10 Langkah Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula

Buat kamu yang mau mengawali suatu bisnis biasanya merasa bingung untuk menentukan bisnis apa yang akan kalian tekuni. Sebab tentu saja mesti memikirkan modal yang tak sedikit untuk membangun bisnis, belum lagi ditambah untuk memasok bahan baku produk, kemudian belum lagi resiko kerugian yang bakal kamu tanggung.

Pastinya di lingkungan kamu juga ada kan yang menjual produk serupa dengan yang kamu jual. Sekiranya kalah bersaing, ya paling kamu akan rugi besar. Tentunya akan membuatmu berpikir ulang untuk melanjutkan usaha tersebut.

Tapi jangan pesimis, tentu semua problem akan ada solusinya, semua niat ada jalannya. Kamu juga bisa nih dengan mencoba bisnis online yang minim budget, bahkan tanpa modal seperser pun.

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Terkendala modal buat usaha? Cari pilihan lain dong, tentunya dengan berbisnis lewat online. Karena kamu tidak perlu memiliki kios untuk menjual produkmu, hanya dengan mengandalkan website atau media sosial, usaha kamu bakal berkembang. Tentunya dengan racikan ide dan tangan-tangan kreatif kamu.

Untuk kamu yang masih pemula, tenang saja disini akan dipaparkan step by step mengenai cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula. Yuk, segera saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Menentukan produk

Cara memulai bisnis dari nol, menetapkan produk yang akan dijual

Untuk kamu yang mau berjualan secara online, tentunya hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah memutuskan produk apa yang akan kamu jual. Baik itu berupa jasa atau produk, intinya kamu mesti menentukannya sebelum mengeksekusi dan lanjut ke tahap teknis.

Setelah kamu memastikan produk apa yang akan kamu jual, perlu juga kamu pikirkan baik-baik mengenai produk yang kamu pilih tersebut, seperti tingkat persaingan di luar sana. Karena mungkin saja inspirasi kamu telah dipakai oleh beberapa orang untuk mengawali bisnisnya, dan sudah dijalankan secara matang terlebih dahulu dibandingkan kamu.

Mungkin sebagai seumpama adalah mengenai snack online. Bisnis satu ini memang mempunyai peluang yang baik di masa depan karena produk makanan senantiasa diminati para pecinta kuliner dan tentu saja berkembang sesuai trend masa sekarang. Kamu juga bisa membuat suatu produk makanan yang dirasa belum ada yang memasarkannya.

2. Menawarkan keahlian

Menawarkan keahlian

Mungkin produk yang kamu jual tidak mempunyai kesan yang unik bagi konsumen, karenanya kamu juga dapat memberikan nilai tambah dengan menawarkan keahlian yang kamu miliki agar memiliki keunggulan dibandingkan pesaing lain yang menggunakan produk sejenis. Contohnya dengan memberikan konten mengenai cara berbisnis makanan untuk pemula.

Maka kamu sebaiknya mempunyai pengalaman di bidang masakan atau setidaknya memiliki background yang linier. Seperti ketika kamu akan memberikan kabar mengenai produk yang cocok untuk kulit yang berminyak, dengan gelar sarjana kamu di bidang hal yang demikian, akan menjadi nilai plus dalam mempromosikan produk kamu di situs yang kamu miliki.

3. Menggunakan brand sebagai domain

Menggunakan brand sebagai domain

Kamu pasti pernah melihat nama-nama bisnis online di dunia maya, kan? Pastinya nama yang mereka gunakan unik dan mudah diingat. Maka bagi kamu yang berkeinginan terjun ke bisnis online, kamu sebaiknya juga memilih nama domain yang pendek dan menarik agar dapat menarik konsumen untuk tetap mengingat produk kamu.

Setelah itu, kamu perlu mencari nama domain yang belum terpakai dan bisa diaplikasikan dengan mengunjungi web/situs yang menawarkan jasa pendaftaran domain yang telah diakui dan dipercaya. Daftarlah nama domain yang menurut kamu unik dan menarik di mata para konsumen.

4. Gunakan hosting yang stabil

Menggunakan hosting yang stabil

Kamu dapat menjalankan website kamu dengan hosting versi free, namun tentunya akan bersifat sementara. Untuk kamu yang ingin berbisnis dalam rentang yang lama dan akan mengelola bisnis ini dengan baik. Sebaiknya kamu mencari website hosting dan menyewa layanan tersebut dengan versi premium tentunya.

Alasannya sebab dengan versi premium maka segala fitur yang kamu butuhkan untuk mengoptimalkan bisnis kamu tersedia dalam situs penyedia hosting itu.

5. Membangun toko online

Membangun toko online

Pastikan kamu mendesain toko online kamu sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Tidak hanya itu produk kamu sebaiknya dimasukkan ke dalam online shop kamu secara professional dan tampilan yang menarik, agar para orang yang mengunjungi website kamu percaya dan akan mengunjunginnya lagi dan lagi.

Jika selesai membangun toko online, maka selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan optimasi agar bisa dilihat bayak calon pembeli. Cara yang paling ampuh dan efektif adalah dengan menggunakan teknik SEO. Untuk persaingan optimasi cara SEO sendiri sudah semakin ketat, oleh karena itu perlu belajar ke ahlinya. Harga kursus SEO bervariasi, tetapi biasanya berbanding lurus dengan hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

6. Nomor rekening

Nomor rekening

Pakai rekening kamu sendiri untuk digunakan dalam segala transaksi bisnis online ini. Tidak hanya itu perbanyaklah fitur-fitur pembayaran supaya para konsumen bisa merasakan kemudahan pada saat akan melakukan pembayaran. Jangan lupa juga menambahkan sebagian akun pembayaran lain seperti bitkoin dan paypal yang populer digunakan oleh para konsumen online.

7. Promosi

Promosi lewat media sosial

Supaya bisnis kamu dapat lebih dikenal secara meluas, kamu dapat memanfaatkan layanan media sosial yang populer dipakai sebagai media dalam melakukan promosi seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai forum-forum dan blog gratisan untuk promosi situs web utama kamu.

8. Iklan

Iklan

Kamu juga bisa memasang iklan di situs kamu, sebab dengan hanya memasang satu iklan saja akan menolong kamu dalam menambah penghasilan tambahan berbisnis lewat online.

9. Menawarkan produk digital

Menawarkan produk digital

Kamu juga dapat menjual produk digital karena tentunya akan menguntungkan bagi kamu, mengingat produk satu ini memang sedang digemari oleh konsumen saat ini.

Alasannya adalah dengan adanya produk digital akan membuat urusan menjadi lebih simpel dan praktis. Produknya pun banyak variasi yang ditawarkan seperti e-book, video E-Learning, jual beli tools, dan lain sebagainya.

10. Menetapkan target pendapatan

Menetapkan target pendapatan

Jangan lupa sesudah memiliki laman domain sendiri kamu juga wajib mempunyai target dalam hal minimal pendapatan. Kamu dapat mengawalinya dari nominal yang paling rendah, tetapi wajib tercapai. Yang paling utama yakni kamu sepatutnya mengoptimalkan target awalmu, walaupun mesti mengawalinya dari nilai yang terendah sekalipun.

Sebab dengan adanya target tentunya akan menjadikan kamu terpacu untuk lebih memaksimalkan dan mengembangkan bisnis kamu. Membuat suasana dalam berbisnis lebih hidup dan tak mudah terpengaruh dalam melawan kompetisi bisnis.

Demikianlah beberapa cara memulai bisnis dari nol untuk pemula yang bisa kamu pelajari. Sekarang kamu adalah seorang pemula dalam bisnis online, tetaplah berusaha agar dapat mengembangkan usaha online kamu.