Cara Membuat Fidget Spinner Sendiri dengan Tali Ties dan Tutup Botol

Cara Membuat Fidget Spinner – Akhir-akhir ini sedang ramai dan viral di media sosial yang menampilkan sebuah permainan di tangan, yah mainan yang memiliki bentuk mirip shuriken tersebut dikenal dengan nama Fidget Spinner. Saat ini sedang populer dimainkan oleh para remaja.

Sebelum kita memulai tutorialnya, ada baiknya kita mengetahui dulu tentang mainan ini. Apasih sebenarnya benda tersebut? dan bagaimana cara memainkannya? Dan setelah itu, tentu saja cara membuatnya yang mudah, murah dan bagus.

Apa itu Fidget Spinner?

Apa itu Fidget Spinner

thenewdaily.com.au

Sesuai dengan namanya, Anda mungkin bisa langsung mengetahui fungsi benda ini. Fidget yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti cemas atau gelisah, dan Spinner yang berarti pemutar. jadi secara harfiah, mainan fidget spinner adalah sebuah alat pemutar yang dimainkan dengan tujuan menghilangkan rasa cemas, gelisah atau bosan.

Mainan Fidget Spinner dipatenkan pertama kali pada tahun 1996 oleh Catherine A. Hettinger. Beliau berharap dengan mainan unik dan sederhana ini dapat menghilangkan kebiasaan kurang baik yang biasa orang lakukan ketika sedang kosong atau tidak ada kerjaan untuk menghilangkan perasaan bosan.

Setelah hak paten Catherine A. Hettinger telah kadaluarsa, banyak perusahaan yang mulai memproduksi dan mengembangkan sendiri mainan yang memiliki bentuk seperti baling-baling tersebut terutama pada segi model yang beragam dan diminati terutama kalangan remaja.

Bahkan, mainan Fidget Spinner ini bisa menjadi alat yang memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan psikologis seperti sulit fokus, cemas, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Hal ini disampaikan oleh Rachel Andrew, seorang direktur Time Psichology.

Cara Memainkan Fidget Spinner

Cara Memainkan Fidget Spinner

youtube.com

Meski di Indonesia Fidget Spinner sudah mulai populer dan video mainan ini banyak beredar di media sosial, namun banyak juga orang yang belum mengetahui benda ini sebenarnya mainan apa dan mengapa populer dan banyak dimainkan orang.

Cara memainkan Fidget Spiner sebenarnya cukup sederhana, Anda cukup memegang Fidget Spinner dengan dua jari-jari, biasanya jari telunjuk dan ibu jari kemudian memutarnya, Setelah itu Anda akan merasakan nikmatnya sensasi Fidget Spinner di jari yang sedang berputar.

Jenis-jenis Fidget Spinner

Jenis-jenis Fidget Spinner

youtube.com

Mainan Fidget Spinner yang populer belakangan ini mendorong produsen mengembangkan lebih banyak jenis. Mulai dari yang jenis klasik terbuat dari satu buah bearing untuk berputar dan tiga bearing lagi untuk menyeimbangkan, sampai model paling keren Batman Hand Spinner yang memiliki bentuk seperti logo Batman.

Dari berbagai macam jenis Fidget Spinner, yang paling populer dan diminati adalah jenis yang bisa menghasilkan cahaya berwarna-warni. Selain sisi seninya yang unik dan menarik, Fidget Spinner yang mengeluarkan cahaya juga bisa dimainkan dengan berbagai macam tekhnik dan trik.

Baca juga: Cara Membuat Bunga Dari Kertas Tisu

Cara membuat Fidget Spinner dari Tutup Botol

Cara membuat Fidget Spinner dari Tutup Botol

Fidget Spinner dari Tutup Botol

Untuk membuat mainan ini, lihat video di bawah ini dan juga pada bagian terakhir tulisan ini agar lebih mudah memahami tutorial selanjutnya.

Cara membuat spinner ini sangat mudah diikuti tutorialnya. Oke langsung saja kita mulai yaa..

Alat-alat dan Bahan untuk Membuat

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Fidget Spinner dari tutup botol

Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Botol plastik sebanyak 5 buah
  • Lem yang dapat merekatkan bahan dari plastik, Anda bisa memilih lem tembak atau lem super
  • Tusuk gigi atau tusuk sate sebanyak 1 buah
  • Paku ukuran sedang, pisau yang memiliki ujung lancip, atau bisa juga obeng yang ujungnya lancip
  • Tiga bulatan dari bahan eva yang mempunyai ukuran sama dengan lubang bahan tutup botol
  • Dua bulatan dari bahan eva yang memiliki ukuran lebih kecil dari bulatan sebelumnya.

Langkah-langkah Membuat

  1. Langkah pertama yaitu membuat lubang tepat di bagian tengah-tengah tutup botol, untuk melubangi, Anda bisa menggunakan pisau, paku atau obeng yang telah disediakan sebelumnya. lubangi dua tutup botol.

    Langkah 1 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 1

  2. Setelah tutup botol selesai dilubangi, selanjutnya adalah merekatkan dua  tutup botol yang telah dilubangi tadi dengan posisi berhadapan,Anggap ini adalah tutup botol “A”. Gunakan lem yang telah Anda sediakan tadi untuk merekatkan.

    Langkah 2 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 2

  3. Tutup botol A yang selesai direkatkan tadi ditempeli dengan 3 tutup botol yang lainnya. Yang harus Anda perhatikan di tahap ini adalah jarak antara tiap tutup botol harus sama.

    Langkah 3 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 3

  4. Rangkaian tutup botol yang telah selesai dicolok pada bagian tengahnya oleh tusuk sate yang telah disediakan (pada lubang di tutup botol A), lalu masukkan lagi bulatan karet yang berukuran kecil. Dua buah bulatan karet kecil ini berguna untuk menjaga agar spinner tidak goyah.

    Langkah 4 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 4

  5. Setelah dicolok dan dirasa posisinya sudah mantap, kedua sisi tusuknya dipotong dengan cara digunting pada jarak sekitar 1 – 2 mm dari bulatan karetnya.

    Langkah 5 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 5

  6. Selanjutnya masukkan tiga bulatan karet yang telah dibuat sebelumnya ke dalam masing-masing tutup botol B. Bulatan karet besar ini berguna untuk membuat fidget spinner menjadi lebih berat sehingga akan lebih stabil ketika berputar, juga mempercantik tampilannya.

    Langkah 6 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 6

  7. Untuk hasil yang lebih menarik, semprot dengan menggunakan cat yang telah Anda sediakan.
    Langkah 7 Cara membuat Fidget Spinner dari tutup botol

    Langkah 7

    dan..

  8. Tadaaaaa..!!! Fidget Spinner buatan tangan Anda siap dimainkan.

Cara Membuat Fidget Spinner dengan Tali Ties

Cara membuat fidget spinner yang kedua ini juga cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun gampang didapatkan di rumah Anda. Okkey, langsung saja kita mulai.

Bahan-bahan Untuk Membuat Fidget Spinner dengan Tali Ties

  • Bearing ( 3 atau 4 sesuai dengan kebutuhan), sebuah bearing (laker) dengan diameter 2,4 cm, dua buah bearing yang berdiameter 3 cm.
  • 4 – 9 buah tali jepit / kabel ties sesuai kebutuhan
  • cutter dan gunting.

Setelah semua bahan dan alat yang diperlukan siap, Anda bisa langsung memulai membuat fidget spinner. Namun hal pertama sebelumnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan apakah Anda ingin membuat spinner dengan menggunakan tiga atau empat bearing. Selanjutnya, langsung ke tutorial step by step berikut ini.

Lankah-langkah Membuat Fidget Spinner dengan Tali Ties Step by Step

  1. Tali ties yang telah disediakan tadi dirangkai membentuk segi tiga seperti gambar di bawah ini

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

    langkah 1

  2. Setelah tali ties mantap membentuk segi tiga, laker dipasang pada tiap sudut segitiga dari tali ties yang telah dirangkai.

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties 2

    Langkah 2

  3. Selanjutnya, tali ties tiap laker tidak langsung dibuat over, namun agak kendur agar bisa memasang laker lagi pada bagian tengah-tengahnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

    Langkah 3

  4. Laker untuk bagian tengah dipasang, langsung saja dimasukkan pada bagian tengah.

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

    Langkah 4

  5. Setelah lakernya dimasukkan di bagian tengah, selanjutnya adalah tiap ikatan tali tes dikencangkan.

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

    Langkah 5

  6. Setelah tip tali dikencangkan, tiap ujunga talinya yang berlebihan dipotong dengan gunting atau cutter. Dibuat serapi mungkin.

    Cara membuat Fidget Spinner dengan tali ties

    Langkah 6

  7. Supaya lebih menarik, semprot dengan menggunakan cat yang telah Anda sediakan.
  8. Yeeaaahh..! fidget spinner buatan tangan Anda uang kedua siap dimainkan.

Supaya lebih jelas dan paham, lihat saja secara langsung video tutorial cara membuat fidget spinner di bawah ini.

Fidget spinner yang menggunakan bearing berbahan metal/logam  adalah yang paling sering digunakan karena harganya yang cukup terjangkau. Namun kadang kurang maksimal yakni lamanya waktu berputar tidak lama atau sangat singkat. Namun Anda bisa membuatnya lebih maksimal dengan beberapa cara tanpa perlu mengganti bearing berbahan logam ke bearing hybrid.

Tips Cara Membuat Fidget Spinner Berbearing Logam Berputar Maksimal

Hal yang perlu diketahui bahwa bearing berbahan logam dilumuri pelumas dari pabriknya dengan tujuan agar tidak berkarat tapi seringkali terlalu kental, hal inilah yang mengurangi putaran. Oleh karena itu, sebaiknya dihilangkan pelumasnya.

  • Langkah pertama menghilangkan pelumas atau grease pada bearing adalah bearing poros dilepas terlebih dahulu dari rangkaian Fidget Spinner, jika bearing ada penutupnya, terlebih dahulu Anda lepaskan dengan cara dicungkil.

    Maksimalkan Putaran Fidget Spinner

    Langkah 1

  • Setelah itu, Anda siapkan cairan pelarut pada bearing Fidget Spinner yang ditempatkan pada wadah kecil. Ada beberapa jenis cairan yang bisa Anda gunakan. Seperti sabun cucu piring yang telah dicampur dengan air, bensin, thinner atau minyak korek api zippo dan berbagai jenis lainnya dengan bahan yang mirip.

    Maksimalkan Putaran Fidget Spinner

    Langkah 2

  • Di sini, kita akan menggunakan bensin karena lebih tuntas dalam meluruhkan pelumas pada bearing logam. Bearing direndam dalam bensin, sesekali diangkat dan diputar-putar kemudian rendam kembali. Setelah dirasa cukup, bearing diangkat dan kembali diputar-putar kemudian dikeringkan. Jika Anda memakai campuran air dan sabun cuci, terlebih dahulu bilas dengan air hingga benar-benar bersih, kemudian keringkan, Anda bisa menggunakan hair dryer agar lebih cepat.

    Maksimalkan Putaran Fidget Spinner

    langkah 3

Setelah selesai, bearing coba diputar-putar beberapa kali, jika berhasil putarannya akan lebih kencang dan lama dari sebelumnya. Setelah itu tinggal memasang kembali rangkaian fidget spinner seperti sebelumnya. Penutup bearing sebaiknya tidak dipasang lagi namun agar kering dan tidak karat sering-seringlah memperhatikan kondisinya agar tetap dalam keadaan bersih.

Maksimalkan Putaran Fidget Spinner

langkah 4

***

Oke, demikianlah tutorial cara membuat fidget spinner mudah dan praktis yang bisa Anda buat sendiri, daripada Anda membelinya, lebih baik menghemat uang dengan membuatnya sendiri. Semoga bermanfaat. Share juga yaa ke teman-temanmu yang lain biar mereka juga tau dan bisa memainkannya.

Sumber: grid.id, jepara.me, kupaman.com