Cara menghilangkan Jerawat Secara Cepat, Alami dan Aman

Cara Menghilangkan Jerawat – Meski ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya menghilangkan jerawat, namun tidak jarang kita tidak berhasil dalam upaya mencegahnya timbul di saat yang tidak tepat. Ada berbagai penyebab sehingga jerawat bisa muncul, seperti diet yang buruk, stress dan juga pengaruh hormon.

Kamu tidak boleh membiarkan begitu saja jerawat mengganggu penampilan wajahmu terlalu lama. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengombinasikan antara cara yang dianjurkan oleh dokter (cara modern) dengan perawatan yang biasa dilakukan di rumah (cara tradisional) dalam mengatasi jerawat di wajahmu secara cepat dan aman.

Cara menghilangkan Jerawat Berdasarkan Anjuran Dokter Kulit

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat

©tribunnews.com

Cara membasmi jerawat pada wajah ini bisa menjadi pilihan pertama, terutama bagi kamu yang tidak suka ribet-ribet dan menginginkan hasil yang cepat namun tetap aman.

Menghilangkan jerawat dengan mengoleskan asam salisilat

Perawatan untuk mengatasi jerawat yang paling sering dianjurkan oleh dokter kulit adalah dengan memakai asam salisilat. Cara kerja asam salisilat dalam mengatasi jerawat adalah dengan membasmi bakteri penyebab jerawat, serta mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah yang menjadi salah satu faktor utama penyebab jerawat.

Untuk penggunaan atau cara menghilangkan jerawat dengan asam salisilat, kamu bisa membeli produk yang memiliki kandungan asam salisilat kemudian oleskan pada titik wajahmu yang ada jerawat, sebaiknya kamu oleskan segera setelah melihat tanda-tanda akan muncul jerawat. Sabun pembersih jerawat yang memiliki kandungan asam salisilat juga bisa dengan mudah didapatkan, dapat mencegah dan mengurangi terjadinya pembentukan jerawat pada wajah.

Menggunakan produk yang mengandung retinol

Retinol adalah suatu kompleks vitamin A yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat. Retinol bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit jika tidak berhati-hati menggunakannya, jadi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai jerawat dan kulit kamu sebelum memakai produk mengandung retinol yang dijual bebas.

Cara pemakaian produk yang mengandung retinol dalam upaya atau cara menghilangkan jerawat adalah cukup dioleskan sekali sehari pada titik wajah yang ada jerawatnya, atau kamu cukup mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Lakukan berulang-ulang hingga jerawat di wajahmu hilang.

Lihat juga:  Cara Membuat Bunga dari Kertas Tisu dan Origami | Step by Step

Oh iya, perlu diingat ya, ketika kamu memakai produk yang memiliki kandungan retinol, kamu juga perlu mengoleskan pelembab, hal ini dikarenakan retinol menyebabkan kulit menjadi kering pada daerah sekitar kulit dimana kamu mengoleskannya. Jika tidak bisa saja kulit kamu akan mengering lalu terkelupas.

Menghilangkan jerawat menggunakan pembersih sonik

Cara menghilangkan jerawat yang dianjurkan dokter kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan alat pembersih sonik. Alat yang bentuknya seperti sikat gigi ini adalah salah satu cara menghilangkan jerawat secara cepat. Meskipun demikian, harga alat pembersih sonik ini terbilang mahal.

Pembersih sonik menghilangkan jerawat dengan cara kepala sikat mengeluarkan kotoran dan debu penyebab jerawat yang ada di dalam pori-pori  ketika berputar. Gunakan pembersih sonik ini sesegera mungkin setelah kamu melihat atau merasa jerawat di wajah mulai tumbuh. Pakai alat ini dengan memegang secara langsung pada titik wajah yang terdapat jerawat sekitar satu menit, lalu bersihkan dengan pembersih wajah.

Mencegah timbulnya jerawat dengan menjaga kulit tetap bersih

Setiap hari, keringat dan debu, polusi jalanan menempel pada kulit yang mengakibatkan jerawat muncul dan bertambah parah. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci wajah minimal dua kali sehari, dan jika kamu adalah seorang yang sangat sibuk dan merasa ribet bolak balik kamar mandi untuk sekadar cuci muka, menyiapkan tisu pembersih wajah di dalam tas adalah solusi yang simpel, kamu bisa dengan mudah membersihkan wajah yang berminyak ataupun berdebu dan berkeringat.

Tisu pembersih wajah ini sangat bermanfaat terutama ketika kamu sedang melakukan olahraga atau dalam menjalani aktivitas di hari yang panas. Cara menghilangkan jerawat tidak perlu lagi kamu pikirkan kalau kamu menerapkan ini, kan?

Kamu juga bisa mencoba menggunakan injeksi steroid

Kalau kamu adalah seorang yang menderita deep cystic pimples, kamu sepertinya tidak akan dapat mengatasi jerawat sendiri. Oleh karena itu kamu perlu mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan injeksi steroid. Injeksi steroid ini mampu mengurangi bengkak pada wajah dan mengurangi kemerahan secara signifikan, dan pastinya jerawat kamu dapat lebih cepat hilang jika dibandingkan dengan cara yang lain.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, berkonsultasilah dengan dokter kulit dan minta saran-saran bagaimana cara menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul lagi, bahkan hingga beberapa minggu sejak pemberian injeksi steroid dilakukan.

Mengatasi jerawat dengan benzoil peroksida

Salah satu bahan yang bisa digunakan pada perawatan kulit terutama pada bagian wajah adalah benzoil peroksida. Perlu diketahui bahwa pada umumnya zat benzoil peroksida ini terkandung dalam produk pembasmi jerawat. Metode kerja benzoil peroksida dalam melawan jerawat adalah dengan mengeringkan minyak yang berlebih serta membunuh bakteri yang biasanya menyumbat pori-pori wajah yang menyebabkan pembentukan jerawat.

Oleh karena itu, kamu bisa mencari produk yang kandungan utamanya bezoil klorida lalu dipakai sebagai pembasmi jerawat. Caranya adalah cukup dioleskan pada titik wajah yang ada jerawatnya, 1 – 2 kali sehari, ini dilakukan sampai jerawat pada wajah benar-benar hilang.

Lihat juga:  Tutorial Cara Memakai Dasi Berbagai Pilihan Gaya (Lengkap dengan Gambar & Video)

Gunakan masker aspirin

Salah satu manfaat dari aspirin adalah meringankan radang dan pembengkakan. Tetapi aspirin sering juga mengurangi pembengkakan pada jerawat dan radang.

Cara menghilangkan jerawat dengan pemakaian masker aspirin cukup mudah, yakni kamu cukup menghaluskan 1 – 2 tablet aspirin lalu tambahkan setetes air agar teksturnya lebih halus seperti pasta. Setelah terbentuk seperti pasta, kamu cukup mengoleskan bahan tersebut pada seluruh bagian kulit wajah dan diamkan selama mungkin. Setelah itu, bilas wajahmu dengan air bersih yang dingin.

Menempelkan es batu pada jerawat

Mirip dengan manfaat aspirin, es batu biasanya dipakai untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada tubuh. Kamu cukup memegang es batu lalu menempelkannya pada kulit wajah yang berjerawat selama kira-kira 3o menit.

Cara kerja es batu dalam mengatasi jerawat adalah dengan menutup pori-pori kulit wajah -karena suhu yang dingin- sehingga mengakibatkan bakteri dan kotoran yang berlebih akan keluar dengan sendirinya. Es batu juga akan mengurangi warna kemerahan dan ukuran jerawat sehingga penampilan dan tekstur kulit wajah kamu menjadi lebih baik.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Perawatan Rumahan

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

©bacaterus.com

Cara menghilangkan jerawat ini rekomendasi buat kamu yang suka hal-hal natural dan alami, bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan serta cara pembuatan dan pemakaiannya juga sangat simpel. Bisa dibuat sendiri.

Menggunakan pasta soda kue.

Dalam upaya mengatasi jerawat, soda kue merupakan bahan yang tidak diragukan lagi manfaatnya. Cara menggunakannya bagaimana? Kamu hanya perlu mencampur soda kue secukupnya dengan air agar menjadi kental seperti pasta, lalu totolkan ke kulit wajah kamu yang berjerawat.

Setelah dipakai ke wajah, biarkan selama 15 hingga 20 menit sampai semuanya kering. Hal ini bisa kamu ulang beberapa kali sehari jika ingin wajah kamu bebas jerawat dengan segera.

Memakai pasta kunyit

Pasta kunyit berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah jerawat di wajahmu. Caranya pun cukup mudah, hanya mencampur kunyit dengan sedikit air lalu dioleskan di wajah sekitar 30 menit pada malam hari lalu dibilas dengan air bersih.

Kulit juga bisa dicampur dengan beberapa bahan bebas minyak lainnya yang telah disebutkan pada artikel ini, namun kamu perlu juga berhati-hati saat memakai produk yang bersifat asam. Memang tidak mampu memberikan hasil yang cepat dan instan, tetapi memakai secara rutin dalam selang beberapa waktu dapat memberikan hasil yang maksimal dan sesuai yang diharapkan.

Menggunakan masker mentimun

Buah timun adalah pilihan yang sangat baik sebagai bagan untuk menyegarkan dan mengurangi kemerahan pada kulit wajah, walaupun efeknya tidak sebaik metode yang mampu membunuh bakteri seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Lihat juga:  Cegah Penuaan Dini Pada Kulit Wajah dengan Sederet Manfaat Collagen Cream

Cara menggunakan mentimun sebagai masker tidaklah sulit, kamu hanya perlu menghaluskan mentimun secukupnya lalu dioleskan ke wajah, bisa juga ke bagian tubuh yang lain. Setelah itu diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cara ini efektif menghilangkan kemerahan pada wajah akibat kerawat dan menyegarkan kulit wajah. Cobalah!

Menggunakan minyak tae tree

Minyak tae tree dipakai pada banyak produk kosmetik karena telah diketahui memiliki kemampuan untuk menyegarkan kulit serta membasmi bakteri secara alami. Kamu hanya perlu membeli minyak tae tree satu botol yang murni dan memakai cotton bud sebagai medianya saat ditotolkan pada wajah yang ada jerawatnya. Sama halnya dengan minyak ini, minyak cengkeh juga memiliki khasiat yang sama sehingga bisa jadi alternatif buat kamu.

Pemakaian ini cukup kamu lakukan sekali dalam sehari, lalu ulangi pada hari-hari berikutnya secara rutin sampai jerawat di wajahmu hilang. Tapi perlu kamu ingat ya, saat menggunakan minyak tae tree perlu berhati-hati karena memakainya secara berlebihan malah bisa mengakibatkan jerawat bertambah.

Mengatasi jerawat dengan bawang putih

Walaupun secara umum bawang putih dipakai untuk keperluan bumbu dapur, tapi ternyata rempah ini juga ampuh jika digunakan untuk membasmi jerawat di wajah. Hal ini disebabkan bawang merah mengandung komponen sulfur dengan jumlah tinggi sehingga baik untuk mengatasi kelebihan minyak serta sifatnya sebagai antiseptik alami.

Cara menggunakannya sebagai obat jerawat juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan atau cukup memotong-motong hingga ukuran kecil 1 sium bawang putih lalu kamu oleskan pada wajah. Setelah itu diamkan hingga 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menghilangkan jerawat dengan papermint

Kandungan papermint adalah mentol, zat yang sangat baik untuk memberikan sensasi menyegarkan dan bersih pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan papermint sangatlah mudah, jika kamu mempunyai papermint yang tumbuh di sekitaran rumah, kamu cukup mengambil beberapa helai daunnya yang segar lalu dihaluskan. Setelah itu langsung bisa kamu oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan hingga kering, kemudian cuci dengan air bersih. Kamu bisa mengulangnya sampai beberapa kali dalam sehari, apalagi kalau hanya ingin mengatasi kulit yang mengalami iritasi.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat berdasarkan anjuran dokter maupun dengan perawatan rumahan sendiri. Selamat mencoba yaa… Selamat tinggal jerawat!