Bacalah Shalawat Nariyah, Agar Rezeki Lancar dan Dihormati Orang Lain!

Sholawat Nariyah – Salah satu tanda dari kecintaan orang-orang yang beriman kepada baginda Nabi Muhammad SAW adalah mereka senang membaca sholawat kepada Nabi SAW. Selain karena rasa cinta kepada Nabi SAW, membaca sholawat untuk Nabi SAW adalah perintah Allah SWT kepada orang-orang beriman, di mana Allah sendiri yang melakukannya, juga para malaikat-Nya.

Mengenai Allah SWT dan para malaikat bersholawat kepada Nabi SAW disampaikan dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.”

Membaca sholawat Nabi, selain sebagai perintah langsung dari Allah SWT, yang mana Allah dan para malaikat mencontohkannya, sesungguhnya ada banyak keutamaan sholawat, namu pada artikel ini tidak membahas itu, namun membahas mengenai salah satu jenis bacaan sholawat, yaitu Sholawat Nariyah.

Sejarah Sholawat Nariyah

Sejarah Shalawat Nariyah

©es.hrhwalls.com

Sholawat nariyah adalah sebuah sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Syekh ini hidup pada zaman Nabi Muhammad SAW sehingga termasuk salah satu sahabat nabi. Beliau lebih menekuni bidang ketaiuhidan.

Syekh Nariyah selalu melihat kerja keras Nabi dalam menyampaikan wahyu Allah SWT, mengajarkan tentang Islam, amal sholeh dan akhlakul kharimah sehingga Syekh selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk Nabi. Doa-doa yang menyertakan Nabi biasanya disebut sholawat dan Syekh Nariyah adalah salah satu penyusun sholawat Nabi yang disebut Shlawat Nariyah.

Suatu malam, Syekh Nariyah membaca sholawatnya sebanyak 4444 kali. Setelah membacanya, beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suatu majelis beliau mendekati Nabi Muhammad SAW dan meminta dimasukkan surga pertama kali bersama Nabi, dan Nabi pun mengiyakan.

Lihat juga:  Asmaul Husna dan Artinya Beserta Faedah Mengamalkannya

Ada seorang sahabat yang cemburu dan lantas meminta didoakan yang sama seperti Syekh Nariyah. Namun Nabi mengatakan tidak bisa karena Syekh Nariyah sudah meminta terlebih dahulu.

Mengapa sahabat itu ditolak Nabi? Dan justru Syekh Nariyah yang bisa? Para sahabat itu tidak mengetahui mengenai amalan yang setiap malam diamalkan oleh Syekh Nariyah, yaitu mendoakan Nabi Muhammad SAW yang hakekatnya adalah mendoakan untuk dirinya sendiri karena Allah sudah menjamin nabi-nabi-Nya sehingga doa itu akan berbalik kepada si pengamalnya dnegan keberkahan yang sangat kuat.

Jadi Nabi berperan sebagai wasilah yang bisa melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya. Inilah salah satu rahasia doa/sholawat yang tidak banyak orang tahu sehingga banyak yang bertanya kenapa Nabi malah didoakan oleh ummatnya? Untuk itulah jika kita berdoa kepada Allah SWT jangan lupa terlebih dahulu bersholawat kepada Nabi SAW karena doa kita akan lebih diijabah daripada tidak berwasilah melalui bersholawat.

Inilah riwayat singkat Sholawat Nariyah. Hingga kini banyak orang yang mengamalakan sholawat ini dan tak lain karena meniru yang dilakukan Syelh Nariyah. Dan ada baiknya sholawat ini dibaca 4444 kali karena Syekh Nariyah memperoleh karomah setelah membaca 4444 kali. Jadi, jumlah amalan itu tak lebih dari itiba’ (mengikuti) ajaran Syekh Nariyah.

Keutamaan Sholawat Nariyah

Shalawat Nariyah

©albaitu.com

Agar bermanfaat, membacanya harus disertai dengan keyakinan yang kuat, sebab Allah itu berada dalam perasangka hamba-Nya. Inilah pentingnya punya pemikiran yang postif agar doa kita pun terkabul. Meski kita berdoa tapi tidak yakin (pemikiran negatif) maka bisa dipastikan doanya tertolak.

Keberadaan Sholawat Nariyah ini memang menjadi kontroversi tersendiri di kalangan umat Islam. Ada yang mengatakan itu bid’ah, syirik dna sebagainya. Tapi di berbagai daerah Sholawat Nariyah ini biasa jadi amalan banyak orang Islam. Sholawat Nariyah ini sering juga disebut sebagai sholawat Tafrijiyah.

Lihat juga:  Masyarakat Madani | Pengertian, Karakteristik, Ciri-ciri, dan Konsep

Apapun bentuknya, sebuah sholawat adalah bentuk kemuliaan dan sanjungan kita kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Ada berbagai macam variasi bacaan sholawat yang ditujukan kepada baginda Nabi, misalnya sholawat tausi’ul arzaq dan sholawat lain yang dimaksudkan untuk menghilangkan kesedihan.

Disebutkan dalam kitab Khozinatul Ashor (hal. 179) baha, “Salah satu sholawat yang mustajab ialah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut ornag Maroko dengan Sholawat Nariyah karena jika mereka (ummat Islam) mengharapkan apa yang dicita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai, mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca shalwat nariyah ini sebanyak 4444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (dengan izin Allah).

Baca juga: Asmaul Husna dan Artinya Beserta Faedah Mengamalkannya

Bacaan Sholawat Nariyah dan Artinya

Inilah bacaan Shalawat Nariyah:

Bacaan Shalawat Nariyah dan ArtinyaAllahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin

Artinya:

Yaa Allah Tuhan kami, limphkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, dan ditunaikan segala macam hajad, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan kembusan napas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam.

Lihat juga:  Apapun Inginmu, Bagaimanapun Masalahmu, Betapapun Dukamu.. Berdoalah! Sungguh, Doamu Akan Dikabulkan

Fadhilah Membaca Sholawat Nariyah 100 Kali

Khasiat Sholawat Nariyah

©youtube.com

Sholawat Nariyah ini juga oleh para ahli yang tahu rahasia alam dipercaya sebagai kunci gudang yang mumpuni, dan imam Dainuri memberikan jawabannya, “Siapa yang membaca sholawat ini sehabais shalat fardhu 11 kali digunakan sebagai wiridan, maka rezekinya tidak akan putus, di samping mendapatkan pangkat kedudukan dan tingkatan orang kaya.”

Hadis riwayat Ibnu Mundah dari Jabir mengatakan. “Rasulullah SAW bersabda, ‘siapa yang membaca sholawat kepadaku sebanyak 100 kali (dalam riwayat lain), siapa yang membaca shalawal kepadaku 100 kali maka Allah SWT akan mengijabahi 100 kali hajadnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia.’

Adapun sholawat ini kata Imam Qurtuby, bahwa barangsiapa membacanya secara rutin setiap hari sebanyak 11 kali, 41 kali, 100 kali atau lebih, maka Allah akan melenyapkan kecemasan dan kesusahannya menghilangkan kesulitan dan penyakitnya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya, meninggikan kedudukannya, memperbaiki keadaannya, meluaskan rezekinya, dan membukakan baginya segala pintu kebaikan dan lain-lain.

Nah, Anda dapat mengamalkan Sholawat Nariyah ini untuk amalan sehari-hari. Atau Anda dapat pula mengikuti amalan para salafushsholih, di antaranya Al-Magfurlah KH. M Munawwir, yaitu membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali. Tentu saja Anda tidak harus mengamalkannya setiap hari, tetapi semampu Anda, atau jika ada hajat yang cukup mendesak.