10+ Contoh Cover Makalah & Proposal Beserta Cara Membuat [Terbaru]

Contoh cover makalah sampul

Contoh Cover Makalah – Sebagai pelajar yang menempuh pendidikan, entah itu di tingkat Sekolah menengah atau di perguruan tinggi, kamu pastinya tidak terlepas dari yang namanya tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen. Di antara jenis tugas yang paling sering diberikan adalah makalah, klipping dan tentu saja skripsi bagi kamu yang akan menyelesaikan sarjana.

Buat kamu yang kebetulan saat ini dibebani tugas membuat makalah, sudah tentu mencari contoh cover makalah atau bagian sampul makalah untuk melengkapi tugas yang diberikan. Sebenarnya, sampul makalah bukanlah hal paling penting tetapi tentu saja tidak boleh kamu abaikan dalam membuat makalah, karena yang menjadi perhatian pertama pada saat penilaian adalah bagian sampul makalah.

Contoh cover makalah yang menarik, maka yang guru yang akan memeriksanya juga akan tertarik untuk memeriksa isinya. Berbeda halnya jika cover makalah yang kamu buat kurang menarik, maka guru atau dosen yang melihatnya tidak akan maksimal dalam memberikan penilaian.

Untuk menghasilkan makalah yang baik dan benar sesuai arahan guru atau dosen, maka kamu perlu terlebih dahulu mengetahui format makalah yang benar itu bagaimana. Kamu harus membuat dan menyusunnya dengan maksimal agar nilai yang kamu dapatkan juga memuaskan.

Format Cover Makalah

Format cover makalah
mahir-msoffice.blogspot.com

Dalam penyusunan cover makalah, ada bagian-bagian yang harus ditulis secara tepat. Cover makalah tidak jauh berbeda dengan tata letak karya tulis ilmiah lainnya seperti hasil penelitian atau skripsi. Berikut di bawah ini yang wajib kamu perhatikan pada saat menyusun cover makalah.

1. Judul makalah/proposal

Pada saat penyusunan cover makalah, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah bagian judul. Bagian judul ditempatkan di bagian tengah cover. Perhatikan juga judul makalah yang akan kamu susun, sebab judul sebuah makalah menjadi sumber informasi pertama secara ringkas mengenai isi dari makalah yang kamu susun.

Oleh sebab itu, judul makalah atau proposal sangat penting. Kamu harus memikirkan judul yang menarik, jelas dan mudah dipahami serta benar menurut kaidah Bahasa Indonesia (atau pun bahasa asing dari makalah yang kamu susun).

Pada penulisan bagian judul di cover makalah, pakailah font standar, seperti Times New Roman, Arial atau Calibri. Perhatikan penempatan dan penggunaan huruf kapital serta dalam format Bold (cetak tebal). Judul yang kamu tulis ditempatkan di bagian tengah cover makalah.

2. Tujuan makalah/proposal

Tujuan makalah dari yang kamu susun dapat kamu letakkan di bagian setelah judul, atau ditulis di bagian sub judul, dan huruf yang kamu gunakan harus lebih kecil dari huruf judul makalah.

Contohnya, ketika kamu menggunakan ukuran huruf 14 pada judul, maka penulisan bagian ‘tujuan makalah’ kamu dapat menggunakan ukuran font 12 dengan menggunakan huruf kapital pada setiap awalan huruf kata.

Berikut ini contoh penulisan tujuan makalah/proposal yang benar, “Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Sekolah SMA Bina Ilmu Indonesia”

3. Logo atau gambar makalah

Pemberian logo atau gambar pada cover makalah diletakkan di bagian tengah sampul makalah, dengan ukuran logo atau gambar dimana perbandingan panjang lebar sesuai dengan asli logo yang sekolah atau universitas asli. Ukuran gambar atau logo makalah tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

Hal yang paling mencolok pada cover makalah adalah logo atau gambar, oleh karena itu pemilihan warna dan ukuran logo yang digunakan perlu disesuaikan dengan warna sampul makalah. Biasanya, penggunaan logo pada cover makalah memakai logo masing-masing universitas atau sekolah.

4. Data penulisan penyusun makalah

Keterangan yang dituliskan pada bagian penyusun sebuah makalah harus tepat juga, jangan sampai salah. Perlu disesuaikan dengan jenis tugas makalah yang diberikan, apakah tugas tersebut sifatnya kelompok atau perorangan. Kalau tugas pembuatan makalah tersebut sifatnya perkelompok, maka semua anggota kelompok yang aktif dalam penyusunan ditulis di bagian penyusun makalah.

Beda halnya jika tugas makalah tersebut sifatnya perorangan maka kamu hanya perlu menuliskan nama lengkap kamu disertai dengan nomor induk siswa/mahasiswa, kelas, dan kelas.

Tidak hanya menyisipkan nama penyusun atau penulis, pada makalah sudah menjadi syarat dan ketentuan dalam pembuatannya, maka pada penulisannya juga penyusun. Selain sebagai kelengkapan identitas sebuah makalah, penulisan penyusun makalah juga berfungsi agar karya tulis tersebut tidak diklaim oleh siswa/mahasiswa maupun pihak lain.

5. Nama fakultas dan jurusan

Dalam pembuatan cover makalah, kamu dapat menulis mengenai keterangan, mulai dari nama jurusan, fakultas hingga universitas dimana kamu belajar saat ini. Kamu dapat menulisnya pada bagian bawah cover makalah. Pakailah huruf kapital, sama dengan pada saat penulisan judul makalah.

Kalau kamu saat ini sedang kuliah di sebuah perguruan tinggi atau universitas, maka pada bagian ini kamu bisa tuliskan sesuai dengan jurusanmu. Sedangkan jika kamu saat ini duduk di bangku sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas juga sama, kamu perlu mencantumkan nama sekolah.

6. Tahun pembuatan

Pada contoh cover makalah bagian terakhir, hal yang mesti dicantumkan adalah waktu penyusunan tugas makalah tersebut selesai kamu kerjakan. Kira-kira, apa alasan sehingga tahun pembuatan makalah perlu dicantumkan?

Tujuan tahun pembuatan dicantumkan di cover makalah adalah untuk memudahkan para pembaca nantinya mengetahui kapan makalah kamu itu dibuat.

Contoh Cover Makalah

Setelah kamu membaca langkah-langkah pada pembuatan cover makalah di atas, maka saat ini sudah pasti kamu mempunyai gambaran yang lebih jelas jika ingin membuat cover makalah.

Berikut ini adalah beberapa contoh cover makalah yang baik dan menarik yang dapat kamu jadikan bahan referensi ketika mencari inspirasi contoh cover makalah. Silakan perhatikan dan amati, kemudian bandingkan dengan penjelasan dari keterangan yang disebutkan di atas.

Contoh Cover Makalah Mahasiswa

Contoh cover makalah mahasiswa
slideshare.net

Contoh Cover Makalah SMA

Contoh cover makalah sma
slideshare.net

Contoh Cover Makalah SMP

Contoh cover makalah smp
jackmat86blogspot.com

Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh cover makalah kelompok
jesica-us.blogspot.com

Contoh Cover Makalah Individu

Contoh cover makalah individu
ugm.ac.id

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh cover makalah bahasa inggris
scribd.com

Contoh cover makalah Bahasa Inggris di atas adalah untuk tugas makalah yang dikerjakan secara individu, disusun oleh satu orang saja. Jika kamu ingin membuat cover makalah kelompok bahasa Inggris, kamu tinggal mengikuti format yang ada sebelumnya.

Contoh Cover Proposal

Perbedaan cover proposal dengan cover makalah adalah ada pada sisi desain cover proposal yang lebih bebas dan dibuat semenarik mungkin. Mengapa seperti itu? Karena proposal memang bertujuan menarik perhatian dan meyakinkan sebagai alat dalam memohon pemberian dana suatu kegiatan.

Bagi kamu yang sudah pernah berkecimpung di organisasi sekolah atau kampus, sudah barang tentu mengetahui hal tersebut. Kalau cover proposal yang kamu buat tidak menarik, biasa-biasa saja, maka calon donatur tidak tertarik untuk memberikan bantuan dana. Apalagi jika proposal dibuat asal jadi.

Jadi, seperti apa contoh cover proposal yang benar dan baik? Berikut di bawah ini kami berikan beberapa inspirasi dalam mendesain cover proposal.

Contoh cover proposal
Contoh Cover Proposal
Contoh cover proposal kegiatan
Contoh Cover Proposal Kegiatan
Cover proposal
Cover Proposal
Contoh cover proposal terbaru
Contoh Cover Proposal Terbaru

Nah, demikianlah penjelasan mengenai format dan contoh cover makalah yang dapat kamu jadikan sebagai referensi, lengkap dengan contoh cover proposal yang dapat kamu jadikan acuan saat mendesain sebuah proposal kegiatan di sekolah atau pun kampus.

Tidak sulit untuk mengikuti tahapan-tahapan dan mengikuti desainnya, bukan? Kamu dapat menyesuaikan contoh cover makalah dan cover proposal di atas sesuai dengan tugas yang diberikan kepadamu. Semoga bermanfaat, Sukses buat kamu 😉