10+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dan Cuti Kerja (Update)

Contoh surat izin acara penting

Contoh Surat Izin – Pada suatu ketika kita membutuhkan yang namanya surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kita sedang tidak mendukung untuk bisa masuk sekolah. Contohnya saat Anda sakit, karena sakit datang dengan cara tiba-tiba dan tidak terduga.

Untuk kondisi lain misalnya keluarga ada acara keluarga yang mengharuskan Anda untuk ikut.  Acara keluarga apa sajakah itu? Misalnya acara pernikahan saudara, acara liburan dan lain-lain. Di sinilah pentingnya surat izin sekolah untuk meminta perizinan kepada pihak sekolah.

Dari pihak Anda sendiri memang harus membuat surat izin ini supaya pihak sekolah tidak memberikan hukuman atau peringatan dengan alasan bolos. Sehingga absen Anda tidak akan alfa. Karena biasanya setiap sekolah memiliki peraturan sendiri.

Ada peraturan sekolah yang menyebutkan jika murid sering bolos atau alfa maka murid tidak boleh mengikuti ujian. Dalam kondisi seperti ini lebih baik dihindarkan. Dalam menulis surat izin ini Anda bisa membuatnya dengan banyak cara dan menulisnya pun sangat mudah. Jika guru Anda orangnya santai pasti surat tulis tangan yang berisi meminta izin akan tetap di terima, walaupun dengan gaya bahasa Anda.

Akan tetapi sebaiknya jika membuatnya dengan model dan tulisan yang lebih resmi. Karena penempatan kata dan susunan dalam menulis surat izin ini cukup penting untuk diberikan kepada pihak sekolah. Membuat surat izin sekolah memang tergantung dari setiap individu. Namun, ada beberapa hal penting juga yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa contoh surat izin sekolah dengan berbagai alasan yang biasanya sering dilakukan:

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah
slideshare.net

Surat izin tidak masuk sekolah dibuat para siswa-siswi yang berhalangan tidak masuk sekolah. Ada beragam alasannya, mulai dari tidak masuk karena sedang sakit, ada salah satu keluarga yang meninggal, atau sedang ada acara penting diluar sekolah yang tidak bisa di tinggalkan. Dalam menulis izin tidak masuk sekolah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut:

  • Penggunaan Bahasa

Surat izin tidak masuk sekolah termasuk salah satu jenis surat resmi yang ditujukan kepada pihak sekolah sebagai instansi resmi. Maka dari itu, bahasa yang digunakan dalam pembuatan surat izin ini harus baku dan efektif. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu basa-basi dan tidak efektif.

  • Penggunaan tanda baca

Penggunaan tanda baca pada surat izin tidak masuk sekolah sangatlah penting meskipun merupakan salah satu hal yang dianggap sepele oleh sebagian orang. Karena penggunaan tanda baca yang tepat akan membuat surat izin tidak masuk sekolah yang Anda buat menjadi mudah dibaca dan terlihat lebih rapi. Selain itu, tanda baca akan juga akan mempengaruhi arti serta susunan kata jika fungsinya sebagai penyambung.

  • Kerapihan
    Aspek pertama selain berdasarkan penggunaan tanda baca, yang akan mempengaruhi kerapihan surat izin tidak masuk sekolah yang Anda buat adalah tulisan tangan. Karena tidak mungkin surat izin tidak masuk sekolah dibuat dalam bentuk print out.

Maka dari itu, usahakan jangan sampai ada coretan pada surat tersebut. Karena meskipun tulisan tangan Anda tidak terlalu bagus, jika rapi pasti akan tetap enak dilihat. Secara umum, surat izin tidak masuk sekolah memiliki susunan format yang terdiri dari beberapa bagian, antara lain yaitu.

  • Tempat dan tanggal merupakan tempat pembuatan dan tanggal pembuatan surat.
  • Yang dituju, apabila Anda memilih menggunakan kata “Kepada” pada surat, maka tidak perlu menggunakan kata “Yth” dan sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan kata “Yth” maka tidak perlu menggunakan kata “Kepada”.
  • Salam pembuka, pada umumnya menggunakan kalimat “Dengan hormat”.
  • Pembuka, berisi pembukaan atau sapaan kepada pihak yang dituju. Biasanya berupa hanya 1 atau 2 kalimat saja. Susunan kalimat yang digunakan biasanya tidak terlalu panjang dan efektif.
  • Isi surat, berisi tentang identitas anak dan tujuan dari pembuatan surat tersebut.
  • Penutup, berisi permintaan maaf dan ucapan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Jangan menggunakan kata-kata “nya” tetapi gunakan “bapak/ibu” pada surat yang Anda buat.
  • Tanda tangan wali murid yang letaknya dibagian bawah sendiri dalam suatu susunan surat.

 Supaya Anda lebih memahami susunan dari surat izin tidak masuk sekolah, berikut adalah beberapa contohnya:

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, dengan wali orang tua

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, dengan wali orang tua
siamplop.com

Blitar, 14 Mei 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-B
SMAN 01 Garum

Dengan hormat,
Dengan ini kami selaku Wali murid/orang tua dari:

Nama    : Ardiana Putri
Siswa    : Kelas X-B SMAN 01 Garum
Alamat : Dsn. Tanggung RT. 01 RW. 03 Kel. Bence Kec. Garum Kab. Blitar

Dengan adanya surat ini kami ingin memberitahukan bahwa anak kami tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari, Selasa, 15 Mei 2018 dikarenakan sakit. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-B agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

 

Novanto

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, dengan wali kakak

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, dengan wali kakak
contohsuratmu.blogspot.com

Malang, 10 Juli 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 2
SMAN 1 Malang

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku kakak/wali murid dari:

Nama   : Anwar Setiawan
Siswa    : Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Malang
Alamat : Jl. Candisari II No. 01 Lowokwaru Malang

Memberitahukan bahwa adik saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Rabu 11 Juli 2018 dikarenakan sakit demam. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 2 untuk memaklumi kondisi adik saya.

Demikian surat izin yang dapat saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih banyak.

Hormat saya,
Kakak/Wali murid

 

Arif

Surat Izin Acara Penting yang Tidak Bisa Ditinggalkan

Tidak hanya karena sakit saja surat izin dapat digunakan. Ada saatnya surat izin digunakan pada saat ada acara penting yang tidak bisa ditinggalkan. Entah itu acara penting keluarga maupun acara penting yang ada di luar sekolah.

Berikut adalah beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga yang tidak bisa di tinggalkan.

Contoh surat izin tidak masuk sekolah (1)

Depok, 08 April 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPS 1
SMK 02 Depok

Dengan hormat,
Dengan ini kami selaku wali murid/orang tua dari :

Nama    : Shintya
Siswa    : Kelas XII IPS 1 SMK 02 Depok
Alamat : Jl. Jendral Sudirman  No. 05 Depok

Ingin memberitahukan bahwa pada hari Senin, 09 April 2018 besok anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan ada acara keluarga yang tidak dapat anak kami tinggalkan. Dengan ini kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali kelas XII IPS 1 agar memberikan izin.

Demikian surat izin ini kami buat. Atas kebijaksanaan Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih banyak.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

 

Hermawan

Contoh surat izin tidak masuk sekolah (2)

Bandung, 17 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1
SMAN 02 Bandung

Dengan hormat,
Dengan ini kami selaku wali murid/ orang tua dari:

Nama    : Andika
Siswa    : Kelas XII IPA 1  SMAN 02 Bandung
Alamat : Jl. Suka Ceria No. 02 Cimahi

Ingin memberitahukan bahwa pada hari Kamis 18 Maret 2018 anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti pada hari biasa. Karena kami memiliki agenda keluarga yang anak kami tidak bisa ditinggalkan. Dengan ini kami memohon untuk Bapak/Ibu Guru Wali kelas XII IPA 1 agar memberikan izin.

Demikian surat izin kami buat. Atas kebijaksanaan Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih banyak.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

 

Ratna

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 

Semua contoh diatas merupakan surat izin tidak masuk sekolah beserta alasannya. Dari semua contoh diatas, hal terpenting yang perlu diketahui adalah perhatikan penggunaan bahasa pada surat tersebut. Yang pertama, buatlah surat izin sekolah seresmi mungkin.  Mengapa? Karena ini adalah surat izin untuk sekolah, bukan untuk teman atau kerabat.

Jadi usahakan untuk menggunakan bahasa yang sopan. Jangan gunakan bahasa yang berbelit-belit sehingga sulit untuk dipahami, apalagi disingkat untuk keteranganya.

Yang kedua yang harus diperhatikan untuk menentukan bahwa surat yang Anda buat bisa diterima oleh pihak sekolah adalah jangan di ketik lewat komputer dan diprint. Tulislah menggunakan tulisan tangan. Karena dengan ini, pihak sekolah akan mengira tulisan pada surat tersebut benar-benar dari orang tua Anda.

Jika Anda mengetik menggunakan komputer dan mengeprintnya, maka pihak sekolah akan mengira Anda lah yang membuat tulisan ini sendiri.

Satu lagi yang terakhir, jangan sampai tulisannya ada yang salah ya. Jika salah lebih baik menulis suratnya dari awal lagi. Jangan ditype-x dan mencoret tulisan yang salah. Karena hal ini akan membuat surat yang Anda buat tidak rapi. Hal-hal penting lain mengenai isi surat izin tidak masuk sekolah yang perlu diperhatikan, diantaranya tanggal dan tempat wajib ada untuk awal surat, kapan dan dimana surat dibuat.

Pihak yang dituju pilih salah satu kata saja jangan diulang-ulang. Kalimat salam pembuka, menggunakan kalimat “Dengan hormat” pada umumnya dari semua surat di Indonesia. Pembukaan, isi dan penutup surat menggunakan kalimat yang efektif. Isi surat, menerangkan alasan Anda tidak bisa bisa masuk sekolah. Entah itu karena sakit atau ada acara keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, dll.

Jika tidak ada, pihak sekolah akan menganggap Anda alfa. Jangan pernah menggunakan kata “nya” pada kalimat penutup, tapi gunakan kata “bapak/ibu”. Bagaimana maksudnya? Contoh kalimatnya yang benar seperti ini “Saya mengucapkan terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”. Bukan seperti ini “Saya mengucapkan terimakasih atas perhatiannya”.

Surat Izin Cuti

Contoh surat izin cuti melahirkan
Contoh surat izin cuti melahirkan – scribd.com

Cuti yaitu izin tidak masuk kerja yang diberikan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Baik pegawai negeri sipil maupun karyawan swasta memiliki cuti. Baik itu cuti karena melahirkan bagi kaum wanita, cuti tahunan, cuti sakit, cuti karena ada acara keluarga dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh izin cuti dari perusahaan maupun instansi tempat Anda bekerja, tentunya dibutuhkan surat cuti terlebih dahulu. Surat cuti yang Anda buat dan Anda berikan kepada pihak perusahaan, nantinya akan berguna sebagai bukti bahwa Anda memang benar – benar berhak untuk mengambil cuti Anda.

Surat cuti memiliki peranan yang tidak kalah penting dibandingkan jenis surat lainnnya yang sering digunakan oleh para karyawan dan pegawai. Dengan surat cuti ini, maka ketidakhadiran Anda dalam bekerja tidak akan mendapat sanksi atau hukuman dari atasan. Berikut ini adalah beberapa contoh surat cuti yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuatnya:

Contoh Surat Cuti Karyawan

Contoh surat cuti karyawan
scribd.com

Sebagai seorang karyawan, tentunya Anda memiliki kewajiban untuk masuk kerja selama hari kerja. Namun dikarenakan sesuatu hal, membuat Anda tidak bisa hadir dan masuk kerja seperti biasanya.

Daripada dianggap absen tanpa pemberitahuan dan dianggap lalai meninggalkan pekerjaan yang menyebabkan akan adanya sanksi dari perusahaan tempat Anda bekerja, sebaiknya Anda membuat surat cuti seperti di bawah ini:

Jakarta, 18 Februari 2018

Hal : Surat Izin Cuti Kerja

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia PT. Sinar Makmur

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Andi Cahyono
Alamat   : Jln. Perjuangan No. 18 Jakarta Pusat
Jabatan : Staff Produksi
Telp        : 081124117900

Dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 3 hari kerja ke depan, Dikarenakan harus menghadiri pernikahan Adik Keponakan di Bogor.

Demikian surat cuti kerja ini saya buat dengan sebagaimana harusnya. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Andi Cahyono

Contoh Surat Cuti Karena Acara Keluarga

Contoh surat cuti karena acara keluarga
tersenyumlah.com

Anda memiliki pekerjaan di sebuah perusahaan, namun tidak bisa masuk kerja karena ada acara keluarga yang harus dihadiri dan tidak bisa ditinggalkan. Anda tidak usah khawatir karena Anda bisa menggunakan surat cuti kepada atasan perusahaan.

Sebagai bagian dari keluarga besar, tentunya Anda harus menghadiri acara yang dilaksanakan, namun juga tidak bisa meninggalkan pekerjaan yang Anda miliki begitu saja. Berikut merupakan contoh surat cuti kerja karena acara keluarga:

Jakarta, 02 April 2018

Kepada Yth.
Personalia PT Sinar Abadi
Di JakartaHal : Surat Izin Cuti Kerja

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Permata Intan
Jabatan : Staff Administrasi
Telp.      : 081334524992

Melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan cuti kerja selama 2 (dua) hari kerja, Dikarenakan harus menghadiri acara keluarga yang tidak bisa saya tinggalkan.

Demikian surat cuti kerja ini saya buat, Atas kebijaksanaan dari Bapak Personalia, Saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Permata Intan

Contoh Surat Cuti Mengurus Keperluan Keluarga

Contoh surat cuti mengurus keperluan keluarga
scribd.com

Ada banyak keperluan keluarga yang terkadang mendadak dan tentu saja tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja. Kepentingan apa sajakah biasanya yang terjadi? Misalnya saja untuk mendaftarkan anak ke sekolah baru, mengambil rapor anak di sekolah, mendatangi acara perpisahan anak dan lain-lain.

Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa masuk kerja seperti hari biasanya. Maka Anda bisa menggunakan surat cuti untuk meminta izin kepada atasan Anda. Berikut adalah contoh surat cuti mengurus keperluan keluarga:

Bandung, 13 Februari 2018

Hal       : Surat Permohonan Cuti
Lamp.  : –

Kepada Yth,
PT. BINA RAKYAT
Up. Bapak. Adi Siswoko
Di –
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama     : Irawan Pangestu
Jabatan : Staff Accounting

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti kerja selama 3 (tiga) hari kedepan terhitung mulai tanggal 14 – 16 Februari 2018.

Waktu cuti selama 3 (tiga) hari tersebut akan saya pergunakan untuk mengurus keperluan keluarga yang tidak bisa ditunda.

Demikian, surat permohonan cuti ini saya buat. Atas perhatian Bapak saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

 

Irawan Pangestu

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Contoh surat cuti melahirkan
scribd.com

Tentu sudah tidak asing lagi bagi para kaum wanita dengan cuti melahirkan. Baik di sebuah perusahaan, maupun instansi pemerintahan, seorang wanita yang melahirkan pasti akan mendapat cuti melahirkan dari atasan sesuai peraturan perusahaan tempat bekerja.

Jadi, jika Anda sedang persiapan untuk melahirkan atau sudah melahirkan, Anda bisa menggunakan surat cuti kerja untuk meminta izin dari atasan Anda. Berikut merupakan contoh surat cuti melahirkan:

Semarang, 01 Agustus 2018

Hal       : Surat Permohonan Cuti Kerja
Lamp.  : –

Kepada Yth;
Bapak/Ibu Pimpinan
PT Yoassa Mandiri, Semarang
Di tempatDengan hormat,Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Lala Permata
Jabatan : Staff Accounting

Bersama dengan datangnya surat ini saya mengajukan cuti melahirkan. Adapun waktunya selama tiga bulan (3 bulan) terhitung mulai hari ini.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, sebagai bahan dasar pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan agar memberikan izin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Lala Permata

Contoh Surat Cuti Menikah

Contoh surat cuti menikah
scribd.com

Jika anda merupakan seorang karyawan atau pegawai yang hendak menikah, maka tentu akan banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mengurus persiapan pernikahan sebelum puncak acara. Maka dari itu, Anda bisa memberikan surat cuti kepada atasan perusahaan dan meminta atasan mencari pengganti selama Anda tidak bisa masuk kerja dengan alasan hendak menikah.

Berikut adalah contoh surat cuti menikah:

Bandung, 05 Agustus 2018

Perihal : Cuti Menikah

Kepada
Pimpinan PT. Chemical Research Buana
Jalan Empang 3 No. 100 – 102
Kota Bandung

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Adi Supratman
NIP         : 345556
Jabatan  : Staff Marketing

Bemaksud untuk mengajukan izin cuti menikah pada tanggal 06 sampai dengan 10 Agustus 2018. Demikian surat cuti ini saya ajukan. Atas perhatian dan permohonan cuti saya ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Adi Supratman

Contoh Surat Cuti Kuliah

Contoh surat cuti kuliah
Format contoh surat izin cuti kuliah – scribd.com

Surat cuti juga bisa dipergunakan oleh para mahasiswa, tidak hanya untuk para karyawan dan pegawai saja. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti karena mahasiswa tersebut mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan panjang yang intensif di rumah sakit atau karena ingin kerja terlebih dahulu untuk bisa membiayai kuliahnya.

Daripada tetap membayar kuliah dan dianggap mangkir dari kampus, sebaiknya Anda menggunakan surat cuti untuk meminta izin tidak masuk kuliah. Berikut adalah contoh surat cuti kuliah:

Malang, 09 September 2018

Perihal      : Permohonan Cuti Kuliah
Lampiran : 4 lembarKepada,
Yth. Wakil Rektor Bidang Akademik
Politeknik Negeri Malang
di tempat

Dengan hormat,Dengan dibuatnya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Fatmasari
NIM         : 1541110045
Jurusan   : Teknik Elektro
Prodi        : D3 Teknik Elektronika
Semester : 7 (Tujuh)

Bermaksud untuk mengajukan cuti selama 1 tahun (2 semester), mulai terhitung dari 10 September 2018 sampai dengan 10 September 2019. Permohonan cuti ini saya ajukan dengan alasan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan akibat musibah kecelakaan yang saya alami kemarin.

Berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen penting sebagai bahan pertimbangan, berupa:

  1. Surat keterangan dari dokter
  2. Surat izin dari pembimbing akademik
  3. Bukti pembayaran biaya kuliah semester 7
  4. Surat keterangan bebas peminjaman buku perpustakaan

Demikian surat permohonan izin cuti kuliah ini saya ajukan untuk diizinkan. Atas perhatian dan izin Ibu/Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Fatmasari

Pentingnya Surat Cuti

Apapun pekerjaan yang Anda miliki, tentu saja Anda memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang harus dijalankan setiap hari kerjanya. Jika sedang bekerja di sebuah perusahaan, maka tentu harus bertanggung jawab untuk pekerjaan yang telah diberikan perusahaan dan patuh kepada aturan yang dibuat oleh perusahaan.

Jika Anda seorang pegawai negeri sipil, maka tentunya harus melaksanakan kewajiban untuk masuk kerja pada setiap hari kerja. Namun sebagai seorang manusia biasa, mungkin saja Anda tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Tidak masuk kerja bisa karena banyak hal.

Misalnya ada acara keluarga yang tidak bisa ditinggalkan, ada acara pernikahan saudara, teman, sahabat atau kerabat, cuti untuk nikah, sedang dalam proses persalinan dan lain-lain. Ketidak hadiran seorang karyawan perusahaan tentu saja tidak disukai oleh atasan.

Karena dengan tidak masuk kerja, maka pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawab Anda akan terbengkalai. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan surat cuti untuk meminta izin dari atasan perusahaan tempat Anda bekerja. Supaya tidak mendapatkan sanksi atau hukuman dikarenakan tidak bisa masuk kerja.