Ketahui Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Laptop cepat panas adalah salah satu masalah terbesar yang sering dialami oleh pemilik laptop. Masalah ini terutama dialami oleh laptop yang telah berumur, namun tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh laptop yang masih baru.

Tentu kesal kan jika laptop kamu mengalami overhead atau panas berlebihan? Biasanya tidak nyaman digunakan karena tangan terasa panas pada saat menggunakannya. Selain masalah ketidaknyamanan, laptop yang panas juga tidak aman digunakan karena berisiko tinggi merusak komponen hardwer di dalamnya jika tetap digunakan.

Akibatnya, laptop yang kepanasan biasanya akan mati mendadak. Hal tersebut terjadi karena BIOS telah mengatur sedemikian rupa agar laptop mati secara otomatis saat tingkat panasnya sudah melewati batas wajar. Selain itu juga bisa hang (mouse dan toucpad tidak berfungsi), layar menjadi gelap tapi lampu indikator masih menyala, blue screen dan kipas prosesor yang bunyinya seperti orang balapan.

Berikut beberapa penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya;

Penyebab Laptop Cepat Panas

  • Waktu Penggunaan yang Terlalu Lama

Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya
©pixabay.com

Menggunakan laptop terlalu lama dapat menyebabkan laptop overhead, terutama jika digunakan untuk menjalankan sofware-software berat seperti mendesain (foto, video dan sejenisnya) game dan multitasking.

Aktivitas tersebut memicu meningkatnya suhu pada komponen-komponen dalam laptop lebih cepat dari hanya sekadar browsing atau mengetik.

  • Tempat Peletakan Laptop yang Salah

©pixabay.com

Menggunakan laptop di sembarang tempat seperti di atas bantal, kasur dan dan permukaan yang sejenis lainnya juga menjadi faktor laptop cepat panas. Hal ini disebabkan karena permukaan seperti itu tidak dapat menyalurkan panas dengan baik.

Selain itu, permukaan seperti bantal dan kasur menyebabkan ventilasi laptop yang biasanya berada di bagian bawah menjadi tersumbat

  • Kipas Tidak Berfungsi

segiempat.com

Kipas prosesor yang tidak berfungsi adalah penyebab laptop cepat panas ketika digunakan. Kipas prosesor berfungsi mengalirkan hawa dingin pada komponen-komponen dalam laptop dan mengeluarkan hawa panas, jika tidak berfungsi maka hawa panas yang dihasilkan oleh laptop akan menumpuk di dalam dan laptop akan cepat panas.

Untuk mengetahui kipas laptop berfungsi atau tidak, cukup dekatkan telinga ke laptop, apakah terdengar suara deru kipas atau tidak atau letakkan tangan pada ventilasi apakah ada udara panas yang keluar atau tidak. Jika tidak, berarti kipas laptop kamu tidak berfungsi baik.

  • Thermal Paste Pada Prosesor Sudah Mengering

©tweaktown.com

Thermal Paste laptop biasanya terletak di atas prosesor yang memiliki fungsi mengurangi suhu panas yang dihasilkan oleh prosesor. Thermal Paste ini memiliki batas umur seperti pelumas pada umumnya. Semakin lama usia laptop, semakin berkurang pula kinerja Thermal Paste.

Thermal paste yang mengering biasanya dialami oleh laptop yang sudah berusia tiga tahun. Jadi disarankan untuk kamu melakukan perbaikan atau penggantian pada Thermal Paste jika laptopmu telah berumur sekian.

  • Ventilasi Udara Tersumbat

©jalabang.com

Ventilasi udara yang tersumbat menyebabkan tidak adanya aliran udara ke luar laptop atau lirannya kecil. Tanpa adanya aliran udara, maka hawa panas di dalam laptop tidak bisa keluar secara maksimal sehingga temperatur bisa meningkat drastis, laptop cepat panas.

Ventilasi laptop letaknya bervariasi. Ada yang di bagian bawah laptop, depan dan di samping sehingga tempat meletakkan laptop pada benda-benda seperti bantal dan kasur juga bisa menutupi ventilasi udara. Debu dan kotoran lainnya juga sering menutupi ventilasi, jadi sering-seringlah membersihkan laptop.

  • Arus yang Masuk Terlalu Tinggi

©wikihow.com

Biasanya ini terjadi pada laptop yang memiliki baterai tidak layak namun masih digunakan. Pengguna laptop biasanya terus men-charger laptopnya terus-menerus saat digunakan padahal baterainya terpasang.

Men-charger laptop terus menerus menjadi sumber panas, jadi bila baterai laptop sudah tidak berfungsi, lebih baik diganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

  • Setting Laptop

©youtube.com

Cara pertama mengatasi laptop cepat panas adalah dengan melakukan pengaturan/setting pada laptop itu sendiri. Kamu bisa melakukan setting ulang pada sistem laptop untuk membantu menekan suhu. Misalnya  setting pada LCD dengan memberikan pencahayaan yang minim, hal ini untuk meminimalisir energi yang digunakan dan membuat laptop tidak cepat panas. Pengaturan pada BIOS juga perlu kamu perhatikan.

Selain setting, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop cepat panas adalah dengan menjalankan aplikasi SpeedfanAplikasi ini sangat membantu mengontrol suhu di prosessor maupun komponen lainnya.

  • Memastikan Sirkulasi Udara Baik

Ventilasi udara pada laptop perlu diperhatikan untuk mencegah laptop panas. Jika ventilasi udara kotor, maka perlu dibersihkan agar tidak menumpuk dan menghalangi panas keluar.

  • Gunakan Cooling Pad

©tabtimes.com

Cooling Pad merupakan alat yang berfungsi mengurangi panas berlebih pada laptop dengan mengalirkan udara sejuk lewat bagian bawah laptop agar sirkulasi udaranya tetap lancar.

Namun perlu kamu ketahui, penggunaan Cooling Pad dapat berdampak buruk kalau kamua tidak benar dalam menggunakannya. Misalnya adalah memasukkan debu ke dalam laptop. Posisi dan penempatannya juga perlu diperhatikan agar udaranya tidak hanya mutar-mutar di situ.

©bankjim.com

Kipas laptop yang digunakan dalam waktu lama bukan tidak mungkin menumpuk debu yang banyak. Jika ini terjadi, akan menyebabkan perputaran kipas akan menurun dan tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu membuka kemudian membersihkan kipas dan heatsink laptop hingga bersih. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat membuka komponen laptop saat pertama kali, sebaiknya dibawa ke tempat servis yang resmi.

  • Ganti Thermal Paste CPU

©cronosal.web.id

Thermal Paste CPU merupakan komponen di dalam laptop yang memiliki fungsi menghantarkan suhu panas pada GPU dan prosesor. Seiring dengan lamanya penggunaan, Thermal Paste laptop dapat mengalami dried out atau mengering. Jika sudah seperti itu, efektivitanya akan berkurang menyebabkan hawa panas terperangkap pada chip.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti salah satu komponen tersebut. Terutama Kalau laptop sudah menunjukkan gejala sering blank dan overhead. Mengecek Thermal Paste CPU perlu kamu lakukan secara berkala.

  • Gunakan Laptop Pada Permukaan Datar

©pixabay.com

Menggunakan laptop pada permukaan datar dan keras wajib dilakukan untuk mencegah laptop cepat panas. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udaranya tidak terhambat.

Jika terpaksa harus dilakukan di atas kasur, maka kamu perlu menggunakan alas yang tebal seperti papan, dus, buku dan lainnya yang sejenis.

  • Laptop Diistirahatkan

©pixabay.com

Laptop juga perlu diistirahatkan, terutama setelah menggunakan untuk bermain game ataupun menjalankan software multimedia seperti mengedit foto atau video, apalagi jika digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama dan terus smenerus.

Istirahatkan laptop dengan cara mematikan (shut down) minimal setengah jam sebelum digunakan kembali.

Berikut video cara memperbaiki laptop overheating

***

Laptop cepat panas tidak perlu kamu khawatirkan jika kamu merawat serta menjaga kebersihan laptop secara rutin dan berkala. Semoga laptopmu yang mengalami masalah cepat panas telah mendapat solusi dan pencerahan.

Content Protection by DMCA.com