Spesifikasi yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Ponsel Baru

Ponsel pintar atau smartphone menjadi alat yang sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, mulai dari berkomunikasi, bekerja, upadate informasi, hingga mencari hiburan. Hanya dengan satu genggaman, kini aktivitas kamu akan berjalan lancar dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Tapi, faktanya tetap saja ada ponsel yang lemot dan akhirnya malah mengganggu aktivitas kesenangan kamu. Kadang menjengkelkan saat sedang asik-asiknya stalking akun media sosial gebetan atau mantan (jangan keseringan yaa) atau sedang seru-seruaN main game tiba-tiba ponsel jadi heng alias tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Atau, sudah beli ponsel mahal-mahal tapi malah nggak bisa instal aplikasi favorit, menyebalkan bukan?

Makanya, penting sekali untuk kamu memperhatikan dulu spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah ponsel sebelum kamu membelinya. Sebaiknya sih kamu pertimbangkan juga fungsi utama ponselmu nanti; untuk tujuan fotografi, untuk main game berat-berat, untuk keperluan media sosial dan update info atau hanya sekadar keperluan nelpon atau komunikasi. Kamu jangan asal beli karena sedang trend atau hanya untuk gaya hidup. Kan rugi, lebih baik kamu menabung buat hal-hal yang lebih bermanfaat di kemudian hari.

Merek sebuah ponsel, tidak menjamin spesifikasi yang dimiliki sebuah produk.

Berikut ulasan spesifikasi pada sebuah ponsel yang wajib kamu perhatikan sebelum membelinya!

1. Kapasitas RAM

Random access memory (RAM) berfungsi mempercepat pemprosesan data pada ponsel. Tidak semua orang memperhatikan kapasitas RAM yang terdapat di dalam ponsel. Padahal komponen yang satu ini sangat mempengaruhi kinerja sebuah ponsel. Di dalam ponsel, RAM bekerja sama dengan prosesor dalam melakukan pengolahan data. Makanya, semakin besar kapasitas RAM, biasanya akan membuat kinerja ponsel kamu semakin cepat. Makanya jika kamu suka main game berat-berat di ponsel, Kapasitas RAM wajib kamu perhatikan. Rekomendasi RAM sebaiknya 3GB ke atas. Kalau hanya 2GB hanya untuk game-game yang standar dan juga sudah lancar untuk menjalankan aplikasi multimedia.

Baca juga:  Hindari Kanker, Begini Cara Minimalisir Radiasi Ponsel

2. Prosesor


Menjadi otak di dalam ponsel, prosesor menjadi komponen penting yang harus kamu cermati. Prosesor sangat berpengaruh kepada performa dan kecepatan sebuah ponsel. Untuk itu, kamu harus bisa mencari ponsel dengan prosesor tertinggi. Saat ini, prosesor terbaik yang dibenamkan di ponsel ialah Octa Core (8 Processor).

3. Memori Internal


Kinerja ponsel juga dibantu dengan kapasitas memori internal. Semakin besar kapasitas memori internal, aplikasi yang bisa kamu instal juga semakin banyak. Selain itu, memori internal yang besar juga akan membantu Anda untuk menyimpan data untuk aplikasi di dalam ponsel. Untuk ukuran memori internal, jika ingin membeli ponsel baru sebaiknya kamu pilih yang ukuran 32GB atau 64GB karena saat ini ukuran aplikasi semakin besar dan data yang perlu disimpan juga begitu.

4. Sistem Operasi


Pada umumnya, sistem operasi iOS dan Android menjadi favorit untuk sekarang. Namun, sistem operasi Android saat ini menjadi sistem yang paling banyak ditanam ke ponsel. Lalu, karena sifat Android yang open source, memudahkan kamu untuk memverifikasi aplikasi.

5. Kamera


Kegunaannya untuk berfoto dan merekam video membuat kamera ponsel juga harus kamu perhatikan. Apalagi, jika kamu memerlukan kamera untuk membantu pekerjaan. Perhatikan fitur yang ada pada kamera ponsel dan juga teknologi yang dimilikinya. Resolusi/megapixel juga wajib kamu perhatikan, semakin besar resolusinya, semakin maksimal gambar yang bisa kamu hasilkan.

Berkat spesifikasi yang tepat dan sesuai, pekerjaan dan aktivitas kamu tidak akan terganggu. Bahkan, kamu bisa mengerjakan pekerjaan dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan lebih cepat.

Content Protection by DMCA.com