Kiat Minum Lebih Banyak Air Setiap Hari

Tak dipungkiri lagi, air adalah zat yang penting bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa perlu air yang cukup dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi, bahkan banyak bahkan lebih baik. Namun, seringkali air menjadi hal yang sering dilupakan, bahkan kebiasaan orang baru minum air ketika sudah mulai merasa haus. Padahal menurut pakar fisiologi dari Universitas Arkansas, Stavros Kavouras, haus merupakan pertanda awal tubuh mengalami dehidrasi. Haus terjadi di saat tubuh mulai kehilangan 1-3 persen berat badannya karena menurunnya kadar air dalam tubuhnya.

Nah, karena pentingnya komsumsi air yang banyak setiap hari, berikut adalah kiat yang bisa kamu coba agar kebutuhan tubuhmu akan air tetap terpenuhi;

1. Buat Jadwal

Westend61 Getty Images

Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan minum air putih pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan konsisten. Terdengar klise memang. Tapi setiap orang termasuk kamu pasti sudah tahu bahwa setidaknya tubuh kita perlu asupan air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 liter, meskipun tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung aturan tersebut. Melalui webmd.com diketahui bahwa rekomendasi lain terkait jumlah air yang harus diminum diberikan oleh Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board yang menyatakan bahwa sebenarnya wanita memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Kamu bisa mendapatkan cakupan air tersebut dengan meminum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah dan sayuran yang mengandung air.

Baca juga:  Lomba 17 Agustus Paling Lucu, Unik dan Kreatif

2. Beri Rasa pada Air Putih

GMVozd Getty Images

Air yang tidak berasa mungkin membosankan, namun daripada menambahkan sirup, lebih baik pilih yang alami. Seperti memasukan irisan buah atau daun mint ke dalamnya untuk menambah rasa air.

3. Gunakan Ponsel

Hero Images Getty Images

Pengukuran air dalam tubuh kini tersedia dalam bentuk aplikasi pada telepon pintar. Namun jika tidak mungkin menggunakannya, kamu dapat mengatur sistem reminder dari ponsel untuk mengingatkan minum air.

4. Dekat dengan Botol Minum

Westend61 Getty Images

Ketika tengah duduk di depan meja atau melakukan perjalanan selama berjam-jam, minum air pasti bukan prioritasmu. Kamu bahkan bisa lupa kalau harus minum karena terlalu serius dengan tugas yang sedang kamu kerjakan, biasanya baru ingat setelah sudah haus banget. Karena itu, pastikan kamu memiliki botol besar di meja sebelah kananmu, atau botol ukuran sedang yang bisa selalu kamu bawa di dalam tas. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak cukup minum.

5. Pesan Air Saat Makan di Restoran

Astrakan Images Cultura Getty Images

Pesan air dalam gelas daripada di botol saat makan di restoran akan memudahkan kamu untuk mengambil air isi ulang yang biasanya disediakan di sana. Itung-itung juga biasanya harga lebih bersahabat jika dibanding kalau kamu memesan air minum yang dalam kemasan.

6. Langsung minum begitu bangun tidur

ahloo update

Minum air sebanyak-banyaknya saat kamu baru bangun tidur dan sebelum memulai aktivitas. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan membersihkan tubuh sehingga bersifat detox. Serta, membantu kamu untuk mencukupi kebutuhan air.

7. Jadikan air sebagai hidangan pembuka

Wladimir Bulgar Getty Images

Menurut sebuah studi di jurnal Obesity, minum air sebelum makan akan membantu Anda mengurangi berat badan. Ini karena air lebih dulu membuat Anda kenyang sehingga makan lebih sedikit.

8. Makan air

via pixabay.com

Ada jenis-jenis makanan yang memang sudah mengandung banyak air, seperti melon, timun, seledri, bahkan makanan-makanan berkuah, seperti sup,  itu bisa menjadi menu pilihan kamu.

9. Saat ingin ngemil, gantilah dengan minuman

via pixabay.com

Jika tidak terkontrol, ngemil menjadi hal yang sangat membahayakan untuk berat badanmu. Berat badan kamu bisa naik secara drastis. Kalau seperti itu tentu tidak baik untuk penampilan dan bisa saja mengganggu aktivitasmu seperti biasanya. Tidak hanya pada cewek, cowok pun begitu. Salah satu solusi yang bisa kamu coba agar tidak ngemil secara berlebihan adalah dengan minum air. Sebab sinyal tubuh yang kelaparan sangat mirip dengan sinyal kalau kamu lagi kehausan. Setelah minum air, tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan apakah kamu memang benar-benar lapar atau haus. Sehingga jika setelah minum saja kamu merasa kenyang, maka kamu bisa terhindar dari acara ngemil yang tidak perlu.

Baca juga:  Hati-hati Memberikan Antibiotik Untuk Diare pada Anak!

10. Minumlah Sebelum Makan

via pixabay.com

Kunci utama agar berat badan turun dengan sehat adalah dengan menjalankan pola makan sehat. Selain konsumsi banyak makanan sehat dan kaya serat, ternyata minum air putih setengah jam sebelum makan bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Alasannya, air akan mengurangi rasa laparmu sehingga kamu dapat terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain alasan tersebut, minum air sebelum makan juga mampu mempersiapkan perut untuk mendapatkan kiriman makanan dari luar. Sehingga lambung dan usus menjadi tidak kaget saat menerima makanan.

11. Persiapkan saat akan berolahraga

via pixabay.com

Mungkin akan merepotkan jika harus menghentikan aktivitas olahraga sementara untuk pergi minum, sehingga kamu pun memilih untuk tidak minum sebelum sesi olahraga berakhir. Padahal ini dapat dihindari dengan menyiapkan botol minum sebelum mulai olahraga. Kamu pun bisa minum kapan saja saat merasa sedikit haus.

12. Makanan makanan yang kaya akan air ketika diet

via Pixabay.com

Mengkomsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti timun dan semangka, jadikan bagian dari diet harianmu.

13. Saat Merasa Lelah, Minum Segera

via pixabay.com

Merasa cepat lelah saat sianghari? Itu tandanya kamu harus minum air putih. Sebagian besar otak kmau yaitu sekitar 75% terdiri dari air dan hal ini berarti bahwa kamu harus mengkonsumsi air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuatmu merasa cepat lelah. Oleh karena itu selalu sediakan botol berisi air minum, baik di meja kerja atau kemanapun kamu bepergian. Sehingga kamu bisa langsung minum saat merasa haus dan lelah.

14. Sediakan Botol Pribadi

via pixabay.com

Sediakan satu botol besar air putih untuk diminum seharian. Jika kamu menargetkan minum 2 liter air sehari maka sediakan satu botol plastik ukuran 2 liter atau 2 botol ukuran 1 liter berisi air putih. Minum air dari botol sendiri sedikit demi sedikit secara wajar dengan dituang ke dalam gelas, minum segera jika mulutmu sudah mulai kering jangan menunggu sampai betul-betul merasa haus. Jika kamu bepergian, bawalah sebagian air dari botol tersebut untuk dihabiskan selama perjalanan. Jika air dalam botol tersebut tidak habis, jangan memaksakan diri untuk menghabiskan sisanya sekali minum. Jika kamu belum bisa memenuhi target, setidaknya kamu bisa melihat seberapa dekat kamu dengan target (seberapa banyak sisa air yang tidak dihabiskan).

Baca juga:  Tutorial Cara Memakai Dasi Berbagai Pilihan Gaya (Lengkap dengan Gambar & Video)

15. Sebelum dan Setelah Olahraga, Minumlah Air

via pixabay.com

Adalah sangat penting untuk terhidrasi ketika Anda olahraga. Sebab tubuh kamu membutuhkan air untuk mengangkut semua nutrisi yang diperlukan untuk pergerakan otot. Selain manfaat tersebut, minum air yang banyak juga penting untuk mencegah kamu kelelahan selama olahraga. Sebab ketika olahraga, tubuh bekerja begitu keras dan kamu bisa dehidrasi jika tubuh tidak tercukupi oleh kebutuhan asupan air yang banyak.

16. Usai Makan Pedas, Minum Air

via sidomi.com

Sesudah makan makanan pedas, orang cenderung untuk minum lebih banyak. Maka ini akan membantu kamu untuk mencukupi kebutuhan konsumsi air harian. Ditambah lagi makanan pedas akan meningkatkan metabolisme.

17. Siang Hari, Lebih Banyak Minum

Steven Zhang EyeEm Getty Images

Kamu disarankan untuk minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan jumlah tersebut, ada teknik minum tersendiri yang bisa kamu terapkan. Teknik pertama adalah minum lebih dari 4 gelas air pada siang hari. Sisanya bisa kamu lanjutkan di malam hari. Pembagian ini bertujuan agar kamu tidak sering kencing di malam hari saat harusnya istirahat dan tidur dengan nyenyak. Sebab jika kamu sering bangun kencing di waktu tidur, maka otomatis waktu tidurmu akan terganggu.

Apa komentar kamu?