Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli, Ciri-ciri, Dampak, Dll (Lengkap)

Pengertian globalisasi menurut para ahli, ciri ciri, dampak, serta contoh

Globalisasi merupakan salah satu kata yang mungkin sudah sering Anda dengar. Sebetulnya apa sih Globalisasi itu? Globalisasi merupakan suatu kata yang diadopsi dari bahasa inggris yaitu globalization. Kata Globalization tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu kata global berarti dunia dan lization berarti proses. Sehingga, secara bahasa globalisasi yaitu sebuah proses yang mendunia. Makna globalisasi juga telah diterangkan oleh beberapa tokoh yaitu:

Zaman millennial saat ini segala sesuatu sudah serba mudah, termasuk dalam mencari sebuah berita ataupun kabar dari satu tempat ke tempat yang lain, meskipun berbeda jarak sampai berpuluh-puluh meter sampai adanya perbedaan waktu. Semuanya akan mudah untuk diketahui tanpa harus melakukan usaha yang berat.

Yaitu hanya dengan memanfaatkan dari kemajuan teknologi maka seluruh persoalan akan menjadi mudah. Hal tersebut tentu akan sangat berbeda dengan zaman dulu, di mana kejadian yang telah terjadi dalam waktu yang lama akan baru diketahui dengan terlambat.

Timbulnya globalisasi tersebut didukung oleh adanya bermacam-macam teknologi yang semakin canggih serta banyak membantu kehidupan manusia. Di era globalisasi saat ini, semua hal bisa dilakukan dengan cepat, tepat serta memuaskan.

Tetapi, dibalik banyaknya hal yang tersebut, ternyata globalisasi mempunyai dampak positif serta dampak negatif.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian globalisasi secara umum

Pengertian globalisasi secara umum merupakan sebuah proses yang mendunia atau menyeluruh yang tidak mempunyai ikatan baik oleh Negara ataupun batasan wilayah, maksudnya adalah setiap orang dapat terhubung serta saling menukar informasi dan juga kabar dimanapun dan kapanpun melalui sebuah media elektronik.

Pengertian globalisasi secara bahasa ialah sebuah proses yang mampu mendunia. Globalisasi ini menyebabkan  Negara tidak terasa luas karena mudahnya berkomunikasi antar Negara dalam segala bidang seperti halnya penukaran sebuah informasi ataupun perdagangan.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Antony giddens
literariness.org

Berikut ini merupakan beberapa pengertian globalisasi oleh para ahli dari luar negeri:

Menurut Antony Giddens, globalisasi adalah hubungan sosial yang luar biasa sampai mendunia yang dapat menghubungkan satu dengan yang lainnya meskipun berbeda tempat.

Malcom Waters mengatakan bahwa globalisasi akan menjadikan hilangnya batasan geografis dan juga kebudayaan di dalam pikiran seseorang, sebenarnya batasan tersebut tidak betul-betul hilang. Namun hanya menjadi samar-samar.

Menurut Mansour Fakih, globalisasi tersebut akan ditandai dengan adanya peran pasar yang akan semakin mengalami kemajuan investasi, peran pasar serta sektor ekonomi secara umum akan menjadi saling terhubung di antara satu dengan yang lainnya.

Menurut Laurence E. Rothernberg. Globalisasi adalah suatu percepatan dari sebuah interaksi serta penyatuan orang-orang, perusahaan serta pemerintahan dari Negara lain yang berbeda.

Menurut Dr. Nayef R.F Al- Rodhan. Globalisasi merupakan suatu proses yang terdiri dari sebab, kasus dan konsekuenti dari persatuan transnasioanal dan juga transcultural secara besar-besaran di dalam kegiatan makhluk hidup.

Menurut Emanuel Ritcher. Globalisasi merupakan suatu jaringan secara global yang akan menyatukan masyarakat dengan bersama-sama yang sebelumnya tersebar serta terisolasi ke dalam dengan hubungan yang saling bergantung di dalam satu dunia.

Menurut Martin Albrow. Globalisasi merupakan keseluruhan proses dari penduduk yang terjalin di dalam suatu komunitas dunia yang tunggal, yaitu komunikas secara global.

Globalisasi Menurut Ahli Dari Dalam Negeri

Berikut ini merupakan beberapa pengertian globalisasi oleh beberapa ahli dalam negeri:

Menurut Selo Sumardjan. Globalisasi merupakan suatu proses yang terbentuk dari adanya sebuah organisasi dan komunikasi masyarakat di dunia untuk ikut di dalam suatu sistem tertentu.

Menurut Achmad Suparman. Globalisasi merupakan proses yang dapat menjadikan suatu benda ataupun sikap sebagai ciri yang berasal dari masing-masing individu di dunia ini tanpa adanya batasan apapun.

Teori Globalisasi

Teori globalisasi

Banyak sekali teori yang telah menjelaskan tentang globalisasi yang sudah dikemukakan oleh beberapa ahli. Salah satunya yaitu teori globalisasi menurut Cochrane serta Pain bahwa globalisasi memiliki 3 buah penjelasan penting yaitu.

  • Para Tradisionalis
  • Para Transformalis
  • Globalis

Para Tradisionalis mengatakan bahwa orang-orang yang tidak menganggap bahwa Globalisasi sedang terjadi, mereka menganggap bahwa proses yang sekarang ini terjadi merupakan dampak dari perubahan yang telah terjadi sejak zaman dahulu.

Para Transformalis adalah orang yang berada di tengah-tengah yaitu tradisional serta global, dimana mereka menganggap jika globalisasi memang sedang terjadi tetapi tidak perlu di besar-besarkan.

Para globalis beranggapan jika adanya globalisasi ini merupakan suatu bentuk dari konsekuwesi kehidupan yang sedang terjadi di seluruh belahan dunia yang nantinya akan menimbulkan sebuah kebudayaan baru yaitu kebudayaan homogen yang menjadi tersebar di penjuru dunia.

Menurut para globalis, dampak positif yang kemungkinan terjadi di dalam hal ini merupakan sebuah pemikiran yang semakin terbuka serta semakin tinggi sikap toleransi terhadap perbedaan budaya. Dan untuk dampak negatif globalisasi dapat menghilangkan budaya asli yang telah menjadi identitas masyarakat serta suatu bentuk penjajahan terhadap tanah air.

Teori Globalisasi Lainnya

Teori globalisasi lainnya yaitu diutarakan oleh ahli bernama George Ritzer, yaitu era globalisasi akan diawali dengan adanya kemajuan dibidang teknologi dan juga komunikasi seperti telepon serta  televisi yang secara lambat laun akan disadari keberadaannya oleh masyarakat.

Faktor Penyebab Globalisasi

Faktor penyebab globalisasi

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari globalisasi:

Semakin canggihnya bidang teknologi serta informasi

Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi mempunyai dampak terhadap kemudahan di dalam melakukan transaksi uang di seluruh belahan dunia.

Dalam waktu beberapa tahun belakangan ini, sudah cukup banyak teknologi yang sudah mulai mengalami perkembangan yang berhubungan langsung dengan urusan transaksi-transaksi uang yang tentunya akan semakin memberikan kemudahan dalam melakukan pentransferan baik antar kota maupun ke seluruh belahan dunia.

Adanya sebuah perkembangan teknologi informasi serta komunikasi yang mempunyai peran untuk memudahkan dalam berbagai macam transaksi ekonomi dari satu Negara  ke Negara lain. Seiring berjalannya waktu kehebatan teknologi informasi tersebut semakin membaik saja, hal tersebut pastinya akan mendorong berbagai macam kegiatan perekonomian yang akan semakin berkembang, yang awalnya hanya antar kota, antar daerah, antar pulau sekarang bahkan sampai dapat menembus antar Negara-Negara.

Semakin luasnya kerja sama yang terjalin sampai kelas internasional

Semakin berkembangnya era globalisasi maka tingkat kerja sama akan mulai semakin mengalami perluasan sampai internasional. Adanya kerjasama ekonomi internasional yang akan semakin memudahkan suatu kesepakatan-kesepakatan yang berada dari beberapa Negara yang mempunyai hubungan erat. Banyaknya Negara yang berdamai selanjutnya bersatu untuk membangun kekuatan juga merupakan salah satu faktor yang cukup kuat yang melatarbelakangi penyebab terjadinya globalisasi. Dengan kekuatan hubungan perekonomian yang telah mendunia, maka untuk keperluan apa saja akan mudah untuk disalurkan dan juga mudah untuk diperoleh.

Alat transportasi yang semakin mudah didapatkan

Transportasi yang semakin mudah tersebut maksudnya yaitu semakin mudahnya sistem ekspedisi barang-barang yang akan semakin mengalami perbaikan dari tahun ke tahun meskipun jarak yang terbentang sangat jauh. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi serta transportasi yang dapat memudahkan jasa transportasi di dalam mengirimkan barang antar Negara.

Dahulu mungkin akses dalam bekerja sama saling bertukar hasil bumi ataupun berbagai keperluan tersebut cukup susah, sebab masih terbatasnya alat transportasi sampai pengangkutan barang untuk menjangkau tempat yang lebih jauh yang dirasa masih sangat susah. Dengan kemajuan berpikir seorang ilmuwan yang ingin mengembangkan serta memajukan alat transportasi tersebut banyak mendukung terjadinya proses ekonomi yang akan semakin mudah untuk dilakukan meskipun harus antar Negara sekalipun.

Adanya perekonomian terbuka

Salah satu penyebab globalisasi merupakan adanya keterbukaan dalam perekonomian antar Negara yang membuatnya akan semakin terbuka serta mudah satu dengan lainnya.

Ciri-ciri Globalisasi

Ciri ciri globalisasi

Ada 4 ciri-ciri globalisasi. Berikut ini adalah ciri-cirinya:

  1. Semakin luasnya kegiatan sosial, politik dan juga ekonomi di dalam wilayah, regional sampai mendunia. Mulanya mungkin sebab adanya keterbatasan support dalam melakukan kegiatan sosial, politik dan ekonomi tersebut membuat jangkauannya tidak terlalu luas, hingga pada akhirnya timbul penemuan-penemuan baru yang akhirnya bisa mendukung akses sampai mendunia membuat sosial, politik serta ekonomi tersebut terasa sangat mudah dan bahkan untuk mengirimkan suatu barang atau jasa juga tidak memerlukan waktu lama.
  2. Semakin meningkatnya hubungan di antara perdagangan, investasi, pertukaran budaya, keuangan sampai migrasi. Saat ini banyak sekali orang yang telah mulai berpikir dengan lebih baik, alam pikirnya telah mulai berkembang sehingga jangkauan kegiatan sosialnya maupun ekonomi dan juga budayanya cukup dikembangkan. Mulanya jangkauan yang hanya antar kota, antar daerah, antar wilayah provinsi antar pulau sampai antar Negara hingga antar benua.
  3. Adanya percepatan dari interaksi ataupun komunikasi yang mendunia yaitu dengan munculnya sistem transportasi yang maju, hingga semakin cepatnya difusi ide, informasi, modal, barang-barang serta masyarakat. Semakin banyaknya ilmuwan yang menginginkan mengembangkan ilmunya di dunia transportasi tersebut, sanggup membuat banyak sistem-sistem canggih yang akhirnya satu persatu alat transportasi akan mengalami inovasi-inovasi dengan sentuhan yang lebih baik serta aplikator 2 yang lebih canggih.
  4. Dengan adanya alat transportasi yang sudah mulai meningkat, kecanggihannya tersebut bisa mengembangkan ide-ide lain, sehingga sangat mendukung di dalam melakukan berbagai hal termasuk juga semakin cepatnya difusi ide, informasi, modal, barang-barang serta masyarakat.

Dampak Globalisasi

Dampak globalisasi

Globalisasi memiliki dua dampak, yaitu positif dan negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan negatifnya:

Dampak positif globalisasi

  1. Semakin terus bertambahnya bangunan-bangunan baru. Dahulu mungkin keadaan tempat tinggal ataupun pemukiman warga hanyalah sederhana, dengan adanya globalisasi tersebut ternyata semakin menyemarakkan pembangunan rumah yang bermaksud untuk meningkatkan gengsi serta kenyamanan dari para pemiliknya.
  2. Berkomunikasi akan semakin lebih mudah dan juga cepat. Munculnya alat komunikasi yang semakin canggih seperti ponsel sampai smartphone yang bentuknya mungkin memang terlihat sederhana tetapi untuk manfaat dapat dibilang sangat membantu masyarakat di dalam berbagai hal. Saat ini untuk menyampaikan suatu informasi seseorang tak lagi perlu untuk pergi ke suatu tempat supaya sebuah informasi tersampaikan. Sekarang hanya dengan memencet tombol atau layar pada alat komunikasi pun segala macam informasi bisa tersampaikan lebih cepat serta lebih baik, tidak hanya sekedar pesan biasa, namun juga dalam bentuk video, suara maupun gambar sekaligus.
  3. Terjadinya sebuah peningkatan ekonomi yaitu dapat menjadi lebih efektif, efisien serta produktif. Globalisasi sering ditandai dengan banyak munculnya inovasi-inovasi di dalam berbagai hal yang membuat semuanya terlihat lebih mudah serta lebih canggih. Kecanggihan teknologi tersebut membuat kegiatan ekonomi lebih cepat dan juga tepat sehingga dalam satu waktu bisa dengan mudah menambah jumlah produksi yang dapat dibuat.
  4. Jumlah wisatawan mulai bertambah banyak dengan semakin berkembangnya teknologi membuat informasi tentang tempat wisata bisa menyebar luas dengan cepat. Hal tersebut membuat berbagai tempat wisata yang awalnya masih belum terlalu bis dijangkau, menjadi satu tantangan baru sehingga banyak yang tertarik untuk mendatanginya.
  5. Semakin mudahnya informasi-informasi tentang ilmu pengetahuan untuk didapat. Adanya kemajuan teknologi, membuat adanya internet. Nah, dari internet itulah informasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan yang ada di internet. Dengan begitu, untuk mendapatkan tambahan ilmu, seseorang tidak akan merasa terepotkan bahkan bisa disambi dengan tiduran di rumah tanpa pergi kemana-mana, tanpa harus ke perpustakaan juga maka seseorang masih dapat memperoleh suatu ilmu pengetahuan.
  6. Terjadinya peningkatan taraf hidup masyarakat. Adanya taraf hidup masyarakat tersebut merupakan adanya ingin menyetarakan gengsi satu dengan lainnya. Hal tersebut menyebabkan timbulnya keinginan masyarakat yang mempunyai standard hidup yang tinggi. Hal tersebut menimbulkan semangat kerja menjadi lebih baik dari sebelumnya.
  7. Dapat membuat pemacuan pada kualitas individu. Adanya seseorang yang akan berprestasi atau ilmuwan yang dapat melakukan penemuan dan mampu membuat individu-individu yang lainnya merasa termotivasi serta meningkatkan kualitas dirinya dengan memperbanyak ilmu yang dimiliki supaya bisa seperti dengan yang lainnya.
  8. Transportasi yang semakin mudah untuk dipakai. Saat ini bukan jamannya lagi menunggu transportasi, atau ribet mengurusi berbagai administrasi dengan berbagai keperluan yang rumit. Saat ini transportasi atau tiket untuk pergi ke suatu tempat bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan menyentuh layar smartphone saja tanpa harus antri di depan loket. Anda juga dapat memperoleh harga yang lebih akurat saat melakukan transaksi atau pemesanan tiket melalui jasa online.

Dampak Negatif

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif dari globalisasi:

  1. Mulai berkurangnya rasa solidaritas di antara teman. Adanya globalisasi tersebut akan memacu seseorang untuk lebih unggul dari pada teman lainnya, maka tidak heran jika rasa solidaritas tersebut semakin terkikis.
  2. Hilangnya rasa kepedulian di antara sesama. Kepedulian antara teman sekarang ini adalah hanya sebatas modus untuk mencapai suatu tujuan, yaitu rasa peduli ada bukan sebab memang tulus dari hati namun karena ada maksud tertentu di balik kepedulian yang diberikan tersebut.
  3. Semakin jarangnya kegiatan bergotong royong. Sikap tradisional yang sangat erat sekali dengan masyarakat desa tersebut semakin luntur, entah itu sebab kesibukan yang semakin padat sehingga tidak ada lagi waktu untuk sekedar melakukan kegiatan bergotong royong.
  4. Tidak ada lagi kesetiakawanan di antara teman. Loyalitas tanpa batas sekarang dapat dibeli dengan harga, seberapa banyak dapat memberi uang maka sebesar itulah loyalitas yang bisa tercipta.
  5. Semakin banyaknya masyarakat yang sudah mulai konsumtif. Perilaku konsumtif tersebut membunuh gerakan reduce, reuse dan recycle. Akibatnya sikap konsumtif tersebut sangatlah fatal jika tidak segera dirubah.
  6. Hilangnya kreatifitas. Pada zaman ini seseorang akan lebih menyukai sesuatu yang instan. Lebih memilih apapun yang langsung jadi dibanding menghargai suatu proses. Hal tersebut yang kemudian akan membuat seseorang malas untuk berfikir dan juga membuat krativitas.
  7. Nilai-nilai budaya serta adat mulai terkikis seiring dengan berjalanya waktu. Budaya kebarat-baratan yang membuat nilai norma dan juga adat mulai hilang dengan perlahan namun pasti.
  8. Informasi akan mudah simpang siur, banyaknya beredar berita burung yang belum pasti kebenarannya. Semakin canggihnya alat komunikasi saat ini, maka akan sangat memudahkan tersampainya informasi dalam menyebar informasi, baik itu informasi yang telah jelas kebenarannya atau bahkan hanya sekedar informasi hoaks atau bohong.
  9. Sulit untuk berkembangnya perusahaan-perusahaan di dalam negeri untuk menjadi berkembang. Hal tersebut disebabkan perusahaan di dalam negeri telah kalah saing, kalah teknologi dengan perusahaan-perusahaan baru yang ada dari luar negeri yang masuk ke dalam Indonesia.
  10. Dunia perekonomian akan dikuasai oleh perusahaan luar negeri. Dengan perkembangan yang telah mulai mendunia tersebut, perekonomian dapat keluar masuk dengan sangat mudahnya.
  11. Banyaknya orang yang sudah mulai mempunyai sikap yang buruk. Sikap buruk yang timbul tersebut disebabkan oleh adanya sebuah tuntutan dari suatu pekerjaan yang menginginkan gengsi yang tinggi.
  12. Para petani sudah banyak yang beralih profesi. Harga panen yang semakin rendah membuat para petani enggan untuk melakukan profesinya, yang senantiasa berujung pada kerugian.
  13. Banyaknya gedung pencakar langit yang sudah mulai bermunculan. Mulai bertambahnya bangunan hotel-hotel dan perusahaan yang sampai lantai tertinggi hanya sebab terbatasnya lahan untuk pembangunan yang lebih luas.
  14. Semakin sempitnya lahan-lahan untuk pertanian. Lahan pertanian saat ini sudah banyak yang digusur serta dibeli untuk pemukiman serta keperluan bisnis.
  15. Gaya hidup hedonism yang mulai merajalela. Kehidupan hedonism tersebut merupakan kehidupan yang hanya mengacu terhadap keperluan duniawi saja. Pada masa sekarang sikap agamis dan juga ingat akan kehidupan akhirat sudah mulai jarang ditemui atau bahkan bisa hilang.
  16. Sikap individualism yang terus semakin menjadi-jadi. Rasa egois dari masing=masing individu yang semakin besar dalam menghadapi persaingan-persaingan di dunia ekonomi, sosial dan juga budaya.

Dampak globalisasi di bidang politik

Globalisasi tersebut berdampak terhadap seluruh bidang, salah satunya yaitu bidang politik. Di dunia politik saat ini sedang mengalami dampak positif dari globalisasi yakni pemikiran para tokoh politik yang lebih baik, lebih terbuka, mampu untuk bekerja lebih baik atau bahkan kesejahteraan masyarakat sudah mulai meningkat. Adanya sistem ketatanegaraan yang sudah lebih maju sehingga akan membuat beberapa instansi daripada pemerintahan yang semakin berkualitas. Tidak hanya itu, kesadaran dari masyarakat mengenai persoalan politik juga semakin meningkat.

Sedangkan dampak negatifnya yaitu mulai munculnya sikap serakah dengan jabatan politik, munculnya kecurangan-kecurangan yang akan merugikan di dalam dunia politik, dan juga banyak para pejabat yang sudah mulai tidak berlaku jujur.

Dampak globalisasi di bidang ekonomi

Selain di dalam bidang politik, dalam bidang ekonomi juga akan merasakan dampak dari globalisasi. Dampak positif yang bisa dirasakan dalam bidang ekonomi tersebut adalah proses pemenuhan seluruh kebutuhan barang dan juga jasa yang semakin mudah saja. Sektor-sektor kecil ekonomi pun juga sudah mulai mengalami peningkatan yang cukup baik.

Pengaruh Globalisasi

Pengaruh globalisasi

Globalisasi merupakan suatu proses moderniasai yang dapat memberikan pengaruh dalam berbagai hal di dalam segala bidang tanpa terkecuali. Pengaruh dari globalisasi tersebut dapat berupa pengaruh yang menguntungkan ataupun pengaruh yang merugikan. Hal tersebut tergantung angle pengaplikasian dan juga angle penyerapan budaya yang diambil.

Oleh karena itu, supaya pengaruh globalisasi tersebut tidak banyak merugikan, maka Anda harus pintar-pintar dalam memfilter mana yang baik dan juga mana yang buruk.

Pengaruh globalisasi tersebut memanglah tidak bisa serta merta ditelan begitu saja, harus dipilah serta dipilih mana yang dianggap baik serta cocok dengan budaya Indonesia. Dengan demikian pengaruh globalisasi yang berada akan bisa menimbulkan keuntungan yang tentunya tidak akan merugikan untuk Anda.

Penutup

Di era globalisasi seluruh aspek akan menjadi maju serta mulai mengalami perkembangan. Seperti halnya pada zaman sekarang ini telah berubah menjadi zaman millennial, yang dimana mengubah anak-anak generasi bangsa untuk menjadi sangat ketergatungan terhadap gadget dan juga berbagai teknologi lainnya. Adanya perubahan zaman dari tahun ke tahun tersebut membuat banyak perubahan di dunia yaitu mulai dari perubahan yang dapat menimbulkan keuntungan terhadap yang melakukannya sampai perubahan yang akan menimbulkan kerugian terhadap pelakunya.

Globalisasi menjadikan zaman sekarang menjadi zaman millennial yang serba instan serta untuk melakukan apapun tidak usah memerlukan waktu yang lama, hanya hitungan menit pun semua hal bisa dilakukan serta didapatkan. Misalnya untuk memesan makanan, atau keperluan yang lainnya apabila tidak punya banyak waktu untuk pergi ke toko ataupun sedang bermalas-malasan di rumah, hanya dengan memencet gadget dengan internet yang stabil dan juga membuka aplikasi dari toko online maka otomatis Anda sudah dapat mengorder serta membayarnya dengan digital.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan tentang pengertian globalilasasi. Dibalik kemajuan yang terjadi saat ini yang dapat menimbulkan dampak-dampak positif tersebut tidak luput dari dampak negatif yang ada di baliknya. Sehingga Anda sebagai warga Negara yang cerdas maka Anda harus pintar-pintar di dalam memfiltarisasi budaya barat yang sudah masuk supaya tidak banyak dampak negatif yang akan ditimbulkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.