Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya: Singkat dan Lucu

Contoh teks anekdot beserta strukturnya singkat dan lucu

Contoh Teks Anekdot -Ada beragam jenis teks dalam pembahasan mengenai bentuk tulisan. Dan masing-masing jenis teks tentu saja memiliki struktur, karakteristik dan juga ciri khas tersendiri. Di antara jenis teks yang banyak diminati karena dapat dijadikan hiburan dan mempunyai bentuk yang unik adalah teks anekdot.

Memang hanya kalangan tertentu saja yang sudah mengetahui apa itu teks anekdot. Akan tetapi, sebenarnya sudah banyak orang yang mengetahui contoh dari teks anekdot itu sendiri. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini akan diulas secara detail mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan teks anekdot beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian teks anekdot
slideshare.net

Teks anekdot merupakan suatu cerita yang menarik dan lucu yang di dalam nya menggambarkan suatu kejadian yang sesungguhnya. Secara umum, teks anekdot ini memiliki sifat dan tujuan menghibur karena di dalam jenis teks ini ada kandungan humor nya.

Akan tetapi, isi di dalam cerita yang terkandung di dalam teks ini mengungkap kejadian atau seseorang yang sifatnya lebih kepada mengkritik atau menyindir. Secara umum, sindiran yang terdapat pada teks anekdot lebih kepada hal-hal yang sifatnya sosial, politik, layanan  publik, lingkungan dan pendidikan.

Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot
slideshare.net

Sebagaimana diungkap di awal bahwa setiap teks yang ada tentu saja memiliki kandungan struktur dan juga ciri khas yang membedakan suatu teks dengan teks yang lain. Berikut ini adalah struktur pada teks anekdot yang wajib diketahui:

Abstraksi

Struktur pertama pada teks anekdot adalah abtraksi yang merupakan suatu gambaran yang isinya adalah gambaran awal dari suatu teks anekdot.

Orientasi

Selanjutnya adalah orientasi dimana ini merupakan bagian isi yang intinya menjadi latar belakang dari kejadian yang diceritakan dalam teks.

Event

Untuk struktur teks anekdot yang ketiga adalah event yang merupakan rangkaian dari suatu kejadian.

Krisis

Untuk krisis sendiri adalah bagian yang berisikan suatu masalah di dalam sebuah kejadian.

Reaksi

Struktur dalam teks anekdot yang selanjutnya adalah reaksi. Reaksi adalah bagian teks anekdot yang isinya penyelesaian masalah dalam sebuah kejadian.

Koda

Untuk koda sendiri merupakan perubahan yang akan terjadi pada suatu tokoh atau peristiwa.

Re-orientasi

Sedangkan untuk struktur teks anekdot yang terakhir adalah re-orientasi yang merupakan penutup atau kesimpulan dari teks.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh teks anekdot beserta strukturnya
struktur-blogs.blogspot.com

Dengan penjelasan singkat di atas yang meliputi pengertian dari teks anekdot dan juga struktur yang harus ada di dalamnya, Anda mungkin masih mengalami kebingungan terkait bagaimana sebenarnya gambaran dari teks anekdot itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memunculkan contoh asli dari jenis teks ini.

Berikut adalah contoh teks anekdot beserta strukturnya untuk bahan pembelajaran Anda.

Abstraksi

Di sebuah malam yang cukup hening, terdapat percakapan di antara seorang ibu dan juga anak lelakinya yang mulai menginjak usia dewasa.

Orientasi

Keduanya membicarakan soal jodoh sang anak yang tidak juga datang.

Event

Keduanya berbicara dengan cukup panjang tentang jodoh seperti apa yang sesungguhnya diinginkan sang anak. Sang ibu kemudian bertanya kepada sang anak, “Nak, saat ini usiamu telah berumur. Namun mengapa engkau tak juga mencari jodoh. Jujur saja sekarang ini bu sudah tua dan ingin menimang cucu. Sebenarnya, kamu sudah ada calon atau belum? Kalau belum, bagaimana kriteria calon yang kau kehendaki?”

Krisis

Kemudian anak laki-laki tersebut menjawab,

“Bu, Aku merasa trauma dengan yang namanya perempuan. Sejak dulu pernah dekat dengan banyak wanita cantik namun mereka hanya melihat harta dan juga fisik aku saja. Aku sangat tidak bisa tahan dengan perempuan semacam itu bu. Mohon maaf jika untuk saat ini aku masih belum bisa membuat ibu bahagia. Jika ibu berkenan, berikan waktu satu bulan kepadaku untuk bisa mencari jodoh. Namun, ibu harus berjanji akan menerima jodoh saya dengan suka cita serta tidak memandang secara fisik dan juga materinya.” Pinta anak kepada ibunya.

Reaksi

“Baik. Ibu akan menerima semua syarat yang kau inginkan dan ibu merasa lega dan senang karena kamu segera tanggap dengan keinginan ibu. Ibu memang benar-benar sudah tak sabar ingin menimang cucu yang banyak supaya rumah kita ini menjadi rame.” Sahut sang ibu menggebu-gebu.

Koda

Sesudah melakukan pencarian selama kurang lebih satu bulan, akhirnya sang anak laki-laki tersebut berhasil menemukan jodohnya. “Bu, ini jodoh saya” ujar sang anak laki-laki sembari memperkenalkan jodohnya kepada sang ibu. Ibunya sangat kaget melihat jodoh yang dipilih anaknya. “Lalu siapa tiga anak itu, keponakan atau siapa?”

Yanya sang ibu penasaran sembari merasa sangat heran karena jodoh yang dibawa oleh anaknya ternyata seumuran dengan sang ibu. “Iya bu, ini jodoh saya bernama Fitri. Dia adalah seorang janda tiga anak. Bukannya Ibu ingin segera menimang cucu? Ini ibu bisa langsung menimang cucu malah tiga sekaligus. Dengan demikian, rumah akan sangat rame seperti yang ibu harapkan.”

Re-Orientasi

Sang ibu tersebut mendadak pingsan.

Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh teks anekdot lucu
daniarta.com

Untuk selanjutnya adalah contoh dari teks anekdot lucu. Adanya teks anekdot lucu akan bisa membuat Anda merasa terhibur apalagi di saat merasakan sedih dan galau. Berikut ini adalah contoh teks anekdot lucu yang bisa dijadikan sebagai hiburan.

Pada suatu hari, terdapat seorang ibu yang hendak memijat bayinya sebelum kemudian memandikan bayi tersebut. Pemijatan bayi tersebut disebabkan karena bayinya rewel dalam beberapa hari terakhir sehingga menjadikan bayi tersebut susah tidur. Lalu, sang ibu hendak mengambil minyak pijat di meja yang terdapat di samping kasur, akan tetapi sang ibu lupa dimana menaruh minyak tersebut.

“Dimana baby oilnya kemarin?” Tanya sang ibu di dalam hati.

Lalu ia bangun teringat bahwa minyak itu di taruh di dapur sesudah memasak. Akhirnya sang ibu memanggil anaknya yang kedua. Kebetulan masih berumur 3 tahun. “Nak, tolong ibu ya. Ambilkan minyak ibu yang ada di dapur untuk memijat adik!” Pinta sang ibu kepada anaknya. “Ya Bu.” Jawab anaknya sembari berlarian kecil ke dapur untuk mengambil minyak. Lalu ia pun menyodorkan minyak ke ibunya.

Sang ibu kemudian merasa kaget melihat anaknya membawa minyak goreng dari dapur. “Nak, kenapa minyak goreng yang kamu ambil?” Tanya sang ibu dipenuhi rasa heran.

“Tadi ibu menyuruh ambil minyak di dapur.” Celoteh sang anak dengan begitu polosnya.

Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh teks anekdot singkat
brainly.com

Untuk contoh teks anekdot yang berikutnya adalah contoh teks anekdot singkat. Contoh teks anekdot satu ini tidak begitu panjang alias singkat namun benar-benar bisa memberikan hiburan kepada orang yang membacanya. Untuk lebih jelasnya, simak contoh teks anekdot singkat berikut ini.

Terdapat sepasang suami istri yang tengah memanen tomat di kebun yang ada di dekat rumah mereka. Toman yang dipanen ukurannya cukup besar dan warnanya pun sangat cerah sehingga membuat sang suami ingin memakan tomat tersebut.

Sesudah memperoleh beberapa keranjang tomat hasil panen, sang suami pun memakan satu buah tomat yang ia ambil dari keranjang. Melihat hal tersebut, sang istri langsung menegur suaminya,”Pa, kenapa tomat nya dimakan? Itu kan belum dicuci dan masih mengandung pestisida.” Ujar sang istri.

“Tau gak ma, tomat ini sudah seperti papa kepada mama.” Jawab sang suami. “Maksudnya?” Tanya sang istri merasa heran. “I love you soo much.” Jawab sang suami dengan nada yang sangat mesra. Sang istri yang mendengar hal terebut sontak langsung tersentuh dan kemudian tertawa.

Contoh Anekdot Menyindir Teman

Anekdot menyindir teman
slideshare.net

Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa anekdot selain berfungsi untuk menghibur, ternyata ia juga berfungsi untuk menyindir seseorang. Sindiran melalui anekdot adalah sindiran yang tepat karena sindiran yang disampaikan terkandung di dalam cerita. Sehingga, orang yang disindir tidak akan merasa tersinggung namun bisa mengena dalam hatinya. Oleh karena itu, berikut ini akan di contoh kan mengenai contoh anekdot menyindir teman.

Terdapat dia gadis yang keduanya sama-sama bersahabat. Masing-masing bernama Nana dan Vira. Sejak keduanya bersahabat, Vira kerap memohon bantuan kepada Nana terlebih ketika ia sedang memerlukan uang. Dia adalah tipe orang yang ketika sedang berada dalam kekurangan senantiasa memanfaatkan temannya. Namun, ketika uang pinjaman tersebut ditagih, ia kerap menghindar dan seolah tidak mau tahu.

Pada suatu hari, Nana tengah mengerjakan tugas yang amat banyak dan semua itu harus rampung dalam satu minggu. Ia merasa sangat bingung karena pada saat yang bersamaan ia harus mengikuti acara keluarga yang tidak bisa ia tinggal. Lalu ia pun memiliki inisiatif.

Di saat yang sama, Vira hendak meminjam uang lagi kepada Nana. Bahkan sudah tidak terhitung berapa kali ia meminjam uang dan sama sekali belum dikembalikan. “Na, bolehkah aku meminjam uangmu lagi?” Tanya Vira sedikit memohon. “Mau pinjam berapa Vir?” Tanya Nana. “Satu juta saja.” Jawab Vira.

“Apa?, Itu sudah cukup untuk membayar hutang mu. Kamu kok malah mau berhutang lagi. Oke deh begini saja, aku akan meminjamimu uang tapi ada syaratnya, kamu harus mengerjakan tugas ku selama satu minggu. Gimana? Apa kamu setuju?” Tanya Nana. “Baiklah.” Jawab Vira dengan agak mengerutkan kepala.

Seminggu kemudian, Vira pun memberikan tugas Nana yang sudah selesai ia kerjakan dan ia pun meminta uang pinjaman yang dijanjikan oleh Nana. “Na, tugas mu sudah selesai. Aku dapat uang pinjaman darimu kan?”

“Sebelumnya aku minta maaf Vir. Coba hitunglah jumlah hutangmu padaku. Satu juta kan? Nah, anggap saja kamu mengerjakan tugasku kemarin sebagai bentuk bayaran karena kamu tidak pernah mau mengembalikan hutangmu kepadaku.” Tegas Nana menjelaskan dengan cara menyindir teman nya yang satu itu. Dan mendengar hal itu, Vira hanya bisa diam.

Contoh Teks Anekdot Sosial

Contoh teks anekdot sosial
sahabatnesia.com

Contoh teks anekdot yang selanjutnya adalah anekdot sosial. Anekdot sosial ini berhubungan dengan kehidupan sosial manusia. Berikut contoh selengkapnya mengenai teks anekdot sosial tersebut.

Pada suatu hari, ada percakapan yang terjadi antara seorang kakak dan adiknya. Mereka berdua tengah menonton tv dengan chanel tertentu. Sembari menonton mereka berdua bertukar pendapat mengenai tontonan yang ada di tv, yaitu mengenai organisasi para istri pejabat yang tengah berlibur ke luar negeri. “Dek, lihat para ibu itu dari atas sampai ke bawah semuanya serba mewah. Semua yang dikenakan memakai merek impor. Bahkan, semuanya kompak.” Komentar sang kakak.

“Memangnya kenapa loh kak. Itu kan hak mereka juga untuk menggunakan merk kualitas internasional sesuai dengan kelas dan kedudukan mereka.” Sahut sang adik. “Iya sih berkelas, tapi lihat saja rambut mereka pun disemir seperti bule. Bahkan pakaian mereka sangat kompak dengan warna baby pink juga sepatu high heels yang tingginya sangat keterlaluan. Padahal usia mereka berapa dan orang yang sekelas pejabat tentu kurang pantas berpenampilan semacam itu.” Jelas sang kakak.

“Kakak tidak tahu ya. Mereka itu keluar negeri mau konser di sana.” Jawab adiknya sambil tertawa geli.

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

Contoh teks anekdot layanan publik
slideshare.net

Contoh teks anekdot layanan publik ini adalah contoh anekdot yang isinya adalah sindiran dan juga kritikan atas layanan publik yang ada. Berikut ulasan selengkapnya mengenai contoh anekdot layanan publik tersebut.

Pada suatu pagi, Toni tengah mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi di kantor polisi bersama beberapa orang teman nya. Ia merasa sangat heran dengan prosedur membuat kartu SIM yang amat mudah. Hanya perlu latihan satu kali saja SIM nya langsung jadi. Padahal, beberapa dari mereka ada yang belum begitu mahir di dalam berkendara.

Hal itu seolah-olah menunjukkan bahwa para petugas yang mengurus pembuatan SIM tersebut tidak mempertimbangkan dampak ke depannya apabila orang yang belum pandai berkendara terjun ke jalan raya.

Ia pun bertanya kepada teman nya yang bernama Jono, “Jon tahu nggak mengapa polisi itu memiliki perut besar?”

“Mungkin karena gizi mereka terjamin dan tercukupi.” Mendengar jawaban Jono, Toni pun menggelengkan kepala.

“Lalu karena apa?” Tambah Toni

“Karena pekerjaan mereka tentu saja tidak seberat TNI.” Jawab Jono

“Salah semua. Perut polisi itu besar-besar karena sesuai dengan isi dompet yang mereka miliki.”

Contoh Teks Anekdot Menyindir Koruptor

Contoh teks anekdot menyindir koruptor
kompasiana.com

Untuk contoh selanjutnya adalah contoh anekdot menyindir koruptor. Dari judulnya saja tentu sudah bisa diketahui bahwa anekdot ini berisi sindiran atas perlakukan merugikan rakyat dari para koruptor. Anekdot semacam ini bukan hanya bersifat hiburan, namun juga memberikan masukan dan nasihat kepada para koruptor. Untuk contoh selengkapnya mengenai contoh teks anekdot menyindir koruptor bisa disimak ulasan berikut.

Setiap malam, mall di ibu kota senantiasa ramai dipenuhi oleh para pengunjung. Di antaranya adalah para kalangan muda mudi yang berpacaran. Bahkan, di malam Minggu biasanya mall akan penuh dengan pengunjung yang mencapai dua kali lipat dari hari biasa. Malam itu, Salsa dan juga kekasihnya yang bernama Robit tengah bermalam Minggu di sebuah Mall kawasan Jakarta. Lalu mereka nonton dan dilanjutkan dengan belanja pakaian. Mereka hendak membeli pakaian pesta yang akan digunakan saat pernikahan kakaknya.

Tempat penjualan pakaian di mall tersebut penuh dengan gaun pesta yang amat indah dengan merk terkenal dan harganya mahal. Bahkan, ada yang sampai di banderol dengan harga puluhan juga rupiah. Sebagai seorang perempuan, Salsa ingin kekasihnya yang memilihkan gaun untuknya. Hal itu dikarenakan ia ingin mengenakan gaun terbaik dan termewah versi kekasihnya sehingga ia nampak lebih anggun dan menawan.

“Yang kamu bisa memilihkan baju yang palung baik sehingga nanti saat pesta aku bisa tampil lebih menawan dengan gaun yang tidak murahan.” Pinta Salsa kepada sang kekasih. Ternyata saat itu, Robit juga ingin Salsa yang memilihkan baju baginya. Tiba-tiba, Salsa menemukan jas berwarna hitam yang sangat mahal dan bisa dibilang mewah. Jas itu dibuat oleh seorang designer ternama asal luar negeri yang di banderol dengan harga ratusan juta.

Kemudian Salsa memilihkan itu untuk sang kekasih. “Yang, kamu tahu nhgak baju apa yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan jas ini?” Tanya Salsa kepada Robit. “Apa?” Tanya Robit.

“Jas oranye yang belakang nya ada tulisan KPK. Karena tidak sembarang orang bisa mengenakan pakaian itu. Dan pastinya itu orang-orang dengan jumlah milyaran bahkan lebih yang dapat menggunakannya.”

Contoh Teks Anekdot Politik

Contoh teks anekdot politik
accounting-08.blogspot.com

Untuk contoh yang selanjutnya adalah anekdot politik yang di dalamnya berisi berbagai hal mengenai politik. Berikut ini adalah contoh anekdot politik yang bisa dijadikan sebagai hiburan Anda.

Suatu hari ada sepasang suami istri yang tengah bekerja sebagai seorang penjual kue keliling tengah memasarkan kue mereka. Mereka merasa lelah dengan pekerjaan mereka karena hari sangat panas. Kebetulan saat itu hanya ada beberapa kue saja yang berhasil terjual. Padahal kebutuhan sehari-hari mereka semakin meningkat. Belum lagi BBM yang mengalami kenaikan, bayaran anak sekolah, kredit rumah yang masih belum lunas dan banyak lagi kebutuhan yang perlu dicukupi.

Akhirnya lantaran sudah merasa lelah, mereka memutuskan untuk istirahat di kursi taman kota yang di dalamnya ada banyak pohon sehingga sangat pas untuk berteduh di bawah panasnya matahari. “Lihatlah nasib kita ini ya pak. Bekerja selama seharian hanya mendapatkan sedikit uang. Belum lagi saat kue nya tidak habis tentu saja tidak sebanding dengan modal dan juga tenaga yang dikeluarkan.” Ujar istrinya

“Lihat mereka yang bekerja di tempat full AC yang nyaman. Makan dilayani, kendaraannya mewah, gratis jalan-jalan ke luar negeri, masalah sekolah anak mudah dan sebagainya. Bahkan orang yang membuat aturan sesuka hati mereka untuk menaikkan harga BBM tanpa mau melihat kepada rakyat jelata seperti kita ini. Mereka hanya dengan sekali melakukan tanda tangan sudah mengalir rupiahnya. Tidak sebatas itu, kerjaan mereka hanya duduk dan ngrumpi.” Tegas istrinya kesal.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Contoh teks anekdot pendidikan
kompasiana.com

Untuk contoh anekdot selanjutnya adalah anekdot pendidikan. Anekdot ini berhubungan dengan hal yang berbau pendidikan. Berikut adalah contoh lengkapnya.

Di sebuah sekolah dasar yang berlokasi di kota Semarang, para siswa sedang istirahat siang. Anak-anak keluar dengan berbagai kegiatan di luar ruangan. Ada yang ke kantin makan siang, ada yang bermain bola, ada yang di perpustakaan untuk membaca dan lain sebagainya. Sementara Adi dan Budi tengah berbincang di kantin sembari menikmati makanan mereka.

“Bud, kamu tahu nggak mengapa pendidikan jaman dulu itu lebih mudah dan enak dibandingkan sekarang?”
Karena jaman dahulu itu sekolahnya gratis. Tentu saja berbeda dengan hari ini yang sedikit-sedikit dipungut biaya.”

“Lalu kenapa jaman dahulu pendidikan gratis?”

“Karena pemerintahannya nggak pelit?”

“Kenapa pemerintahannya nggak pelit?”

“Karena pemerintahannya masih kaya.”

“Kenapa pemerintahannya kaya?”

“Kaya mbah mu.”

Suaranya pun hening seketika.

Contoh Teks Anekdot Lingkungan

Contoh teks anekdot lingkungan
medisigner.wordpress.com

Contoh berikutnya adalah contoh teks anekdot lingkungan.

Hari sudah menunjukkan larut malam. Sisi tengah mengelilingi taman kota dengan teman nya yang bernama Wiwid. Menikmati indahnya taman yang ada di pinggiran kota sambil mencari tempat makan. Mereka pun akhirnya menemukan tempat untuk makan malam, yaitu warung penyet.

Mereka pun memesan ayam penyet, kangkung, tempe, tahu goreng dan juga es the. Kemudian di bagian dinding warung mereka pun menemukan tulisan buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan.

Selang beberapa saat pesanan pun datang dan kemudian mereka melahap makanan mereka. Sambil makan, mereka pun berbincang mengenai tulisan yang terdapat di dinding tersebut. Mengapa pesannya mengenai sampah, bukan kata mutiara.

“Karena ini bukan toko mutiara.”

“Kenapa bukan tentang motivasi, karena dengan motivasi pengunjung bisa semangat menghabiskan mie terus menghabiskan duit pula.”

“Kenapa bukan kesehatan?”

“Ya kalau kesehatan tentu saja kamu gak akan membeli makanan di sini karena mayoritas makanan di sini memicu naiknya kolesterol.”

Akhirnya pertanyaan beruntun tersebut membuat mereka berdua merasa lelah. Sembari makan Wiwid terheran-heran mengapa Sisi menghabiskan ayam sampai tulangnya. Dan ia pun bertanya kepada Sisi mengapa dia memakan tulang ayamnya. Sisi pun menjawab, “Itu kan buanglah sampah pada tempatnya. Jadi aku sudah membuangnya ke tubuh aku dan nantinya akan jadi sampah juga di toilet.”

Penutup

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks anekdot sebagai bahan hiburan Anda. Mulai dari jenis anekdot yang singkat hingga yang paling panjang. Semoga bermanfaat.