Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan contoh recount text yang menarik, maka tidak salah kalau kamu membaca artikel ini. Kamu akan menemukan contoh-contoh recount text dengan berbagai jenis serta tema seperti misalnya recount text holiday (liburan), recount text pendek serta singkat, recount text mengenai lebaran serta masih banyak lagi.

Sebelumnya, kami beritahukan memang bahwa semua contoh recount text yang disajikan adalah contoh yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Jadi, kalau teman-teman ingin contoh yang dalam versi bahasa Inggris silakan langsung dialih bahasakan saja. Okke?

Selain itu ada juga pembahasan mengenai apa itu recount text, ciri-ciri, macam-macamnya dan juga strukturnya.

Pengertian Recount Text

Apa sih pengertian recount text?

Recount text merupakan salah satu bentuk teks yang menceritakan tentang kisah-kisah di masa lampau baik pengalaman pribadi, pengalaman kelompok, atau apapun event-event tertentu yang ditulis ke dalam Bahasa Inggris.

Dalam Bahasa Indonesia atau konteks tulisan berbahasa indonesia, jenis teks recount tersebut dapat disetarakan dengan catatan pribadi misalnya seperti catatan harian atau catatan observasi yang gunanya lebih sebagai pengingat.

Ciri-ciri Recount Text

Ada 4 ciri-ciri dari recount text yaitu:

• Menggunakan kalimat past tense sebab menceritakan suatu kejadian yang telah terjadi.
  • Menggunakan conjunction dan juga time connectives seperti before, after, then, when dan juga first untuk merangkai satu kejadian serta kejadian lainnya.
  • Menggunakan action verbs seperti visit, walk, eat dan juga go.
  • Menggunakan adverbs and adverbial phrase.

Macam-macam Recount Text

Secara umum ada 4 macam jenis recount text yaitu:

Personal recount text

Personal recount text merupakan jenis recount text yang menceritakan pengalaman pribadi penulis misalnya pengalaman liburan, pengalaman di sekolah atau juga bahkan pengalaman yang tak terlupakan yang membuat kita selalu mengingat kejadian tersebut.

Imaginative recount text

Imaginative recount text merupakan jenis recount text yang menceritakan imaginasi penulis mengenai suatu hal serta dituliskan dalam bentuk past tense.

Factual recount text

Factual recount text merupakan jenis recount text yang membahas mengenai suatu hal yang betul-betul terjadi (fakta) di masa lalu.

Historical Recount Text

Historical recount text adalah jenis recount text yang membahas mengenai sejarah, baik itu tempat bersejarah ataupun benda bersejarah.

Struktur Recount Text

Ada 3 unsur struktur recount text, yaitu:

Orientation (Pembuka)

Orientation berisi awalan cerita. Bagian tersebut biasanya menjelaskan mengenai latar cerita seperti tempat dan juga waktu kejadian.

Event (Isi)

Event berisi inti cerita dari recount text. Bagian tersebut menjelaskan kejadian dengan berurutan dari kejadian A ke kejadin B.

Reorientation (kesimpulan atau penutup teks)

Reorientation berisi pengulangan dan juga penutup jalannya cerita.

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja simak contoh-contoh di bawah ini!

Dengan membaca contoh recount text dengan berbagai tema ini, pasti kamu sudah dapat langsung paham mengenai recount text beserta seluk beluk penulisannya.

Contoh Recount Text Pendek – Tiket Bioskop

Orientasi (Pembuka)

Minggu lalu aku pergi ke bioskop. Bioskop itu adalah satu-satunya bioskop yang ada di kotaku.

Aku mempunyai satu tiket gratis untuk menonton satu judul film.

Aku tidak tahu film apa yang akan aku tonton dan juga aku sama sekali tidak tahu jadwal film yang akan ditayangkan di bioskop tersebut. Oleh sebab itulah, aku hanya ingin datang saja dan melihat-lihat apabila ada film yang bagus.

Event (Isi)

Aku memarkir motorku di area parkir kemudian berjalan perlahan di hall bioskop tersebut.

Aku keluarkan tiketku dari dalam dompet kemudian pergi menuju ke bagian informasi untuk menanyakan penggunaan tiket itu.

Sayang sekali, aku telah melewatkan kesempatan tersebut. Tiketku sudah hangus sejak dua hari yang lalu.

Reorientasi (Kesimpulan)

Aku pulang ke rumah dan sangat kecewa dengan kejadian tersebut.

Contoh Recount Text Singkat – Pencuri

Orientasi (Pembuka)

Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan juga sayuran.

Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu kejadian, seorang pencuri dihajar oleh masa. Peristiwa tersebut sangat mengerikan. Aku tidak mau pergi mendekat untuk melihatnya.

Beberapa menit kemudian polisi pun datang dan mengamankan pencuri tersebut.

Event (Isi)

Aku bertanya kepada penjual buah mengenai peristiwa itu dan si penjual tersebut menjelaskan jika ada pencuri yang mencoba untuk mencuri dompet seseorang dan dia tidak beruntung.

Seseorang melihat aksinya kemudian berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar si  pencuri tersebut sampai babak belur.

Reorientasi (Kesimpulan)

Peristiwa tersebut sungguh menyedihkan dan aku berharap hal seperti itu tidak akan terulang kembali.

Baca juga:  Sejarah dan Perkembangan Masyarakat Modern Indonesia

Contoh Teks Recount – Mendaki Gunung Merapi

Orientasi (Pembuka)

Dua hari yang lalu aku berangkat ke gunung Merapi. Itu adalah pertama kalinya aku akan melakukan pendakian ke gunung. Aku melakukannya dengan bersama teman-temanku.

Kami mulai melakukan pendakian saat pukul 8 malam. Situasinya sangat gelap gulita serta kami hanya menggunakan lampu senter dalam mencari jalur pendakian.

Aku tidak merasa khawatir sebab teman-temanku adalah para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi dari mereka saja.

Event (Isi)

Kami mendaki dengan perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.

Setelah 7 jam perjalanan naik gunung, pada akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam sudah menunjukkan pukul 3 pagi.

Ternyata kami tidak sendirian. Ada banyak orang yang ternyata telah sampai di puncak gunung sebelum kami datang.

Kami menunggu matahari terbit sambil memasak makanan dan juga membuat minuman hangat agar mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama-sama, bertukar cerita dan berkenalan dengan orang-orang baru yang ada di sana.

Setelah menikmati matahari terbit, kami harus cepat pulang. Turun gunung tidak selelah pendakian, kami cuma butuh sedikit tenaga serta waktu tetapi kami harus melakukannya dengan hati-hati.

Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut adalah pengalaman mengesankan yang pernah aku lakukan sejauh ini.

Reorientasi (Kesimpulan)

Selebihnya, pengalaman itu adalah pengalaman hebat yang pernah aku alami.

Contoh Teks Recount – Memancing

Orientasi (Pembuka)

Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu adalah hari yang tepat untuk memancing sebab aku sedang libur kerja.

Aku bangun pagi-pagi kemudian pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang nantinya akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau serta mulai untuk memancing.

Event (Isi)

Di danau itu, aku mencari tempat yang terbaik untuk memancing. Aku pergi menuju sebuah tempat di bawah pohon yang besar di tepi danau tersebut.

Aku melempar kailku sejauh-jauhnya kemudian menunggu ikan untuk memakan umpanku. 30 menit berlalu dan pada akhirnya ada seekor ikan yang memakan umpanku. Ikan tersebut adalah ikan pertamaku yang berukuran cukup besar.

Aku mendapatkan 10 ekor ikan dengan ukuran besar dan 3 ekor dengan ukuran kecil pada hari itu. Aku merasa sangat senang.

Aku akan memasak ikan-ikan tersebut di rumah kemudian aku akan menelpon beberapa temanku supaya datang ke rumah dan berpesta kecil-kecilan.

Namun aku kurang beruntung sebab di tengah perjalanan pulang aku melihat seorang pengemis. Seorang pengemis yang sudah tua.

Aku memberikan seluruh ikan hasil tangkapanku kepada pengemis tersebut dan aku berharap dia merasa senang menerimanya. Mungkin dia dapat menjual ikan-ikan tersebut di pasar serta mendapatkan uang untuk membeli makanan.

Reorientasi (Kesimpulan)

Meski aku tidak mempunyai ikan setelah itu, aku merasa sangat senang sebab aku dapat membantu orang lain.

Contoh Teks Recount tentang Lebaran – Mengunjungi Kakek dan Nenek

Orientasi (Pembuka)

Lebaran tahun lalu aku berangkat ke Surabaya untuk mengunjungi kakek serta nenekku.

Aku harus berangkat ke sana sebab lebaran sebelumnya aku tidak dapat berada di sana.

Event (Isi)

Aku sangat merindukan mereka berdua sebab sejak aku kecil aku tinggal bersama dengan mereka.

Waktu itu, kedua orang tuaku harus bekerja ke kota lain sehingga mereka menitipkanku kepada kakek dan juga nenekku.

Setelah aku lulus SMP aku menyusul kedua orang tuaku yang tinggal di Jakarta. Sejak saat itulah, aku hanya mengunjungi kakek dan nenekku hanya setiap liburan saja.

Sayang sekali, aku tidak mendapatkan tiket pesawat atau kereta untuk berangkat dan oleh sebab itu aku berangkat ke Surabaya dengan mengendarai bis umum. Hal tersebut sangat melelahkan sebab jalanan sangat padat dan macet.

Normalnya, perjalanan tersebut hanya memakan waktu sekitar 24 sampai 28 jam saja tetapi karena arus mudik lebaran perjalananku dari Jakarta hingga Surabaya membutuhkan waktu sekitar 40 jam. Hal tersebut membuatku gila.

Reorientasi (Kesimpulan)

Kelelahan dan juga kegilaan selama di perjalanan terobati saat aku bertemu dengan kakek dan nenekku. Mereka sudah tampak tua. Aku sangat senang sebab mereka masih dalam keadaan yang sehat.

Recount Text Holiday – Yogyakarta

Orientasi (Pembuka)

Saat itu pada tanggal 23 Agustus 2016. Seminggu sebelumnya, aku sudah mempersiapkan segalanya. Dan pada hari itu juga, aku sudah siap untuk berangkat liburan.

Pada pukul 9 pagi aku pergi ke stasiun. Dari rumah menuju stasiun kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit dengan berjalan kaki. Sesampainya di stasiun, aku membeli tiket untuk berangkat ke Yogyakarta.

Event (Isi)

Perjalanan kereta dari Tulungagung ke Yogyakarta membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Baca juga:  Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Para Ahli

Kereta berhenti di stasiun Tugu Yogyakarta saat sekitar pukul 3.15 sore hari. Aku tidak memiliki tujuan pasti untuk tempat-tempat yang akan aku kunjungi. Oleh sebab itulah aku dapat merasa bebas untuk bepergian kemana pun di kota ini.

Pertama-tama yang aku lakukan yaitu berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro. Aku melihat banyak orang berada di sana. Mungkin mereka juga melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan saat itu, yaitu jalan-jalan serta sesekali berhenti di penjual barang kerajinan di sepanjang jalan tersebut.

Pada pukul 6 sore, aku merasa sangat capek dan juga lapar. Aku sedang berada di Alun-Alun Kidul, yaitu sebelah selatan Kraton Yogyakarta.

Aku melihat-lihat ke sekeliling serta menemukan sebuah angkringan. Di angkringan tersebut aku memesan segelas es teh dan juga makan beberapa nasi kucing, sate, dan gorengan.

Setelah makan, aku baru mulai untuk memikirkan mencari hotel murah yang untuk menginap selama beberapa hari di Yogyakarta.

Reorientasi (Kesimpulan)

Itulah kisahku yang akan terus aku ingat mengenai liburanku di Yogyakarta.

Contoh Teks Recount Berlibur Ke Rumah Nenek – Belajar Bertani

Orientasi (Pembuka)

Terakhir kali aku liburan, aku pergi berkunjung ke rumah nenek.

Rumahnya lumayan keren, jauh dari perkotaan dan juga sangat dekat dengan area pertanian sayur-sayuran. Kakek dan nenekku merupakan seorang petani.

Aku menghabiskan dua hari dengan menginap di sana dan aku juga melakukan banyak hal yang menarik di sawah, membantu kakekku untuk menanam sayuran.

Event (Isi)

Saat hari pertama, aku belajar untuk menanam bayam. Yang aku lakukan merupakan memindahkan bibit bayam dari media penyemaian ke area penanaman yang disediakan.

Kukira hal tersebut mudah dilakukan, ternyata, menanam bibit bayam sangatlah melelahkan. Aku harus memindahkannya satu persatu di bawah terik matahari yang sangat panas. Aku melakukannya beberapa jam sebelum tiba waktu makan siang, kemudian melanjutkannya hingga sore hari.

Pada malam harinya, tidak ada yang ingin kulakukan lagi kecuali tidur. Aku sangat lelah tetapi yang kulakukan sangatlah menyenangkan.

Aku tidak dapat bangun di pagi harinya hingga nenekku mengetuk pintu. Dia menertawakanku sebab yang aku lakukan sebetulnya tidaklah seberapa apabila dibandingkan dengan yang dikerjakan oleh petani sungguhan.

Lalu, sebelum kami pergi ke sawah lagi, nenekku sudah menyiapkan sarapan. Setelah sarapan aku mengikuti kakekku berangkat ke sawah berikutnya.

Kami akan melakukan perawatan rutin terhadap tanaman bayam yang sudah berumur satu bulan. Kami menyiraminya dan juga mengecek jika ada ulat atau belalang.

Reorientasi (Kesimpulan)

Di hari ketiga aku harus sudah pulang. Aku merasa sedih sebab harus meninggalkan kakek dan juga nenekku. Tetapi tidak apa-apa sebab liburan berikutnya aku akan mengunjungi kakek nenekku kembali.

Contoh Recount Text Mengenai Liburan di Rumah – Membuat Kolam Ikan Koi

Orientasi (Pembuka)Pada waktu liburan tahun lalu aku tidak bepergian kemana pun.

Aku hanya menghabiskan waktuku di rumah saja selama satu bulan. Hal tersebut bukanlah hal yang buruk sebab aku mempunyai kegiatan untuk aku lakukan. Aku punya proyek kecil yaitu membuat kolam ikan di rumah.

Event (Isi)

Yang aku butuhkan hanyalah pasir bangunan, semen, dan juga beberapa alat bangunan. Aku memilih bagian tengah dari halaman rumahku untuk aku bangun sebuah kolam ikan. Setelah itu aku mulai membuat desain.

Rencananya, aku akan memelihara beberapa ekor ikan koi, oleh sebab itu aku membuat desain kolam tersebut dengan secantik mungkin yang aku bisa. Aku memilih pemandangan yang alami sebagai model.

Aku mengerjakan proyek tersebut sendirian, siang dan juga malam. Aku merasa sangat senang melakukannya.

Aku menyelesaikannya hanya dalam waktu dua minggu. Pada akhirnya aku mempunyai kolam ikan dengan desain pemandangan yang alami.

Sebelum aku memasukkan beberapa koi ke dalam kolam tersebut, terlebih dahulu aku mengisinya dengan air serta menunggunya selama dua minggu untuk memastikan bahwa air tersebut betul-betul bebas dari racun.

Dan pada tahap yang terakhir, aku membeli 5 ekor ikan koi serta memeliharanya di alam kolam ikan baruku.

Reorientasi (Kesimpulan)

Hal tersebut merupakan pengalaman yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan di rumah.

Contoh Recount Text Mengenai Liburan Ke Pantai di Pacitan

Orientasi (Pembuka)Pada waktu liburan yang lalu, aku berangkat ke kota Pacitan dengan bersama teman-temanku.

Kami akan tinggal selama beberapa malam di sebuah pantai yang masih liar sebab kami ingin mendapatkan pengalaman berada di alam liar. Kami sudah menyiapkan semuanya.

Event (Isi)

Kami berangkat ke sana dengan memakai motor. Kendaraan itu akan memudahkan kami untuk melewati berbagai jenis jalan menuju ke pantai liar di sepanjang sisi selatan kota Pacitan.

Baca juga:  27 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Kami berkendara dengan pelan sambil beberapa kali berhenti untuk menikmati pemandangan alam di sana.

Pada akhirnya, kami sampai di kota Pacitan. Kami melanjutkan perjalanan menuju ke arah selatan untuk menemukan pantai yang dituju.

Yang kami inginkan yaitu sebuah pantai yang masih sepi dan tidak dikunjungi turis dan akhirnya kami berhasil menemukannya. Pantai itu sangat indah serta sepi, tidak ada pengunjung lain kecuali kami.

Kami membangun tenda dan juga menyiapkan ranting-ranting pohon untuk menyalakan api sebab kami membutuhkannya untuk memasak.

Aku sangat menyukai pantai tersebut sebab yang aku dapatkan tidak hanya keindahan panoramanya saja tapi juga sebuah pantai yang keren untuk memancing. Aku memancing dan mendapatkan banyak ikan di pantai itu. Kami membakar ikan-ikan itu dengan api yang sudah kami buat.

Reorientasi (Kesimpulan)

Kami tinggal di pantai di Pacitan selama dua malam. Kami harus kembali pulang sebab persediaan makanan yang kami bawa sudah habis. Kami sangat menyukai petualangan tersebut dan kami akan kembali lagi saat liburan berikutnya.

Contoh Recount Text Mengenai Liburan Bersama Keluarga – Goa Lawa

Orientasi (Pembuka)Minggu yang lalu kami berangkat mengunjungi orang tua kami yang ada di Trenggalek.

Kami pergi dari Yogyakarta dengan memakai kereta api serta berhenti di kota Tulungagung. Sebab tidak ada stasiun kereta di Trenggalek dan oleh sebab itulah setelah kami sampai di Tulungagung kami melanjutkan perjalanan kami dengan memakai bus.

Kami sangat senang sebab sudah sangat lami kami tidak berkunjung ke Trenggalek. Kami tinggal di sana selama tiga hari dan kami sudah menyusun rencana untuk bepergian ke beberapa tempat wisata yang ada di sana.

Event (Isi)

Hal yang paling menarik dari liburan kami yaitu pada hari kedua kami berangkat ke goa Lawa.

Lawa adalah bahasa jawa yang artinya yaitu kelelawar dan memang benar bahwa goa tersebut adalah rumah bagi ribuan kelelawar.

Kami berangkat kesana bersama dengan seluruh anggota keluarga. Nenekku yang sudah berumur 80 tahun terlihat sangat bersemangat dan masih kuat untuk menelusuri ke dalam goa Lawa.

Kami menemukan sebuah sungai di dalam goa dan airnya terasa sangat dingin. Untuk menjelajah ke dalam goa Lawa, kami memerlukan lampu penerangan serta kami pun menyewanya dan menyewa seorang pemandu demi keselamatan kami semua.

Setelah 4 jam menjelajahi goa Lawa, kami sangat capek dan pada akhirnya keluar dari goa Lawa itu. Sesampainya di luar, kami mencari restoran lokal serta menikmati makan siang yang sangat enak.

Reorientasi (Kesimpulan)

Liburan tersebut adalah liburan kami sekeluarga yang terasa sangat menyenangkan yang sudah kami alami bersama-sama.

Contoh Recount Text Liburan Ke Pantai Parangtritis

Orientasi (Pembuka)Hari itu merupakan hari Minggu terakhir pada bulan Desember tahun 2016.

Kami sudah menyelesaikan proyek kami dan pada hari itu adalah waktu untuk merayakannya. Kami berangkat ke pantai Parangtritis. Kami hanya berenam serta kami pergi ke sana dengan menggunakan sebuah mobil. Kami sudah menyewa mobil selama sehari.

Event (Isi)

Sebenarnya tidak ada yang spesial dari pantai Parangtritis sebab kami sudah terlalu sering pergi ke sana. Tetapi pantai itu adalah pengingat atas kenangan yang sangat pahit. Ya, sahabat kami sudah hilang selamanya serta tidak akan pernah kembali lagi.

Tujuan kami menghabiskan waktu luang kami di pantai Parangtritis yaitu untuk mendoakan sahabat kami yang sudah hilang.

Kami pergi subuh dan kami hanya butuh waktu 45 menit saja untuk menuju ke sana sebab jalanan masih sepi. Kami membawa karangan bunga untuk kami larung ke laut lepas.

Sesampainya di sana kami langsung membawa karangan bunga tersebut ke tepi pantai. Kami berdoa di dalam hati dan kemudian meletakkannya di air laut. Dengan sedih kami melihat karangan bunga tersebut pelan-pelan terbawa oleh ombak ke tengah laut dan pada akhirnya menghilang.

Reorientasi (Kesimpulan)

Liburan tersebut adalah perayaan atas suksesnya proyek kami dan sekaligus merupakan peringatan akan hilangnya sahabat kami yang merupakan ketua tim dari proyek yang kami kerjakan.

Penutup

Itulah beberapa contoh recount text yang berhasil kami rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tugas mengenai contoh recount text atau hanya sekedar mencarinya untuk menambah wawasan dan pemahamanmu tentang recount text. Kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai rujukan untuk menemukan berbagai macam contoh recount text.