Hindari Kanker, Begini Cara Minimalisir Radiasi Ponsel

Zaman sekarang ponsel sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang, apapun profesi kamu, ponsel sudah menjadi barang yang mutlak kamu miliki. Bukan hanya sebagai media telekomunikasi, juga untuk update informasi serta keperluan bisnismu tetap lancar.

Kebayang ngga dalam sepekan kamu tidak memegang atau berurusan dengan ponselmu? huuh, jangankan satu pekan, sehari aja kayak gimanaa begituu.. Serasa berada di dunia lain, terisolasi.

Di balik semua kemudahan telekomunikasi yang diberikan, ternyata telepon seluler (ponsel) memunculkan kekhawatiran, terutama bagi kesehatan.

Berikut adalah cara meminimalisir radiasi ponsel pada tubuh kamu;

Aktifkan speaker

Semakin jauh kamu dari antena ponsel, semakin rendah sinyalnya, kabel headset pada ponsel juga bisa bertindak sebagai antena, sehingga dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke kepala kamu lebih sedikit dibanding menempelkannya langsung di telingamu.

Gunakan sms

Kamu disarankan agar lebih memilih fasilitas pesan singkat guna membatasi durasi paparan radiasi, dan menjaga jarak ponsel dari kepala dan tubuh kamu. Meski lebih ribet jika dibandingkan menelpon langsung, tapi adalah cara yang lebih sehat buat kamu.

Pilih ‘offline mode’

Saat ponselmu tidak kamu gunakan, biasakan untuk mematikannya, atau atur menjadi offline, stand alone, atau mode flight, cara ini akan mematikan transmitter pinsel kamu namun masih tetap bisa digunakan untuk game atau mendengarkan musik.

Seimbangkan telinga

Bila ada kondisi mengharuskan kamu berbicara lama lewat ponsel, cobalah berulangkali memindahkan ponsel dari telinga kiri ke telinga kanan, cara ini dapat membatasi paparan pada satu sisi kepalamu saja, untuk meminimalisir risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telingamu.

Tidak menelepon di ruang sempit

Seperti saat kamu berada di lift, kereta atau mobil, disarankan kamu sebaiknya tak usah sering-sering menelpon. Lagi pula, menggunakan ponsel saat mengemudi juga akan membahayakan keselamatanmu maupun pengguna jalan raya lainnya, kan? Bahaya looh!

Perhatikan sinyalnya

Sebaiknya kamu tidak menggunakan ponsel ketika sinyalnya lemah terutama untuk menelpon, hal ini secara otomatis akan memaksa ponsel kamu menarik sinyal sehingga efek radiasinya pun semakin tinggi.

Jangan lama-lama

Cukup untuk membuat janji dengan rekan atau menyapa keluarga dari jauh. Jika kamu ingin ngobrol lebih lama, ketemuan saja di rumah atau di tempat ngopi. Biar lebih puas, kan?

Kamu jika ada masalah dan pengen curhat, tidak usah pake telpon-telponan segala, langsung saja bertemu.

Jangan taruh di tempat tidur

Kebiasan sih, kalau jelang tidur stalking akun-akun teman atau gebetan. Mulai sekarang hindari aktivitas itu jelang tidurmu. jauhkan ponsel dari tempat tidur. Kamu mungkin juga membutuhkan alarm pada ponsel untuk membantu kamu bangun pagi. Tetapi, jangan meletakkan ponsel di dekat posisi kepalamu.

Apa komentar Anda?