Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat, Orang Tua dan Keluarga

Contoh surat pribadi untuk sahabat

Contoh Surat Pribadi – Dahulu, surat sering digunakan untuk memberikan kabar baik itu kepada teman, keluarga, sanak saudara, maupun lain sebagainya. Hampir semuanya menggunakan surat, karena belum ada solusi lain selain membuat surat. Namun, berbeda dengan zaman sekarang ini yang sudah serba canggih dengan teknologi.

Jadi seseorang pun tidak perlu kebanyakan menulis surat karena sudah ada alat canggih, baik itu gadget atau alat yang lain nya dapat digunakan untuk memberi kabar dan informasi kepada orang lain. Meskipun begitu, tetap saja surat menyurat juga diperlukan di era sekarang ini. Contohnya saja ketika Anda akan menulis surat kuasa, surat dinas, surat melamar kerja, dan lain-lain.

Dan tidak akan menutup kemungkinan pula, Anda juga akan menulis surat untuk keluarga, kekasih, saudara atau pun teman. Karena dengan menggunakan surat di era sekarang ini, seseorang pun akan merasa lebih dihargai keberadaannya. Karena merupakan sebagai bentuk empati terhadap orang-orang yang disayang.

Surat juga diperlukan untuk kawasan yang masih belum ada akses internet. Dengan adanya surat, maka informasi atau kabar yang Anda berikan pun akan sampai ke pembaca. Untuk memudahkan Anda dalam membuat surat, pada kesempatan ini akan diulas mengenai surat pribadi dan berbagai penjelasan yang terkait. Berikut penjelasannya:

Pengertian Surat Pribadi

Pengertian surat pribadi

Beberapa orang masih bingung tentang apa itu surat pribadi. Ada pula yang sudah tahu apa itu surat pribadi namun masih bingung mengenai contoh surat pribadi itu sendiri. Supaya Anda tidak salah paham dan bisa memiliki pemahaman yang utuh tentang surat pribadi, berikut pengertian tentang surat pribadi yang bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan Anda.

Surat pribadi merupakan sebuah tulisan atau surat yang dibuat seseorang kepada seseorang lainnya. Adanya surat pribadi bertujuan untuk memberikan informasi atau kabar tertentu kepada orang lain.

Surat pribadi memiliki jumlah penulisan yang tidak terbatas. Anda pun bisa menulis dengan jumlah halaman sesukanya. Namun, untuk jenis surat ini Anda perlu menuliskan beberapa hal wajib di dalamnya, mulai dari tanggal, alamat tujuan, kata sapaan, pembukaan, isi serta penutup. Kemudian di bagian akhir diberi nama pengirim surat sekaligus tanda tangannya.

Surat pribadi tidak memiliki aturan yang baku, sebagaimana contoh surat-surat resmi. Kendati demikian, saat menulis surat pribadi, Anda pun harus memakai bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh pembaca.

Bahasanya juga harus komunikatif. Dan yang tidak kalah penting diketahui adalah surat pribadi merupakan jenis surat yang sifatnya rahasia atau privasi sehingga hanya boleh diketahui oleh penulis dan pembaca.

Surat pribadi tujuannya tidak hanya memberikan suatu kabar atau informasi, namun juga dengan tujuan untuk menceritakan isi perasaan dan hatinya kepada orang lain. Hal tersebut supaya orang yang menerima surat mengetahui dan ikut merasakan isi hatinya.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa di era sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan media lain untuk memberitahukan suatu informasi atau kabar tertentu. Ada beberapa alasan kenapa orang-orang kebanyakan tidak memilih memakai surat pribadi, di antaranya karena pesan yang diberikan tidak cepat sampai kepada si penerima. Berbeda dengan mengirim pesan menggunakan gagdet yang mana penerima bisa langsung menerima dan membaca dalam hitungan detik.

Hal tersebut disebabkan oleh jarak. Semakin jauh jarak antara pengirim dan penerima surat, maka semakin lama pula sampai pesan kepada penerima. Jaman sekarang banyak yang lebih memilih menggunakan telegram, facebook, whatsApp, BBM, SMS dan lainnya untuk mengirim pesan tertentu.

Sebenarnya, jika difikir-fikir surat pribadi yang ditulis dengan manual maupun yang diketik via aplikasi intinya sama saja, yaitu untuk menyampaikan kabar atau memberitahukan informasi kepada orang lain.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Ciri ciri surat pribadi

Agar kita bisa lebih memahami tentang surat pribadi selain mengetahui tentang pengertian atau definisinya, penting untuk kita mengetahui ciri-ciri surat pribadi itu sendiri. Pada umumnya, ada beberapa ciri-ciri dari surat pribadi yang penting untuk dipahami. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai ciri-ciri surat pribadi tersebut.

  1. Secara umum, semua surat pribadi selalu mengandung berbagai bentuk kata sapaan. Dan biasanya, kata sapaan di dalam surat pribadi sifatnya pribadi atau rahasia. Umumnya juga, kalimat atau kata sapaan diletakkan pada surat bagian atas.
  2. Ciri surat pribadi yang selanjutnya, biasanya kalimat atau bahasa yang dipakai untuk menuliskan surat tidaklah terlalu baku, resmi atau formal. Bahkan banyak yang memilih untuk menggunakan bahasa sehari-hari atau informal. namun, kendati demikian, surat pribadi harus tetap menggunakan bahasa yang santun, sopan, dan juga mudah untuk dipahami oleh pembaca surat.
  3. Dalam surat pribadi biasanya akan memakai berbagai macam jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal ini disesuaikan dengan sang penerima dari surat tersebut.
  4. Sekalipun bentuknya berupa surat, namun haruslah menggunakan kata-kata sapaan seperti saat bertemu atau perjumpaan secara langsung dengan sang penerima surat.
  5. Secara umum, para penulis surat pribadi akan menggunakan kata ganti orang kedua, begitu pun dengan balasan penerima surat yang sebaiknya juga menggunakan kata ganti orang kedua.
  6. Penulisan guna salam pembuka, isi, maupun bagian penutupnya sebaiknya memakai bahasa yang tidak formal atau menghindari bahasa yang terlalu resmi karena intinya ini adalah surat pribadi tentang percakapan.
  7. Kemudian ciri selanjutnya dari surat pribadi adalah memiliki format yang bebas alias tidak terikat. Semua isi tulisan surat tergantung dari keinginan dan minat si penulisnya.
  8. Bagian suratnya tidak perlu mengandung kop atau nomor surat sebagaimana surat resmi yang biasa kita ketahui.
  9. Sedangkan untuk isi surat pribadi umumnya ditulis karena kebutuhan komunikasi dengan orang-orang yang dekat dengan penulis dan kebetulan juga keduanya tidak sedang ada di tempat yang sama atau berjauhan.

Tujuan Surat Pribadi

Tujuan surat pribadi

Setelah mengetahui ciri-ciri dari surat pribadi, tidak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah tujuan dari surat pribadi itu sendiri. Pada nyatanya, fungsi atau tujuan surat pribadi sangatlah beragam. Hal tersebut ditentukan oleh niat atau tujuan dari penulis surat yang bersangkutan.

Tujuan ditulisnya surat pribadi di antaranya adalah untuk dapat memberikan suatu informasi atau kabar dari seseorang kepada orang lain, baik keduanya yang menjalin hubungan sebagai kekasih, teman, sahabat, keluarga, dan lain-lain. Pembuatan surat itu dikarenakan si penulis dan si penerima tidak sedang berada di tempat yang sama dan sangat membutuhkan komunikasi khusus karena lama tidak dipertemukan.

Juga surat pribadi juga bertujuan untuk menunjukkan ekspresi perasaan dari penulis surat kepada si penerima. Perasaan yang dimaksud tersebut adalah perasaan dalam berbagai kondisi, baik itu senang, sedih, terharu, bangga, dan lain sebagainya. Namun, yang umumnya membuat surat pribadi dengan tujuan semacam ini adalah sobat-sobat dari kalangan perempuan.

Selain itu, Anda pun bisa melihatnya dan mengetahui sendiri bagaimana jika dua orang perempuan yang lama tidak bertemu kemudian bertemu, tentu perasaannya akan beragam, antara senang, terharu dan lain-lain. Meskipun kedua orang perempuan tersebut sudah bertemu dan intens, namun tetap ada saja perihal tertentu yang menarik untuk mereka bicarakan. Maka tidak heran jika kebanyakan bagi Anda yang perempuan akan menuliskan surat pribadi untuk mengekspresikan perasaannya.

Bagian-bagian Surat Pribadi

Bagian bagian surat pribadi

Sebelumnya, tentu sudah disinggung bahwa surat pribadi tidak memiliki acuan, aturan atau standar resmi dalam pembuatannya. Penulis surat bebas untuk menulis sesuka hati mereka. Namun, menulis surat pribadi tetaplah harus memperhatikan beberapa hal pentingnya supaya tidak terjadi kesalahan. Maka dari, pada penjelasan selanjutnya ini akan diulas tentang bagian-bagian dari surat pribadi yang wajib diketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

Tempat dan tanggal pembuatan surat

Bagian dari surat pribadi yang sangat penting diperhatikan adalah tempat serta tanggal saat surat itu dibuat. Hal ini sama dengan beberapa surat yang umum ditemui. Sangat penting untuk mencantumkan tanggal serta pembuatan surat yang Anda buat. Anda tidak boleh melewatkan untuk bagian satu ini sekalipun yang Anda buat adalah surat pribadi.

Umumnya, tanggal dan tempat pembuatan surat ditulis di bagian atas sebelah kanan atau kiri surat. Sedangkan untuk penulisan bulannya, sebaiknya Anda menggunakan huruf kapital. Kemudian untuk bagian pemisah antara tempat dan juga tanggal, Anda dapat menggunakan tanpa koma dan diakhiri dengan tanda titik. Akan tetapi, Apabila penulisan surat pribadi yang Anda buat adalah dengan cara diketik, maka dianjurkan tulisan tanggal dan tempatnya dicetak tebal.

Di bawah ini contoh penulisannya adalah sebagai berikut:

  1. Surabaya, 4 Mei 2018
  2. Surabaya, 4-5-2018
  3. Surabaya, 4/5/2018

Dari sekian beberapa contoh yang sudah dituliskan tersebut Anda dapat memilih bentuk varian penulisan yang sesuai dengan keinginan Anda karena semuanya benar.

Alamat dari penerima

Selain harus menyertakan tempat dan tanggal pembuatan surat, Anda pun juga harus menyertakan alamat untuk penerima surat sebagaimana yang ada pada surat resmi umumnya. Biasanya di bagian ini Anda harus menyertakan juga nama dari penerima suratnya. Untuk itu, Anda harus mengawalinya dengan menuliskan nama terlebih dahulu.

Selain itu, kalimat atau kata sapaan juga penting untuk dicantumkan di dalam surat. Ada beberapa jenis kata sapaan yang biasanya digunakan, contohnya saja sahabatku, temanku, kekasihku dan lain sebagainya. Kemudian, untuk nama kota penulisan surat pribadi Anda tidak harus menuliskan nama asli dari kota tersebut, namun bisa saja dengan menulis julukan dari kota yang bersangkutan. Sebagai contoh saja, Malang kota pelajar, Yogyakarta kota pelajar, Bogor kota hujan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh untuk menulis alamat surat untuk jenis surat pribadi:

  1. Kepada Teman Baikku, Rizka Adriani

 Di Yogyakarta

  1. Untuk Sahabatku Vira Almita

Di Surabaya

Selain beberapa contoh yang sudah dituliskan tersebut, Anda pun juga bisa memberikan variasi atau kreasi sendiri yang sesuai dengan minat Anda masing-masing. Namun yang terpenting adalah alamatnya jelas dan bahasanya santun serta mudah untuk dipahami.

Mencantumkan kata sapaan

Lalu bagian dari surat pribadi yang selanjutnya adalah mencantumkan kalimat sapaan. Sifat dari kata sapaan ini adalah lebih non-formal. Anda bisa menggunakan bahasa yang umum untuk sehari-hari. Tujuan menggunakan kata sapaan yang non-formal ini adalah supaya Anda dan si penerima surat pribadi nampak lebih akrab. Meskipun menggunakan bahasa sehari-hari, Anda tetap harus mempertimbangkan nilai etika dan kesopanan, jangan sampai apa yang dituliskan menyinggung atau menyakiti hati si pembaca.

Berikut ini adalah beberapa dari contoh penulisan sapaan surat pribadi yang bisa Anda jadikan rujukan atau contoh saat hendak menulis jenis surat ini:

  1. Halo sahabatku
  2. Salam manis
  3. Assalamu’alaikum
  4. Salam rindu
  5. Halo yang manis
  6. Halo imut
  7. Hai cantik
  8. Temanku yang ganteng
  9. Kakakku yang baik
  10. Dan lain-lain

Paragraf untuk pembuka

Untuk bagian selanjutnya dari surat pribadi ini masih sama dengan surat-surat pada umumnya, adalah menggunakan paragraf pembuka. Akan tetapi, penting untuk diperhatikan bahwa dalam penulisan pembuka di surat pribadi ini berbeda dengan paragraf pembuka pada surat lainnya.

Pada umumnya, paragraf pembuka jenis surat pribadi sangatlah berkaitan dengan ungkapan atau ekspresi baik itu meluapkan rindu, menanyakan soal kabar dan sebagainya. Dalam penulisan dari paragraf pembuka sendiri tidak usah formal. Anda bisa memakai bahasa yang kerap dipakai sehari-hari agar kesannya menjadi lebih rileks.

Anda juga bisa menggunakan kalimat basa basi pada bagian ini supaya terkesan lebih akrab setelah tidak saling menyapa dalam waktu lama. Tentunya, hal ini membuat si pembaca atau orang yang menerima surat Anda merasa semakin dekat sekalipun lama tidak berjumpa dengan Anda.

Bagian isi surat

Selain beberapa yang telah disebutkan, bagian selanjutnya dari surat pribadi yaitu isi atau inti surat. Pokok inti dari pembuatan surat pribadi adalah pada bagian ini. Biasanya, yang akan dituliskan pada bagian ini adalah tentang maksud tujuan dari penulisan surat tersebut. Contohnya dengan mengungkapkan perasaan dan hal tertentu yang tengah terjadi pada diri Anda. Anda bisa juga menyertakan luapan rasa kangen, memberi kabar baik atau buruk dan lain-lain.

Di samping itu, Anda juga bisa mengisi bagian isi surat pribadi ini dengan cerita tentang berbagai pengalaman penting atau berkesan yang Anda lalui, baik itu sedih maupun bahagia. Dalam penulisan bagian isi surat pribadi, Anda juga tidak perlu untuk terlalu formal. Tulis saja dengan bahasa sehari-hari yang mengalir dan usahakan tidak bertele-tele agar pembaca bisa lebih mudah dalam memahami.

Bagian penutup

Selanjutnya, yang tidak boleh diabaikan dalam menulis surat pribadi adalah dengan menyertakan paragraf atau kalimat penutup. Secara umum, yang akan dituliskan dalam bagian ini adalah ungkapan permohonan maaf kepada penerima surat. Selain itu, penting juga menyertakan berbagai harapan, doa dan ucapan terima kasih agar kesannya lebih mendalam.

Dalam membuat bagian penutup surat pribadi ini sebaiknya tidak ditulis panjang lebar. Hanya diperlukan membuat 2-3 kalimat saja yang mudah dipahami. Menulis penutup yang bertele-tele justru akan membuat kerapihan dari surat menjadi rusak dan membosankan.

Nama Anda dan tanda tangan

Terakhir dari penulisan surat pribadi adalah dengan mencantumkan nama terang dan jangan lupa tanda tangan si pengirim. Secara umum, bagian ini akan ditulis di bagian bawah sendiri pojok kanan dari suratnya.

Akan tetapi, di bagian kiri bawah pun juga tidak masalah. Yang terpenting di dalamnya dicantumkan nama dan tanda tangan Anda. Nama dan tanda tangan Anda bisa ditulis dengan singkat dan jelas.

Jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan karena biasanya pada bagian ini banyak yang lupa menyertakannya. Kendati adalah jenis surat pribadi dan bukan surat yang resmi, namun tetap penting bagi Anda untuk menyertakan tanda tangan. Selain karena untuk kelengkapan surat, hal tersebut untuk meyakinkan penerima bahwa itu adalah surat dari Anda.

Maka dari itu beberapa bagian yang harus ada di dalam surat pribadi di atas tersebut perlu dan harus Anda perhatikan dan pahami agar nantinya bisa membuat surat pribadi yang tepat dan baik.

Contoh Surat Pribadi

Contoh surat pribadi

Berikut ini contoh surat pribadi akan mengatasi  kemungkinan kebingungan yang Anda alami jika hanya dengan penjelasan tentang surat pribadi saja. Pada ulasan selanjutnya akan diulas mengenai beberapa contoh surat pribadi beserta bagaimana cara menuliskannya dengan benar. Berikut contoh-contoh tersebut, setidaknya akan membantu Anda memahami dan mempraktikkan dengan baik.

Contoh Surat Pribadi untuk Anggota Keluarga

Jakarta, 13 April 2018Teruntuk Kak Genta

Di Surabaya

Asslamu’alaikum,

Halo kak, bagaimana kabarnya? Semoga saja kakak tidak ada kekurangan suatu apapun dan di sini kabarku juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh iya kakakku, sudah hampir 3 tahun ini kita tidak bertemu dan di sini aku sangat merindukanmu. Aku tahu kakak sedang sangat sibuk bekerja begitu pun aku juga yang disibukkan oleh kegiatan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kakakku tersayang, semester ini aku sedang proses pengerjaan skripsi. Doakan semoga cepat selesai dan cepat lulus ya.

Ayah dan ibu titip salam untuk kakak. Salam rindu ku dan semoga selalu sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika terjadi masalah sekecil apapun itu. Ayah ibu juga sangat rindu dengan cucunya di Surabaya. Jika  aku main ke Surabaya bawa aku jalan-jalan. Sekian dulu ya kak. Sampai bertemu di masa liburan nanti.

Wassalamu’alaikum

Salam rindu

Adikmu,

 

Ganesh

Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Tulungagung, 15 Mei 2018Teruntuk Sahabat yang kukasihi, Vian

Di Sumatera

Assalamu’alaikum

Hai Vian, syukur Alhamdulillah aku dalam keadaan sehat tanpa halangan satu apapun. Aku bersyukur kepada Tuhan karena kabarmu juga baik-baik saja. Kita sudah sangat lama ya tidak bertemu. Aku benar-benar sudah tak sabar ingin kembali berjumpa denganmu untuk sekedar mengenang cerita tentang pengalaman-pengalaman kita. Tentu sekarang kamu tambah cantik dan dewasa. Dan ya, tentang kehidupanku yang sekarang, aku senang sekali tinggal di tempat ini walaupun awalnya sangat susah untuk ku beradaptasi. Maklumlah karena aku masih merasa asing di sini.

Aku sungguh meridukanmu Vian. Rindu dengan semua kehidupan dan kebiasaan kita di Sumatra. Rindu dengan teman-teman semua yang ada di sana. Saking karena rindunya, aku sempat bermimpi bahwa semalam kita bermain bersama. Oh iya, kebetulan juga ada kabar yang baik untukmu. Aku diterima di Institute Agama Islam Negri Tulungagung di jurusan Matematika. Berkat doamu, Aku berhasil bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang lain.

Vian, kamu pun jangan lupa pula untuk berdoa supaya cita-citamu dikabulkan. Dan yakinlah aku senantiasa mendoakanmu dari sini. Teruslah kamu untuk semangat ya.

Aku kira cukup sampai di sini dulu kabar berita dan harapan dariku. Semua keluargaku titip salam rindu kepadamu. Semoga suskes selalu dan tetap dalam lindungan Allah.

Wassalamu’alaikum

Tertanda sahabat baikmu,

 

Kiana

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Bandung, 13 April 2018Yang tersayang, Bunda dan Ayah

Di Surabaya

Assalamu’alaikum

Halo Bunda dan Ayah ku, apa kabarnya? Nisa harap Bunda dan Ayah sehat selalu di Surabaya. Nisa di sini pun juga baik-baik saja, luka bekas jahitan akibat jatuh dari tangga sudah mulai kering dan sembuh. Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir akan hal itu.

Sekedar memberi kabar bahwa Nisa akan melaksanakan ujian di minggu depan. Mohon doanya ya supaya Nisa bisa mendapat nilai sempurna dan lancar ujiannya. Kebetulan setelah ujian, Nisa akan libur panjang akhir semester. Namun Nisa tidak bisa pulang ke Surabaya karena kami harus mengikuti kursus bahasa Inggris intensif selama 2 bulan. Jika Bunda dan Ayah ada rejeki, Nisa sebenarnya butuh kiriman uang untuk uang saku selama kursus berlangsung. Sebenarnya, Nisa memiliki simpanan untuk itu, namun Nisa khawatir tidak cukup.

Nisa janji kepada Bunda dan Ayah akan selalu belajar dengan sungguh-sungguh dan lebih giat lagi. Nisa juga berjanji akan lulus tepat pada waktunya. Doakan Nisa bisa menjadi mahasiswa terbaik agar bisa membuat kalian merasa bangga. Nisa rindu yang amat sangat pada semua keluarga di Surabaya. Sekian dulu surat dari Nisa. Mohon doa restu dan dukungan selalu dari Ayah dan Bunda supaya Nisa diberi kelancaran untuk proses studinya.

Wassalamu’alaikum

Salam sayang anakmu,

 

Nisa

Demikianlah sedikit contoh surat pribadi sekaligus penjelasan tentangnya yang sangat lengkap untuk dijadikan sebagai bahan tambahan pengetahuan Anda. Dengan kita mengetahui berbagai penjelasan dan contoh di atas, Anda pun tentu sudah bisa mengira-ngira bagaimana membuat surat pribadi yang baik, sopan dan mudah dipahami. Selamat mencoba.