Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Siapa sih yang tidak mengharapkan rambut bersih dan bebas dari kotoran? Terpenting dengan serpihan putih yang bernama ketombe. Rambut berketombe rupanya dapat terjadi karena sejumlah hal. Karenanya dari itu, sebelum mencari cara untuk menyelesaikan masalah ketombe, kenali dahulu apa penyebab ketombe yang merekat pada rambutmu.

Selain menggunakan shampo yang dijual bebas dan mudah didapatkan di sekitar tempat tinggalmu, ternyata ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu terapkan pada rambut kepalamu. Tentunya cara ini lebih aman daripada menggunakan shampo yang sudah diolah sedemikian rupa dengan penambahan bahan-bahan kimia yang belum tentu cocok dengan kulit kepalamu.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe secara alami ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu penyebab ketombe bisa muncul di kepala berikut ini.

Penyebab Ketombe

Penyebab Ketombe
©flexyuorbrain.com

Berikut 10 penyebab ketombe yang sepatutnya dikenal agar ketombe membandel tak mengganggu lagi.

Jarang Menyisir Rambut

Salah satu rutinitas sederhana yang kongkretnya benar-benar berpengaruh pada kesehatan rambut merupakan menyisir. Menyisir rambut secara terencana bisa menyelesaikan situasi sulit rambut berketombe. Ragam hal yang demikian disebabka oleh gerakan menyisir yang justru mensitimulasi produksi minyak alami. Sehingga kulit kepala akan menjadi lebih lembap.

Ragi

Ragi adalah salah satu bahan yang tak jarang diaplikasikan untuk membuat roti. Tetapi, ragi yang berlebihan pada kulit kepala juga dapat menjadi penyebab ketombe. Tentu saja ragi satu ini berbeda dengan ragi yang umum dicampurkan pada makanan. Berdasarkan Luis Garza, MD, PhD yang juga menjadi pembantu profesor pada John Hopkins School of Medicine, ragi hal yang demikian ialah komponen dari kulit kepala yang seandainya pertumbuhannya tak terkontrol dapat memunculkan ketombe.

Kulit Kering

Penyebab ketombe yang paling banyak dijumpai merupakan keadaan keringnya kulit kepala. Ciri-ciri dari rambut berketombe yang diakibatkan oleh kurangnya kelembapan pada scalp ialah ketombe dengan serpihan kecil. Selain itu, serpihan ketombenya juga tak berminyak.

Seborrheic Dermatitis

Gejala yang satu ini kerap kali terjadi pada pemilik kulit berminyak. Rambut berketombe pada penderita penyakit tersebut juga ditandai dengan beberapa hal. Seumpama saja kulit kepala yang tiba-tiba meruam. Selain itu, kulit kepala yang berminyak juga dipenuhi dengan ketombe berwarna putih atau pun kuning.

Malas Mencuci Rambut

Rutinitas yang padat bukanlah alasan untuk tak mencuci rambut. Tradisi buruk tersebut ternyata juga dapat menjadi penyebab rambut berketombe. Tipe hal yang demikian dikarenakan adanya penumpukan dari minyak dan sel kulit mati. Sehingga sekiranya diperkenankan justru akan memunculkan ketombe parah.

Baca juga:  10+ Kiat Minum Air Putih Lebih Banyak Setiap Hari

Tak Kulit Tertentu

Memakai seluruh variasi kulit terhindar dari rambut berketombe. Risikonya justru lebih besar pada orang yang mempunyai eksim, psiorasis atau pun infeksi kulit yang parah. Tipe tersebut disebabkan oleh banyak penumpukan sel kulit mati. Sehingga seandainya diperkenankan terus-menerus cakap menyebabkan ketombe membandel.

Produk Perawatan Rambut

Kecuali bermacam jenis hair treatment memang dapat menjaga kesehatan rambut. Melainkan, observasi komposisi bahan di dalamnya. Pastikan jikalau perpaduan di dalamnya aman dan tidak menyebabkan ketombe. Selain itu, jangan terlalu sering kali berkeramas atau bahkan mewarnai rambut. Macam hal yang demikian juga berisiko menimbulkan ketombe parah.

Malassezia

Malassezia adalah salah satu tipe jamur yang dijumpai pada kulit kepala. Keberadaannya hakekatnya tak memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan rambut. Tapi, bila kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang berkeramas, bisa-dapat jumlahnya membludak dan menyebabkan rambut berketombe. Mengaplikasikan heran, karena keadaan tersebut justru memunculkan iritasi dan memperbanyak sel kulit mati.

Diet

Menjaga berat tubuh pas memang penting. Namun, jangan sampai tubuh kekurangan asupan nutrisi. Lebih-lebih vitamin B yang mengatur peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Terbatasnya vitamin B yang diresapi oleh tubuh juga dapat menyebabkan rambut berketombe. Menggunakan heran jika menu-menu dietmu yang kurang pas hal yang demikian justru menjadikan ketombe parah.

Berlebih Menyantap Makanan Manis

Salah satu penyebab ketombe adalah kelebihan zat gula dalam darah. Variasi tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan memperparah rambut berketombe. Memakai hanya itu, gula terbukti menstimulasi pertumbuhan ragi Candida yang menghasilkan kulit kepala dipenuhi oleh seprihan pipih berwarna putih. Gula juga yaitu senyawa yang menghambat kerja dari vitamin B.

ketombe secara ampuh baru bisa dilakukan jikalau sudah mengetahui penyebabnya. Sehingga pelbagai cara untuk menghilangkan ketombe baik dengan menerapkan sampo khusus ketombe atau pun obat ketombe natural bisa disesuikan dengan pemicunya. Karenanya dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu melalui sejumlah penyebab ketombe di atas.

Stress Juga Merupakan Penyebab Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang paling sering dialami dan dihindari. Namun, menurut dr Nadia Octavia, banyak orang tak paham penyebab dan cara menanggulanginya.

“Banyak yang tidak tahu kalau ketombe itu terjadi karena peradangan kulit kepala, karena terlalu berminyak,” ujar Nadia dalam jumpa pers

Peradangan tersebut dipicu oleh produksi minyak berlebih. Hal ini dapat terjadi karena cuaca terlalu panas atau efek hormonal.

“Pada saat usia remaja belasan tahun itu sedang mengalami pubertas. Produksi kelenjar minyak berlebih sehingga sering terjadi ketombe,” ucap Nadia.

Jika sudah melihat bintik putih yang biasanya menempel di bahu, remaja cenderung panik. Namun, Nadia menyarankan para remaja untuk tetap tenang.

“Stres juga merupakan salah satu penyebab terjadinya ketombe. Hindari stres dan lakukan saja upaya lain supaya tidak berketombe,” kata Nadia.

Nadia pun menjabarkan beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya pengobatan ketombe. “Pertama, keramas rutin. Kedua, perhatikan pemakaian produk rambut agar tidak tersisa di kulit kepala karena dapat memicu bertambahnya minyak,” tutur Nadia.

Baca juga:  Makanan Penambah Darah Alami Bagi Penderita Anemia

Selain itu, asupan makanan juga berpengaruh pada pengobatan ketombe. “Konsumsi makanan dan minuman yang kaya zinc, vitamin b, dan protein, seperti daging merah dan kacang-kacangan,” kata Nadia.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
©integrativehealthinstitute.ca

Ketombe yaitu penyakit kulit kepala lazim yang menyebabkan terbentuknya serpihan putih atau abu-abu secara berlebihan pada permukaan kulit kepala. Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan memakai shampo yang dibuat khusus untuk memberantas ketombe di kepala. Namun, bila ingin mencari bahan alami untuk mengatasi ketombe, salah satu metode opsi alami ini bisa dicoba.

Tiap-tiap cara menghilangkan ketombe secara alami ini menuntaskan penyebab ketombe yang berbeda, seperti kulit kering, pertumbuhan malassezia, dan dermatitis seboroik. Baca terus untuk mengetahui selengkapnya di bawah ini untuk lebih jelasnya yaa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis
©stylecraze.com

Banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, jeruk nipis bahkan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis yaitu; ambil air perasan jeruk nipis lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air. Ulangi pemakaiannya setiap hari hingga rambut bebas dari ketombe.

Baca juga: Harga Biji Polokyo

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam Dapur

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam Dapur
©orami.co.id

Gampang ditemukan dan harganya tergolong murah, garam ternyata ampuh menghilangkan bakteri dan jamur yang menjadi penyebab utama munculnya ketombe.

Caranya menghilangkan ketombe secara alami dengan garam daur cukup gampang, taburkan saja garam merata ke seluruh kulit kepala, lalu pijat pelan. Setelah diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka Sari Apel

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka Sari Apel
©cukaapeltahesta.org

Membilas memakai cuka sari apel sebagai bahan natural untuk mengatasi gejala ketombe bisa amat tepat sasaran. Berfungsi sebagai pembasmi jamur, bahan ini mengurangi perkembangan jamur malassezia yang mengiritasi kulit kepala. Apabila dicampur dengan air dingin, juga bisa membersihkan penumpukan kulit mati sebelum berkembang menjadi serpihan ketombe, tanpa menyumbat pori-pori kulit kepala.

Untuk membikin bilasan cuka sari apel, dibutuhkan:

  • ½ Cangkir air hangat
  • ½ Cangkir cuka sari apel
  • Satu cangkir untuk meracik

Cara menggunakan:

  1. Campurkan cuka sari apel dan air hangat ke dalam cangkir.
  2. Oleskan campuran pada rambut, usapkan ke kulit kepala dan pijat secara pelan selama beberapa menit.
  3. Bilas dengan air bersih. Tunggu sekitar 8 sampai 12 jam sebelum keramas dengan shampo seperti pada umumnya.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa
©prelo.co.id

Mengoleskan rambut dengan minyak kelapa sebagai bahan natural untuk mengatasi ketombe yakni cara tepat sasaran lainnya untuk merawat kulit kepala dan rambut yang rusak dan kering.

Tak saja minyak kelapa secara natural bermanfaat sebagai bahan anti jamur, namun juga mengandung vitamin E, asam laurat dan kaprat yang secara natural terdapat pada rambut manusia. Unsur-unsur inilah yang menyebabakan minyak kelapa total untuk menembus batang rambut via kutikula, membetuli kerusakan serta melembapkan kembali kulit kepala dan rambut yang kering dari dalam.

Untuk memakai minyak kelapa sebagai bahan alami rumahan untuk memecahkan ketombe, diperlukan:

  • 4 Sendok makan minyak kelapa
  • Shampoo biasa

Cara menggunakan:

  1. Campurkan minyak kelapa pada rambut, pijatkan perlahan ke kulit kepala.
  2. Biarkan hingga meresap selama 1 jam.
  3. Keramas dengan shampo seperti lazim, sesudah itu bilas seluruhnya.
  4. Ulangi perawatan ini selama satu pekan sekiranya gejala ketombe tetap muncul.
Baca juga:  Benjolan di Belakang Telinga Kiri; Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Pohon Teh

Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Pohon Teh
©metrotvnews.com

Minyak pohon teh ialah minyak esensial yang dipercaya bisa menuntaskan secara alami bakteri yang menyebabkan dermatitis seboroik, dan juga keefektifannya melawan jamur. Kalau dioleskan pada kulit kepala, minyak pohon teh membuka folikel rambut yang tersumbat dan melawan mikro-organisme yang menyebabkan gatal, iritasi, dan penyerpihan. Pemakaian secara rutin akan efektif melembapkan rambut dan kulit kepala, membuatnya bersih dari kotoran dan sel-sel mati.

Untuk menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan dalam cara menghilangkan ketombe secara alami, diperlukan:

  • 10 – 15 tetes minyak pohon teh
  • Minyak kelapa
  • Botol kecil

Cara menggunakan:

  1. Ambil botol kecil dan isi dengan minyak kelapa sampai ¾ komponen.
  2. Tambahkan minyak pohon teh sebanyak 10 – 15 tetes dan kocok sampai rata.
  3. Pijatkan campuran ini ke rambut, pastikan minyak dioleskan ke seluruh kulit kepala secara merata.
  4. Biarkan sepanjang malam.
  5. Cuci rambut keesokan hari dengan shampo dan kondisioner.

Menghilangkan Ketombe dengan Aspirin

Menghilangkan Ketombe dengan Aspirin
©goldenreyhan17.wordpress.com

Bila shampo ketombe sudah tidak mempan, coba deh campurkan aspirin yang telah dihancurkan dengan shampo. Cukup gunakan 2 tablet aspirin, lalu pakai untuk keramas, dan diamkan selama 1-2 ment sebelum membilasnya hingga bersih.

Ketombe Hilang dengan Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan penting dalam pembuatan kue, baking soda bikin rambut lembut dan bebas ketombe. Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan baking soda yakni cukup basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala, lalu bilas hingga bersih, dan keringkan.

Mulanya rambut akan terasa kering, tapi setelah memakainya secara rutin dalam beberapa minggu, rambut kembali sehat dan ketombe pun sirna.

Obat Kumur Juga Dapat Menghilangkan Ketombe

Di kala shampo anti ketombe telah tidak ampuh lagi, obat kumur yang mengandung alkohol dapat jadi solusinya. Sesudah mencuci rambut dengan shampo, bilas dengan obat kumur yang cukup efektif membunuh bakteri dan jamur, penyebab ketombe.

Lidah Buaya sebagai Obat Ketombe

Lidah buaya punya banyak manfaat bagi kesehatan rambut, salah satunya sebagai metode menghilangkan ketombe yang parah. Cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan lidah buaya cukup mudah dan cukup simpel, oleskan ekstrak lidah buaya pada kulit kepala, lalu biarkan selama 40-60 menit. Bilas sampai bersih dan nikmati hasil rambut indah bebas ketombe.

Bikin Ramuan Bawang Merah dan Lemon

Selain dapat dimanfaatkan untuk mempercepat rambut tumbuh, campuran perasan lemon dan sari bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe pada rambut. Caranya mudah kok, cukup oleskan pada kulit kepala, lalu pijat, dan diamkan selama sepuluh menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

Menghilangkan Ketombe dengan Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Last but not least, jaga kesehatan kulit kepala supaya terhindar dari ketombe yang menjengkelkan. Pastikan rambut telah kering dengan total sehingga kulit kepala tak lembap, yang dapat menstimulus perkembangan kuman dan jamur penyebab ketombe.

Demikianlah penyebab ketombe dan cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat. Semoga bermanfaat. Selamat tinggal ketombe! 🙂

Content Protection by DMCA.com