16 Arah Mata Angin Lengkap dan Cara Menentukannya

Arah Mata Angin – Kemampuan untuk mengetahui 4 arah mata angin, barat, utara, timur, selatan dengan memakai berbagai trik bisa membantu kamu dalam mengambil jalan dan arah ketika kamu berada di suatu kawasan yang asing dan tidak ada petunjuk jalan sama sekali, seperti di tengah hutan atau di tengah padang pasir (mana tau suatu saat kamu terdampar di sana).

Sebelum membahas cara mengetahui arah mata angin, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu arah mata angin secara jelas. Ada apa saja sih?

16 Arah Mata Angin Lengkap

Arah mata angin lengkap
©beritake.com

Berikut adalah tabel daftar arah mata angin lengkap dengan singkatan, bahasa Inggris, singkatan dalam bahasa inggris dan besar derajat.

No Nama Indonesia Sing. Nama Inggris Sing. Besar Derajat
1
Utara
U
North
N
 0 atau 360
2
Utara Timur Laut
UTL
North Northeast
NNE
022.5
3
Timur Laut
TL
Northeast
NE
45
4
Timur Timur Laut
TTL
East Northeast
ENE
67.5
5
Timur
T
East
E
90
6
Timur Menenggara
TM
East Southeast
ESE
112.5 
7
Tenggara
TG
Southeast
SE
135
8
Selatan Menenggara
SM
South Southeast
SSE
 157.5
9
Selatan
S
South
S
 18
10
Selatan Barat Daya
SBD
South Southwest
SSW
 202.5
11
Barat Daya
BD
Southwest
SW
 225
12
Barat Barat Daya
BBD
West Southwest
WSW
 247.5
13
Barat
B
West
W
 27
14
Barat Barat Laut
BBL
West Northwest
WNW
 292.5
15
Barat Laut
BL
Northwest
NW
 315
16
Utara Barat Laut
UBL
North Northwest
NNW
 337.5

Apa sih pentingnya mengetahui arah mata angin? Secara umum, pengetahuan mengenai arah mata angin ini sangat penting bagi mereka yang sering berpetualang di alam liar dimana tidak ada tanda-tanda atau penunjuk arah. Misalnya para pencinta alam, anggota pramuka, penjelajah hutan serta anggota militer baik angkatan darat maupun laut.

Arah mata angin

Arah mata angin
©beritake.com

Cara menentukan arah mata angin ini penting untuk kamu kuasai, karena skill ini bisa saja menjadi penyebab kamu bisa menyelamatkan nyawamu.  Di daerah tertentu, tidak selamanya kamu membawa smartphone yang bisa menuntun perjalananmu dengan aplikasi GPS-nya, atau pun jika kamu membawa, bisa saja barang peganganmu itu dalam keadaan lowbet alias kehabisan energi untuk sekadar dinyalakan.

Baca juga:  Kenakalan Remaja | Penyebab, Akibat, & Cara Mencegah

Nah, berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana menentukan arah mata angin, barat, utara, timur dan selatan.

Menentukan 16 Arah Mata Angin dengan Kompas

Tidak hanya sekadar mengetahui dan menghafal 16 arah mata angin, namun lebih dari itu, bagi kamu yang suka berpetualang juga perlu mengetahui cara menentukan arah mata angin dengan jelas, salah satunya adalah dengan bantuan alat kompas. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Untuk bisa mengetahui arah mata angin kamu harus bisa memakai kompas pada pengetahuan mendasarnya. Menetapkan dan mencari arah mata angin dapat kamu lakukan dengan salah satu di antara dua metode berikut ini.

  1. Cara pertama, kompas kamu letakkan pada permukaan yang datar. Setelah itu tunggu sampai jarum kompas tenang dan tidak bergerak. Ketika jarum kompas telah diam maka akan menunjukkan arah utara (sudut 0º atau 360º).Arah lainnya bisa kamu ketahui dengan memperhatikan dial mompas (permukaan tempat huruf dan angka). Garis dan angka-angka pada dial tersebut adalah besaran derajat yang bisa menunjukkan arah. Sehingga saat akan menentukan arah barat barat laut, kamu cukup mencari yang menunjukkan angka 292,5º ataupun garis yang mewakili angka yang dimaksud. Sebaliknya, ketika akan mengetahui sesuatu hal ada di arah mana, kamu cukup melihat ‘sesuatu hal’ tersebut tepat ada di garis atau angka berapa pada dial kompas.
  2. Cara kedua, ketika memakai kompas bidik, kompas dipegang dalam keadaan tenang dan posisi mendatar. Sasaran kamu bidik lewat visir, lewat celah di kaca pembesar, kemudian kamu miringkan kaca pembesar hingga pada posisi kira-kira sudut 50º dengan kaca dial. Perhatikan garis dan angka yang menunjukkan derajat pada dial.

Menentukan Arah Mata Angin dengan Bayangan Tongkat

Trik ini tentunya hanya bisa kamu lakukan jika cuaca mendukung, yakni sinar matahari cukup untuk membentuk bayangan. Seperti yang kamu pahami bahwa sejak matahari terbit hingga terbenam, bayangan yang dibentuknya akan selalu bergerak dari arah dia terbit yakni timur dan terus bergerak ke arah terbenam di sebelah barat. Fenomena alami inilah yang bisa menjadi pedoman kamu dalam menentukan arah mata angin.

Baca juga:  Metode Pembelajaran Terbaik dan Penjelasannya

Paralatan yang perlu kamu siapkan adalah.

  • Tongkat lurus yang panjangnya 60 hingga 150 cm
  • Tongkat lurus yang panjangnya 30 cm
  •  2 buah batu maupun benda lain yang serupa yang bisa digunakan sebagai pemberat, mampu menahan hembusan angin.

Cara

  1. Tongkat panjang ditancapkan pada tanah dengan posisi tegak lurus, salah satu batu ditegakkan di atas tanah sebagai penanda ujung bayangan yang terbentuk.
  2. Setelah itu, tunggu hingga 15-20 menit, bayangan yang terbentuk pasti akan berpindah arah, tandai ujung bayangan tongkat yang baru.
  3. Untuk lebih memastikan, kamu bisa mengulang ini hingga beberapa kali setiap 15 menit dengan menandai pergerakan ujung bayangan tongkat dengan batu.
  4. Selanjutnya hubungkan titik-titik ujung bayangan yang terbentuk dengan garis lurus di atas permukaan tanah. Bayangan melakukan  perpindahan dengan arah yang berlawanan dengan matahari sehingga garis yang terbentuk menunjukkan arah timur-barat. Titik yang pertama terbentuk menunjukkan arah barat dan titik kedua adalah arah timur.

Menentukan Arah Mata Angin dengan Roda/Cakra Bayangan

Cara menentukan arah mata angin ini hampir sama dengan cara sebelumnya yang menggunakan tongkat, tetapi bisa lebih meyakinkan sebab waktu pengamatan yang dibutuhkan lebih lama.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan permukaan tanah tang datar lalu kumpulkan peralatan berikut ini.

  • Tiang atau tongkat yang panjangnya sekitar 60 – 150 cm
  • Dua buah batu berukuran kecil
  • Barang runcing yang kecil
  • Sebuah tali/benang atau sejenis yang panjang.

Cara menerapkannya yakni;

  1. Tongkat panjang ditancapkan pada tanah pada permukaan yang datar, lakukan langkah pertama ini sebelum tengah hari. Lalu batu diletakkan di titik ujung bayangan yang terbentuk dari tiang/tongkat tersebut.
  2. Tali diikatkan pada batang yang runcing dan tiang, salah satu ujung tali diikatkan pada batang kecil yang runcing, sementara ujung tali yang lain diikatkan pada tiang, Tali sebaiknya dipastikan cukup panjang sehingga dapat menjangkau batu yang telah disimpan di atas permukaan tanah.
  3. Buatlah gambar mengikuti lingkaran mengelilingi tiang yang terbentuk. Sebagai titik awalnya adalah batu, pakai batang runcing yang telah diikat pada tiang untuk membentuk lingkaran pada tanah mengelilingi tiang panjang tersebut.
  4. Tunggu. Akhirnya pada saat bayangan yang terbentuk dari tiang kembali mengenai lingkaran, titik persinggungannya tersebut ditandai dengan batu yang lain.
  5. Kedua titik tersebut dihubungkan. garis lurus yang menjadi penghubung antara batu kedua dan batu pertama adalah garis timur-barat, dengan batu kedua mewakili arah timur, sedangkan batu pertama mewakili arah barat.
  6. Untuk menentukan arah selatan dan utara pada cara ini, selatan berada searah jarum jam dari arah timur, sementara utara pada posisi serah jarum jam dari arah barat.
Baca juga:  Proses Pembentukan Urine Secara Singkat

Menentukan Arah Mata Angin Melalui Navigasi Bantuan Lingkungan Alam

Saat menggunakan metode ini, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari posisi matahari ketika tengah hari, karena ketika pas tengah hari, matahari bisa menjadi penunjuk arah selatan dan utara. Dengan diketahuinya kedua arah tersebut, maka arah barat dan timur sudah pasti juga dapat diketahui.

Walaupun demikian, arah mata angin yang ditunjukkan tersebut bukanlah selatan atau utara yang sebenarnya (perhatikan: arah yang sebenarnya merujuk ke arah berdasarkan sumbu bumi). Pada belahan bumi bagian selatan, berjalan ke arah matahari saat tengah hari akan menuntun kamu ke arah utara, sementara menjauhi matahari akan membawa kamu menuju arah selatan.

Pada belahan bumi utara juga berlaku sebaliknya, saat kamu berjalan lurus ke arah matahari ketika tengah hari, akan menuntun kamu ke arah selatan, sementara ketika kamu berjalan lurus dengan arah menjauhi matahari, berarti kamu menuju arah utara

Nah, demikianlah 16 arah mata angin lengkap dan beberapa cara menentukannya. Semoga bermanfaat.

Content Protection by DMCA.com