kebiasaan buruk yang mengecilkan otak

10 Kebiasaan Buruk yang Mengecilkan Otak Anda, Berhentilah Segera!

Kebiasaan Buruk – Banyak kebiasaan dan gaya hidup berkontribusi pada penyusutan otak kita. Bahkan merokok dan minum minuman beralkohol adalah kebiasaan buruk yang merusak otak. Dengan keputusan yang tepat, Anda bisa memperlambat proses penyusutan otak.

Satu fakta yang tak terelakkan adalah otak Anda terus menyusut seiring bertambahnya usia. Hal ini dikenal sebagai atrofi serebral. Ini mempengaruhi koneksi saraf. Usia bisa mengikis ketajaman otak Anda. Itu tak terelakkan. Tapi bagaimana jika kebiasaan dan gaya hidup Anda saat ini mempercepat kerusakan otak? Ya, beberapa kebiasaan mempercepat penyusutan otak!

Beberapa dari kita bekerja keras untuk tetap bugar. Tapi bagaimana dengan menjaga otak agar tetap sehat dan bugar juga? Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang mempengaruhi kemampuan kognitif Anda. Cobalah berhenti setidaknya beberapa dari 10 kebiasaan buruk di bawa ini.

Menggunakan gadget berlama-lama

Bahaya gadget
Menggunakan gadget berlama-lama bisa merusak otak – ©pixabay.com

Cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget, pertama-tama mempengaruhi retina di mata Anda. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi hormon di otak. Bila Anda terus bermain dengan gadget sebelum tidur, Anda benar-benar membingungkan otak Anda dengan tetap aktif. Anda memberi isyarat untuk tetap aktif alih-alih membiarkannya rileks dan bersiap untuk tidur. Dalam jangka panjang, gadget pasti mempengaruhi otak Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan gadget seperlunya saja, menggunakan gadget dengan hal-hal yang tidak penting juga akan mengurangi produktivitas hari Anda. Kecanduan gadget hanya dengan bermain media soasial misalnya, juga akan merusak citra Anda di khalayak umum seperti seorang pengangguran.

Mengomsumsi Obat

bahaya obat
pixabay.com

Semua obat (apakah itu obat resep atau obat recreational) mempengaruhi kesehatan otak. Tentu saja, obat resep tak terelakkan saat pulih dari penyakit. Anda tidak bisa menghindarinya. Saat menerima resep dari dokter maupun apoteker, sebaiknya Anda ikuti saja instruksi penggunaannya, seperti ada obat yang cukup digunakan hingga keadaan membaik, ada pula yang perlu dihabiskan meski keadaan telah mambaik, antibiotik misalnya.

Baca juga:  Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Hanya Dalam 3 Hari

Tapi obat recreational tidak perlu dan ilegas sebaiknya dihindari. Tinggal jauhi,  Obat-obatan tersebut cepat merusak otak Anda. Kehilangan memori, gangguan fungsi otak, depresi, frustrasi dan kecemasan adalah efek samping langsung yang disebabkan oleh obat tersebut. Dalam jangka panjang, penyusutan otak terjadi.

Sering Mengalami Stres

bahaya stress
Bahaya stress – ©pixabay.com

Kortisol, hormon stres adalah musuh kesehatan otak. Stres yang Anda bawa pulang dari tempat kerja adalah satu faktor yang secara perlahan memakan otak Anda, mempercepat penyusutannya. Temukan cara untuk melepaskan stres. Ini sangat berdampak meski Anda tidak merasakan efeknya dengan cepat, tapi beberapa tahun setelah itu.

Nikmati pekerjaan Anda, sesekali waktu keluarlah bersama keluarga atau sahabat untuk menenangkan diri dari tekanan pekerjaan. Bekerja dalam keadaan stress juga mengurangi produktifitas dan hasil pekerjaan tentu tidak maksimal. Berusahalah mencari cara agar Anda melakukan pekerjaan Anda dengan santai.

Malas Minum Air, Dehidrasi

Bahaya dehidrasi
Bahaya dehidrasi – ©l-men.com

Dehidrasi bisa menambah penyusutan otak terkait usia dalam jangka panjang. Dehidrasi mempengaruhi aliran darah ke otak. Sel-sel otak Anda sebagian besar adalah air dan itulah mengapa Anda harus terus-menerus minum air putih secara berkala. Ahli kesehatan merekomendasikan setidaknya Anda mengkomsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Banyak mengkomsumsi air putih juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, di antaranya adalah mengencangkan kulit dan membuat Anda terlihat awet muda. Namun mengkomsumsi air adalah hal yang orang banyak sepelekan, baru minum ketika merasa haus padahal bahkan lebih penting dari makan yang teratur. Agar bisa terbiasa mengkomsumsi air minimal 2 liter per hari, baca Kiat Minum Lebih Banyak Air Setiap Hari. Ini tidak sulit.

Sering Begadang dan Kurang Tidur

kebiasaan buruk begadang
Bahaya begadang – ©pixabay.com

Sama seperti jaringan tubuh lain, bahkan otak Anda mengalami perbaikan teratur saat tidur. Kurang tidur menyebabkan kelelahan mental. Dalam jangka panjang, kurang tidur menyumbang banyak peran pada proses penyusutan otak. Sebenarnya, produktivitas Anda terpukul jika Anda tidak tidur nyenyak selama dua hari berturut-turut. Sudahkah anda memperhatikannya?

Baca juga:  Kebugaran Jasmani | Pengertian, Fungsi, Bentuk, Faktor & Manfaat

Jika pekerjaan membuat Anda harus begadang, sebaiknya tidur yang cukup pada siang hari.  Minum suplemen seperti kopi dengan maksud agar tetap terjaga bukanlah pilihan yang baik, justru lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jam tidur yang dianjurkan adalah paling lambat pukul sepuluh malam. Jika harus mengerjakan sesuatu, Anda bisa bangun sebelum sebuh, tentu itu lebih sehat dan pikiran Anda saat itu akan lebih segar.

Makanan Cepat Saji

kebiasaan buruk makan makanan cepat saji
Makanan cepat saji berpengaruh menyusutkan otak – ©pixabay.com

Ya, junk food juga buruk untuk kepala dan hati Anda. Bahan makanan olahan, makanan pedas dan makanan cepat saji perlahan menyebabkan kerusakan sel di otak Anda.

Bagaimana makanan cepat saji bisa menyebabkan otak menyusut? Salah satunya adalah otak kita yang tidak bekerja jika terlalu makan makanan cepat saji, beda halnya jika Anda mengolah bahan makanan mentah hingga membuatnya sampai siap saji, tubuh dan pikiran Anda akan senantiasa bekerja dan bahkan tambah kreatif .

Kurang Bergerak

bahaya kurang gerak
Bermalas-malasan – ©pixabay.com

Latihan fisik juga bermanfaat bagi otak Anda. Itulah sebabnya otak Anda bekerja lebih tajam setelah berolahraga. Tapi ketidakaktifan kembali buruk bagi kesehatan otak dan berkontribusi pada penyusutannya.

Setidaknya Ada perlu memiliki waktu khusus untuk olahraga, misalnya dua kali tiap pekan di pagi dan sore hari.

Makan Tidak Teratur

Makan teratur
Makan teratur perlu dibiasakan – ©pixabay.com

Malnutrisi juga buruk bagi otak Anda. Cukup makan makanan saja tidak cukup. Pilihlah makanan bergizi. Otak Anda membutuhkan nutrisi agar berfungsi dengan baik. Terutama sarapan, ini sangat berpengaruh untuk satu hari suasana kerja Anda, ini seperti yang dilaporkan oleh sebuah penelitian.

Kebanyakan masalah yang disebabkan oleh malnutrisi akan berhenti setelah kekurangan nutrisi diatasi. Namun, ada pula yang menimbulkan efek samping berkepanjangan. Ini biasanya terjadi ketika malnutrisi sudah parah dan berlangsung lama. Oleh karena itu sebaiknya cegah penyakit malnutrisi dengan mengonsumsi asupan yang kaya gizi secara teratur.

Baca juga:  Struktur Telinga Manusia (Gambar dan Penjelasannya)

Kebiasaan Buruk Merokok Ikut Mempercepat Penyusutan Otak

bahaya merokok
Bahaya merokok bagi otak – ©pixabay.com

Merokok menipiskan beberapa jaringan otak dan mempercepat penyusutannya dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Bahkan alkohol pun buruk bagi kesehatan otak Anda. Semua stimulan dan depresan buruk bagi otak Anda. Selain mempercepat penyusutan otak, berdasarkan berbagai penelitian, merokok mempunyai sederet bahaya yang bisa ditimbulkan seperti mulai dari penyakit jantung hingga kematian.

Apakah Anda tahu bahwa jumlah kematian yang diakibatkan oleh rokok mencapai 239.000 lebih tiap tahunnya, angka yang sangat besar.

Meninggalkan Kewajiban Agama

berdosa
Meninggalkan kewajiban agama – ©pixabay.com

Dengan meninggalkan kewajiban Agama yang Anda anut, akan menimbulkan perasaan bersalah dan menyesal dalam diri. Ini bisa menyebabkan konsentrasi Anda pada rutinitas harian bisa terganggu. Beda halnya jika Anda menjalankan perintah-perintah Agama, perasaan tenang dan damai akan senantiasa hadir.

Begitu pun jika Anda membiarkan diri berlama-lama terbiasa jauh dari ajaran-ajaran agama yang Anda anut, melakukan kejahatan dan mengkomsumsi zat-zat terlarang tidak lagi menjadi hal yang Anda hindari, tentu itu akan berpengaruh dalam merusak kesehatan tubuh, mempercepat pengecilan otak salah satunya. Meninggalkan kewajiban agama adalah sebuah kebiasaan buruk yang perlu Anda lakukan sekarang juga.

***

Itulah 10 kebiasaan buruk yang bisa menyusutkan otak dengan cepat, Anda perlu menyadarinya dengan segera dan meninggalkannya. Lakukan secara bertahap dan pelan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk baik.

Content Protection by DMCA.com
  • evrinasp

    wahhhh gadget nih aku udah kebanyakan, mau mulai puasa gadget dikit2 ah