Atasi Kebuntuan Berpikirmu, Jadilah Kreatif Lewat Kegiatan Sederhana ini!

Kebuntuan berpikir, tidak ada ide memang menyebalkan ketika menghadapi momen-momen dimana rekan-rekan dan orang terdekatmu meminta saran atau sedang meminta pendapatmu.

Jika kamu berhasil mendapatkan gagasan-gagasan baru lalu menyampaikannya, kamu akan makin terlihat keren dan pamormu akan naik. Rasa percaya diri dalam lingkunganmu juga nambah. Makanya kamu mesti jadi pribadi yang kreatif.

Berikut adalah beberapa kegiatan sederhana dan mudah kamu lakukan yang bisa membuat otakmu makin kreatif;

Membaca apa saja

via Utne.com

Dengan membaca, kamu akan mendapat info-info terbaru, baik sosial, ekonomi, budaya, teknologi atau apapun itu. Kamu akan memiliki wawasan yang lebih luas dan terhindar dari golongan orang-orang Kudet (baca: Kurang Update) dalam pergaulanmu. Kan tidak lucu kalau orang-orang kumunitasmu membicarakan sesuatu hal dan kamu hanya bengong dan tidak tahu samasekali. Kamu bisa baca majalah, surat kabar, buku dengan topik yang belum pernah kamu kenali sebelumnya. Jangan hanya terpaku pada jurusan yang kamu geluti.

Dari membaca kamu bisa mendapatkan ide-ide segar, bisa dengan memodifikasi karya orang lain menjadi lebih baik dengan cara kamu sendiri, ataupun bisa muncul begitu saja setelah membaca hal-hal tertentu.

Orang-orang besar dunia hampir keseluruhan hobi membaca, kamu pun bisa jadi salah satu orang hebat itu dengan pemikiran kreatifmu yang kamu peroleh dari kebiasaan membaca.

Ikuti kelas-kelas keterampilan baru

via Edinburgh College of Art

Sering-seringlah ikut event kekinian yang diadakan di sekitar lingkungan kamu, sesekali keluar lingkunganmu juga tak apa, yang pastinya terjangkau dan tidak mengganggu rutinitas dan kewajibanmu. Kamu bisa mengikuti kelas kreatif seperti; fotografi, menulis kreatif, melukis, menari de el el.

Bisa saja lewat keikutsertaanmu pada event tertentu, kamu menemukan passion dan minatmu. Pengalaman, link juga menjadi hal penting bisa kamu dapatkan. Mana tahu ketemu jodoh di tempat sana juga (eh 😀 ).

Baca juga:  30 Desain Vas Bunga Unik untuk Hiasan Bunga di Ruangan Anda

Hasilkan sesuatu

via pixabay.com

Yah, buat hal-hal yang sederhana saja tapi nyata hasilnya. Misalnya; artikel, sketsa dan lukisan atau coretan berupa simbol-simbol dari alur pekerjaan kamu. Bila kamu terbiasa berpikir dengan kata-kata, berpikir dengan gambar, akan memudahkan lahirnya ide baru. Hal sederhana ini juga bisa mengasah skill yang menjadi modal buat kamu bersaing di dunia kerja nantinya.

Lakukan olahraga

via pixabay.com

Jadikan olahraga sebagai salah satu rutinitas kamu, yang bersifat aerobik secara teratur lebih disarankan. Untuk bekerja dan berpikir kreatif butuh tubuh yang sehat looh.

Nikmati musik dari jenis musik yang berbeda dari biasanya kamu dengar

via pixabay.com

Jika selama ini kamu sukanya dengar musik melow, sesekali dengar musik rock atau aliran musik lainnya. Dijamin suasana perasaan berbeda kamu rasakan saat itu juga, ini membuat pikiranmu terangsang untuk berpikir berbeda dari biasanya alias lebih kreatif,  lebih menantang. Atau kamu bisa mencoba memaikan instrumen musik baru yang selama ini belum pernah kamu mainkan.

Memasak

via blogfyna.com

Mengolah makanan yang mentah menjadi sajian yang matang dan menggoda dengan seluruh proses prosedur memasak melibatkan seluruh otak kamu. Kalau selama ini kamu hanya mengandalkan hasil masakan ibu, cobalah luangkan waktumu dan mengatur jadwal tetap untuk memasak sendiri. Hasilnya bagaimana-bagaimana nanti, itu tidak masalah, kan kamu sendiri yang cicipi.

Mulai sekarang, jauhkan deh makanan instan dan cepat saji dari hari-harimu dan lebih baik nikmati hasil masakanmu sendiri.

Bertemu dan bersosialisasi dengan orang baru

via Rimma.co

Meski kamu sibuk dengan urusan kuliah atau kerjaan, sempatkan waktumu untuk bergabung dengan komunitas-komunitas anak muda kreatif yang sesuai minatmu. Pelajari cara orang lain memandang masalah dan menyelesaikannya. Ambil hal-hal positif dari 0rang-orang yang kamu temui.

Baca juga:  Lomba 17 Agustus Paling Lucu, Unik dan Kreatif

Lalui rute baru di perjalanan kamu

via pixabay.com

Jika selama ini kamu lewat selatan, coba kamu lalui rute barat atau utara. jika selama ini naik taksi, sesekali kamu coba naik angkot atau ojek bahkan kamu bisa coba jalan kaki. Yang pasti, kamu tahu jalurnya, tahu jalan pulang. Sesekali tersesat juga nggak apa-apa kok, hehhe. *kan ada maps :p

***

Kreativitas itu mahal, jadi sosok yang kreatif itu itu keren. So, jadilah kreatif ! 😀

Apa komentar kamu?