April 2009
Tim Penyusun


Contoh Kata Pengantar program kerja bimbingan dan konseling SMP

Contoh Kata Pengantar program kerja bimbingan dan konseling SMP

KATA PENGANTAR

Baca juga:  Cara Membuat Fidget Spinner Sendiri dengan Tali Ties dan Tutup Botol

Rasa syukur mendalam senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, hanya karena nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyusun program kerja bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 Tegalombo untuk tahun pelajaran 2008/2009.

Program kerja ini disusun bertujuan untuk pedoman atau arah dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah.
Progam layanan bimbingan dan konseling ini disusun berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dalam rangka pencapaian tugas-tugas perkembangannya. Disamping menyentuh kebutuhan peserta didik tersebut, program ini berpedoman pada konsep pemikiran dari Abkin (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) dan Buku Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Tahun 2004.

Jika ada perbedaan dalam hal format ataupun susunannya, program kerja yang disusun saat ini jika dibandingkan program layanan sebelumnya, tidak menjadikan suatu persoalan atau perdebatan yang berkepanjangan, karena inti kegiatannya adalah sama. Guna untuk mengetahui kebermanfaatan program layanan ini diperlukan suatu evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan secara internal maupun eksternal.

Evaluasi eksternal diperlukan dari teman sejawat, baik melalui instrumen maupun melalui sumbang saran dari para pembaca atau pengguna buku ini. Dengan harapan dari asupan tersebut sangat berguna dalam menindaklanjuti program selanjutnya. Untuk itu kritik, saran maupun arahan sangat diharapkan dari semua pihak, khususnya yang pihak-pihak yang kompeten guna peningkatan dan penyempurnaan program.

Ucapan terima kasih kami haturkan kepada semua pihak, terutama kepada Kepala Sekolah yang telah memberikan arahan dan pembinaan dalam penyusunan program layanan ini. Harapan semoga dapat dilaksanakan, dan dapat membantu peserta didik dalam mencapai perkembangan yang optimal, serta mendukung program sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Pacitan, 18 Juli 2008
Guru Pembimbing/Konselor,

TRIYONO, S.Pd
NIP. 132 229 038


Contoh Kata Pengantar Laporan PKLContoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya serta atas izin-NYA lah penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek hasil kerja praktek penulis laksanakan selama kurang lebih satu bulan di PT._____________ .

Dalam melaksanakan kerja praktek, banyak sekali manfaat yang diperoleh oleh penulis selama di perusahaan. Disamping mendapatkan ilmu dan wawasan tentang teknologi informasi, penulis dapat membantu perusahaan dengan menerapkan dan mempraktekkan berbagai macam ilmu dan teori yang telah penulis dapatkan selama kuliah. Jadi dengan adanya mata kuliah kerja praktek yang diberikan kepada mahasiswa, hal ini sangat penting dalam mendapatkan pengalaman untuk mampu menyesuaikan diri di dunia kerja nantinya.

Penulis berusaha membuat sebaik mungkin laporan kerja praktek ini, namun penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan kerja praktek masih banyak kesalahan dan kekurangan-kekurangan baik penyusunan kata maupun kalimat yang kurang sempurna, menyebabkan laporan ini jauh dari sempurna.

Dalam menyusun laporan kerja praktek ini, tidak mungkin penulis dapat menyelesaikannya tanpa ada bantuan dan masukan dari berbagai pihak atas segala kelancarannya. Oleh karena itu, penulis ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, antara lain kepada :

  1. Bapak _____________ . selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika
  2. Ibu _____________ . selaku Dosen Wali
  3. Seluruh Dosen dan staf karyawan Teknik Informatika
  4. Bapak _____________ selaku Manajer Teknik PT_____________ .
  5. Bapak _____________ dan _____________ . selaku pembimbing diperusahaan.
  6. Staff Divisi Teknik PT _____________, Bapak _____________ . Bapak _____________ , Bapak _____________ , Bapak _____________, Bapak_____________.
  7. Seluruh staff karyawan PT _____________ Bandung.
  8. Rekan – rekan mahasiswa_____________ angkatan_____________ .

Mudah-mudahan Allah SWT membalas segala kebaikan yang telah penulis terima dari semua pihak yang telah membantu.

Akhirnya, semoga laporan kerja praktek ini dapat membawa manfaat yang besar bagi penulis khususnya maupun kepada pembaca dan sudi kiranya memberikan kritik, saran serta masukan atas ketidak sempurnaannya penyusunan laporan kerja praktek ini.

Bandung, Januari 2007

Edy Purwanto


***

Demikianlah Contoh kata pengantar Makalah, Laporan, Skripsi dan Karya Ilmiah, semoga bisa menjadi rujukan dan inspirasi Anda dalam membuat kata pengantar. Share juga yah ke teman-temanmu yang lain.

Content Protection by DMCA.com