Contoh Surat Resmi: Sekolah, Perusahaan, Undangan Resmi, Dsb.

Contoh surat resmi sekolah, perusahaan, undangan resmi, dsb

Contoh Surat Resmi – Jika membahas mengenai surat, mungkin saja banyak yang beranggapan bahwa surat sudah jarang digunakan saat ini. Apalagi setelah adanya media sosial yang bisa dengan mudah menghubungkan komunikasi jarak jauh sehingga terasa begitu dekat. Sehingga surat pun jarang digunakan lagi, terlebih dalam hal urusan pribadi.

Namun, ada salah satu jenis surat yang hingga kini masih eksis saja, bahkan selalu menjadi kebutuhan penting, yakni surat resmi.

Surat resmi ini pasti masih banyak sekali beredar. Baik itu surat yang fisiknya ada diatas kertas, maupun surat resmi yang beredar secara online. Hal ini karena dalam beberapa aspek, memang harus menggunakan surat resmi yang jelas dengan tanda tangan dan beberapa unsur penting lainnya.

Karena itulah, pembahasan mengenai surat resmi ini pun menjadi penting untuk diketahui dan dipahami sebaik mungkin. Begitu juga dalam hal contoh suratnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa pembahasan lebih lanjut mengenai surat resmi.

Bagian-bagian Surat Resmi

Bagian bagian surat resmi
artikelbelajar.com

Namanya saja surat resmi, tentu saja pembuatannya tidak bisa asal-asalan. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan susunan surat resmi itu sendiri sehingga benar-benar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam hal ini, jika membicarakan susunan surat secara umum, biasanya yang masuk adalah pembuka, isi lalu penutup.

Namun, dibalik itu, jika yang di buat adalah surat resmi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian seperti kepala atau kop surat dan bagaimana penutup suratnya. Sedangkan beberapa daftar hal terkait adalah sebagai berikut:

  • Kepala atau kop surat resmi

Keberadaan kop surat resmi ini adalah hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berencana akan membuatnya juga harus memperhatikan dengan baik dan benar bagaimana dan apa saja yang harus ada dalam kop surat tersebut.

Tujuan diadakannya kop surat sendiri tidak lain adalah untuk memberikan informasi instansi yang mengirimkan surat secara jelas, terang dan lengkap. Namun, ada juga beberapa surat resmi yang tidak harus menggunakan kop surat. Meski demikian, tetap saja tanpa kop surat akan sulit mengenal siapa pengirimnya karena didalam kop surat yang paling penting adalah identitas pengirim itu sendiri.

Berkaitan dengan kop surat sendiri, ada beberapa hal yang harus dicantumkan di dalam nya. Diantara beberapa hal tersebut tidak lain adalah nama lembaga atau instansi, perusahaan, organisasi atau sejenisnya.

Selanjutnya, perlu diperhatikan juga untuk mencantumkan serta alamat pengirim atau alamat kantor instansi terkait. Dan yang tidak kalah penting lagi adalah nomor telepon atau email yang bisa dihubungi, kode pos, dan logo dari instansi pengirimnya.

  • Penutup surat

Dalam surat resmi, penutup yang digunakan tentu saja tidak asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya redaksi surat resmi itu sendiri. Dalam hal ini surat resmi penutupnya haruslah menggunakan redaksi yang resmi pula dengan memilih salah satu redaksi sesuai keinginan Anda. Diantara redaksi penutup surat-surat resmi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Demikian surat ini kami sampaikan, atas waktu, perhatian dana partisipasinya kami ucapkan terimakasih
  • Sekian surat permohonan ini saya ajukan sebagaimana mestinya dan atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih
  • Demikian surat ini agar menjadi maklum. Atas perhatian saudara kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Nah,  dari beberapa contoh penutup diatas, dalam pembuatan surat resmi Anda bisa memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Namun, perlu diketahui bahwa contoh surat resmi tidak hanya terpaku sampai disana.

Masih banyak contoh penutup lain yang bisa digunakan sebagai pilihan selain beberapa contoh yang sudah disampaikan. Asalkan bahasanya baku, resmi dan sopan. Dan yang pasti, jangan lupa menyampaikan terimakasih juga.

Pengertian Surat Resmi

Pengertian surat resmi
jasabuatsurat.com

Sebelum mengenal lebih jauh tentang seluk beluk  surat resmi tergantung apa dan bagaimana saja contohnya, tentu saja pengertian surat resmi harus diketahui terlebih dahulu. Dengan mengenal lebih jauh apa pengertiannya, maka akan dipahami berbagai hal yang bersangkutan secara lebih detail lagi.

Berbicara mengenai pengertian surat resmi, dalam hal ini perlu diketahui bahwa surat tersebut merupakan jenis surat yang dibuat dengan aturan-aturan yang sesuai kaidah surat resmi yang berlaku. Salah satunya seperti contoh surat dinas.

Surat dinas tergolong surat resmi dengan sifatnya yang penting. Sedangkan penggunaan surat resmi sendiri, pada umumnya dikeluarkan oleh perusahaan untuk kepentingan umum secara resmi seperti undangan, pemberitahuan dan lain-lain.

Tidak hanya perusahaan, organisasi maupun instansi pendidikan juga banyak yang menggunakan surat serupa. Dalam hal ini surat resmi bisa dikatakan akan diaplikasikan sesuai jenis dan kebutuhannya. Berkaitan dengan penggunaannya, sebelumnya telah disebutkan bahwa surat ini digunakan instansi untuk kepentingan secara umum.

Namun, perlu diketahui bahwa ada juga penggunaan surat resmi yang ditujukan untuk perseorangan saja. Namun, meski untuk perseorangan, tetap saja harus sesuai dengan aturan dan kaidah yang berlaku.

Fungsi Surat Resmi

Fungsi surat resmi
anugerahdino.com

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui secara pasti adalah apa saja fungsi surat resmi ini. Adanya surat resmi ini tentu saja memiliki fungsi tertentu sehingga harus mengikuti aturan yang berlaku.

Nah, untuk daftar fungsinya, yang pertama sebagai alat informasi yang digunakan untuk menyampaikan hal-hal penting tertentu, baik secara pribadi maupun kelompok. Selain itu, surat resmi juga di fungsikan sebagai  surat pengajuan maupun permintaan terhadap beberapa hal yang memang harus diajukan secara resmi.

Selanjutnya, perlu diketahui juga bahwa surat keterangan resmi ini juga memiliki fungsi sebagai surat pedoman penting. Maksudnya adalah, sebagai tahap-tahap awal dalam menyampaikan maksud maupun keinginan tertentu. Dan yang terakhir, surat resmi juga bisa di fungsikan sebagai surat yang berupa arsip dengan isi perjalanan atau kronologis kejadian yang dialami seseorang.

Nah, berbicara mengenai fungsi surat resmi, mungkin Anda perlu mengenali apa perbedaannya degan surat yang tidak resmi. Oleh karena itu, kali ini pun akan dibahas lebih jauh tentang perbedaan antara keduanya. Perlu diketahui bahwa surat resmi bahasa yang digunakan memang harus efektif, singkat, padat dan jelas. Selain itu juga harus sopan dan baku tentunya. Sedangkan untuk jenisnya, bahasa yang digunakan adalah bahasa eksplisit.

Perbedaan selanjutnya adalah, dicantumkannya nomor, lampiran, perihal, alamat lengkap dan sejenisnya, termasuk kop surat. Yang paling penting lagi, harus ada stempel atau tanda tangan pemohonnya sehingga bisa dilihat bahwa surat tersebut sah dan benar-benar resmi.

Yang terakhir, dalam  pembuatannya harus sistematis dan sesuai dengan aturan yang berlaku tentang pembuatan surat resmi. Dari sini, tentu saja bisa dipahami bahwa dalam surat tidak resmi tidak harus dicantumkan beberapa hal diatas karena tidak ada aturan bakunya sebagaimana surat resmi. Fungsi surat tidak resmi pun tentu saja lebih luas lagi.

Jenis-jenis Surat Resmi

Jenis jenis surat resmi

Sebagaimana telah dibahas dalam beberapa poin sebelumnya, fungsi surat resmi berbeda-beda sesuai keperluan dan penggunaannya. Oleh karena itu maka muncullah yang disebut dengan jenis-jenis surat resmi yang bisa ditemui dan mungkin saja pernah Anda buat.

Kali ini pun akan dibahas secara lebih jauh mengenai jenis-jenis tersebut. Mulai dari surat jenis surat undangan, hingga surat permohonan bersama pengertiannya. Dan berikut merupakan daftarnya.

  • Surat keputusan

Jenis surat resmi yang pertama adalah surat keputusan. Untuk pengertiannya sendiri, surat keputusan ini bisa disebut dengan surat penentuan diterima atau tidaknya sebuah permohonan. Sedangkan contoh surat keputusan sendiri tentu saja sangat banyak. Salah satunya adalah surat keputusan lamaran kerja.

Jika Anda mendaftar pekerjaan di sebuah instansi, tentu saja akan mendapatkan surat pemberitahuan tentang diterima atau tidaknya lamaran kerja Anda tersebut. Di situlah salah satu contoh surat keputusan bisa Anda temukan. Contoh lainnya adalah seperti surat keputusan kontrak kerja.

  • Surat panggilan / undangan

Contoh surat resmi lainnya yang mungkin juga adalah sangat familiar adalah surat undangan. Surat undangan sendiri ketika dikeluarkan oleh instansi tertentu, pastinya akan berupa surat resmi lengkap dengan kop surat maupun susunan lainnya. Surat undangan ini juga bisa berupa surat panggilan.

Misalnya saja surat panggilan pemeriksaan maupun surat panggilan untuk wawancara. Selain itu masih banyak lagi contoh surat undangan lainnya. Katakan saja seperti contoh surat undangan menghadiri rapat dan sebagainya.

  • Surat perintah

Selanjutnya, yang juga masuk pada jenis surat resmi adalah surat perintah. Surat perintah ini merupakan surat yang menyatakan perintah dari atasan pada bawahan, atau surat yang ditujukan dari seseorang yang derajatnya lebih tinggi pada yang lebih rendah. Contohnya seperti surat perintah penangkapan dan beberapa contoh lain yang sejenisnya.

  • Surat kuasa

Dalam hal ini terlebih dahulu Anda harus mengenal surat kuasa itu apa. Perlu diketahui bahwa surat kuasa merupakan surat yang merupakan pemberian wewenang dari pemilik kepada yang diberi kekuasaan untuk mengelola, menyampaikan atau mempertanggung-jawabkannya.

Jadi, ketika seseorang sudah menandatangani surat kuasa, mereka yang diberi kekuasaan berhak menjalankan apa yang diserahkan padanya. Diantara contoh surat kuasa ini tidak lain adalah surat kuasa untuk membela pengadilan. Selain itu juga ada surat kuasa yang ditujukan untuk dibawa ke bank ketika seseorang memberikan wewenang orang lain melakukan urusan perbankan atas namanya.

  • Surat edaran

Jenis surat selanjutnya yang juga mungkin banyak ditemui adalah surat edaran. Surat edaran ini merupakan jenis surat resmi yang di tujukan pada organisasi maupun kalangan tertentu.

Pada umumnya, isi surat edaran sendiri berkaitan dengan acara atau kegiatan tertentu yang membutuhkan pemberitahuan khusus pada kelompok atau kalangan tertentu. Tentu saja pada kelanjutannya, surat ini akan di edarkan pada pihak terkait yang bersangkutan.

Cara Membuat Surat Resmi

Cara membuat surat resmi

Selanjutnya, dalam hal ini tentu saja Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat surat resmi. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diketahui bahwa surat resmi ini bisa dibuat sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentu saja sesuai susunannya yang berupa pembukaan, isi dan penutup dengan bahasa yang baku, sopan, baik dan benar.

Namun, disini jangan lupa mencantumkan pula kop surat, bahasa penutupan yang baik serta tanda tangan sebagaimana memang disyaratkan dalam surat resmi sehingga hasilnya pun juga benar-benar resmi.

Nah, berkaitan dengan ini, agar surat resmi bisa sesuai dengan seharusnya, Anda perlu mengenal contohnya secara lebih jelas. Apalagi mengingat bahwa surat resmi memiliki tujuan dan macam-macam yang sangat variatif. Dan di poin selanjutnya akan disajikan mengenai koleksi contoh surat resmi.

Koleksi Contoh Surat Resmi

Contoh surat resmi
contoh123.info

Setelah mengenal jenis-jenis, fungsi, hingga cara membuatnya, kali ini perlu diketahui bahwasanya ada banyak sekali koleksi surat resmi yang bisa Anda kenali. Koleksi yang dimaksud disini berbeda dengan jenis-jenis surat resmi secara umum. Kali ini ada banyak contoh yang lebih spesifik.

Diantara beberapa jenis yang dimaksud seperti surat yang di edarkan di sekolah, surat undangan bakti sosial, surat permohonan, surat lamaran kerja dan masih banyak lagi. Nah, berkaitan dengan itu, Anda bisa mengenal berbagai koleksi surat resmi ini sekaligus contoh-contohnya sebagaimana akan disajikan dibawah ini.

Contoh surat resmi undangan rapat perusahaan

KARYA INDAH
Jl. Kenanga no. 11 Jakarta SELATAN
Telp / fax: 1267964
Email: [email protected]

Nomor      : 023/URP/KI/V/2018
Lampiran : –
Hal            : Undanga Rapat Perusahaan

Yth.

Bpk. Anwar Rosyadi, S.Kom
HRD CV. KARYA INDAH
Di Tempat

Dengan Hormat,

Berkaitan dengan akan dilaksanakannya evaluasi tahunan perusahaan, kami mengharapkan kehadiran bapak untuk ikut serta berpartisipasi dalam rapat tersebut dimana akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Senin, 27 Juni 2018
Waktu            : 09.00 – 12.00 WIB
Tempat           : Kantor Pusat CV. KARYA INDAH

Dengan surat undangan ini, kami beritahukan dengan hormat agar rekan-rekan sekalian turut menghadiri rapat tersebut. Terlebih mengingat pentingnya rapat ini semata untuk kemajuan perusahaan.

Atas perhatian dan waktunya, kami sampaikan terimakasih.

Jakarta, 21 Juni 2018

Hormat kami

 

Ardi Santoso
(Direktur)

Contoh surat resmi di sekolah

Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Dinas Pendidikan Jakarta 325 Jakarta
Jl. Pahlawan 325 Jakarta, Telp. (021) 667 –  Xxxx

Jakarta 23 Agustus 2018

Nomor : 122/SMP325/2018
Lampiran :  –
Perihal : undangan wali murid

Yth. Orang tua / wali murid SMPN 325 Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun SMP Negeri 325 Jakarta, kami selaku pengurus OSIS akan mengadakan bakti sosial di lingkungan setempat. Mengingat akan hal tersebut, kami mengharap dengan sangat kehadiran bapak/ ibu wali murid sekalian untuk ikut berpartisipasi. Pelaksanaan bakti sosial ini akan diselenggarakan pada :

Hari/ tanggal : Selasa, 15 September 2017
Tempat : Lapangan SMP 325 Jakarta
Acara : partisipasi dan rapat orang tua / wali murid

Mengingat akan pentingnya acara ini, dimohon kesediaannya bagi setiap wali murid untuk menghadiri acara tersebut. Atas partisipasi dan waktunya, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Mengetahui,

Kepala sekolah SMPN 325 Jakarta                                      ketua OSIS

 

Sholih, M.Pd.                                                                           Angga Putra
NIP. 121334594579

Contoh surat undangan resmi

PEMERINTAH KAMPUNG TANGGULASRI
DUSUN I PANGGUNGSARI

=================================================

Nomor  : 023/DST/12/2016
Perihal  : UNDANGAN
Lampiran : –

Kepada
Yth. Bapak/Sdr. Warga Masyarakat Dusun
Di Tempat

Assalam’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Berkaitan dengan kesepakatan antara Bapak RT serta beberapa tokoh masyarakat setempat, telah diputuskan akan diselenggarakannya acara pelaksanaan doa bersama dalam rangka memperingati bulan Suro.

Oleh karena itu, diharapkan kehadiran bapak/ibu warga kampung sekalian dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal       : Sabtu malam Minggu, 16 ke 25 september 2016

Waktu                          : Pukul 19.30 WIB s/d selesai

Tempat                        : Kediaman Bpk. Andi Kuswara (Kadus I)

Acara                           : Pelaksanaan Doa Bersama

Kami selaku pengurus kampung memohon dengan sangat kehadiran bapak/ibu sekalian dalam acara tersebut dengan tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama nya kami sampaikan terimakasih.

Panggungsari, 11 September 2016

Pengundang

 

Kepala Dusun I Panggungsari

Contoh surat resmi dinas pemerintahan

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
Kabupaten Tulungagung
Jl. Nusantara No 12 A Tulungagung 54431

===================================================

Tulungagung, 13 Agustus 2017

Nomor             : 123/DPPK/2017
Lampiran        : –
Perihal             : Undangan

Yth. Sdr. Abdul Aziz
Jl. Merdeka no. 34
Tulungagung

Dengan hormat,

Berhubungan dengan akan diselenggarakannya rapat internal, kami memohon saudara untuk hadir dalam rapat pada:

Hari                 : Rabu
Tanggal           : 25 Agustus 2017
Tempat           : Gedung Aula Kabupaten Tulungagung
Acara               : Pembahasan kegiatan bersama Anggota DPRD Tulungagung

Demikianlah surat undangan ini kami sampaikan dengan mengharap segenap waktu luang saudara untuk menghadiri rapat terkait. Atas perhatian dan waktunya, dengan segala rasa hormat, kami sampaikan terimakasih.

Hormat Kami,

Kepala Dinas Pendidikan Pariwisata dan kebudayaan

 

Mardiono

Contoh surat resmi OSIS

OSIS SMA NEGERI 1 SURABAYA
Jl. Kartanegara Surabaya

=====================================================

11 Februari 2017

No Surat : 22/TI/234
Perihal     : Pengumuman
Lampiran  : –

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid

Assalamualaikum wr.wb

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan OSIS yang akan mendukung kemampuan berorganisasi bagi siswa/siswi anggota OSISI baru, kami selaku panitia OSIS akan mengadakan pelatihan kepemimpinan pada siswa/siswi tersebut tepatnya pada:

Hari, Tanggal  : Kamis, 25 Februari 2017
Tempat             : Taman Pelatihan Surabaya
Waktu               : 2 Hari

Demikian surat ini kami informasikan pada Bapak/Ibu sekalian agar memberikan izin untuk siswa-siswi agar bisa berpartisipasi dalam acara tersebut.

Sekian dari kami, atas perhatian dan waktunya kami sampaikan terimakasih.

Penanggung jawab

(Ketua Osis)

 

Risma Ardiana

Contoh surat pengumuman resmi

Kementerian Pendidikan Nasional
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Dr. Hamka Air Tawar SEMARANG 25131 Telp. (0751) 7051260

___________________________________________

PENGUMUMAN REKTOR
No : 866/H35/AK/2010

Pengumuman untuk para calon mahasiswa baru dengan jurusan fakultas teknik tahun akademik 2011/2012 yang telah masuk kriteria dalam bidangnya, maka dengan ini dinyatakan lulus dan diterima, diwajibkan untuk calon mahasiswa untuk melapor di bagian pendaftaran ulang pada:

Hari/Tanggal : Rabu /16 Juni 2010
Jam                  : 08.00 – 12.00 WIB
Tempat            : Kantor badan akademik dan kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang

Dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Asterik peserta seleksi Jalur Prestasi Fakultas Teknik
  • Membayar SPP dengan jalur transfer di seluruh cabang bank terdekat
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas terdekat

Seluruh persyaratan tersebut bisa diserahkan pada pihak loket pendaftaran mahasiswa baru.

Demikian pengumuman ini untuk bisa dimaklumi.

Semarang, 28 April 2015

Rektor,

 

Prof. Dr. Z. Abdul Zulfikar, M.Pd

Contoh surat resmi undangan dinas pendidikan

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN TASIKMALAYA

Sindangraja, 20 Agustus  2016

Nomor : 010 / DPO / V / 2016
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Yth. Sdr. Soni Sundarto
Jl. Jamanis No. 007
Tasikmalaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya rapat rutinan bersama anggota dewan, Kami mengundang Saudara untuk ikut serta hadir di dalamnya pada:

Hari               : Senin , 21 Agustus 2016
Tempat         : Gedung Serba Guna, Kab. Tasikmalaya
Waktu           : 13.00 – 15.00 WIB
Acara             : rapat rutinan bersama anggota DPRD

Demikianlah surat undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan partisipasinya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Kepala Dinas DikPoRa Kab. Tasikmalaya

Contoh surat pernyataan resmi

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

Bersama surat ini, dengan sebenar-benarnya secara pribadi saya menyatakan bahwa saya :

  • Tidak melakukan pelanggaran hukum dalam bentuk apa pun atau berurusan dengan pihak kepolisian dalam rangka melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
  • Tidak sedang menjabat sebagai Calon anggota PNS dan saya bersedia untuk bersedia ditempatkan sesuai posisi yang dibutuhkan dan telah di tentukan oleh pemerintah.
  • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Demikianlah saya buat pernyataan ini dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari di temukan bukti bahwa surat pernyataan ini tidak benar, saya bersedia di tuntut di pengadilan.

Punggur, …… 2018

Yang membuat pernyataan,

 

……………………………

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai surat resmi, mulai dari pengertian, cara pembuatan hingag contoh-contohnya. Nah, setelah mengenal lebih jauh tentang contoh surat resmi ini, bagi Anda yang akan membuat surat resmi kini bisa mencobanya dengan mengikuti aturan maupun contoh yang sudah disediakan.

Jangan lupa juga mengikuti prosedur masing-masing instansi karena adakalanya surat resmi di berbagai instansi aturannya berbeda-beda.