10 Jurusan Favorit di Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Favorit di UI – Sudah tak dipungkiri lagi kuliah di Universitas Indonesia (UI) adalah impian banyak calon mahasiswa di Indonesia. Olehnya, kamu mesti cermat dalam memilih jurusan sebelum mendaftar di kampus ini.

Salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mendaftar adalah melihat jurusan favorit di UI. Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di jurusan favorit.

Salah satu keuntungannya adalah ilmu yang ditawarkan di jurusan tersebut bersifat aplikatif serta menjanjikan prospek kerja yang luas.

Perlu teman-teman ketahui bahwasannya ada 64 program studi atau jurusan yang tercatat di UI, baik dari bidang Saintek maupun Soshum.

Bagi kamu yang menjadikan Universitas Indonesia (UI) sebagai kampus pilihan, berikut kami tampilkan 10 jurusan favorit di UI sesuai dengan data SBMPTN tahun 2019 serta daya tampungnya di tahun 2020 yang dilansir dari laman LTMPT.

Prodi Saintek (Sains dan Teknologi)

1. Kedokteran

Kedokteran ui
ui.ac.id

Kedokteran adalah jurusan favorit pertama bidang saintek di Universitas Indonesia. Menjadi favorit karena jurusan ini tercatat memiliki 981 peminat pada tahun 2019, sementara daya tampung yang tersedia untuk tahun 2020 hanya 54 kursi.

Kedokteran UI atau juga dikenal FK UI memiliki dua kampus utama dengan lokasi yang sama, yaitu Kampus Depok dan Kampus Salemba yang berlokasi di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK).

Jurusan dengan akreditasi A ini memiliki motto Medical Education and Research Excellent for Humanity (Pendidikan Kedokteran Unggulan Berbasis Penelitian untuk Kemanusiaan).

Prospek kerja yang dijanjikan kedokteran UI juga sangat menjanjikan, seperti dokter, dokter spesialis, kepala rumah sakit, tenaga pengajar seperti dosen atau guru, PNS sampai pada manajerial pada industri bidang kesehatan.

2. Ilmu Komputer

Ilmu komputer ui
hai.grid.id

Jurusan yang tak kalah favoritnya di bidang saintek adalah Ilmu Komputer. Jurusan ini memiliki peminat 879 orang tahun 2019 dan hanya menerima 54 calon mahasiswa tahun 2020.

Di jurusan Ilmu Komputer ini, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai macam ilmu berkaitan dengan komputer seperti pengantar organisasi komputer, perancangan dan pemrograman web, pemrograman deklaratif, desain dan analisis algoritma, dan masih banyak materi lainnya.

Ilmu Komputer juga merupakan jurusan dengan akreditasi A oleh BAN-PT dan terletak di Jalan Prof. Nugroho Notosusanto Kampus UI Depok.

Ada banyak peluang kerja yang bisa didapatkan jika memilih jurusan ini, diantaranya bekerja sebagai system analyst, IT manager, web developer di beberapa perusahaan ataupun industri, perangkat lunak, institusi pemerintahan hingga perbankan.

Baca juga:  Halimah Yacob, Presiden Muslimah Berjilbab Pertama Singapura

3. Sistem Informasi

Sistem informasi ui
zakiy.my.id

Masuk di jurusan Sistem Informasi UI merupakan dambaan banyak calon mahasiswa Indonesia. Terlihat dengan banyaknya jumlah peminat di tahun 2019 yaitu ada sekitar 849 sedangkan yang akan diterima di tahun 2020 hanya 45 mahasiswa.

Sistem Infrormasi UI berada di Fakultas Ilmu Komputer, Kampus Baru UI Depok. Jurusan ini dirancang dalam memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga muda agar terampil dan profesional terutama pada bidang pengelolaan teknologi informasi pada suatu organisasi.

Jurusan Sistem Informasi sangat cocok bagi mereka yang suka dengan dunia teknologi, gadget beserta aplikasinya. Selain dibekali dengan materi kuliah dasar, mahasiswa juga akan dibekali dengan berbagai skill seperti manajemen sistem server, konfigurasi, pengelolaan basis data, audit sistem informasi dan masih banyak lagi.

Untuk peluang kerja tidak perlu khawatir, mengingat hampir seluruh bidang pekerjaan sangat membutuhkan sistem informasi. Prospek kerja dapat berupa IT consultant, IT manager, database administrator, researcher,  dan lain sebagainya.

4. Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat ui
ui.ac.id

Tahun 2019 jurusan Kesehatan Masyarakat mencapai 618 pendaftar dengan kuota tahun 2020 hanya 45 calon mahasiswa. Jurusan ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin terjun di dunia kesehatan tapi tidak ada keinginan untuk menjadi dokter.

Jurusan Kesehatan Masyarakat juga memiliki 2 lokasi kampus, yaitu Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan yang keduanya berada di Jalan Prof. Dr. Bahder Djohan, Kampus UI Depok.

Ada beberapa konsentrasi yang ditawarkan oleh jurusan ini, di antaranya administrasi kebijakan kesehatan, biostatistik dan kependudukan, gizi kesehatan masyarakat, epidemiologi dan masih banyak lagi. Sisa menyesuaikan dengan konsentrasi yang dipilih untuk mendapatkan materi kuliahnya.

Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi A dan memiliki prospek kerja yang cukup luas, di antaranya manajer Rumah Sakit (RS), manajer pemasaran RS, manajer pemasaran laboratorium dan alat kesehatan, termasuk manajer di beberapa instansi kesehatan seperti puskesmas, dinas kesehatan dan lain-lain

5. Farmasi

Farmasi ui
farmasi.ui.ac.id

Tidak kalah dengan jurusan sebelumnya, Farmasi UI juga merupakan jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa di berbagai penjuru Indonesia. Dapat dilihat dari jumlah pendaftar tahun 2019 mencapai angka 574 orang, namun total kursi yang tersedia hanya 24 di tahun 2020.

Farmasi UI berlokasi di dua tempat, yang pertama berada di Fakultas Farmasi UI, Jalan Prof. Dr. Mahar Mardjono dan yang kedua terletak di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Jalan Prof. Dr. Sudjono D Pusponegoro.

Baca juga:  Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72, Logo, Tema dan Keunikannya

Farmasi merupakan fakultas termuda yang berada di bawah Universitas Indonesia yang fokus pada penguasaan seni dan ilmu membuat obat dari bahan alam atau sintetik. Sangat cocok dan nyaman digunakan maupun didistribusikan pada pencegahan dan pengobatan penyakit.

Jurusan Farmasi merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin terjun di dunia medis namun belum bisa menjadi dokter atau perawat. Hal ini karena farmasi adalah kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia dimana keduanya sangat berperan di dunia medis.

Prodi Soshum (Sosial Humaniora)

1. Ilmu Hukum

Ilmu hukum ui
law.ui.ac.id

Jurusan favorit yang menempati urutan pertama bidang Soshum adalah Ilmu Hukum. Total peminat tahun 2019 sebanyak 1.634 orang, dan yang akan diterima tahun 2020 hanya 93 orang.

Jurusan yang terletak di Jalan Prof. Dr. Sudjono D Pusponegoro ini memiliki persaingan yang cukup ketat terutama sesama calon mahasiswa dengan latar belakang IPS.

Dengan akreditasi jurusan sangat baik (A), Ilmu Hukum UI akan menyajikan berbagai materi seperti dasar-dasar ilmu hukum, tanggung jawab profesi hukum, dan materi-materi lainnya.

Jurusan ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa mengingat prospek kerjanya juga sangat menjanjikan, di antaranya sebagai pengacara, hakim, konsultan hukum, diplomat, notaris dan lain-lain.

2. Psikologi

Psikologi ui
anakui.com

Menyusul urutan kedua jurusan paling diminati para pendaftar bidang soshum adalah Psikologi. Jurusan ini memiliki 1.147 peminat tahun 2019 sedangkan total yang diterima tahun 2020 hanya 24 kursi.

Psikologi UI terletak di Jalan Prof. Dr. R. Slamet Iman Santoso Kampus UI Depok, Jawa Barat. Jurusan ini banyak mengkaji tentang filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, biopsikologi dan berbagai macam ilmu lainnya.

Rata-rata pekerjaan yang ditawarkan oleh jurusan Psikologi di perusahaan-perusahaan bersifat standar sehingga peluang kerjanya juga tidak terlalu luas. Pekerjaan yang dimaksud seperti menjadi HRD, recruiter, Research and Development (RND).

Tapi tidak perlu khawatir, bagi yang tidak ada minat bekerja di perusahaan, lulusan Psikologi juga bisa bekerja sebagai guru bimbingan konseling, dosen psikologi, konselor, psikolog dan lain-lain.

3. Manajemen

Manajemen ui
anakui.com

Jurusan Manajemen juga merupakan incaran banyak pendaftar dari berbagai lokasi Indonesia. Terbukti animo calon mahasiswa yang mendaftar di jurusan ini pada SBMPTN 2019 terhitung 1.131 peminat, sedangkan daya tampung untuk tahun 2020 hanya diperuntukkan untuk 54 mahasiswa.

Oleh karena itu, persiapan matang dengan belajar sungguh-sungguh sangat diperlukan untuk mampu menembus jurusan yang satu ini. Apalagi jurusan Manajemen mempelajari banyak hal seperti akuntansi biaya untuk manajemen, matematika ekonomi dan bisnis, hingga bisnis internasional.

Baca juga:  Pakaian Adat Bali Pria dan Wanita Lengkap dengan Penjelasan

Untuk mengetahui lokasi Manajemen UI, bisa langsung berkunjung ke program studi S1 Reguler Manajemen, Gedung Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEB UI), Depok.

Jurusan Manajemen memiliki prospek kerja besar bagi yang ingin terjun di dunia kerja. Pekerjaan yang dimaksud seperti konsultan bisnis, audit di beberapa perusahaan, konsultan perbankan, staff finance, entrepreneur, marketer, hingga recruiter.

4. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi ui
ui.ac.id

Ilmu Komunikasi termasuk di antara jurusan yang paling banyak digemari calon mahasiswa di Universitas Indonesia bahkan di semua universitas bidang Soshum. Terbukti dari jumlah pendaftar tahun 2019 sebanyak 871 orang, sedangkan daya tampung yang tersedia tahun 2020 hanya 24 calon mahasiswa.

Ilmu Komunikasi UI terletak di Gedung Komunikasi Lantai 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Kampus UI Depok. Dalam Jurusan ini ada beberapa peminatan yang mengarahkan mahasiswa pada bidang Jurnalisme, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Media, dan Periklanan.

Materi kuliah yang diajarkan di jurusan Ilmu Komunikasi banyak berkaitan dengan manusia, media dan perkembangan teknologi. Materi yang dimaksud seperti pengantar ilmu komunikasi, perkembangan teknologi komunikasi, psikologi komunikasi, dan masih banyak lagi.

Prospek kerja pada jurusan Ilmu Komunikasi pun sangat menjanjikan dan fleksibel. Beberapa pekerjaan bagi lulusan jurusan ini seperti creative di media atau industri kreatif, public relations, content writer, business analyst dan lain-lain.

5. Akuntansi

Akuntansi ui
feb.ui.ac.id

Jurusan Akuntansi dikatakan sama dengan jurusan Ilmu Komunikasi karena juga memiliki banyak peminat hampir seluruh universitas di Indonesia. Di tahun 2019 total pendaftar sebanyak 763 calon mahasiswa sedangkan kouta yang tersedia hanya 62 kursi.

Bagi yang ingin menyempatkan jalan-jalan ke gedung Akuntansi UI lokasinya ada di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Kampus UI Depok, Kota Depok.

Ada banyak materi yang akan dipelajari jika masuk jurusan ini di antaranya akuntansi biaya, pengantar hukum bisnis, analitik bisnis, manajemen pemasaran, pengauditan dan asuransi, dan masih banyak materi akuntansi lainnya.

Prospek kerja yang ditawakan pun sangat berkelas, seperti bekerja sebagai manajer keuangan, analisis manajemen, akuntan dan auditor, akuntan politik, analisis manajemen, Certified Public Accountants (CPA), asisten akuntansi dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah sedikit informasi tentang jurusan favorit di Universitas Indonesia (UI). Mudah-mudahan membaca artikel ini membantu kamu mendapat inspirasi dalam hal memilih jurusan.

Haikal Muhlis

Mahasiswa aktif di Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, aktif di berbagai organisasi kampus dan komunitas pemuda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button