Kamu Penikmat Kopi? Ini Bahaya yang Mengintai Kesehatanmu

Bahaya Minum Kopi – Benarkah kopi begitu berbahaya bagi kesehatan?

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi saat ini sudah menjadi minuman yang paling sering disajikan di kafe ataupun saat kamu sedang akan mengerjakan tugas dengan begadang agar tetap terjaga. Produk kopi saat ini sangat banyak di pasaran dan mudah ditemui, dengan pilihan rasa yang bervariasi.

Bahkan minum kopi sepertinya sudah menjadi gaya hidup anak muda sekarang. Di samping aroma dan rasanya yang menarik, kopi dipercaya oleh banyak kalangan dapat menurunkan risiko terkena penyakit. Tapi itu jika kamu mengomsusinya tidak berlebihan dan teratur.

Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kamu juga salah satu penikmat minuman kopi? Sebaiknya kamu perlu membaca fakta ini sampai selesai. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi mencegah itu lebih baik daripada mengobati, bukan?

Seperti dikutip dari Healthhamtion oleh infowanita.id, terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan hormon epinefrin, kortisol, dan norepinefrin. Ketiga bahan kimia penting dalam tubuh tersebut dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan ketegangan saraf tubuh. Karena itu, setelah minum kopi, beberapa orang akan merasakan jantungnya berdebar.

©waktuku.com

Dengan kata lain, hal ini menepis anggapan banyak orang selama ini bahwa minum kopi dapat memberikan energi, tapi lebih dari itu, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan ketegangan pada saraf yang mengakibatkan perasaan gelisah dan denyut jantung lebih kencang alias takikardi.

Bahkan, hanya dengan meminum secangkir kopi kamu dapat mengalami gangguan pada proses pencernaan. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu metabolisme neurotransmitter yang berperan mengatur suasana hati dan stress.

Suasana hati dan sistem pencernaan secara mengejutkan ternyata saling terkait. Sayang ketika terlalu banyak minum kopi maka kadar tinggi kafein di dalamnya dapat berdampak negatif terhadap keduanya. Bagi kamu yang tidak terbiasa minum kopi, jantungmu akan berdebar lebih kencang. Bahkan, serangan jantung adalah hal terburuk yang bisa kamu alami. Ngeri, kan?

Baca juga:  Hati-hati Memberikan Antibiotik Untuk Diare pada Anak!

Melihat contoh kasus seperti tersebut, studi yang dilakukan peneliti dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa hanya dalam satu jam setelah minum kopi,  dapat memicu serangan jantung.

Peneliti dari Brown Yunivercity School of Medicine di Providence, AS, Ana Baylin melaporkan tidak semua orang yang nyaman saat minum kopi meski hanya satu cangkir. Resikonya dapat membahayakan jantung mereka.

“Orang-orang yang beresiko tinggi untuk serangan jantung adalah orang yang jarang minum kopi atau hanya mereka yang mencoba pertama kali meminumnya,” demikian Baylin menjelasakn seperti dikutip dari WebMD.

“Ini disebabkan karena pengaruh kafein yang memicu kenaikan singkat tekanan darah, serta aktivasi saraf simpatik yang bisa memicu serangan jantung. Namun, di sisi lain, penelitian sebelumnya telah menunjukkan peminum kopi mungkin berisiko mengalami penurunan, untuk penyakit parkindson, diabetes dan beberapa jenis kanker.” Lanjut Baylin

Terus, berapa jumlah maksimal minum kopi yang masih bisa ditoleransi dan disebut sehat?

Dianjurkan buat kamu minum kopi tiga sampai lima cangkir sehari dengan volume cangkir sekitar 236 ml, bukan seperti yang disediakan di gerai-gerai kopi dengan ukuran besar yang volumenya setengah liter lebih, mana lagi jika ditambah gula, krim dan sebagainya.

Untuk wanita hamil, kafein sangat membahayakan perkembangan janin. Jadi jauhi, disarankan meminum teh atau air karena itu lebih sehat.

***

Apapun itu, yang namanya berlebihan tidak baik looh. Jika kamu saat ini sudah ketagihan dengan minuman kopi, sebaiknya kamu batasi. Sedang bagi kamu yang tidak terbiasa dengan minuman ini, ya selamat. Setidaknya kamu sudah terhindar dari salah satu risiko kesehatan.

Content Protection by DMCA.com