Cara Mengusir Lalat Secara Alami Dari Rumah Paling Ampuh

Cara Mengusir Lalat Secara Alami – Lalat merupakan serangga pengganggu yang sering berkeliaran di dalam rumah, apalagi jika di musim hujan. Keberadaannya tentu saja sangat mengganggu, apalagi dalam jumlah yang banyak. Kalau hanya satu dua ekor yang didapati beterbangan di dalam rumah mungkin masih bisa ditolerir.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengusir lalat secara alami yang dapat kamu lakukan untuk memberantas gangguan serangga pembawa penyakit ini dari rumah, yakni dengan menggunakan tanaman herbal dan minyak esensial. Dan ini adalah tindakan pertama yang bisa Anda pilih.

Jika cara mengusir lalat secara alami tidak mempan, barulah kamu bisa menggunakan cara yang lain, seperti dengan menggunakan perangkap atau pemukul lalat, serta memakai insektisida. Namun hal yang paling penting yang kamu lakukan juga adalah membersihkan lingkungan sekitarmu yang menjadi tempat lalat berkembang biak.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Cara Mengusir Lalat Secara Alami
©bagi-in.com

Ada beberapa cara mengusir lalat secara alami yang bisa kamu lakukan, di antaranya dengan memakai minyak esensial, menanam tanaman herbal di dalam atau sekitar rumah, dan menggunakan tanah diatom untuk membunuh lalat. Berikut penjelasan cara melakukannya.

Cara mengusir lalat secara alami dengan minyak esensial

Ada beberapa tanaman yang diketahui sebagai penghasil insektisida dan biasa digunakan masyarakat sebagai pengusir lalat secara alami. Minyak esensial yang dihasilakn oleh tanaman tersebut bisa dipakai untuk mengusir dan/atau membunuh lalat dari rumah secara alami dan pastinya aman untuk kesehatan.

Baca juga:  Hindari Kanker, Begini Cara Minimalisir Radiasi Ponsel

Tanaman yang dapat menghasilkan minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami dan mempunyai efek insektisida di antaranya lavender, geranium, serai, cengkih, papermin, dan timi.

Cara memakainya yakni:

  • Minyak esensial disemprotkan pada bagian rumah yang banyak dikerubumi lalat.
  • Beberapa tetes minyak esensial dituangkan ke dalam alat pendifusi, setelah itu diletakkan pada ruangan yang sering ada lalat.

Mengusir lalat di rumah dengan tanaman herba

Beberapa contoh tanaman yang dibenci oleh lalat adalah lavender, rosemary, basil, dan daun salam. Cara menerapkannya adalah cukup meletakkan bagian tanaman tersebut di jendela, terutama bagian dapur. Cara mengusir lalat secara alami ini sangat ampuh. Selain itu, tanaman-tanaman tersebut juga dipakai sebagai bumbu dapur.

Membunuh lalat dengan memakai tanah diatom

Tanah diatom merupakan insektisida yang tidak beracun, namun bisa merusak dan mengeringkan  eksoskeleton lalat dan serangga lainnya. Cara mengusir lalat secara alami dengan tanah diatom juga cukup mudah, hanya tinggal ditaburkan serbuk tanah diatomnya pada tempat sampah, taman atau bagian rumah yang paling sering didatangi lalat.

Cara Memberantas Lalat dari Rumah

Cara Memberantas Lalat dari Rumah
©mitalom.com

Jika pada bagian di atas yang sebelumnya telah dijelaskan adalah cara mengusir lalat secara alami, maka pada bagian ini adalah memberantas dan membunuh lalat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Memakai lampu perangkap

Lampu perangkap UV bisa dipakai untuk menangkap lalat-lalat yang berkeliaran di dalam rumah, namun cara ini hanya bisa untuk jenis spesies lalat yang ukurannya besar. Cara kerjanya alatnya adalah lalat-lalat akan tertarik untuk menuju sumber cahaya setelah itu terperangkap di papan yang mengandung lem atau juga bisa mati karena terkena sengatan listrik.

Berikut ini cara menggunakannya:

  • Lampu perangkap diletakkan pada kisaran 1 hingga 2 meter di atas permukaan lantai.
  • Lampu perangkap diletakkan sampai tidak kelihatan dari luar rumah
  • Pastikan untuk memakai lampu perangkap yang khusus untuk ruangan karena perangkap untuk menangkap lalat besar ini mempunyai tegangan tinggi dan bisa menyebabkan ruangan rumah kamu menjadi kotor.
Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Menangkap lalat dengan lem lalat kertas

Lem perekat anti lalat atau lem lalat kertas merupakan cara sederhana namun efektif dalam menangkap lalat. Kamu cukup membeli satu atau bisa langsung beberapa gulung lem perekat anti lalat ini kemudian digantung pada ruangan yang sering didatangi lalat.

Sebaiknya kamu jangan menggantung lem perekat anti lalat ini pada ruangan dapur atau tempat makan karena bangkai lalat bisa saja jatuh dan mengotori makanan yang kamu sajikan.

Baca juga: Penyakit Paru-paru Basah

Menangkap lalat buah dengan minuman anggur atau cuka

Lalat buah sangat menyukai produk-produk hasil fermentasi buah-buahan, misalnya cuka apel atau anggur merah. Kamu dapat menggunakan produk-produk itu untuk dijadikan umpan untuk mengumpulkan lalat dewasa kemudian membasminya.

Caranya yaitu:

  • Cuka apel dituangkan sedikit pada toples atau botol kemudian tutup menggunakan plastik. Pakai karet gelang sebagai pengikat lapisan plastik penutup tersebut. Buat beberapa lubang kecil di plastik penutup sehingga lalat bisa mencium aroma cuka lalu menghampirinya. Lalat tidak dapat keluar dari dalam toples kemudian tenggelam di dalam cuka.
  • Cuka dituangkan ke dalam sedikit ke dalam mangkuk kemudian tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring sehingga mengurangi tegangan permukaan cuka, dengan seperti itu lalat akan tenggelam kalau menyentuh permukaan cairan tersebut.
  • Botol anggur yang masih ada sedikit isinya diletakkan pada kondisi mulut  terbuka. Lalat akan masuk ke dalam botol dengan mudah tetapi sangat sulit kembali keluar.
  • Kamu juga bisa membeli kalau mau perangkap siap digunakan, saat ini sudah tidak sulit untuk menemukan tempat menjual perangkap lalat.

Basmi lalat dengan raket listrik

Raket listrik juga merupakan cara membasmi listrik yang lebih bersih jika dibandingkan dengan pemukul lalat biasa. Raket listrik ini bisa memberantas lalat juga serangga lainnya secara langsung ketika bersentuhan, lalat akan langsung terbakar sehingga tidak mengotori ruangan.

Cara membasmi lalat dengan menggunakan raket listrik ini cukup aman dipakai, tetapi dapat juga mengakibatkan kamu tersengat oleh arus listrik. Oleh karena itu sebaiknya alat ini dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Baca juga:  Cara menghilangkan Jerawat Secara Cepat, Alami dan Aman

Cara Menjauhkan Lalat Dari Rumah

Cara Menjauhkan Lalat Dari Rumah
©sistasehat.com

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjauhkan lalat dari rumah:

Sampah dan sisa makanan dibuang segera

Sebagian bahan organik disukai oleh lalat, karena itu merupakan sumber makanan dan menjadi sarang tempat menyimpan telur-telurnya. Oleh karena itu cara mengusir lalat secara alami adalah dengan menjauhkan atau tidak menyisahkan sisa makanan atau sampai lainnya di dalam maupun di luar rumah.

Hal yang perlu kamu lakukan di antaranya:

  • Makanan disimpan pada wadah yang tertutup rapat atau simpan di dalam lemari pendingin/kulkas.
  • Piring yang telah dipakai segera dicuci.
  • Jika menemukan tumpukan sampah segera dibersihkan.
  • Sampah dari sisa makanan dibuang pada tempat yang tertutup.

Tempat sampah ditutup dan dijaga kebersihannya

Kompos dan sampah diletakkan pada wadah yang tertutup rapat, setelah itu dibuang secara terjadwal, jangan biarkan menumpuk. Wadah kompos dan tempat sampah juga dicuci secara teratur dengan air panas atau sabun untuk menghindari belatung atau telur lalat berkembang pada sudut-sudut tempat sampah.

Kotoran hewan dan popok bekas pakai segera dibuang

Jika kamu mempunyai hewan peliharaan misalnya kucing di rumah, sering-seringlah mengganti pasir kotorannya. Tempat menampung popok juga menjadi tempat yang sering dikerubumi lalat. Olehnya itu, kotoran bayi atau hewan peliharaan jangan dibiarkan berlama-lama, segeralah kamu buang.

Peralatan dapur dibersihkan

Kulkas maupun peralatan dapur sebaiknya dibersihkan juga secara berkala, terutama pada bagian bawah maupun sekitarnya yang merupakan bagian yang seringkali lembab. Pakailah air hangat dan sabun. Setelah area tersebut dibersihkan, peras dan bilaslah semua kain pel yang kamu pakai lalu jemur sampai kering.

Kain pel atau lap yang basah juga bisa menjadi tempat lalat bisa berkembang biak.

Saluran air dibersihkan

Jendela dan pintu dipasangi kawat nyamuk

Retakan atau celah pada pipa ditambal ulang

Nah, itulah beberapa tips cara mengusir lalat secara alami dan mudah. Semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com