Tutorial Cara Memakai Dasi Berbagai Pilihan Gaya (Lengkap dengan Gambar & Video)

Cara Memakai Dasi – Menggunakan dasi akan membuat seseorang terlihat lebih stylish dan menambah tingkat kegagahan. Dasi digunakan tidak hanya untuk acara dan kegiatan formal, saat bersantai di luar rumah pun bisa Anda kenakan, terutama yang bekerja kantoran dan tinggal di pusat kota.

Memang jika dilihat sekilas, menggunakan dasi adalah hal yang mudah dilakukan, namun jika tidak terbiasa, kita akan kebingunan saat memakainya. Dikutip dari ties.com, berikut tutorial menggunakan dasi berbagai model simpul yang disertai gambar dan video yang bisa Anda pelajari.

1. Cara Memasang Dasi Simpul Four In Hand
cara memakai dasi simpul empat

pinterest.com

Dinamai setelah Century Gentleman’s Club dengan nama yang sama, Four-in-Hand adalah juara bertahan dari simpul dasi. Popularitasnya berasal dari kesederhanaan dan fleksibilitasnya. Sangat mudah untuk mengikat, ramping, meruncing, agak asimetris dan self-releasing. Jika Anda hanya belajar satu simpul, jadikan itu Four-in-Hand.

Tonton video tutorialnya di bawah ini

2. Cara Memakai Dasi Simpul Half Windsor
cara memasang dasi setengah simpul

pinterest.com

Simpul Half Windsor bekerja dengan sempurna untuk situasi yang cukup formal. Simpul segitiga itu menunjukkan proporsi dan menambahkan sedikit tinggi vertikal ke wajah. Simpul simetris yang lebih kecil juga memuji wajah berukuran sedang.

Lihat Video tutorial memakai dasi simpul Half Windsor di bawah ini

3. Cara Memakai Dasi Simpul Full Windsor
cara memansang dasi

pinterest.com

Ini memiliki segitiga yang sangat besar yang melengkapi kerah menyebar atau kerah. Simpul ini adalah simpul melepaskan diri, yang berarti membatalkannya, yang harus Anda lakukan adalah menarik ujung yang sempit melalui simpul.

Bila diikat dengan benar simpulnya aman dan kencang dan tidak terlepas dari kerah saat dipakai. Simpul itu menciptakan ruang nyaman antara kerah dan leher sambil menahan dasi di tempat. Bentuk Full Windsor sama dengan Half Windsor, tapi 25% lebih besar dari simpul Half-Windsor.

4. Cara Memakai Dasi Simpul Nicky
memasang dasi ala nicky

pinterest.com

Nicky menggunakan panjang yang relatif kecil, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk pria atau pria jangkung dengan ikatan yang merupakan sentuhan di sisi pendek.

Itu membuat simpul yang lebih tebal daripada yang ada di tangan, dan satu dengan tampilan simetris (walaupun dalam istilah matematika tidak, secara teknis, simpul simetris, karena memiliki lebih banyak “gerakan” di satu sisi daripada yang lain).

5. Cara Memakai Dasi Kupu-kupu
cara memasang dasi kupu-kupu

pinterest.com

Untuk pemula, dianjurkan untuk berlatih mengikat dasi kupu-kupu di sekitar paha Anda karena memiliki lingkar yang kira-kira sama dengan leher Anda namun terlihat jelas.

Dasi kupu-kupu paling baik dipasangkan dengan kerah menyebar yang bagus dan tidak boleh dipakai dengan kerah tombol-down. Pria dengan wajah lebih besar akan terlihat lebih baik dengan sayap yang lebih lebar sedangkan pria berwajah sempit harus memilih tampilan yang lebih ramping.

Lihat video tutorial memakai dasi kupu-kupu di bawah ini

6. Cara Memakai Dasi Simpul Kelvin
cara memasang dasi kelvin knot

pinterset.com

Simpul Kelvin dinamai untuk William Thompson, The Lord Kelvin, ilmuwan abad kesembilan belas yang paling dikenal karena karyanya dalam termodinamika. Simpulnya adalah penemuan yang lebih modern, dan tidak akan pernah dipakai oleh Lord Kelvin; Itu dinamai untuk menghormati kontribusinya terhadap teori simpul matematika awal.

Sebagai simpul yang lebih kecil, Kelvin bekerja dengan baik bila Anda memiliki sedikit waktu luang untuk bekerja dengan, dan mungkin memerlukan dasi yang lebih tebal untuk mengisinya. Diikat dalam dasi yang sangat ringan dan sempit, ia bisa mengencangkannya sampai tampak sangat kecil, membuat kepala pemakainya tampak tidak menarik.

7. Cara Memakai Dasi Simpul Oriental
cara memasang dasi simpul oriental

pinterest.com

Simpul sederhana mudah diikat, membutuhkan jumlah panjang dasi yang relatif kecil, dan menciptakan simpul simetris. Saat ditarik kencang itu bisa tampil agak kecil, sehingga paling cocok untuk pria dengan wajah sempit dan kerah kecil menyebar.

Orang tua kuno mungkin juga menyebut ini sebagai “simpul anak sekolah,” dan mencegah penggunaannya dengan pakaian orang dewasa.

8. Cara Memakai Dasi Simpul Pratt
cara pasang dasi simpul pratt

pinterest.com

Pratt adalah variasi simpul Windsor. Ini simetris dan menengah – sehingga orang menganggapnya sebagai alternatif yang bagus untuk simpul Kecil atau Empat-di-tangan.

Bagaimana tepatnya berukuran sedang? Ini cukup tepat di antara Windsor dan Four-in-hand. Ini juga menggunakan lebih sedikit kain dasi daripada Windsor penuh.

Pratt dikenal sebagai simpul yang mudah untuk diikat – hanya membutuhkan beberapa putaran atau belitan. Dan dengan cara melakukannya, ada cukup banyak gaya untuk bekerja pada dasi standar (kain ringan) atau dasi bertubuh tebal (seperti dasi rajutan)

9. Cara Memakai Dasi Simpul St. Andrew
cara memasang dasi simpul st andrew

pinterest.com

Simpul St. Andrew pada dasarnya adalah simpul “kenyamanan” dengan sedikit kecil untuk itu.

Ini mengikat dengan cepat, meski tidak secepat simpul terkecil, dan melepaskan diri, yang berarti Anda dapat menarik ujung ekor simpul untuk membatalkan keseluruhannya.

10. Cara Memakai Dasi Simpul Balthus
cara memasang dasi simpul Balthus

pinterest.com

Balthus diberi nama untuk penemunya, pelukis Polandia-Prancis eksentrik. Dia mengaku telah mengembangkannya dari kebosanan, tapi tidak memakai simpul dengan keteraturan apapun.

Terkadang dikenal sebagai “Sepupu Full Windsor,” itu membutuhkan dasi yang sangat panjang. Selain itu, maksud pencipta adalah untuk dasi yang berada tepat di bawah simpul agar cukup lebar, lebih banyak daripada kebanyakan pria yang mengenakan ikatan mereka.

11. Cara Memakai Dasi Simpul Hannover
cara memasang dasi simpul Hanover

pinterest.com

Congratulations! Anda sekarang memiliki simpul Hanover untuk meningkatkan gaya Anda untuk acara-acara khusus tersebut. Tapi sementara simpul dasi yang kurang formal cenderung biasa terjadi dalam pengaturan sosial santai – siapakah yang harus selalu ikuti kelompoknya?

Selama Anda cukup percaya diri, Anda pasti akan mengesankan semua orang dengan gaya Hanover Anda terlepas dari acara tersebut. Simpul padat seperti ini membawa pria berkelas di dalam dirimu.

12. Tutorial Memakai Dasi Simpul Plattsburgh
cara memasang dasi simpul latsburgh

pinterest.com

Simpul Plattsburgh ditemukan oleh Thomas Fink, salah satu dari dua rekan penulis studi matematika tentang dasi bertuliskan The 85 Ways to Tie a Tie. Dia menamainya di kampung halamannya di Plattsburgh, NY.

Plattsburgh yang diikat dengan benar menghasilkan bentuk segitiga simetris yang agak memanjang dengan lubang bawah kecil.

13. Cara Memakai Dasi yang Benar ala Simpul Grantchester
cara memasang dasi simpul grandchester

pinterest.com

Grantchester pada dasarnya adalah variasi yang ditumbuhi pada simpul empat tangan. Ini menyaingi Windsor penuh karena ketebalannya, namun memiliki bentuk asimetris empat tangan.

Sejarah nama tersebut tidak jelas. Thomas Fink dan Yong Mao menggunakannya dalam karya matematika mereka dengan dasi, 85 Cara Mengikat Tie. Seperti sejumlah simpul dasi, namanya berasal dari sebuah kota di Inggris dekat Cambridge, tempat Fink dan Mao belajar. Grantchester adalah simpul yang besar dan kuat, mirip dengan Windsor dalam jumlah besar, meski agak lebih pendek tingginya. Gunakan dasi yang relatif tipis agar tidak terlalu besar.

14. Cara Memakai Dasi Simpul Victoria
cara memasang dasi simpul victoria

pinterest.com

Dinamai untuk menghormati ratu Inggris (meski paling pasti bukan karena dia memakainya sendiri), Victoria adalah perpanjangan sedikit dari simpul empat tangan.

Hal ini terutama berguna untuk pria yang tahu dan lebih memilih empat tangan, tapi menemukan diri mereka dengan dasi yang sedikit terlalu panjang. Victoria menambahkan umpan ekstra di bagian depan simpul sebelum mengikatnya, dan jika tidak identik dengan sepupunya yang lebih kecil.

15. Cara Memasang Dasi Simpul Cafe
cara memasang dasi simpul cafe

pinterest.com

Simpul kafe, seperti namanya, adalah gaya yang disukai oleh para pecandu kafe di awal abad ke-20.

Ini adalah simpul yang bergaya dan tidak perlu rumit, dirancang untuk menarik perhatian pada kehebatan pengikat meja rias (dan umumnya, pada dasi sutra halusnya juga). Produk jadi memiliki pasangan diagonal yang berbeda yang membingkai pusat simpul segitiga. Ini tidak cukup simetris, karena satu “kaki” segitiga melapisi sisi lainnya.

Produk jadi memiliki pasangan diagonal yang berbeda yang membingkai pusat simpul segitiga. Ini tidak cukup simetris, karena satu “kaki” segitiga melapisi sisi lainnya.

Sementara simpul jadi tidak sebesar Windsor atau Balthus, itu membutuhkan cukup banyak waktu untuk mengikat. Idealnya kedua framing “kaki” harus diikat dengan pusat ramping dasi; Lagi pula mereka akan menyembunyikan simpul di antara keduanya.

16. Cara Memasang Dasi Simpul Eldredge
cara memasang dasi simpu dasi kupu-kupul

pinterest.com

Mungkin perlu beberapa usaha untuk mengikat simpul yang sulit ini dengan benar. Berlatihlah beberapa kali sebelum memakainya di depan umum. Ingat, ini adalah simpul yang terlalu boros yang seharusnya hanya dipakai untuk efek dramatis.

Lihat video tutorialnya di bawah ini

17. Cara Memasang Dasi Simpul Trinity
cara memasang dasi simpul segi tiga

pinterest.com

Apakah Anda cukup jantan untuk memakai simpul trinitas? Bentuknya simetris sepanjang tiga sumbu yang bertemu di tengah, bukan satu sumbu vertikal di bagian tengah seperti simpul dasi simetris. Simpul terakhir cukup besar dan tidak mungkin ketinggalan.

Ini terlalu “show-offy” untuk situasi bisnis, dan bisa terlihat sangat sibuk dalam pola sibuk. Pilih dasi yang relatif polos, dan yang tanpa ketebalan terlalu banyak – simpulnya cukup besar. Karena bentuk simpul dibentuk oleh ujung dasi yang sempit, Anda pasti ingin memilih dasi yang memiliki ujung sempit yang relatif tidak diikat. Jika ada lancip diagonal yang mencolok ke sisi dasi di dekat ujung yang sempit, tiga lipatan simpul yang telah selesai tidak akan berukuran sama, dan efeknya akan hancur.

18. Cara Memasang Dasi Simpul Christensen
cara memasang dasi simpul christensen

pinterest.com

Christensen adalah simpul dasi unik dengan asal rendah: ini pertama kali digunakan oleh katalog surat pesanan Swedia sebagai simpul untuk ikatan pra-ikatan dan klip, di mana simpul dijahit di tempat dan tidak akan pernah dilepas.

Terikat dengan benar, simpulnya membuat bentuk X bergaya di kerah. Ini cenderung menarik rapat dan sempit di bagian tengahnya, namun terbentang di bagian atas dan bawah, menghasilkan tipe jam pasir.

Menampilkan “bottleneck” yang melengkung di tengahnya membutuhkan dasi yang halus, jadi menjauhi knits tebal yang satu ini. Pola juga harus dijaga tetap kecil dan minim. Ini adalah simpul yang bagus untuk berdandan dasi polos berwarna solid sedikit.

Karena bentuknya yang unik akan memberi orang double-take, ini bukan simpul ideal untuk situasi bisnis yang ketat. Kenakannya secara santai, pengaturan bisnis sehari-hari (bukan pertemuan formal atau presentasi) sebagai gantinya, atau pada acara sosial yang membutuhkan dasi.

***

Itulah 18 tutorial menggunakan dasi yang akan membuat penampilan Anda semakin kece dan bergaya. Bagaimana, apakah Anda sudah bisa menggunakan dasi sendiri dengan model favorit Anda?

Apa komentar Anda?